PERTEMUAN I. AKU PERCAYA AKAN ALLAH BAPA YANG MAHA KUASA PENCIPTA LANGIT DAN BUMI 1.

Apa artinya percaya akan Allah ?

Percaya akan Allah berarti mengakui sebagai benar atau mendasaarkan diri kepada Allah Percaya akan Allah berarti menerima Allah sebagai dasar dan tujuan hidup serta menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehenadakNya. Ini berarti harta dan kekayaan , pangkat atau kekuasaan bukanlah dasar dan tujuan pertama dan utama dari hidup di dunia ini.

2. Apa akibat dari percaya akan Allah?

Orang yang percaya akan Allah disebut juga orang beriman. Orang beriman tidak hanyya mengakui sebagai benar apa yang diwahyukan Allah dalam Kitab Suci dan ttradisi Gereja , atau tahu akan rumusan-rumusan doa dan ajaran agama, tetapi juga mempunyai relasi ( hubungan ) pribadi dengan Aallah yaitu menyerahkan diri secara bebas dan sepenuhnya kepda Allah. ( DV.5) Akibatnya orang beriman itu pasti merasa aman, sebab tidak ada satupun yang patut dan perlu ditakuti di dunia ini selain Allah. Takut akan Allah disebut juga takwa . Rasa aman ini memberikan keeberanian untuk bertindak, memilih dan melaksanakan yang baik dan menolak yang jahat. Dengan demikian orang beriman yang merasa aman dalam lingkungan Tuhan itu bisa berkata AMIN, Ya demikianlah hendaknya, sebab itulah kehendak Allah. Antara beriman, merasa aman dan berkata Amin, memang saling berhubungan.

3. Mengapa kita menyebut Allah itu Bapa?

Kita menyebut Allah itu Bapa karena Yesus sendiri menyebut Allah itu Bapa, Yesus sendiri mengajarkan kita untuk berdoa kepada Bapa yang ada didalam surga. ( Mat 6.9 ) Hanya dalam iman kepada Yesus Kristus, kita berani menyebut Allah sebagai Bapa. Itulah sebabnya, dalam Misa Kudus, sebelum kita mengucapkan doa Bapa Kami, Imam berkata : Atas petunjuk Penyelamat kita ( Yesus Kristus ) dan menurut ajaran Ilahi ( dari Yesus Kristus ) maka beranilah kita berdoa : Bapa kami yang ada di surga .....

4. Apa konsekwensinya kalau kita menyebut Allah sebagai Bapa ?

5. pembunuhan. 1 18 ) dan Yang Setia ( Why 19 11) Allah itu Maha Kuat ( Yes 1: 24) Mahamulia ( Yes 57:15) Mahatinggi ( Lk. mengapa hanya tiga gelar saja yang diucapkan ? Hanya disebutkan gelar Allah sebagai Bapa. 6. Dengan demikian semua orang kristiani adalah saudara dalam Yesus Kristus . Apakah hanya ini gelar Allah yang diakui? Ada banyak gelar lain yang diberikan bagi Allah.8:1 ) Allah itu adalah Raja (Mzm96:10 ) Hakim ( Kej. bahwa semua orang adalah anak yang dikasihi oleh Bapa. keturunan. 16: 15) dan Juru Selamat ( ( Lk. Yang Mahakuasa dan Pencipta . Selain sebagai Bapa ( Mat 6:9) Yang Maha Kuasa ( Mat 26: 64 ) dan Pencipta ( kej. Kalau Yesus sendiri adalah Anak Allah. pengucilan. maka semua orang yang dibaptis atas nama-Nya. Kalau begitu hidup dalam permusuhan. bukanlah cara hidup sebagai anak Allah. 1:32 ) dan Mahabesar ( Ibr 1:3. 1: 17 ) Yang Hidup ( Why. adalah juga anak-anak Allah. yaitu menyatakan kekuasaan Allah. Inilah konsekwensinya bila kita menyebut Allah sebagai Bapa. 14:19 ) Kitab Suci menyebut Allah itu antara lain Yang awal dan Yang Akhir ( Why. maupun hharta warisan. 1:47). Bapa yang Maha Kuasa. pencipta langit dan bumi. kapan dan dimanapun ia berada. Dalam syahadat iman. Bapa memegang kekuasaan baik yang menyangkut rumah tangga. Tetapi karena Allah adalah Allah bagi semua orang maka kita tidak hanya saudara dengan sesama umat kristaini tetapi juga bagi orang-orang yang ada di dunia ini. • Gelar Yang Mahakuasa . Kalau ada banyak gelar yang diberikan kepada Aallah. diucapkan “aku percaya akan Allah. Maka gelar Bapa bagi Allah menunjukkan kekuasaan Allah.Kita menyebut Allah sebagai Bapa hanya karena iman akan Yesus Kristus. sebab ketiga gelar itu senada. Dan sebagainya. • Gelar sebagai Bapa Masyarakat Yahudi menganut paham patrilinial ( garis keturunan menurut Ayah ) Dalam masyarakat yang menganut garis keturunan menurut ayah peranan Bapa menjadi penting.

