MACAM – MACAM ALIRAN SENI LUKIS NUSANTARA

1. Kubisme Kubisme adalah sebuah gerakan modern seni rupa pada awal abad ke-20 yang dipelopori oleh Picasso dan Braque. Prinsip dasar yang umum pada kubisme yaitu menggambarkan bentuk objek dengan cara memotong, distorsi, overlap, penyederhanaan, transparansi, deformasi, menyusun dan aneka tampak. Gerakan ini dimulai pada media lukisan dan patung melalui pendekatannya masing-masing Bentuk-bentuk karyanya menggunakan bentuk geometri (segitiga, segiempat, kerucut, kubus, lingkaran). Seniman kubisme sering menggunakan teknik kolase, misalnya menempelkan potongan kertas surat kabar atau gambar poster. Kubisme sebagai pencetus gaya non-imitatif muncul setelah Picasso dan Braque menggali sekaligus terpengaruh bentuk kesenian primitif, seperti patung suku bangsa Liberia, ukiran timbul (basrelief) bangsa Mesir, dan topeng-topeng suku Afrika. Juga pengaruh lukisan Paul Cezanne, terutama karya “still life” dan pemandangan, yang mengenalkan bentuk geometri baru dengan mematahkan perspektif zaman Renaisans. Ini membekas pada keduanya sehingga meneteskan aliran baru. Istilah Kubis itu sendiri tercetus berkat pengamatan beberapa kritikus. Louis Vauxelles (kritikus Prancis) setelah melihat sebuah karya Braque di Salon des Independants, berkomenmtar bahwa karya Braque reduces everything to little cubes (menempatkan segala sesuatunya pada bentuk kubus-kubus kecil). Gil Blas menyebutkan lukisan Braque sebagai bizzarries cubiques (kubus ajaib). Sementara itu, Henri Matisse menyebutnya sebagai susunan petits cubes (kubus kecil). Maka untuk selanjutnya dipakai istilah Kubisme untuk memberi ciri dari aliran seperti karya-karya tersebut. Perkembangan awal Seni Lukis Kubisme Dalam tahap perkembangan awal, Kubisme mengalami fase Analitis yang dilanjutkan pada fase Sintetis. Pada 1908-1909 Kubisme segera mengarah lebih kompleks dalam corak yang kemudian lebih sistematis berkisar antara tahun 1910-1912. Fase awal ini sering diberi istilah Kubisme Analitis karena objek lukisan harus dianalisis. Semua elemen lukisan harus dipecah-pecah terdiri atas faset-fasetnya atau dalam bentuk kubus. Objek lukisan kadang-kadang setengah tampak digambar dari depan persis, sedangkan setengahnya lagi dilihat dari belakang atau samping. Wajah manusia atau kepala binatang

sedangkan Ries Mulder berguru dari Jack Louis Villon kelompok kubisme di Paris. Perkembangan karya kaum Kubis selanjutnya adalah dengan perhatian mereka terhadap realitas. Eksperimen tempelan seperti ini lazim disebut teknik kolase atau paper colle. Tema karya-karya mereka pun lebih variatif. Bila pada pereiode analitis Braque maupun Picasso masih terbelenggu dalam kreativitas yang terbatas.. kabar kemudian direkatkan pada kanvas sehingga membentuk satu komposisi geometris. Moctar Apin. Aliran kubisme di Indonesia diperkenalkan oleh Ries Mulder di ITB Bandung selaku dosen instruktur senior di perguruan itu. tetapi di samping kedua tokoh ini masih banyak tokoh lain yg menganut Kubisme seperti Juan Gris. Lukisan kubisme mengedepankan bentuk-bentuk germetris. But Mochtar.yang diekspos sedemikian rupa. Kaum Kubis tidak lagi terpaku pada tiga warna pokok dalam goresan-goresannya. Pablo Picasso . Metzinger. Dengan memasukkan guntingan-guntingan kata atau kalimat yang diambil dari suratpaper colle. maka susunan. Di dalam seni rupa adalah usaha . sepintas terlihat dari samping dengan mata yang seharusnya tampak dari depan. Naturalisme Yaitu suatu bentuk karya seni lukis (seni rupa) dimana seniman berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata. Supaya lukisan yang dibuat benar-benar mirip atau persis dengan nyata. perbandingan. Andre Derain. Dengan keberanian meninggalkan sudut pandang yang menjadi ciri khasnya untuk beranjak ke tingkat inovatif berikutnya. pewarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin. berbeda pada fase Kubisme Sintetis. paling tidak Kubisme telah memberi andil dalam kelahiran aliran-aliran baru.George Braque. setepat-tepatnya. Hal ini sekaligus meratakan jalan bagi pengekspresian kreativitas yang tiada batas. para perupa sebenarnya telah membuat pernyataan dimensi keempat dalam lukisan. tekstur. artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Tokoh kubisme yang sangat terkenal adalah Picasso dan Paul Cezanne. Fajar Sidik. Pada fase Kubisme Analitis ini. Mengamati perkembangan dunia seni lukis sekarang ini yang bisa dibilang begitu revolusioner. yaitu ruang dan waktu karena pola perspektif lama telah ditinggalkan. perspektif. Albert Glazez. Pablo Ruiz Picasso (25 Oktober 1881 – 8 April 1973) adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20 2. Paul Cezane.

Perupa realis selalu berusaha menampilkan kehidupan sehari-hari dari karakter. Sementara seniman realis yang terkenal adalah Gustave Courbet dan Jean François Millet. . dan objek. Tokoh-tokoh Naturalisme antara lain Rembrant. Salah satu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam. dilema. Abdullah Sudrio Subroto. subjek-subjek yang tampil dalam ruang yang terlalu luas. Hal ini merupakan pendalaman labih lanjut dari gerakan realisme pada abad ke-19 sebagai reaksi atas kemapanan romantisme. Realisme Realisme di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. Realisme kemudian mendominasi dunia seni rupa dan sastra di Perancis. William Hogart dan Frans Hall. Di Indonesia yang menganut corak ini diantaranya Raden Saleh.menampilkan objek realistis dengan penekanan setting alam. Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker. dan demokrasi. dan Amerika Serikat di sekitar tahun 1840 hingga 1880. Perupa realis cenderung mengabaikan drama-drama teatrikal. 3. Realisme sebagai gerakan kebudayaan Realisme menjadi terkenal sebagai gerakan kebudayaan di Perancis sebagai reaksi terhadap paham Romantisme yang telah mapan di pertengahan abad 19. Inggris. dan bentuk-bentuk klasik lainnya yang telah lebih dahulu populer saat itu. reformasi politik. Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. Gerakan ini biasanya berhubungan erat dengan perjuangan sosial. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran. Basuki Abdullah. suasana. Penganut sastra realisme dari Perancis meliputi nama Honoré de Balzac dan Stendhal. Gambir Anom dan Trubus. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan di kota Lothal. untuk mencapai tujuan Verisimilitude (sangat hidup). yang sekarang lebih dikenal dengan nama India.

Giotto bisa dikategorikan sebagai perupa dengan karya realis. karena karyanya telah dengan lebih baik meniru penampilan fisik dan volume benda lebih baik daripada yang telah diusahakan sejak zaman Gothic. Aleksander Gierymski. komposisi terbuka. dengan penekanan pada tampilan warna dan bukan bentuk. Thomas Eakins. Nikolai Ge. Nama ini awalnya dikutip dari lukisan Claude Monet. Di Inggris.Dalam pengertian lebih luas. Édouard Manet (berhubungan pula dengan Impressionisme). William Harnett (spesialis trompe l'oeil). kelompok Pre-Raphaelite Brotherhood menolak idealisme pengikut Raphael yang kemudian membawa kepada pendekatan yang lebih intens terhadap realisme. Ilya Yefimovich Repin 4. Impresionisme Impresionisme adalah sebuah aliran yang berusaha menampilkan kesan-kesan pencayaan yang kuat. subjek-subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol. Honoré Daumier. Conscience: Judas Beberapa pelukis realism yang antara lain Karl Briullov. Kejujuran dalam menampilkan setiap detail objek terlihat pula dari karya-karya Rembrandt yang dikenal sebagai salah satu perupa realis terbaik. Kemudian pada abad XIX. warnawarna cerah (bahkan banyak sekali pelukis impresionis yang mengharamkan warna hitam karena dianggap bukan bagian dari cahaya). Gustave Courbet. penekanan pada kualitas pencahayaan. Aliran Impresionisme muncul dari abad 19 yang dimulai dari Paris pada tahun 1860an. Jean Baptiste Siméon Chardin. soleil levant"). Karakteristik utama lukisan impresionisme adalah kuatnya goresan kuas. Teknik Trompe l'oeil. Kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari. "Impression. Ford Madox Brown. dan sudut pandang yang tidak biasa. Penjelasan . pelukis foto di zaman renaisans. Nikolai Ge. Sunrise" ("Impression. yang kemudian membuka jalan bagi berkembangnya impresionisme. usaha realisme akan selalu terjadi setiap kali perupa berusaha mengamati dan meniru bentuk-bentuk di alam secara akurat. Sebagai contoh. Louis Le Nain. sebuah kelompok di Perancis yang dikenal dengan nama Barbizon School memusatkan pengamatan lebih dekat kepada alam. adalah teknik seni rupa yang secara ekstrim memperlihatkan usaha perupa untuk menghadirkan konsep realisme. Edgar Degas (juga seorang Impressionis). Camille Corot. Jean-François Millet.

Sebaliknya pengolahan bidang-bidang warna dengan penuh perhitungan akan menghasilkan bentuk lukisan yang tidak kalah menariknya. Secara tidak langsung. Perkembangan selanjutnya dari impresionisme adalah penemuan bahwa yang lebih penting daripada teknik impresionisme sendiri adalah pembedaan dalam sudut pandang. Selain itu teori warna juga sangat berkembang dan membantu pengembangan aliran impresionisme. antara lain di Italia dengan pelukis Macchiaioli. Ciri khas seni lukis impresionisme: . pose. Fauvisme. and Kubisme. Impresionisme sebenarnya adalah seni pergerakan. Pada awalnya fotografi dianggap bisa memusnahkan keberadaan seni lukis. Secara kebetulan. Namun tujuan utama impresionisme yang menangkap kesan sesaat justru membuat fotografi menjadi alat bantu utama yang sangat bermanfaat. suasana kota yang dinamis. dan komposisi dari permainan kesan cahaya yang dituangkan dalam warna-warna cerah dan bervariasi. Puncak gerakan seni impresionisme di Perancis terjadi hampir bersamaan dengan di negara lain. Akademi mengadakan pameran tahunan Salon de Paris. masyarakat mulai mempercayai bahwa impresionisme adalah cara pandang yang jernih dan jujur terhadap kehidupan. Pelukis menjadi bisa mengeksplorasi hal-hal yang biasanya hanya terjadi sesaat. Ia berpendapat bahwa lukisan tidak selamanya dibentuk dengan pengolahan garis secara berlebihan seperti dikembangkan oleh Ingres selama bertahun-tahun. ditemukan pula penggunaan teknik fotografi. hal inilah yang mendorong terbentuknya standardisasi lukisan yang tercermin dari pilihan para juri. Pada akhir abad 19. Impresionisme menjadi pelopor berkembangnya aliran-aliran seni modern lain seperti Post-Impresionisme. pada masa keemasan impresionisme. seperti langkah kuda saat berlari. dan pelukis yang terpilih akan memenangkan sejumlah hadiah dan penugasan yang kemudian akan menjamin keberlangsungan karya-karya pelukis tersebut. dan Amerika Serikat dengan pelukis Winslow Homer. meskipun secara artisitik bukanlah pendekatan yang benar dalam pembuatan karya.Seniman impresionisme pada awalnya terinspirasi oleh teori-teori Eugene Delacroix yang mulai merasakan ketidakpuasan terhadap perkembangan seni akademis pada masa itu yang terlalu berkonsentrasi kepada mahzab seni lukis klasik.

film. Dikerjakan di luar ruangan (en plein air) Sebenarnya ciri ini hampir bisa ditemui di aliran-aliran lain. "View of Toledo" oleh El Greco (1595-1610) dipercaya memiliki pengaruh besar terhadap ekspresionisme abad 20. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan. Mary Cassatt 5. Pengolahan sifat transparansi cat dihindari. Ekspresionisme Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Pelukis-pelukis yang tergolong dalam aliran impresionisme antara lain: Frédéric Bazille. kecuali beberapa unsurnya yang mendasar seperti penggunaan warna yang cemerlang atau penggunaan warna-warna cerah. meskipun sebenarnya lukisan ini beraliran manerisme. Warna didapat dengan sesedikit mungkin pencampuran pigmen cat yang digunakan. Sesuai dengan namanya. Bayangan dibuat dengan mencampurkan warna komplementer (Hitam tidak digunakan sebagai bayangan). dan musik. Meneliti sedetail mungkin sifat pantulan cahaya dari suatu objek untuk kemudian diterapkan di dalam lukisan. Perupa dari abad 20 yang tergolong ekspresionis adalah: . arsitektur. sastra. Post-Impresionisme Post-Impresionisme merupakan gerakan seni rupa pada tahun 1880-an. Seniman-seniman Post-Impresionisme pertama-tama mendapat pengaruh dari gerakan Impresionisme. tetapi hanya impresionisme lah yang memiliki ciri tersebut secara keseluruhan dengan sengaja. Diharapkan warna tercampur secara optis oleh retina. Pelukis Matthias Grünewald dan El Greco bisa disebut ekspresionis. namun kemudian menolaknya. gerakan itu merupakan kelanjutan dari Impresionisme. untuk memberikan kemudahan pelukis menangkap esensi subjek daripada detailnya.• • • • • • • Goresan kuas pendek dan tebal dengan gaya mirip sketsa. Cat tidak ditunggu kering untuk ditimpa dengan warna berikutnya. Eugène Boudin. Jean Beraud.

Franz Marc. 6. pesimistis. Elfriede Lohse-Wächtler. Jaap Min. 9. Erich Heckel. Nilai-nilai dari kaum Futuris. nostalgia. August Macke. Futurisme merupakan suatu paham dari beberapa orang atau sekelompok orang yang percaya atau yakin akan adanya masa mendatang yang lebih baik. 7. Filippo Tommaso Marinetti. Gerakan Futurisme diproklamirkan pada tahun 1909 oleh seorang penulis dan penyair Italia. dimaksudkan untuk mengiringi dan mengimbangi pergeseran kebudayaan. 6. Ernst Barlach. Futurisme Futurisme berasal dari bahasa Prancis. Futurisme ini muncul dari situasi yang ditimbulkan akibat Perang Dunia I. Frits Van den Berghe. dan Max Pechstein. elemen-elemen. Jerman: Heinrich Campendonk.1. dalam arti lebih modern. Wilhelm Lehmbruck. 5. Kusnadi Wiegers dan Hendrik Werkman Floris Jespers. bahkan diyakini bahwa manusia akan mampu menguasai jagad raya dengan tehnologi yang dimilikinya nanti. Jan Belgia: Constant Permeke. Max Beckmann. Ernst Ludwig Kirchner. Gust De Smet. dan Albert Droesbeke. Paula Modersohn-Becker. James Ensor. 2. Futurisme adalah sebuah gerakan seni murni Italia dan sebuah pergerakan kebudayaan pertama dalam abad ke-20 yang diperkenalkan secara langsung kepada masyarakat luas. atau sebelum masanya. Willem Hofhuizen. 4. Jan Sluyters. Maka khayalan-khayalan kaum Futuris memakai pola-pola geometris untuk mewakili arah gerak dan makna dari pergerakan itu sendiri. Karl Schmidt-Rottluff. 3. dan komunikasi global yang menurut argumentasi mereka tengah merubah alam realitas dari kebudayaan dunia. lebih konkrit. terutama pada tahun 1909 Masehi. era permesinan.kemudian melepaskan materi-materi. Gabriele Münter. Rolf Nesch. Ludwig Meidner. Perancis: Gen Paul dan Chaim Soutine Norwegia: Edvard Munch Swiss: Carl Eugen Keel Indonesia: Affandi. kekuatan dinamis pasar yang luas. Otto Djoyo. 8. . futur atau bahasa inggris future yang keduanya berarti “masa depan” adalah aliran seni yang avant-garde. Emil Nolde. dengan tujuan meninggalkan kenangan pahit. dan nilai-nilai lama. Austria: Egon Schiele dan Oskar Kokoschka Russia: Wassily Kandinsky dan Alexei Jawlensky Netherlands: Charles Eyck.

