Arti Penting Organisasi dalam Masyarakat

PENDAHULUAN

Organisasi adalah suatu wadah yang menaungi sekumpulan orang dengan visi dan misi yang sama demi mencapai tujuan bersama. Organisasi mempunyai struktur untuk pembagian kerja dan tata cara hubungan kerja sehingga mempermudah masing-masing pemegang posisi untuk menjalankan tugasnya. Dalam sebuah organisasi, harus ada: komponen (atasan dan bawahan), kerja sama, tujuan, sasaran, keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati, pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas. Dalam kehidupan sehari-hari, kita biasa menemukan organisasi dengan lingkup yang kecil. Dalam keluarga pun sebenarnya ada aktifitas organisasi yang tidak disadari. Dalam sebuah keluarga kita mempunyai tujuan untuk mensejahterakan kehidupan keluarga. Contoh lainnya adalah di sekolah ada OSIS, dan di universitas ada BEM. Walaupun secara detail, kedua organisasi ini mempunyai peranan yang berbeda tetapi pada intinya mereka sama-sama mempunyai tujuan untuk membawa anggota dan lingkungannya ke arah yang lebih baik. Jika OSIS dan BEM adalah contoh dari organisasi dengan skala yang kecil yang sering kita dengar, maka ada organisasi yang berskala besar yang menaungi masyarakat. Masyarakat adalah sekumpulan orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka, dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Contoh organisasi masyarakat yang sering kita dengar adalah FPI, FBR, dan lain-lain.

Organisasi yang baik. dll. kekuasaan. Organisasi dalam masyarakat juga diperlukan untuk mempermudah penyaluran aspirasi warga. Ciri-Ciri Organisasi yang Baik 1. Jenis Organisasi 1. kas berasal dari donator. menuntut para anggotanya memiliki Kartu Tanda Anggota agar bisa didata dengan jelas. organisasi mutlak diperlukan karena manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial. misal belajar bersama. Maksudnya adalah organisasi ini harus mempunyai basis yang jelas. dan anggaran yang terperinci. lambang. Dengan adanya organisasi dalam masyarakat. dan tanggung jawab dari divisi masing-masing. yakni berbaur dengan sesama. . misalnya: bermusyawarah untuk mencapai suatu kesepakatan. saling menghargai pendapat. 2. Contoh organisasi kemasyarakatan yang dengan ruang lingkup paling kecil adalah Karang Taruna. dimiliki secara kolektif. warga jadi terbiasa dengan apa yang dilakukan dalam organisasi. dan universitas. Formal dan Informal Organisasi formal memiliki struktur yang terumuskan dengan baik yang menerangkan dengan detail hubungan otoritas. Organisasi informal tidak memiliki struktur maupun keanggotaan yang jelas. dan lain-lain. yaitu dimana sebagian besar aktifitas dalam organisasi tersebut dilaksanakan. Jelas keberadaan dan posisinya dalam masyarakat. badan-badan pemerintah. Contoh: sekolah. Contoh: perusahaan besar. 2. Profit dan Non-Profit Organisasi profit adalah organisasi yang memiliki tujuan utama untuk mencari laba. membersihkan lingkungan. Organisasi ini adalah kumpulan dari pemuda sekitar yang dapat membentuk kegiatan-kegiatan positif untuk lingkungan mereka. Organisasi ini harus mempunyai nama. mengadakan kegiatan yg berhubungan dengan olahraga. Memiliki anggota yang jelas identitas dan kuantitasnya. Organisasi non profit adalah organisasi yang tidak mencari keuntungan. Ini juga untuk menghindari adanya rombongan liar atau anggota gelap yang mengakibatkan organisasi menjadi semrawut kepengurusannya. Organisasi ini salah satu organisasi yang terjun langsung di masyarakat. tujuan yang jelas. Contoh: PMI dan organisasi di bidang keagamaan. rumah sakit.PEMBAHASAN Organisasi dalam Masyarakat Dalam kehidupan bermasyarakat.

evaluation) harus selalu dimusyawarahkan. Manfaat Organisasi 1. Tiaptiap divisi bisa secara aktif menjalankan tugasnya. Keberadaan organisasi yang terstruktur dengan baik dapat mempermudah tercapainya tujuan bersama. Maka organisasi dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan para anggotanya dan masyarakat sekitar. Begitu juga dengan organisasi kesehatan yang secara tidak langsung akan mengubah pola hidup masyarakatnya menjadi sehat. Organisasi yang berbasis profit dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat. Mengacu pada manajemen yang sehat. 4. Membuka lapangan kerja. Organisasi non-profit yang berbasis keterampilan dapat menambah skill anggotanya. maka masyarakat akan mempunyai pola hidup yang menunjukkan kecintaannya pada bumi. Maksudnya adalah jika dalam masyarakat terdapat organisasi yang mengumandangkan untuk Go Green. Sehingga tidak hanya ketua yang berperan aktif. Mengubah pola hidup masyarakat. Mendapat tempat di hati masyarakat. 3. 5. Artinya masyarakat harus bisa merasakan manfaat yang besar dari keberadaan organisasi tersebut. action.3. misalnya adalah perkumpulan fotografer. Mempermudah pencapaian tujuan. . Semua tahapan dalam menjalankan roda organisasi (planning. 2. Tapi tidak hanya organisasi profit saja yang bisa membuka lapangan pekerjaan. Urusan administrasi dalam manajemen juga harus mendapat perhatian serius. Memiliki kepengurusan dan susunan manajemen yang jelas pembagian tugasnya.

KESIMPULAN Berdasarkan materi yang telah dibahas. kita dapat menyimpulkan bahwa organisasi itu mempunyai arti yang penting dalam masyarakat. maka tidak ada wadah untuk penyaluran aspirasi masyarakat dan tidak akan tercapai tujuan bersama dari masing-masing organisasi. Tanpa adanya organisasi. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful