P. 1
Proses Perumusan Dan Pengsahan Pancasila

Proses Perumusan Dan Pengsahan Pancasila

|Views: 53|Likes:
PANCASONA
PANCASONA

More info:

Published by: Shen Aina Ikävä Sinua on Sep 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/25/2012

pdf

text

original

PROSES PERUMUSAN DAN PENGSAHAN PANCASILA, UUD 1945 1) Sidang BPUPKI pertama

Sidang BPUPKI pertama dilaksanakan empat hari berturut-turut, yang tampil berpidato untuk menyampaikan usulannya antara lain : · Mohammad Yamin (29 Mei 1945)

Dalam pidatonya Muh. Yamin mengusulkan calon rumusan dasar Negara Indonesia sebagai berikut : 1. Peri kebangsaan, 2. Peri kemanusiaan, 3. Peri ketuhanan, 4. Peri kerakyatan (A. permusyawaratan, B. perwakilan, C. Kebijaksanaan) 5. Kesejahteraan rakyat (keadilan sosial). Selain itu beliau juga menyerahkan usulan tertulis tentang suatu rancangan sementara berisi rumusan UUD RI dan rancangan itu dimulai dengan pembukaan yang berisi sebagai berikut : Untuk membentuk pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bengsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, menyuburkan hidup kekeluargaan, dan ikut serta mrlaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia dalam suatu undang-undang dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dlam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : ketuhanan yang maha esa, kebangsaan, persatuan Indonesia, dan rasa kemanusiaan yang adil dan beradab, permusyawaratan perwakilan, dengan mewujudkn keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia (Pringgodigdo, A.G: 162) · Prof. Dr. Soepomo ( 31 Mei 1945)

Beliau mengemukaan teori-teori Negara sebagai berikut : 1. Teori Negara perseorangan (individualis) yaitu paham yang menyatakan bahwa Negara adalah masyarakat hukum yang disusun, atas kontrak antara seluruh individu(paham yang banyak terdapat di eropa dan amerika) 2. Paham Negara kelas (class theory) teori yang diajarkan oleh Marx, Engels dan lenn yang mengatakan bahwa Negara adalah alat dari suatu golongan (suatu klasse) untuk menindas klasse lain 3. Paham Negara integralistik, yang diajarkan oleh Spinoza, Adam Muler, Hegel. Menurut paham ini Negara buknla unuk mejamin perseorangan atau golongan akan tetapi menjamin kepentingan masyrakat seluruhnya sebagi suatu persatuan · Ir. Soekarno (1 Juni 1945)

Usulan dasar Negara oleh Ir. Soekarno di sampaikan dalam bentuk lisan. Beliau mengusulkan dasar Negara yang terdiri atas lima prinsip yang beliau beri nama pacasila atas saran teman beliau. Dan rumusannya sebagai berikut : 1. Nasionalisme (kebangsan Indonesia) 2. Internasionalisme (peri kemanusiaan) 3. Mufakat (demokrasi) 4. Kesejahteraan sosial 5. Ketuhanan yang maha Esa (ketuhanan yang berkeudayaan). Kemudian menurut beliau pancasila tersebut dapat diperas menjadi Trisila yang meliputi : 1. Sosio nasionalisme 2. Sosio demokrasi 3. Ketuhanan. Lalu beliau juga mengusulkan jika terlalu panjang dapat diperas lagi menjadi eka sila yang intinya adalah gotong-royong. 2) Piagam Jakarta (22 juni 1945)

Pada tanggal 22 juni 1945 sembilan tokoh yang terdiri dari : Ir. Soekarno, Wachid Hasyim, Mr Muh. Yamin, Mr Maramis, Drs. Moh. Hatta, Mr. Soebardjo, Kyai Abdul Kahar Moezakir, Abikoesno Tjokrosoejoso, dan Haji Agus Salim yang juga tokoh Dokuriti Zyunbi Tioosakay mengadakan pertemuan untuk membahs pidto serta usul-usul mengenai dasar Negara yang telah dikemukakan dalam sidang Badan Penyelidik. Sembilan tokoh tersebut dikenal dengan “Panitia Sembilan” setelah mengadakan siding berhasil menyusun sebuah naskah piagam yag dikenal denga “Piagam Jakarta”.

Pembukaan yang didalamnya terkandung dasar Negara Pancasila dan 3. Menetapkan rancangan Hukum Dasar yang telah diterima dari Badan Penyelidik pada tanggal 17 Juli 1945. Moh. 1979: 169-170) 4) Sidang PPKI pertama (18 Agustus 1945) Sebelum sidang resmi dimulai dilakukan pertemuan untuk membahas beberapa perubahan yang berkaitan dengan rancangan naskah pembukan UUD 1945 yang pada saat itu disebut piagam Jakarta. yaitu: 1. Timor Portugis dan Pulaupulau sekitanya. Dalam sidang ini istilah hukum dasar diganti dengan istilah Undang-Undang Dasar. yang berupa dakwaan di muka dunia atas penjajahan Belanda 2. terutama yang menyangkut sila pertama pancasila. Peretujuan tersebut tertuang dalam suatu rancangan Pembukaan hukum dasar. Tanggal 11 juli keputusan tentang luas wilayah Negara. Hatta. Pasalpasal UUD (Pringgodigdo. Soekarno. Dari 64 suara yang pro republik 55 orang yang meminta bentuk kerajaan 6 orang adapu bentuk lain dan blanko 1 orang. Keputusan-kepuusan lain yaitu membentuk panitia perancangan Undang-Undang Dasar yang diketuai oleh Ir. Panitia kecil badan penyelidik menyetujui sebulat-bulatnya rancangan preambule yang disusun oleh panitia Sembilan tersebut. Dan sidang yang dihadiri 27 orang ini menghasilkan keputusan-keputusan sebagai berikut: · Mengesahkan UUD 1945 yang meliputi : 1. Sebanyak 39 suara memilih daerah Hindia Belanda ditambah dengan Malaya. setelah mengalami beberapa perubahan karena berkaitan dengan perubahan piagam Jakarta. Selain itu Ir Soekarno juga melaporkan hasil pertemuan panitia Sembilan yang telah mencapai suatu hasil yang baik yaitu suatu modus atau persetujuan antara golongan Islam dengan golongan kebangsaan. rancangan preambul Hukum dasar yang dipermaklumkan oleh panitia kecil Badan Penyelidik dalam rapat BPUPKI kedua tanggal 10 juli 1945. dan juga membentuk panitia pembelaan tanah air diketuai oleh Abikusno Tjokrosoejoso. Pernyataan Indonesia merdeka.Adapun rumusan pancasila yang termuat dalam Piagam Jakarta antara lain : · · · · · 3) Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat islam bagi pemeluk-pemeluknya Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia Sidang BPUPKI ke-2 (10-16 juli1945) Ada tambahan 6 anggota pada siding BPUPKI kedua ini. Keputusan penting dalam rapat ini anara lain: tanggal 10 juli diambil keputusan tentang bentuk Negara. Borneo Utara (borneo Inggris). Irian timur. Setelah melakukan beberapa perubahan pada piagam Jakarta sehingga dihasilkan pembukaan Undang-undang Dasar 1945 2. membentuk panitia ekonomi dan keuangan yang diketuai oleh Drs. kemudian menjadi Undang-Undang Dasar 1945 · Memilih Presiden (Ir. Soekarno) dan wakil presiden (Drs. Hatta) . Moh. Dan pada tanggal 14 Juli Badan Penyelidik bersidang lagi dan Panitia Perancanga Undang-Undang dasar yang diusulkan terdiri atas 3 bagian.

berkaitan dengan sila pertama yang semula berbunyi ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” diubah menjadi ”Ketuhanan Yang Maha Esa”. Pada pembahasannya terdapat usul perubahan yang dilontarkan kelompok Hatta. Dengan disetujuinya perubahan itu maka segera saja sidang pertama PPKI dibuka..H. Abdul Wachid Hasyim.. serta lembaga yang membantu tugas Presiden Indonesia. Dalam waktu yang tidak terlalu lama.. Mereka juga mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi dan golongan.” Para tokoh PPKI berjiwa besar dan memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Perbedaan dan Kesepakatan yang Muncul dalam Sidang PPKI Pada sidang pertama PPKI rancangan UUD hasil kerja BPUPKI dibahas kembali.. Presiden dan Wakil Presiden Indonesia. Mereka mengusulkan dua perubahan.· Menetapkan berdirinya Komite Nasional Indonesia Pusat sebagai musyawarah darur Proses Penetapan Dasar Negara dan Konstitusi Negara Pada tanggal 18 Agustus 1945. PPKI mengadakan sidangnya yang pertama. Bab II UUD Pasal 6 yang semula berbunyi ”Presiden ialah orang Indonesia yang beragama Islam” diubah menjadi ”Presiden ialah orang Indonesia asli”. K. Adapun tujuan diadakan pembahasan sendiri tidak pada forum sidang agar permasalahan cepat selesai.. Keberadaan UUD 1945 diumumkan dalam berita Republik Indonesia Tahun ke-2 No. Namun. Bung Hatta dan beberapa tokoh Islam mengadakan pembahasan sendiri untuk mencari penyelesaian masalah kalimat ”. Hassan. Semua usulan itu diterima peserta sidang. Rancangan hukum dasar yang diterima BPUPKI pada tanggal 17 Juli 1945 setelah disempurnakan oleh PPKI disahkan sebagai Undang-Undang Dasar Negara Indonesia. UUD itu kemudian dikenal sebagai UUD 1945. Tokohtokoh Islam yang membahas adalah Ki Bagus Hadikusumo. dan Teuku Moh. 7 Tahun 1946 pada halaman 45–48. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. Mereka mengancam akan mendirikan negara sendiri apabila kalimat tersebut tidak diubah. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya. dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya” pada kalimat ”Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”. . PPKI membahas konstitusi negara Indonesia dengan menggunakan naskah Piagam Jakarta yang telah disahkan BPUPKI. Kedua. Kita harus menghargai nilai juang para tokohtokoh yang sepakat menghilangkan kalimat ”. Pada sidang ini PPKI membahas konstitusi negara Indonesia.. Pertama. Hal itu menunjukkan mereka sangat memperhatikan persatuan dan kesatuan bangsa. sebelum sidang dimulai. Kasman Singodimejo. dicapai kesepakatan untuk menghilangkan kalimat ”. Hal ini dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.. Mereka perlu membahas hal tersebut karena pesan dari pemeluk agama lain dan terutama tokoh-tokoh dari Indonesia bagian timur yang merasa keberatan dengan kalimat tersebut.

dan enzim urease. diare. melumas usus. juga mengandung asam amino sitrullin (C6H13N3O3).Kulit buah dan daging buah rasanya manis. semangka digunakan untuk melawan bentuk "summer heat" yaitu gejala penyakit yang ditandai dengan banyak berkeringat. Berkhasiat peluruh kencing (diuretik). rasa haus. sitrullin. protein 30--40%. Senyawa asam amino sitrulin dapat meningkatkan produksi nitritoksida.3%. dan menghilangkan haus. dekstrosa. antiradang. lemak 0. Biji rasanya manis. lisin. Pada pengobatan tradisional Cina.4%. dan melembabkan usus. Semangka berkhasiat sebagai penyejuk tubuh selagi cuaca panas. Komposisi : Daging buah semangka rendah kalori dan mengandung air sebanyak 93. afinitas ke meridian jantung. dan vitamin (A. Dari 30 responden tersebut. Senyawa aktif kukurbositrin pada biji semangka dapat memacu kerja ginjal dan menjaga tekanan darah agar tetap normal. asam aminoasetat. menyehatkan ginjal. Sitrulin mudah diserap tubuh sehingga konsentrasi maksimum di dalam darah lebih mudah dicapai. lambung. dan sukrosa.5%. protein 0. suhu tubuh meningkat.1%. Likopen merupakan antioksidan yang lebih unggul dari vitamin C dan E. abu 0. silvit. fruktosa. sifatnya netral. Selain itu. dan membersihkan ginjal. struktur sperma membaik. bromin. karbohidrat 5. Kandungan kaliumnya cukup tinggi yang dapat membantu kerja jantung dan menormalkan tekanan darah. asam malat. asam fosfat. EFEK FARMAKOLOGIS DAN HASIL PENELITIAN Mengonsumsi semangka yang mempunyai kadar likopen cukup tinggi mengurangi risiko terkena kanker prostat. betain. dan peningkatan pergerakan sperma. warna urine jernih.2%. karoten. B dan C). 6 diantaranya berhasil menghamili istrinya. Pada percobaan yang dilakukan All India Institute of Sciences New Delhi pada 30 orang pria tidak subur berusia 23--45 tahun yang diberi 20 mg likopen dua kali sehari selama 3 bulan. dan kandung kemih. meningkatkan keluarnya urin. Sitrulin dan arginin berperan dalam pembentukan urea di hati dari amonia dan CO2 sehingga keluarnya urin meningkat.5%. menyejukkan pada radang kandung kemih. likopen (C4oH56). . arginin. peluruh kencing (diuretik). sifatnya dingin. natrium. vitamin B12. serat 0. Biji kaya zat gizi dengan kandungan minyak berwarna kuning 20--45%. menunjukkan peningkatan jumlah sperma. dan mudah marah. yang berperan pada kemampuan ereksi pada pria. kalium. Buah atau jus buahnya meringankan gejala-gejala di atas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->