2. Dadaismeisme Dadaisme merupakan aliran pemberontak di antara seniman dan penulis. Salah seorang Futuris mempublikasikannya dalam surat kabar Perancis. Ciri Futurisme : 1. bentuk bangunan. Memiliki ide-ide seperti ketertutupan. Tokoh-tokoh pelukis futurisme yang terkenal antara lain: 7. seni musik. yang . Konstruktifisme. 4. dan aneka bentuk grafis lain. lantai. 3. sampul buku. Penyatuan karakter dari elemen-elemen yang berbeda-beda dalam sebuah acuan.Para seniman dan desainer Futurisme biasanya memanfaatkan hari-hari petang untuk berkumpul. dengan terjadinya Revolusi Industri berpengaruh pula pada Futurisme ini. Di samping itu. Pandangan karya yang mementingkan masa depan. dsb. ekstrim dalam hubungan langsung dengan nilai-nilai futurisme. Dan memiliki semangat yaitu menolak frame berpikir “seni adalah sesuatu yang tinggi. Dalam dunia arsitektur Futurisme biasa berpangaruh pada bagian-bagian dari bangunan seperti pintu masuk. puisi dan musik. Sifat agresif dan perilaku yang individualis dari kaum Futuris ini lambat laun dimanfaatkan untuk menyebarkan paham Fasisme. The Machine Aesthetics atau estetika mesin muncul mempengaruhi ciri-ciri penyusunan tipografi baik pada poster. ornamen. Futurisme banyak mempengaruhi bidang kesenian seperti: seni lukis. desain dan arsitektur. dan penyusunannya karyanya sebagai suatu kesatuan. Selain itu futurisme yang memanfaatkan tipografi banyak dipakai dalam mengungkapkan perasaan dalam berpuisi. Karakteristiknya juga meliputi garis-garis yang tidak rata yang mengkomunikasikan energi dari gerakannya. dengan membuat pencampuran atau perpaduan yang tidak mudah di dalam memenuhi kepentingan nasionalisme Italia. Dadaisme. menuliskan manifesto. kemiliteran dan kepercayaan baru terhadap mesin yang selanjutnya dijelmakan dalam produk mobil dan pesawat terbang. Futurisme juga banyak mempengaruhi aliran seni pada abad ke 20 seperti Art Deco. Futurisme juga berpengaruh pada perkembangan tipografi. “le Figaro” bertanggal 20 Februari 1909. ketidaksabaran. seni patung. dan Surealism.

mengguratkan ambisi-ambisi akan kelahiran gerakan baru. Marcel Janco. walaupun temponya seketika. juga ke wilayah Amerika Utara dan Selatan. Dadaisme berkembang di Zurich pada tahun 1915 oleh sekumpulan pelukis. La Tentation de Saint Antoine (Salvador Dali). Gerakan tersebut segera menyebar ke wilayah lain di Eropa. Surealisme Surealisme. Max Ernst. Dadaisme tidak memiliki karakteristik/ kesatuan bentuk seperti yang dimiliki oleh gerakan-gerakan lainnya. Tokoh-tokoh Dadaismeisme diantaranya Marcel Duchamp. Die Ägypterin (Hans Arp). Raoul Hausmann. Dadaisme seringkali diartikan seperti mengeluarkan ideide celaan dan kemarahan besar lalu memasukkannya ke dalam seni. seperti pengertiannya bahwa Seni adalah cara berekspresi yang tidak dibatasi oleh medium. Karya-karya Dadaisme diantaranya adalah: Nude Descending a Staircase (by Marcel Duchamp). Kurt Schwitters. (Breton menuliskan dua lagi manifesto surealis.mahal. dsb. Hans Richter. dan eksklusif“. adalah sebuah aliran seni dan kesusastraan yang menjelajahi dan merayakan alam mimpi dan pikiran bawah sadar melalui penciptaan karya visual. pada tahun 1924. seperti Hans Arp dan ahli puisi Rumania. dan film. puisi. ketika penulis Perancis Andre Breton menulis manifesto pertama surealisme. Man Ray. Tristan Tzara (1896-1963). . Pergerakan seni Dadaisme antara tahun 1915 hingga tahun 1922 adalah pergerakan yang berlaku hanya sementara dan diteruskan dengan pergerakan Surrealisme. yang kemudian banyak mempengaruhi seni modern. Meski demikian dadaisme tetap merupakan apresiasi besar hasil karya manusia. Mereka membenci frame berpikir “seni tinggi” karena seni semacam itu adalah milik kaum menengah ke atas yang memiliki estetika semu. Surealisme diluncurkan secara resmi di Paris. 8. yang serius. dan Hans Arp. Salvador Dali (Spain). Perancis. pada tahun 1930 dan 1942). meninggalkan kesan hingga hari ini. Di antara kontribusi-kontribusi yang paling penting dari gerakan surealis adalah penemuan teknik artistik baru yang terhubung ke alam pikiran bawah sadar seniman. Tristan Tzara. Karya-karya Dadaisme meliputi bermacam-macam media atau multimedia. Hugo Ball. menjadikannya sangat nyata. Sophie Tauber. rumit. Seni Dadaisme.

dan empat seniman berbeda memberi kontribusi berupa representasi gambarannya tanpa melihat kontribusi seniman-seniman lainnya. sambil merujuk juga pada tokoh mitos Yunani. motivasi-motivasi para Dadais secara kuat bersifat politis: untuk mengejek kebudayaan. Sebagai akibatnya. menggambar bagian bawah tubuh. yang ketiga menggambar kedua kaki. seorang imam Troya yang bergulat dengan piton-piton raksasa. Laocoon. Father and Sons” (1926. dan yang keempat. Program surealis adalah pengembangan dari Dada. Dengan menempatkan kepingan-kepingan kayu atau logam yang kasar di bawah kanvas dan selanjutnya melukis atau menggambar dengan pensil di atasnya. merupakan kelanjutan dari gerakan seni pendahulunya yang dikenal sebagai Dada. Max Ernst. Sebuah strategi yang digunakan para surealis untuk mengangkat gambarangambaran dari alam bawah sadar disebut “Exquisite Corpse”. dalam banyak karakteristik. yang didirikan di tengah berkecamuknya Perang Dunia I (1914-1918). kemungkinan. menemukan teknik lain yang menggunakan kemungkinan dan ketidaksengajaan: frottage (bahasa Perancis untuk “menggosok”). Mereka percaya bahwa keyakinan apapun akan kemampuan kemanusiaan untuk mengembangkan diri melalui seni dan kebudayaan. Menil Collection. surealis Jerman. menulis puisi-puisi dengan serpihan-serpihan cukilan dari koran yang dipilih secara acak. Texas). para Dadais menciptakan karya menggunakan ketidaksengajaan. Houston. Para seniman itu lalu membuka lipatan kertas untuk mempelajari dan menginterpretasikan kombinasi gambar tersebut. khususnya setelah penghancuran yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat perang. sang seniman mentransfer motif kasar dari permukaan tersebut ke dalam karya-jadi. Yang pertama menggambar kepala. sehelai kertas dilipat menjadi empat bagian lipatan. Ernst meracik motif kasar kemungkinan dengan cara menggosok. Dalam “Laocoon. . melipat lagi kertasnya lalu menyerahkannya kepada seniman lainnya. dan apapun yang menekankan pada irasionalitas kemanusiaan: contohnya. Terhentak oleh kenyataan kehancuran besar-besaran dan melayangnya begitu banyak nyawa yang diakibatkan perang. adalah naif dan tidak realistis. bahkan seni. dan mendaulat obyek sehari-hari sebagai karya seni. yang menggambar bagian atas tubuh.Asal Mula Surealisme Surealisme. tapi menaruh lebih banyak pandangan positif secara esensial pada pesan negatif Dada . Dalam bentuk seni kolaborasi ini. pemikiran. teknologi. berbicara dengan kata-kata tak masuk akal keras-keras.

Efek dari perbedaan kerapatan titik bisa menciptakan halusinasi gradasi warna. Ernst. dalam karya seniman-seniman seperti Frida Kahlo dari Meksiko dan Wifredo Lam dari Kuba. terutama bagi karya Arshile Gorky. Surrealism juga meninggalkan pengaruh kekal pada seni Amerika Latin. Yves Tanguy dari Perancis. and Matta. Pointilisme Pointilisme adalah teknik lukisan dengan memanfaatkan titik-titik kecil berwarna ke media gambar. Karya semacam ini bagi sebagian besar anak remaja kurang populer mengingat pengerjaannya yang tidak bisa "instan". selain mempertahankan besar titik yang dibuat juga pembuatan gradasi warna harus tepat sehingga bentuknya menjadi sempurna. dan Roberto Matta dari Chili. Masson. Surealisme dinilai sebagai salah satu dari gerakan-gerakan seni yang paling penting dan berpengaruh di Eropa pada paruh pertama abad 20. Karya Pointilisme butuh ketelatenan dalam pengerjaannya. warna-warna juga tidak . Kehadiran mereka terbukti penting bagi perkembangan para pelukis abstrak-ekspresionis. termasuk Breton. diantaranya Ernst. Tapi jika bisa membuatnya pasti ada suatu kepuasan tersendiri. Contoh yang paling terkenal dari Pointillism dapat ditemukan dalam lukisan Sunday Afternoon on the Island of La Grande Jatte. Tetapi pointillisme bisa pula mengacu kepada lukisan satu warna atau hitam putih saja.Beberapa surealis. Meski demikian. dilukis oleh Georges Seurat di akhir 1880-an. menggunakan kombinasi teknik-teknik tersebut untuk menyiratkan keadaan alam mimpi atau untuk menghasilkan perbendaharaan abstrak dari bentukbentuk. Banyak surealis. 9. Pointillisme adalah salah satu teknik dalam lukisan yang memanipulasi ketidaksensitifan mata dalam meneliti detail kumpulan titik hingga mampu memberikan kesan keberadaan bidang atau warna baru. dan Jackson Pollock. Istilah "Pointillism" sebenarnya diciptakan oleh para kritikus untuk gaya lukisan ini pada tahun 1880-an. Pada layar CRT ataupun LCD. ukisan pointillisme menjadi inspirasi teknologi fotografi dan layar warna. Metode ini disebut Divisionisme. Robert Motherwell. menghabiskan waktu di Amerika Serikat selama Perang Dunia II (1939-1945). Biasanya warna-warna yang bukan merupakan warna primer dibentuk secara visual dengan mendekatkan beberapa warna primer.

besi. Naum Gabo dan A. Karena timbul dari dalam batin. yaitu lukisan yang menampilkan abstraksi bentuk-bentuk geometris mumi dengan tokohnya adalah Kasimir Malevich. Mathiew dan Piere Souloges. 10. tetapi dengan mendekatkan tiga bintik merah. Clyfford Stll. dan hijau dengan komposisinya masing-masing hingga dihasilkan warna baru. Pelopornya adalah Mark Rothko. Adolf Got lieb. Tokohnya pelukis abstrak antara lain Vladimir Tatlin. Hartum Gerard Schneider. G. Robert Montherwell dan Bornet Newman. Kemudian yang diberi nama Technisme dipelopori : Wols Aechinsky dan Asger Yorn. Setelah itu bermunculan abstrak geometris yang lain dengan nama berbeda antara lain: • Suprematisme. Minimal . Dipelopori oleh Kandinsky. Di Perancis abstrak ekspresionesme diikuti oleh : H. Rodehenko. yaitu lukisan yang menampilkan bidang-bidang lebar dan warna yang cerah. Alexander Calder karena patungnya dapat bergerak disebut Mobilisme di Amerika patung yang dapat bergerak disebut Kinetic Sculpture. biru. Antonic Pevner. Dalam seni abstrak terbagi dua katagori besar yaitu : Abstrak Ekspresionism Amerika abstrak ini terdapat dua kecenderungan yaitu yang pertama Color Field Painting. Abstrak Seni abstrak dalam seni lukis ialah seni yang berusaha mengambil obyek yang berasal dari dunia batin. imajinasi dan mungkin juga intuisi para seniman. Abstrak Geometris Abstrak Geometris disebut juga seni non obyektif. Obyek itu bisa fantasi. • Konsiruktivisme.digabungkan langsung. kayu dan plastik. Kecenderungan kedua adalah Action Painting. Tokohnya adalah : Jackson Polack. Willem de Koning. yaitu lukisan yang tidak mementingkan bentuk yang penting adalah aksi atau cara dalam melukiskannya. sebuah corak seni rupa 3 dimensi yang berusaha menampilkan bentuk-bentuk abstrak dengan menggunakan bahan-bahan modem seperti kawat. Frans Kliner dan adik Twarkov.

namun bila diamati akan terlihat seperti sesuatu. Selain karya lukisan. Di bidang kesenian. Neo Plastisisme (De Stijil). Jadi. Theo Van Daesburg dan Bart Van Leck. lukisan abstrak cukup peka dalam komposisi warna dan lebih banyak menggunakan cat air Seni abstrak yang menggunakan teknik water colour juga umumnya diklasifikasikan sebagai seni abstrak figuratif dan lukisan yang merupakan hal-hal yang tidak visual. lukisan abstrak itu adalah seni yang lebih pada pengertian cara berpikir kerana Seniman melihat sesuatu dari kedalaman bentuk melalui objek. seperti emosi. Peninggalan karya seni yang dihasilkan berupa lukisan binatang buruan. lukisan capcap tangan yang terdapat pada dinding goa. Aliran ini berusaha mengembalikan pewarna kepada warna pokok dan bentuk yang siku-siku Tokohnya ialah Piet Mondarian. Salah satu ciri seni abstrak itu adalah yang mana bentuknya tidak pernah wujud. namun memiliki nilai tinggi sebagai ungkapan ekspresi mereka. dengan begitu akan mendapatkan idea. hidup berpindah-pindah (nomaden) dan pekerjan berburu binatang. Mereka menghuni goa-goa.Art juga termasuk dalam kelompok konstruktivisme. warna dan bentuk serta bahan tambahan dalam melukis abstrak adalah subjek lukisan abstrak untuk terlihat lebih unik. Lukisan abstrak paling sukar untuk ditafsir. Primitif Seni primitif berkembang pada zaman prasejarah. Dalam penghasilan karya abstrak. abstraksi figuratif adalah abstraksi atau penyederhanaan realistik. seperti pada dinding goa Leang-leang di Sulawesi Selatan. dan pada dinding goa Almira Spanyol. karya seni yang dihasilkan juga sangat sederhana. Hal ini berpengaruh dalam kebudayaan yang mereka hasilkan. terdapat juga hiasan-hiasan pada alat-alat perburuan mereka yang berupa . bentuk abstrak tidak berhubungan dengan bentuk apapun yang pernah kita lihat. yang mana tingkat kehidupan manusia pada masanya sangat sederhana sekali dan sekaligus merupakan ciri utama. atau pengalaman spiritual. suara. 11. serta semangat untuk mewujudkan sesuatu karya. Oleh itu lukisan abstrak perlu memiliki kepekaan tinggi untuk komposisi dan untuk warna. sehingga manusianya disebut orang primitif. goa-goa di Irian Jaya. Seni ini lahir karena situasi teknologi industri yang tinggi dan karyanya cenderung kearah aristektual. yaitu corak seni abstrak yang menampilkan keuniversalan ilmu pasti. inspirasi.

dan putih. senang dan perdamaian. tanpa perspektif. seperti perasaan takut. Moris Utrillo dan Marval. hitam. Karya seni yang dihasilkan hanya merupakan ekspresi perasaan mereka terhadap dunia misterius atau alam gaib yang merupakan simbolis dari perasaan-perasaan tertentu. coklat.goresan-goresan sederhana. . dan warna-warnanya terbatas pada warna merah. Ciri-ciri lain dari seni premitif yaitu goresannya spontannitas. Aliran ini diikuti oleh pelukis Henri Rousseau (1844 – 1910).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful