NORMA-NORMA YANG BERLAKU DALA KEHIDUPANBERMASYARAKAT, BERBA DAN BERNEGARA

DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL

B. HAKIKAT DAN ARTI PENTING HUKUM BAGI WARGA NEGARA

1. Pengertian dan Ruang Lingkup Hukum

• Hukum adalah himpunan petunjuk hidup (perintahperintah dan larangan-larangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. • Oleh karena itu, pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh Pemerintah/ penguasa.
Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR

YAITU: Unsur-unsur hukum yaitu : 1) Peraturan mengenai tingkah laku dalam pergaulan masyarakat. 3) Peraturan itu pada umumnya bersifat memaksa. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .UNSUR-UNSUR DAN CIRI-CIRIHUKUM.dan 4) Sanksi terhadap pelanggaran peraturan tersebut adalah tegas. 2) Peraturan itu diadakan oleh badanbadan resmi yang berwajib.

Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . 2) Perintah dan/atau larangan itu harus ditaati setiap orang.CIRI-CIRI HUKUM 1) Adanya perintah dan/atau larangan.

Untuk menjamin adanya kepastian hukum dalam pergaulan manusia. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . b. Untuk menjaga kepentingan tiap manusia supaya kepentingan itu tidak dapat diganggu.TUJUAN HUKUM SECARA UMUM a. Untuk mengatur tata tertib masyarakat secara damai dan adil. c.

TUJUAN HUKUM SECARA KHUSUS (POKOK) Tujuan hukum secara khusus adalah terpelihara dan terjaminnya kepastian dan ketertiban. keadilan itu sering dipahami secara berbeda-beda isi dan ukurannya. menurut masyarakat dan zamannya. tujuan lain dari hukum adalah tercapainya keadilan. Namun. Menurut Mochtar Kusumaatmadja. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

2.PEMBAGIAN JENIS HUKUM 1. 3. 5. 4. HUKUM HUKUM HUKUM HUKUM HUKUM MENURUT MENURUT MENURUT MENURUT MENURUT SUMBERNYA TEMPAT BERLAKUNYA WAKTU BERLAKUNYA BENTUKNYA ISINYA HUKUM MENURUT CARA MEMPERTAHANKANNYA HUKUM MENURUT SIFATNYA HUKUM MENURUT WUJUDNYA Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . 8. 7. 6.

Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . Kebiasaan yaitu hukum yang dituangkan dalam kebiasaan suatu masyarakat atau adat kebiasaan. 3.1. 2. 5. HUKUM MENURUT SUMBERNYA 1. Traktat yaitu hukum yang ditetapkan oleh negaranegara dalam suatu perjanjian antar negara. Yurisprudensi yaitu hukum yang bersunber dari hasil putusan-putusan hakim. Doktrin yaitu hukum yang bersumber dari pendapat para ahli. 4. Undang-undang yaitu hukum yang dituangkan dalam peraturan perundang-undangan.

2. Hukum Nasional yaitu hukum yang berlaku di dalam wilayah suatu negara. 3. Hukum regional yaitu hukum yang mengatur hubungan hukum antara negara satu dengan negara lain dalam satu kawasan. HUKUM MENURUT TEMPAT BERLAKUNYA 1. Hukum Internasional yaitu hukum yang yang mengatur hubungan hukum dalam hubungan internasional. 2. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

Ius Constitutum yaitu hukum yang berlaku sekarang bagi suatu masyarakat tertentu dalam suatu daerah. Ius Naturale (hukum alam) yaitu hukum yang berlaku di mana-mana dalam segala waktu dan untuk segala bangsa di dunia. 2. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . 3. Ius Constituendum yaitu hukum yang diharapkan dapat berlaku di masa yang akan datang. Hukum ini berlaku untuk siapapun di seluruh dunia dan mengenal batas waktu. HUKUM MENURUT WAKTU BERLAKUNYA 1.3.

Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . Hukum Tak Tertulis.4. Hukum Tertulis. Hukum menurut bentuknya terdiri Hukum tertulis dan hukum tak tertulis. yaitu hukum yang dicantumkan dalam berbagai peraturan perundangan. yaitu hukum yang masih hidup dalam keyakinan dalam masyarakat tetapi tidak tertulis (disebut hukum kebiasaan). HUKUM MENURUT BENTUKNYA 1.

