P. 1
SEJARAH PERKEMBANGAN KEBIDANAN

SEJARAH PERKEMBANGAN KEBIDANAN

|Views: 226|Likes:
Published by Alfian Anas

More info:

Published by: Alfian Anas on Sep 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/11/2014

pdf

text

original

SEJARAH PERKEMBANGAN KEBIDANAN DI DALAM NEGERI

DI S U S U N OLEH KETUA ANGGOTA : FATMA ZURA : SRI RAHAYU RAHMI EWI WAHYUNI E.P NURULLAH RUSYIDA HASLI LILIANI HELMALIANA Prodi Dosen Pembimbing : Konsep Kebidanan : Wan Asni, SST

AKADEMI KEBIDANAN SALEHA BANDA ACEH 2012/2013

isi.KATA PENGANTAR Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya berupa kekuatan serta kesehatan lahir dan batin. 14 September 2012 . arahan serta bimbingan sehingga tugas ini dapat diselesaikan. SST selaku pengasuh yang telah banyak memberikan masukan. penulis mohon saran dan kritik yang bersifat membangun. Penulis yakin makalah ini masih banyak terdapat kesalahan dalam segi bentuk. Untuk itu. Banda Aceh. Ini tidak lain yaitu karena terbatasnya ilmu yang penulis miliki. sehingga penulis telah dapat menyelesaikan tugas mata kuliah yaitu “ Sejarah Perkembangan Kebidanan di Dalam Negeri”. maupun penulisannya. Terima kasih yang mendalam kepada ibu Elly Susilawati. Demikianlah adanya dan pada Allah jualah kita berserah diri dengan harapan semoga makalah ini manfaatnya bagi penulis sendiri maupun bagi pembaca lainnya.

. Kesimpulan ………………………………………………………….DAFTAR ISI Halaman Kata Pengantar ……………………………………………………………… Daftar Isi ……………………………………………………………………. Perkembangan Pendidikan Bidan ……………………………………. i ii iii 1 3 5 6 6 7 .. 3.. 4.. 5. Perkembangan Pelayanan Kebidanan ………………………………. Daftar Pustaka ………………………………………………………. 2. Saran ………………………………………………………………… 6. Sejarah Kebidanan ………………………………………………….. Pendahuluan ………………………………………………………………… 1.

PENDAHULUAN Tentang kata kebidanan dan bidan. Pelayanan kebidanan dalam arti yang terbatas terdiri atas : 1. Dalam bahasa tersebut terdapat kata “widwan” yang berarti cakap. . menurut Klinkert (1892) sumbernya ialah bahasa sansekerta. Perlu diterangkan bahwa dalam kepustakaan yang ada di Indonesia tidak ditemukan pendapat yang menyokong atau menolak pendirian Klinkert tersebut. wanita menyusui bayinya dapat memelihara kesehatannya sesempurna-sempurnanya agar wanita hamil melahirkan bayi sehat tanpa gangguan apapun dan kemudian dapat merawat bayinya dengan baik. “Membidan” yang berarti mengadakan sedekah bagi seorang penolong bersalin yang minta diri setelah bayi berumur 40 hari. Pelayanan kebidanan ialah “menjamin” agar setiap wanita hamil. Pengawasan serta pnanganan wanita dalam masa hamil dan persalinan.

Pada tahun 1978 kira-kira 90 persen dari persalinan ditangani oleh dukun. dan dengan membantu merekja dalam mengembangkan sikap yang wajar terhadap kehidupan kekeluargaan serta tempat keluarga dan masyarakat. Pemeliharaan laktasi Dalam arti yang lebih luas usaha-usaha dimulai lebih dahului dengan peningkatan kesehatan dan kesejahteraan para remaja sebagai cakon ayah dan ibu. 6 persen oleh bidan dan 1 persen oleh dokter. dukun bersalin. Termasuk pula bimbingan mereka untuk kelak menjadi ayah dan ibu yang baik serta pemberian pengertian tentang soal-soal yang bersangkutan dengan kesehatan reproduksi. seperti halnya untuk pelayanan kesehatan pada umumnya.2. Kesimpulan . dan dukun peraji) Dengan bertambah banyaknya tenaga yang dapat memberi pelayanan kebidanan. Perawatan dan pemeriksaan wanita sesudah persalinan 3. bertambah pula lah usaha-usaha dalam bidang ini. Pelayanan kebidanan untuk masyarakat desa masih untuk sebagian besar ditangani tenagatenaga tradisional. dan 4. Perawatan bayi yang baru lahir. A. PENUTUP Tenaga yang sejak dulu sampai sekarang memegang peranan penting dalam pelayanan ialah dukun bayi (nama lain : dukun beranak.

Petro carvazian A The kisk Approach In health care. kita telah mengetahui bahwa ruang lingkup bidan yang diutamakan adalah wanita. 1966. lansia dimulai lagi dari anak bayi dan balita. The Maternity service in. Gritain. dimana seseorang bidan harus bisa berpilaku identik yaitu berprilaku membantu proses persalinan yang dilakukan secara swakelola atau oleh diri sendiri. System Kesehatan Nasional. DAFTAR PUSTAKA 1. masa persalinan. masa interfal. Who Rubllic Health papers 1984. B. Departemen Kesehatan RI. The evolution of Modern obrtetrics. 1982.Kebidanan yang dipandang dari sebuah potensi yang diakui baik secara nasional maupun internasional. monotus. 4. Saran Kita harus sering memberikan penyuluhan pada remaja pranikah. Gaird D. masa nifas. Amer J obstet Gynec. . 76 2. masa hamil. Chamberlain R. Backett EN. 1960 : 564 3. seffcoate TNG. 96. Lancet. 435. Davies AM. Departemen Kesehatan RI.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->