Sebab ia Mahakuasa. • Gelar Pencipta Seorang yang menciptakan karya seni. Yesus seorang yang taat beragama. dan Yusuf adalah ayah-Nya menurut hukum. sebab ia dilahirkan di kota Betlehem. Segala yang ada berasal dan bergantung dari pada-Nya. Yesus sungguh hidup secara historis. Kekuasaan Allah itu menyangkut segala bangsa.Dalam gelar ini dengan sangat eksplisit disebutkan kekuasaan Allah melebihi segala kekuasaan apa saja yang ada dibumi. Yesus dilahirkan oleh perawan Maria. segala yang ada di langit dan bumi. tempat dan zaman. Yesus mempunyai pengetahuan agama yang mengagumkan banyak orang. SIAPAKAH YESUS ITU? • • Yesus itu adalah Allah Putra yang menjelma menjadi manusia. misalnya arca. Ia dibesarkan di kota Nasaret dan pekerjaannya adalah tukang kayu. Allah Pencipta berkuasa atas segala ciptaan-Nya. ia berkuasa atas arca itu. Sabda dan karya-Nya yang berasal dari Allah itu tidak disetujui oleh pemimpin agama Yahudi. PERTEMUAN II AKU PERCAYA AKAN YESUS KRISTUS PUTRANYA YANG TUNGGAL TUHAN KITA 1. Demikian pula dengan Allah. Ia berhak untuk untuk memilikinya sendiri . Ia sendiri berasal dari Roh Kudus. pada umur 12 tahun Ia sudah ikut orang tua-Nya pergi ke Yerusalem untuk merayakan hari Paska. memberitakan Injil Kerajaan Allah dan melenyapkan segala penyakit. pada zaman Kaisar Agustus menjadi Kaisar Roma ( 30-14 SM ) dan Herudes Agung menjadi Raja di Palestina ( 37-4 SM ). dan dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di sungai Yordan dekat kota Betania. • • • • • . di daerah Yudea. Yesus ditolak bahkan disalipkan bukit Golkota. atau menghadiahkan kepada sahabatnya atau menjualnya dengan harga murah atau dengan harga yang sangat mahal. Yesus berkeliling mengajar dalam rumah-rumah Ibadat.

sehakikat dengan Bapa.• Berkat kuasa Allah. Terang dari Terang. DALAM SYAHADAT. sedangkan Kristus adalah nama gelar atau jabatan kehormatan Yesus.1) Walaupun Yesus adalah Allah Ia tidak sama dengan Allah Bapa . (Yoh 1. segala sesuatu dijadikan oleh-Nya yang turun dari Surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita dan menjadii daging oleh Roh Kudus dari perawan Maria. Orang yang diurapi itu biasanya adalah seorang raja dan diurapi dengan minyak. APAKAH GELAR YESUS HANYA KRISTUS. Gelar Kristus ( Yunani Kristos) sama artinya Mesias ( Ibrani : Mesyiah ) yang berarti yang terurapi. Yesus sungguh Allah. Yesus bersabda Bapa lebih besar dari pada Aku ( Yoh. Di lahirkan dari Bapa. Putra Allah yang Tunggal. TUHAN KITA . Allah benar dari Allah benar. DAN TUHAN SAJA ? Dalam syahadat iman memang disebutkan hanya tiga gelar ilahi Yesus yang terpenting saja. dilahirkan. APAKAH YESUS SUNGGUH ALLAH? Ya. Ia adalah Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. sebelum segala abad. Dalam Kitab Suci sangat jelas dikatakan Yesus adalah Allah. 4. Gelar ini kemudian menjadi nama pribadi. pada hari ketiga Ia bangkit dari kubur dan kembali kepada Bapa-Nya di surga. sehingga kita menyebutnya Yesus Kristus. Orang yang diurapi adalah orang yang dipilih Allah dan mendapat tugas dari Allah. . 3. APA ARTINYA UNGKAPAN YESUS ITU KRISTUS? • Yesus adalah nama pribadi. yaitu Kristus. 2. Putra Allah yang tunggal. bukan dijadikan. PUTRA ALLAH YANG TUNGGAL. DISEBUTKAN AKU PERCAYA AKAN YESUS KRISTUS PUTRANYA YANG TUNGGGAL . 14:28 ) Ke Allahan Yesus itu dirumuskan dalam syahadat panjang dengan kata-kata sebagai berikut: Aku percaya akan satu Tuhan Yesus Kristus. Yesus sendiri diurapi Allah pada waktu Ia dibaptis dan dengan membangkitkan-Nya dari mati Allah menjadikan Yesus itu Kristus. berarti Yesus adalah orang yang dipilih dan di utus Allah menjadi Raja dan Penyelamat umat manusia.

3.14) Artinya Yesus adalah orang yang menyerahkan nyawa-Nya untuk keselamatan manusia. 9. 7. 4. 2. kurban pendamian antara manusia dengan Allah. Sabda Allah ( Yoh. 27) Artinya Yesus adalah keturunan Daud yang diharapkan dapat membebaskan orang-orang Yahudi dari penjajahan dan penindasan sehingga mereka dapat mengalami kejayaan dan kedamaianseperti pada zaman Daud dahulu.11 ) Artinya Yesus mewujudkan karya keselamatan Allah untuk membebaskan manusia dari penderitaan dan dosa . 8.57) Artinya Yesus adalah utusan Allah yang menyampaikan berkat atau kutuk kepada manusia yang menerima atau menolak Allah. 6. 10. Guru ( Mat. Tetapi dalam Perjanjian Baru masih banyak lagi disebutkan gelar-gelar Yesus antara lain: 1. Anak Manusia ( Mat.dan Tuhan. Nabi ( Mat. 2.1. 9. Juru Selamat ( Luk. 26.14) Artinya Yesus adalah Sabda Allah yang menjadi daging. seperti seorang gembala menyerahkan nyawanya untuk melindungi dan mennyelamatkan domba-domba peliharaannya. Yesus adalah penampakan dari Allah. 16. Imanuel ( Mat 1:23) Artinya Yesus adalah Allah beserta kita . Anak Daud ( Mat.11.27) Artinya Yesus adalah tokoh surgawi menghakimi manusia pada akhir zaman.18) yang datang untuk . Gembala yang baik ( Yoh. Allah yang tingggal bersama dengan manusia. Ia adalah kurban penghapus dosa. 5. 13.1. Anak Domba Allah ( Yoh 1: 29 ) Artinya Yesus Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia.

letih dan haus ( Yoh. 4. tubuh yang bisa didera (Mat 27. 1:14 ) Yesus tidak memperrtahankan ke Allah-Nya dan telah mengambil rupa manusia. menangis (Yoh 11:35) dan marah ( Mrk 3. 3. 1. Apa artinya ungkapan Yesus dikandung dari Roh Kudus? Roh Kudus adalah pribadi ketiga dari Allah Tritungggal.26) dan lambung yang bisa ditikam (Yoh 19.38). Semuanya itu menyatakan bahwa Yesus sungguh manusia.14) Ia mempunyai kepala yang dapat dimahkotai duri ( Mat 27. Ibunya bersama Anna dan bapaknya Yoakim. Ke – Allahan itu nampak dalam Sabda dan karyaNya. yang turut merasakan kelemahan-kelemahan kita. Apa artinya ungkapan Yesus dilahirkan oleh Perawan Maria? Ungkapan Yesus dilahirkan oleh Perawan Maria bberarti bahwa Yesus sungguh-sungguh manusia. DILAHIRKAN OLEH PERAWAN MARIA.31-37). 7:34). Dalam Injil dikatakan bahwa Yesus dikandung dari Roh Kudus. lelah dan tidur ( Mrk.Artinya Yesus adalah Orang yang mengajarkan suatu ajaran ( baru ) dengan kuasa-Nya sendiri. Ia makan dan minum ( Luk. .29) Muka yang dapat ditampar ( (yoh 18. Maria bertunangan dengan Yusuf. Yesus lebih daripada guru biasa ( Rabbi ) III.38-42).3). hanya Ia tidak berbuat dosa. Ia mati dan menjadi mmayat yang ddapat dikuburkan ( Yoh. YANG DIKANDUNG DARI ROH KUDUS.5. Ia merasa sedih ( Mrk. 2. 10.36 ). berbelaskasihan (Mat 9. Kitab Suci mengatakan : Firman itu telah menjadi manusia dan diam di antara kiita ( Yoh. Galilea. Siapakan Perawan Maria itu? Maria adalah seorang gadis yang tinggal di Nazaret. ( Ibr 4:15) 3. Maka ungkapan Yesus dikandung dari Roh Kudus berarti Yesus berasal dari Allah dan Yesus sungguh Allah. Kemanusiaan Yesus tampak dalam sifat-sifat-Nya sebagai manusia seperti kita . 4: 6-7).5). 9.

Ia seorang yang rendah hati dan setia kepada kehendak Allah. maka Maria disebut juga Bunda Gereja. PEMERINTAHAN PONSIUS PILATUS. 2. 1.19. Dikatakan Yesus menderita sengsara. Ia diangkat oleh Kaisar Tiberius ( 14-37 M ) dan memerintah dari tahun 26-36 M. Maria mengasuh Yesus dengan baik . Pertemuan IV YANG MENDERITA SENGSARA DALAM DISALIBKAN. 2:19. kecurangan. Maria menjadi muurid Kristus dan hidup bbersama para rasul ( Kis. perampokan.19-22) Karena banyak tindakannya yang merugikan kepentingan politik kekaisaran Roma Pilatus dipecat tahun 36 Masehi . Dalam masa pemerintahannya. tetapi ia adalah Bunda Allah. Daerah kekuasaanya meliputi Yudea. ia rela menyerahkan Yesus kepada pimpinan Yahudi untuk disalibkan. Dia pulalah yang menuliskan “INRI” ( Iessus Nazarenus Rex Iudaeorum ) pada salib Yesus Yoh. Bunda Allah dan Bunda Gereja. Pilatus sebagai seorang yang keras hati dan tanpa kasih.27. Banyak karya Allah disimpan Maria di hatinya ( Luk. Gereja menghormati Maria. WAFAT DAN DIMAKAMKAN. Selain sangat memperhatikan kebutuhan orang lain.seorang tukang kayu. Sengsara apa yang diderita oleh Yesus? . dan kekejaman merajalela sewaktu ia memerintah. Jadi Maria adalah Bunda Yesus. 1:14 ) Karena keikutsertaan Maria dalam karya penyalamatan Allah. karena Yesus adalah Allah. Siapakah ponsius Pilatus itu? Ponsius Pilatus adalah seorang bangsa Roma yang menjadi gubernur di Yerusalem. Sejarawan Agrippa melukiskan.51) Sesudah Yesus wafat dan bangkit . Sebagai seorang Yahudi ia tetap mengharapkan datangnya seorang Mesias. Yesus telah menyerahkan Maria kepada Yohanes sebagai ibunya ( Yoh. Karena takut tidak lagi disebut sahabat Kaisar. Ternyata Allah memilih Maria menjadi Bunda Sang Mesias. 19. juga terjadi drama kematian Yesus. Yohanes adalah wakil Gereja ). Ia sering merendahkan orangg-orang Yahudi. sehingga beberapa kali terjadi kekacauan politik. Maria bukan saja Bunda Yesus. Samaria dan Idumea. Korupsi.

Apa arti wafat Yesus di salib bagi kita? Yesus mati disalib. Walaupun tidak bersalah. Jadi wafat Yesus disalib adalah demi cinta kepada Allah dan cinta kepada kita ( Yoh. Apa artinya ungkapan Yesus dimakamkan? Umumnya setiap manusia yang mati. Pemakaman . Allah tidak mungkin membangkiitkan Yesus seandainya Yesus tidak taat kepada-Nya dengan sepenuh hati. Allah mau membangkitkan Yesus. Yesus pernah berkata : Tiada cinta yang lebih besar dari pada cinta seorang sahabat yang menyerahkan dirinya bagi sahabatsahabatnya ( Yoh 15:13 ). Inilah arti wafat Yesus di salib bagi kita. Dengan kata lain cinta Yesus kepada Bapa-Nya ditanggapi Bapa dengan membangkitkan Yesus dari mati. 10.37).18) Kalau Allah telah menanggapi cinta Yesus dengan membangkitkan-Nya dari mati. Tetapi pada hari ketiga Dia bangkit. 3. mayatnya dimakamkan.Sebelum mati. sebab Ia taat kepada Allah Bapa-Nya. maka kita membalas cinta Yesus itu dengn tindakan cinta yang nyata pula yaitu cinta kepada sesama. Ia dijatuhi hukuman mati. Hal itu nyata selama hidupnya. sehingga kerap kali jatuh tersungkur. Cinta dan penyerahan diri Yesus kepada Bapa-Nya itu ditampakkan dalam cinta penyerahan diri-Nya kepada manusia. Yesus sangat banyak menderita sengsara: • • • • • • • • Yesus dikhianati oleh Yyudas demi 30 keping perak Ditinggal lari oleh para murid-Nya sehingga mengalami sakrat maut sendirian di Kebun Zaitun. Lambung-Nya ditembus tombak sehingga keluar air dan darah ( Yoh 18:38-19. sampai ke Kaki dan tangan-Nya dipaku di kayu salib dan tergantung di atas salib selama tiga jam lebih. Mengapa Allah mau membangkitkan Yesus?. 4. Tubuh-Nya didera/ dicambuk sehingga babak belur Kepala-Nya dimahkotai duri sehingga darah menetes Salib yang berat dipikul-Nya sendiri dari istana Pilatus gunung Golkota. Pemakaman merupakan akhir dari penampakan wujud manusia di dunia.

Yesus tidak tinggal di tempat penantian itu. 5. 24.10-23) 8.1) Kebangkitan Yesus pada hari ketiga itu adalah sesuai dengan Kitab Suci Luk. Disebut pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati. Yesus telah dibangkitkan oleh Allah. Maka ungkapan Yesus dimakamkan berarti bahwa Yesus sungguh mati sebagai seorang manusia. Apa dasarnya bahwa Yesus sungguh bangkit ? Dasar kepercayaan bahwa Yesus sungguh bangkit adalah: • • • • Karena hal itu diwahyukan dalam Kitab Suci ( Yoh 20. sebab tidak mungkin Yesus tetap berada dalam kuasa maut. 27. Dengan pemakaman.merupakan akhir dari penampakan wujud manusia di dunia.12) Pewartaan Malaikat bahwa Yesus telah banggkit ( Mat. 24. kepada siapakah Kristus menampakkan diri? Setelah kebangkitan-Nya Kristus menampakkan diri kepada: . Ia mati bagi pandangan mata orang lain. orang tidak dapat melihat wajah dan sosok tubuh dari si mati. Setelah bangkit.27 dan Sabda Yesus sendiri. 31) 7. ( Mrk 9. Apa artinya Yesus turun ke tempat penantian? Ungkapan Yesus turun ke tempat penantian artinya bahwa Yesus menyampaikan kebahagiaan dan keselamatan bagi orang saleh yang telah hidup dan mati sebelum Yesus. Pada hari apa? Hari ketiga maksudnya adalah hari ketiga wafatnya.3. maka Ia bangkit pada hari Minggu pagi. 20. ( Kis 2:24) 6. Kalau Yesus wafat pada hari Jumat sore. Tetapi.5-6) Penampakan diri Yesus kepada para murid-Nya ( Yoh.9) Murid Yesus melihat kubur Yesus kosong danyang tertinggal hanya kain kafan saja ( Luk. ( Mat 28.

. Karena Yesus bangkit pada hari Minggu. Mrk 16. Hari Minggu sering juga disebut hari Ahad artinya pertama.1 Luk.• • • • • • • • • • • Maria Magdalena ( Mrk 16. 24. Antara kebangkitan Yesus dan ibadat kita pada hari Minggu memang saling berhubungan. yang artinya Tuhan. 26-29) Kepada murid yang sedang menangkap ikan di danau Galilea ( Yoh 21. hari Tuhan Yesus bangkit . Jadi Yesus bangkit pada hari pertama .15.7) Kepada semua rasul sebelum Yesus naik ke surga ( Mrk 16:19) Kepada Saulus ( Kis. Jadi hari Mingggu adalah hari Tuhan. Apakah hubungan antara kebangkitan Yesus dengan Ibadat kita pada hari Mingggu. 20. Di dalam Kitab Suci.9 ) Kepada wanita-wanita saleh di tengah jalan ( Mat 28.1-6) 9.1. merupakan sebab akibat.1 ) Menurut kalender Yahudi hari pertama dalam pekan adalah hari Minggu. 9. diceritakan bahwa Yesus bangkit pada hari pertama dalam pekan ( Mat 28. 24:34 ) Kepada dua murid yang menuju Emaus ( Luk. 24. maka kita beribadat pada hari Minggu bersyukur atas karya keselamatan Allah yang sudah kita alami dan mohon agar kita boleh mengalami karunia keselamatan Allah lagi. 9 ) Kepada Petrus (Luk.13-32) Kepada murid-murid di Yerusalem pada saat Thomas tidak hadir ( Luk 24: 36-43) Delapan hari kemudian kepada murid . termasuk Thomas ( Yoh. Yoh 20. Istilah Minggu berasal dari bahasa Portugis “Dominggo” yang berakar dalam bahasa latin Dominus.6) Kepada rasul Yakobus ( 1 Kor.1-23) Kepada lebih dari lima ratus murid-Nya ( 1 Kor 15.1. yaitu hari Minggu.

.

Selama empat minggu kita akan merenungkan hidup kita sebagai persiapan menyambut Tuhan yang akan lahir di tengah-tengah kita. Kita berharap kedapatan sebagai hamba yang dengan setia sedang melaksanakan tugas yang dipercayakan kepada kita. Kedatangan Tuhan mengajak kita untuk berjaga-jaga. Masa adven telah tiba. Umat diajak untuk memahami dan mendalami pandangan iman dan kepercayaan hidup kita mengenai Syahadat Para Rasul. Maka selama empat minggu masa Adven kita akan merenungkan berkaitan dengan PENGAKUAN IMAN. . Masa Adven kali ini bertepatan dengan seruan Sri Paus Benedictus XVI dalam Surat Apostolik 11 Oktober 2011 yang diterbitkn sebagai “MOTU PROPRIO” PORTA FIDEI bahwa mulai tangggal 11 Oktober 2012 sampai 24 November 2013 adalah merupakan TAHUN IMAN. Kita kembali menyiapkan diri untuk menyambut kedatangan Tuhan. Tidak terasa waktu berjalan begitu cepat.PENGANTAR RENUNGAN MASA ADVEN 2012 DALAM RANGKA TAHUN IMAN.

Bunda kita bersama akan mendoakan kita semua. Iman Kami berharap bahwa umat terbantu untuk lebih mengggali Iman dan Kepercayannya dan siap sedia kapan dan dimanapun mampu menjadi saksi Kristus ditengah kehidupan masyarakat dan Gereja sebagai umat Katolik yang sejati terlibat dan melibatkan diri dalam mengembangkan Kerajaan Allah. Pada proses KTEKESE INI umat diajak untuk merenungkan peranan Kepercayaan kita dalam hidup sehari-hari kepada Allah dan sesama. Kita yakin bahwa Tuhan Yesus yang tak dapat terpisahkan kepada Gerejanya akan menolong dan Bunda Maria . DAN BANGKIT PADA HARI KETIGA. AKU PERCAYA AKAN ALLAH.Secara garis besar kita akan merenungkan: 1. BAPA YANG MAHA KUASA PENCIPTA LANGIT DAN BUMI 2. YANG MENDERITA SENGSARA DALAM PEMERINTAHAN PONSIUS PILATUS. YANG DIKANDUNG DARI ROH KUDUS. DILAHIRKAN OLEH PERAWAN MARIA 4. AKU PERCAYA AKAN YESUS KRISTUS. Selamat mempersiapkan diri menyambut Natal. PUTRANYA YANG TUNGGGAL TUHAN KITA. DISALIBKAN. WAFAT DAN DIMAKAMKAN. . 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful