URAIAN TUGAS KOORDINATOR UNIT KEPERAWATAN

I. Nama Jabatan II. Pengertian III. Persyaratan 1. Pendidikan : 2. Kursus /Pelatihan : Keperawatan” sehat. 3. Pengalaman Kerja : Sebagai PJ Shift minimal 2 tahun. Pengalaman kerja PJ Shift minimal 3 tahun Memiliki kemampuan kepemimpinan, berwibawa dan Memiliki sertifikat “Manajemen Kepala Bangsal Ahli Madya keperawatan/Kebidanan S1 Keperawatan (diutamakan ) : Koordinator Keperawatan : Tenaga perawat profesional yg diberi wewenang untuk mengelola pelayanan Asuhan Keperawatan di unit keperawatan. :

4. Kondisi Fisik : Sehat jasmani dan rohani IV. Tanggung jawab : Dalam melaksanakan tugasnya bertanggung jawab kepada manager keperawatan dalam terhadap hal - hal : 1. Kebenaran dan ketepatan rencana kebutuhan tenaga keperawatan 2. Kebenaran dan ketepatan program pengembangan pelayanan keperawatan 3. Keobyektifan dan kebenaran penilaian kinerja tenaga keperawatan 4. Kelancaran kegiatan orientasi perawat baru 5. Kebenaran dan ketepatan protap/SOP pelayanan keperawatan 6. Kebenaran dan ketepatan laporan berkala pelaksanaan pelayanan keperwatan 7. Kebenaran dan ketepatan kebutuhan dan penggunaan alat 8. Kebenaran dan ketepatan pelaksanaan program bim bingan mahasiswa institusi pendidikan keperwatan V. Wewenang 1. Menilai kemampuan setiap perawat yang berada di bawah tanggung jawabnya

Mengatur tersedianya obat. Tugas harian : Menyusun dan mengatur tenaga perawat. alat. 3. Mengontrol pelaksanaan administrasi dan keuangan meliputi pencatatan honor dokter. alat kesehatan dan tindakan di ruang perawatan.2. agar asuhan keperawatan dapat diberikan dengan efektif dan efisien. VI. 9. Uraian Tugas 1. Mengunjungi pasien secara random. sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan yang berlaku untuk dinas pagi. Merencanakan jumlah dan kategori tenaga keperawatan . Melaksanakan program orientasi kepada tenaga perawat baru yang akan bekerja di ruang perawatan. 5. keperawatan yang akan diselenggarakan sesuai kebutuhan pasien. meliputi . Melaksanakan fungsi penggerakan dan pelaksanaan meliputi . 4. non infeksi. Menciptakan lingkungan pasien agar merasa aman dan terlindungi selama pelaksanaan pelayanan berlangsung. 8. Membimbing. Menyusun permintaan rutin meliputi kebutuhan alat. sarana dan prasarana. 2. obat dan bahan-bahan lain yang diperlukan oleh ruang perawatan. Merencanakan jumlah dan jenis obat serta peralatan Merencanakan dan menentukan jenis kegiatan/asuhan keperawatan yang diperlukan sesuai kebutuhan. Mengusulkan promosi jabatan dan status kepegawaian perawat yang berada di bawah tanggung jawabnya. mengarahkan dan memotivasi perawat unyuk melaksanakan asuhan keperawatan sesuai dengan ketentuan/standar. tingkat kegawatan untuk memudahkan perawatan. 7. sesuai kebutuhan. 2. 6. sore dan malam. Mengadakan kerjasama dan memelihara hubungan baik dengan seluruh Koordinator lain yang berada di Rumah Sakit. 1. Mengatur ketenagaan agar pelayanan dapat dilaksanakan 4. 3. Mengklasifikasi pasien di ruang rawat menurut kategori infeksi. Melaksanakan fungsi perencanaan.

Memonitor kelengkapan data pasien (data pasien pada dokumentasi pasien sebelum dikirim ke Medical Record). 7. Pengarahan pelaksanaan pengendalian infeksi nasokomial dan rekapitulasi data Indicator mutu pelayanan keperawatan di bagiannya. Mengkoordinir ketenagaan perawat dalam kondisi emergensi agar tidak ada pasien yang tidak tertangani. Mengontrol pengadaan dan penggunaan alat-alat medik keperawatan. cuti tahunan atau cuti hamil dan melaporkan ke HRD. 3. karyawan dan sistim pelayanan yang menjadi tanggung jawabnya. kebersihan lingkungan dan penempatan alat-alat furniture ruang perawatan. 4. Mengatur cuti khusus. Mempertanggung jawabkan inventarisasi alat-alat inventasi setiap bulan. Mengkoordinir pelaksanaan evaluasi pelayanan keperawatan melalui Kuisioner pasien.10. Tugas mingguan 1. 9. Tugas tahunan 1. Mengatasi masalah-masalah pasien. Mempertanggung jawabkan penggunaa obat dan alkes ke bagian Internal Audit. cuti besar. . 5. pasien dan keluarga pasien. 10. 14. 11. Menciptakan dan memelihara suasana kerja yang baik antara petugas. 4. pengadaan alat-alat. 2. Melaksanakan penilaian terhadap perawat dalam masa percobaan. 15. Mengontrol pelaksanaan inventarisasi alat-alat inventasi. Mengontrol kehadiran karyawan. Mengikuti rapat Koordinator Keperawatan. Menyelenggarakan pertemuan / rapt rutin bulanan di bagiannya. Mengawasi kerapihan. sarana penunjang dan program pengembangan di bagian. Mengarahkan dan mengontrol penyusunan daftar dinas bulanan. 2. Membuat rencana kerja tahunan. 3. Mempertanggung jawabkan kegiatan operasional dalam bentuk laporan 3 (tiga) bulanan. 6. Merekapitulasi kehadiran karyawan untuk dilaporkan ke HRD. Tugas bulanan 1. 13. sehingga menimbulkan ketenangan. 8. Mengkoordinir pelaksanaan inventarisasi harian di bagiannya. 12.

6. 3. kebutuhan pasien agar tercapai pelayanan optimal. Melaporkan yang berkaitan dengan ketenagaan. meliputi : Melaksanakan penlaian tahunan bagi Melaporkan data inventarisasi alat dan Melaksanakan fungsi pengawasan Mengawasi dan menilai pelaksanaan asuhan keperawatan yang telah ditentukan.  peningkatan mutu pelayanan keperawatan.  penunjang lain kepada koordinator terkait. Memperkenalkan jenis dan kegunaan barang/peralatan serta mengusahakan pengadaannya sesuai dengan .Tugas khusus : 1.  kepada staf yang menjadi tanggung jawabnya. 4.  Melaksanakan penilaian terhadap upaya peningkatan Melaksanakan penilaian kinerja dan memberikan pembinaan Mengawasi dan mengendalikan pendayagunaan peralatan Mengawasi pelaksanaan system pencatatan dan pelaporan Menindak lanjutu semua umpan balik sebagai usaha Memberi masukan tentang kualitas dan kuantitas tenaga pengetahuan dan ketrampilan di bidang keperawatan. pengendalian dan penilaian. 2. .  keperawatan  asuhan keperawatan serta mencatat kegiatan lain di ruang perawatan. perlengkapan investasi dan palayanan setiap bulan. evaluasi. 4. barang tahunan.2. 3. perawat. Melaporkan hasil indicator mutu pelayanan serta pengendalian infeksi Nosokomial setiap bulan. Melaksanakan fungsi Membantu tugas lain untuk Menigkatkan pengetahuan dan ketrampilan di bidang keperawatan antara lain melalui pertemuan ilmiah. 5. kepentingan rumah sakit apabila diminta.

Mengevaluasi program Mengevaluasi penggunaan . 8. kerja tahunan. alat habis pakai. obat dan alat-alat investasi.7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful