DASAR - DASAR PENGOPERASIAN KOMPUTER

Peta Konsep

Operasi Dasar Komputer

Mengenal Komponen Komputer Mengaktifkan dan Mematikan Komputer

Keyboard 4. Mouse . Monitor 3. CPU 2.Secara Fisik perangkat komputer umumnya terdiri dari : 1.

.Bagian paling penting pada sistem komputer adalah CPU (Central Processing Unit).

Bagian depan kotak CPU digunakan untuk menempatkan tombol power. dan tempat pembaca CD/DVD atau disket.Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagian depan dan bagian belakangnya perlu kita kenali dengan baik. . Bagian belakang kotak CPU digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal. tombol reset.

Colokan Power Supply Digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin).Port dan colokan yang terletak di bagain belakang CPU terdiri dari: 1. .

Pada komputer-komputer seri terbaru. port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB. Port PS/2 (Personal System/2) Port untuk menghubungkan mouse dan keyboard. Ket : Port warna hijau (kiri) digunakan untuk mouse dan warna ungu (kanan) untuk keyboard.2. .

Port USB .3. Port USB (Universal Serial Bus) Port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer.

Port Jaringan Port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan komputer.4. Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer. . yakni port jaringan RJ-45 dan port modem RJ-11.

. Port Serial Port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial.5.

6. joystick. Port Paralel Port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer. . scanner dan peralatan lain.

. Port Audio Port untuk menghubungkan microphone.7. dan peralatan audio lainnya. speaker.

Port Ekspansi Port untuk menambahkan perangkatperangkat seperti VGA card. .8. TV Tunner.

Prosedur Mengaktifkan Mematikan Komputer dan .

Langkah-langkah komputer adalah: untuk mengaktifkan ● Pastikan arus listrik sudah mengalir ke komputer ● Tekan tombol power pada bagian depan CPU dan tunggulah beberapa saat ● Nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor ● Tunggu beberapa saat sampai komputer siap digunakan. .

. Cold Booting Proses menyalakan komputer dari keadaan mati sampai dengan aktif. Warm Booting Jika komputer sudah aktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset.Proses menyalakan komputer ada 2 jenis : 1. 2.

Prosedur mematikan komputer yang benar adalah dengan cara logout (keluar dari sistem).langkahnya sebagai berikut : ● Simpan seluruh file yang Anda kerjakan dengan menu Save ● Tutup semua program aplikasi yang terbuka ● Pilih Start Menu ● pilih Shutdown . kemudian melakukan proses shutdown. Langkah.

.

yaitu: ● Log Off. ● Lock. artinya Anda hanya keluar dari login Anda. artinya Anda keluar dari login karena komputer akan digunakan oleh user lain. . sementara komputer masih aktif. artinya layar desktop Anda akan terkunci dan untuk melihatnya lagi Anda harus memasukkan password.Sebelum Anda benar-benar mematikan komputer. sistem operasi Windows 7 akan menawarkan beberapa pilihan. ● Switch User.

● Sleep. artinya mematikan komputer secara penuh. . artinya komputer dinyalakan ulang dengan cara melakukan shutdown kemudian secara otomatis melakukan startup sendiri. ● Shutdown. ● Restart. artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi sistem masih tersimpan di harddisk dan dengan mudah dijalankan kembali tanpa proses booting.

.Alhamdulillah Selesai Juga.