PROSES SINTESIS PADA P-XYLENE, AKRILONITRIL DAN HIGHER ALCOHOL

Kelompok VII Adri Riduansyah Ari Rahmat Mustakim Deslia Prima Eferius Mendrofa Sukamin

Proses Sintesa P-xylen 1. Proses Katalitik Reforming 2. Proses Disproporsianasi Toluene .

Sintesa Akrilonitril dengan Amoksidasi Propilen 2.Proses Sintesa Akrilonitril 1. Sintesa Akrilonitril dari Hidrogen Sianida dan Asetilen 4. Sintesa Akrilonitril dari Oksida Nitrat dan Propilen . Sintesa Akrilonitril Melalui Pembentukan Etilen Cyanohidrin 3. Sintesa Akrilonitril Melalui Laktonitril 5.

Sintesa Akrilonitril dengan Amoksidasi Propilen Teknologi proses untuk produksi akrilonitril melalui amoksidasi propilen : 1. Distiller Process (fixed bed) Proses : Pendinginan Pemisahan Pemurnian .

2. Sohio Process (fluidized bed) Proses: Reaksi Quenching produk Recovery produk Pemurnian akrilonitril .

Yield yang dihasilkan lebih dari 90% .Sintesa Akrilonitril Melalui Pembentukan Etilen Cyanohidrin Dapat dilakukan dalam fasa cair pada temperatur sekitar 200oC dengan menggunakan katalis magnesium format atau karbonat. . Juga dapat dilangsungkan pada fase uap pada temperatur 250 – 350oC dengan katalis alumina.

. • Reaksi sintesa akrilonitril ini juga dapat dilangsungkan pada fasa uap pada temperatur 500-600oC.Sintesa Akrilonitril dari HCN dan Asetilen • Dilangsungkan dalam fasa cair dengan menggunakan katalis yang terdiri tembaga klorida dan ammonium klorida dalam larutan asam hidroklorida.

pH antara 7 – 7.Sintesa Akrilonitril Melalui Laktonitril Bahan baku yang digunakan adalah asetaldehid yang dirubah/dikonversi menajdi acrylonitril dalam dua tahap yaitu : 1. .5 dengan yield sebesar 9798%. Laktonitril dibentuk dengan penambahan hidrogen sianida terhadap asetaldehid • Reaksi ini berlangsung pada suhu 10 – 20oC .

2. Laktonitril didehidrasi menjadi akrilonitril Dilakukan dengan menyemprot asam fosfat sebanyak tiga kali volume ke dalam reaktor pada 600-700oC yang telah berisi laktonitril yang berkontak dengan gas inert panas (bebas oksigen) selama tidak lebih dari 3 detik. .

Sintesa Akrilonitril dari Oksida Nitrat dan Propilen Berlangsung pada tekanan atmosfer dan pada temperatur antara 480 – 550oC dengan menggunakan katalis peroksida yang diletakkan pada silika atau besi oksida. kalium. dan Pb .

Higher Alcohol Higher alcohol adalah alkohol yang mempunyai jumlah atom karbon lebih dari 2 dan mempunyai berat molekul dan titik didih yang tinggi. .

Sintesa higher alcohol dari oksidasi parafin 2. Sintesis higher alcohol dengan oligomerisasi etilen (Alfol Process) . Sintesa higher alcohol dengan hidroformilasi olefin 3.Proses Sintesa Higher Alcohol 1.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful