P. 1
Dasar - Dasar Pengoperasian Komputer

Dasar - Dasar Pengoperasian Komputer

|Views: 16|Likes:
Published by muhammadwiranegara9

More info:

Published by: muhammadwiranegara9 on Sep 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/25/2013

pdf

text

original

DASAR - DASAR PENGOPERASIAN KOMPUTER

Peta Konsep

Operasi Dasar Komputer

Mengenal Komponen Komputer Mengaktifkan dan Mematikan Komputer

Secara Fisik perangkat komputer umumnya terdiri dari : 1. CPU 2. Monitor 3. Mouse . Keyboard 4.

Bagian paling penting pada sistem komputer adalah CPU (Central Processing Unit). .

Bagian belakang kotak CPU digunakan untuk menempatkan berbagai jenis port dan colokan yang menghubungkan komputer dengan berbagai macam periferal. dan tempat pembaca CD/DVD atau disket.Bagian ini biasanya berupa kotak yang bagian depan dan bagian belakangnya perlu kita kenali dengan baik. . tombol reset. Bagian depan kotak CPU digunakan untuk menempatkan tombol power.

Colokan Power Supply Digunakan untuk mengalirkan arus listrik ke dalam CPU. . Secara fisik power supply untuk komputer berbentuk kotak yang dilengkapi dengan fan (kipas pendingin).Port dan colokan yang terletak di bagain belakang CPU terdiri dari: 1.

2. . port PS/2 sudah mulai diganti dengan port USB. Ket : Port warna hijau (kiri) digunakan untuk mouse dan warna ungu (kanan) untuk keyboard. Pada komputer-komputer seri terbaru. Port PS/2 (Personal System/2) Port untuk menghubungkan mouse dan keyboard.

Port USB (Universal Serial Bus) Port universal yang dapat menghubungkan berbagai peralatan ke komputer.3. Port USB .

Port Jaringan Port yang berfungsi menghubungkan komputer ke jaringan komputer. .4. yakni port jaringan RJ-45 dan port modem RJ-11. Ada dua jenis port jaringan yang biasanya terpasang pada komputer.

. Port Serial Port yang terdiri dari 9 pin dan biasanya digunakan untuk menghubungkan modem eksternal yang sama-sama menggunakan port serial.5.

6. joystick. . Port Paralel Port yang terdiri dari 25 pin yang dapat digunakan untuk menghubungkan printer. scanner dan peralatan lain.

7. dan peralatan audio lainnya. Port Audio Port untuk menghubungkan microphone. . speaker.

.8. Port Ekspansi Port untuk menambahkan perangkatperangkat seperti VGA card. TV Tunner.

Prosedur Mengaktifkan Mematikan Komputer dan .

.Langkah-langkah komputer adalah: untuk mengaktifkan ● Pastikan arus listrik sudah mengalir ke komputer ● Tekan tombol power pada bagian depan CPU dan tunggulah beberapa saat ● Nyalakan monitor dengan menekan tombol power monitor ● Tunggu beberapa saat sampai komputer siap digunakan.

Proses menyalakan komputer ada 2 jenis : 1. . 2. Warm Booting Jika komputer sudah aktif atau sistem operasi sudah berjalan dan kita menekan tombol reset. Cold Booting Proses menyalakan komputer dari keadaan mati sampai dengan aktif.

Langkah.langkahnya sebagai berikut : ● Simpan seluruh file yang Anda kerjakan dengan menu Save ● Tutup semua program aplikasi yang terbuka ● Pilih Start Menu ● pilih Shutdown . kemudian melakukan proses shutdown.Prosedur mematikan komputer yang benar adalah dengan cara logout (keluar dari sistem).

.

sistem operasi Windows 7 akan menawarkan beberapa pilihan. artinya Anda hanya keluar dari login Anda.Sebelum Anda benar-benar mematikan komputer. ● Lock. yaitu: ● Log Off. ● Switch User. artinya layar desktop Anda akan terkunci dan untuk melihatnya lagi Anda harus memasukkan password. . sementara komputer masih aktif. artinya Anda keluar dari login karena komputer akan digunakan oleh user lain.

● Restart. artinya beberapa komponen komputer akan dimatikan tetapi sistem masih tersimpan di harddisk dan dengan mudah dijalankan kembali tanpa proses booting. .● Sleep. artinya mematikan komputer secara penuh. ● Shutdown. artinya komputer dinyalakan ulang dengan cara melakukan shutdown kemudian secara otomatis melakukan startup sendiri.

Alhamdulillah Selesai Juga. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->