P. 1
Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kuno Dan Modern

Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kuno Dan Modern

|Views: 97|Likes:
Published by ayyubhamzah

More info:

Published by: ayyubhamzah on Sep 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/09/2012

pdf

text

original

PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Muh.Zahruddin.Hamzah

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
 Teknologi

Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemrosesan informasi.  Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses menyampaikan informasi dari pengirim ke penerima.

PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
 teknologi

informasi dan komunikasi diartikan sebagai teknologi untuk memperoleh, mengolah, menyimpan, dan menyebarkan berbagai jenis file informasi dengan memanfaatkan komputer dan alat telekomunikasi lainnya.

MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (KUNO)
1. Asap
Media komunikasi ini tergolong unik dan sangat populer digunakan oleh bangsa Indian di Amerika.  Asap dapat digunakan untuk mengirimkan informasi rahasia kepada teman maupun lawan.

MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (KUNO)
2.

Kentongan

 Pada

masa kerajaan, kentongan digunakan untuk menyampaikan pesan dan perintah dari sang raja kepada rakyatnya.

MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (KUNO)
3.

Prasasti

 Menurut

Kamus Besar Bahasa Indonesia, prasasti merupakan piagam yang tertulis pada batu, tembaga, dan sebagainya

MEDIA KOMUNIKASI TRADISIONAL (KUNO)
4).
 daun

Daun Lontar

lontar digunakan sebagai alat komunikasi masa lalu. Daun lontar adalah daun dari pohon siwalan yang dikeringkan. Daun lontar dikenal juga sebagai daun pohon Nira.

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 1).

Telegraf  Alat ini ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, Sir William Cook, dan Sir Charles Wheatstone pada tahun 1837  Telegraf adalah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai dengan kode dalam bentuk pulsa listrik.

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 2).

Telepon

 Penemu

adalah Alexander Graham Bell (Amerika) atau Antonio Meucci

2). TELEPON
 Telepon

adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui kabel jaringan telepon dan sebaliknya mengubah energi listrik dari kabel jaringan telepon menjadi suara.  Telepon berasal dari bahasa Yunani, tele, berarti jauh dan phone berarti suara.

2). TELEPON
 Telepon 

terdiri atas empat bagian utama, yaitu
mekanisme dialing,  transmitter,  ringer dan  receiver

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 3).

Televisi  Televisi merupakan alat penerima informasi berupa gambar dan suara secara langsung pada saat yang bersamaan (real-time) dengan cara  mengirimkan sinyal-sinyal elektronik melalui kabel dan serat optik, atau dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

3). TELEVISI
 Kata

televisi berasal dari dua suku kata, yakni tele (bahasa Yunani) yang berarti jauh dan visi atau vision (bahasa Inggris) yang berarti penglihatan. Jadi, televisi mempunyai arti “melihat jauh”. Maksudnya, melalui televisi kita dapat melihat gambar dan mendengar suara secara bersamaan.

3). TELEVISI
 Televisi

yang kita kenal terdiri dari dua jenis, yakni televisi hitam putih dan televisi berwarna.  Saat ini terdapat bentuk lain dari televisi yaitu CCTV (Close Circuit Television) yang banyak digunakan sebagai alat keamanan.

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 4).

Telepon Genggam (Handphone)  Teknologi telepon genggam atau telepon seluler merupakan gabungan dari teknologi telepon dengan teknologi radio, yang mengirimkan sinyal suara melalui gelombang radio. Karena bersifat nirkabel (wireless), maka telepon tersebut memungkinkan terjadinya komunikasi bergerak.

A.

GLOBAL SYSTEM MOBILE COMUNICATION (GSM)
 GSM

menggunakan teknologi enkripsi (pengkodean) sebelum pesan suara dikirimkan sehingga keamanan data lebih terjamin. GSM beroperasi pada frekuensi 900 – 1800 MHz.  menggunakan semacam chip digital untuk Subscriber Identification Module (SIM).

B.

CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS (CDMA)
 CDMA

adalah sebuah bentuk spread spectrum, yang berarti bahwa data yang dikirim dalam potongan-potongan kecil selama beberapa frekwensi diskrit yang tersedia.  CDMA beroperasi baik dalam 800 MHz dan pita frekwensi 1900 MHz

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 5).

Faksimili (Faks)  Faksimili ditemukan oleh Alexander Brain pada tahun 1843. Faksimili berasal dari kata facsimile yang artinya menyalin sama persis dengan aslinya.

MEDIA KOMUNIKASI MODERN
 6).

Radio  Radio merupakan alat yang sangat penting sejak ditemukan untuk mengirimkan pesan suara dari jarak yang jauh.  Radio adalah alat yang dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.

RADIO (AMPLITUDE MODULATION, AM)
 sinyal

AM dipantulkan oleh atmosfir (ionosfir) yang kemudian menciptakan gelombang udara yang mampu mencapai tempat yang lebih jauh hingga ribuan mil.  Stasiun AM diberikan frekuensi antara 535 sampai 1705 kHz

RADIO (FREQUENCY MODULATION, FM).
 FM

berada di antara 88,1 hingga 107,9 MHz  FM menyebarluaskan gelombang radionya dengan pola langsung atau line-of-sight. Stasiun FM tidak terpengaruh perubahan waktu di atmosfir

Terima

Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->