P. 1
1. Populasi Dan Sampel

1. Populasi Dan Sampel

|Views: 92|Likes:
Published by Sakti Yonnie Purba
Materi 1 Kuliah Statistik Untuk PGSD STKIP Santa Maria Sibolga
Materi 1 Kuliah Statistik Untuk PGSD STKIP Santa Maria Sibolga

More info:

Published by: Sakti Yonnie Purba on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/06/2013

pdf

text

original

By : Sakti Yonni H.

Purba
1

Apa ciri-ciri sesuatu yang bersifat statistik?
 Setiap bulan bulan anak itu menghabiskan uang Rp. 50.000, 30% penduduk Sibolga membutuhkan rumah.  Di seluruh dunia, 5 penderita AIDS meniggal setiap detik.  Hasil panen padi di Tapteng diperkirakan 2 ton per hektar.  10% anak-anak SD mengalami putus sekolah setiap tahun.

 Dll

2

Statistik vs Statistika
 Statistik adalah kumpulan data yang bisa

memberikan gambaran tentang suatu keadaan. Cth : Grafik, tabel, angka atau non angka.  Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dari hasil analisis data dan mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan.

2 Cara Mempelajari Statistika
 Statistika matematis atau Statistika teoritis => mempelajari penurunan sifat-sifat, dalil, rumus-rumus, menciptakan model, teori statistik dan matematis.
 Penggunaan Statistika => mempelejari statistika dari penggunaannya dalam berbagai bidang berdasarkan teori dan rumus-rumus yang yang diciptakan statistika matematis/teoritis.

4

Kegunaan Statistika
 Membantu penelitian dalam menggunakan sampel sehingga

penelitian dapat bekerja efisien dengan hasil yang sesuai dengan obyek yang ingin diteliti.  Membantu penelitian untuk membaca data yang telah terkumpul sehingga peneliti dapat mengambil keputusan yang tepat.  Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya perbedaan antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lainnya atas obyek yang diteliti.  Membantu peneliti untuk melihat ada tidaknya hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lainnya.

5

Kegunaan Statistika
 Membantu peneliti dalam menentukan prediksi kondisi untuk

waktu yang akan datang.  Membantu peneliti dalam melakukan interpretasi atas data yang terkumpul.  Pemerintah menggunakan statistika untuk menilai hasil pembangunan masa lalu dan merencanakan masa mendatang.  Para pendidik sering menggunakannya untuk melihat kedudukan siswa, prestasi belajar, efektivitas metoda pembelajaran, atau media pembelajaran.  Para psikolog banyak menggunakan statistika untuk membaca hasil pengamatan baik melalui tes maupun obserbasi lapangan.
6

Data Statistika
 Data adalah sekumpulan informasi (datum) yang dapat menggambarkan suatu keadaan.  Berarti data adalah kumpulan dari datum-datum.

8, 9, 7, 5, 10, 6, 7, 9, 8

data

datum

7

Jenis Data Statistika
Data kuantitatif => data berupa bilangan, harganya berubah. Dibagi menjadi :  Data diskrit, Contoh : jumlah anak 3 laki-laki, 2 perempuan, jumlah ruangan 12 dll  Data kontinu Contoh : nilai ....... tinggi badan ..... Data kualitatif => menggambarkan kualitas objek Contoh : sembuh, sehat, rusak, gagal, berhasil dll

8

Jenis Data Statistika
 Data Internal => data berasal dari organisasi sendiri.

Contoh : penjualan, stok barang, produksi dll  Data eksternal => data berasal dari luar organisasi. Contoh : penjualan, stok barang, produksi dari perusahaan lain Data eksternal terbagi atas : Data primer => data diperoleh secara langsung dari sumber data. Data sekunder => data berasal lembaga lain.

9

Populasi dan Sampel
 Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek

yang mempunyai kuantitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulan. Contoh : Seluruh siswa kelas 6 sekota Sibolga. Seluruh mahasiswa STKIP Santa Maria. ….. (apa karakternya?)

10

Populasi dan Sampel
 Sampel adalah bagian dari populasi yang representatif (segala karakteristik dari populasi terwakili dalam sampel).
 Menggunakan teknik pengambilan sampel (sampling) yang benar. Sensus => bila seluruh populasi dijadikan bahan data Sampel => bila sebagian anggota populasi yang dijadikan sebagai sumber data.

11

Populasi dan Sampel
Kesipulan dibuat diharapkan berlaku untuk populasi

Populasi

Sampel
Sampel diambil dari populasi Dan dianalisa

12

Teknik Pengambilan Sampel
• Teknik sampling berdasarkan peluang.

Setiap unit observasi dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Bila objek homogen • Teknik sampling tidak berdasarkan peluang. Pengambilan sampel dimana setiap unit observasi dalan populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Bila objek tidak homogen (pertimbangan khusus)
13

Fase Statistik berdasarkan penarikan kesimpulan
 Statistika Deskriptif

adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data.  Statistika Induktif (Inferens) adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dan mengambil keputusan.
14

Cara Pengumpulan Data
Wawancara kuesioner pengamatan langsung ke lapangan (survey).

15

Pemeriksaan Data
Uji Kenormalan
Uji Kehomogenan

Uji Hipotesis

Uji Varians Uji Kelineran dll
16

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->