5. Hukum Perseorangan. Hukum Kekayaan. HUKUM MENURUT ISINYA Hukum menurut isinya. misal Hukum Perdata. Hukum Publik (Hukum Negara). 2. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . yaitu hukum yang mengatur hubungan-hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain. Hukum Privat Hukum Privat (Hukum Sipil). Hukum Keluarga. Hukum Dagang. yaitu 1. yaitu hukum yang mengatur hubungan antara Negara dengan alat-alat perlengkapan atau hubungan antara Negara dengan perseorangan (warga negara). Hukum Publik. Hukum Waris. dengan menitik beratkan kepada kepentingan perseorangan.

Pembagian Hukum Publik Hukum Publik terdiri dari : 1.Hukum Pidana 4.Hukum Administrasi Negara (HukumTata Usaha Negara) 3.Hukum Tata Negara 2.Hukum Internasional Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

HUKUM TATA NEGARA • Hukum Tata Negara. dan hubungan antara Negara (Pemerintah Pusat) dengan bagianbagian negara (daerah-daerah swantantra). yaitu hukum yang mengatur bentuk dan susunan pemerintahan suatu negara serta hubungan kekuasaan antara alatalat perlengkapannya satu sama lain. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

HUKUM AMINISTRASI NEGARA (HUKUM TATA USAHA NEGARA Hukum Administrasi Negara (Hukum Tata Usaha Negara atau Hukum Tata Pemerintahan). yaitu hukum yang mengatur cara-cara menjalankan tugas (hak dan kewajiban) dari kekuasaan alat-alat perlengkapan negara. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

HUKUM PIDANA Hukum Pidana ( Pidana = hukuman). yaitu hukum yang mengatur perbuatan-perbuatan apa yang dilarang dan memberikan pidana kepada siapa yang melanggarnya serta mengatur bagaimana cara-cara mengajukan perkara-perkara ke muka pengadilan. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

Hukum Publik Internasional (Hukum Antara Negara). 2. 1. yaitu hukum yang mengatur hubungan-hukum antara warga negara-warga negara sesuatu bangsa dengan warga negara-warga negara dari negara lain dalam hubungan internasional. yang terdiri dari Hukum Perdata Internasional dan Hukum Publik Internasional. Hukum Perdata Internasional.HUKUM INTERNASIONAL Hukum Internasional. yaitu ukum yang mengatur hubungan antara negara yang satu dengan negara-negara yang lain dalam hubungan internasional. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

Hukum Formal yaitu hukum yang mengatur cara-cara melaksanakan hukum material atau peraturan-peraturan yang mengatur bagaimana cara-cara mengajukan. menyelesaikan. hukum dagang dan lainnya. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .6. HUKUM MENURUT CARA MEMPERTAHANKANNYA 1. Hukum Materiil yaitu hukum yang memuat peraturanperaturan yang mengatur kepentingan-kepentingandan hubungan-hubungan yang berwujud perintah dan larangan. mempertahankan perkara di muka pengadilandan bagaimana cara hakim mengambil putusan. Contoh hukum materiil : hukum pidana. hukum perdata. 2. Contoh Hukum Acara Pidana dan Hukum Acara Perdata.

Hukum yang Memaksa yaitu hukum yang dalam keadaan bagaimanapun juga harus dan mempunyai paksaan mutlak. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . Hukum yang mengatur yaitu hukum yang dapat mengesampingkan apabiula pihakpihak yang bersangkutan telah membuat peratutan sendiri dalam suatu perjanjian.7. 2. Umumnya hukum ini berkaitan dengan perkara perdata. HUKUM MENURUT SIFATNYA 1.

8. Hukum Obyektif yaitu hukum alam suatu negara yang berlaku umum dan tidak mengenal orang atau golongan. Hukum Subyektif yaitu hukum yang timbul dari hukum obyektif dan berlaku terhadap seseorang tertentu atau lebih. 2. HUKUM MENURUT WUJUDNYA 1. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .

3. Untuk mendapatkan perlindungan hukum dari semua kepentingan. Untuk mendapatkan keadilan. Untuk mendapatkan rasa aman Untuk mendapatkan ketertiban dan keteraturan Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR . 2. 4.ARTI PENTING HUKUM BAGI WARGA NEGARA 1.

(2) Penduduk ialah warga negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia (3) Hal-hal mengenai warga negara dan penduduk diaturdengan undang-undang. Materi PKn Kelas VII – SMP NEGERI 4 BANJAR .WARGA NEGARA Menurut Pasal 26 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berbunyi: (1) Yang menjadi warga negara ialah orang-orang Bangsa Indonesia asli dan orang-orang bangsa lain yang disahkan dengan Undang-undang sebagai warganegara.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful