Candi kalasan

Candi Kalasan atau Candi Kalibening[1] merupakan sebuah candi yang dikategorikan sebagai candi umat Buddha terdapat di desa kalasan kabupaten Sleman, provinsi Yogyakarta, Indonesia Candi ini memiliki 52 stupa dan berada di sisi jalan raya antara Yogyakarta dan Solo serta sekitar 2 km dari candi Prambanan. Pada awalnya hanya candi Kalasan ini yang ditemukan pada kawasan situs ini, namun setelah digali lebih dalam maka ditemukan lebih banyak lagi bangunan bangunan pendukung di sekitar candi ini. Selain candi Kalasan dan bangunan - bangunan pendukung lainnya ada juga tiga buah candi kecil di luar bangunan candi utama, berbentuk stupa. Candi kalasan di dirikan pada tahun 778 oleh keluarga sailendra .

Letaknya di sebelah timur candi borobudur di magelang . .jawa tengah.avalokiteswara dan maityaraya. Di dalam Candi Mendut terdapat 3 (tiga) patung besar. Arsitekturnya persegi empat dan mempunyai pintu masuk di atas tangganya. Atapnya juga persegi empat dan bertingkat-tingkat. Candi ini lebih tua dari Candi Borobudur. ada stupa di atasnya. merupakan candi Budha yang dibangun tahun 824 Masehi oleh Raja Indera dari wangsa Syailendra.Candi mendut Candi Mendut terletak 3 km ke arah timur dari Candi Borobudur. Di dalam candi mendut terdapat 3 patung budha yaitu cakya murti yang duduk bersila.

dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta.Candi borobudur Borobudur adalah nama sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur. pada dindingnya dihiasi dengan 2. Indonesia.[1] Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini. Magelang.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Lokasi candi adalah kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang. Candi berbentukstupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Jawa Tengah. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar. dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma) . 86 km di sebelah barat Surakarta.