LAPORAN PRAKTIKUM PRAKTIKUM BIOLOGI DASAR (Pengunaan Mikroskop

)

Nama Nim Kelompok Asisten

: Hendy Septiawan : 105080400111025 : 51 : Firdaus Elfa SK

FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG 2010

Lensa sambung yang paling dekat dengan benda di sebut lensa objektif. Mikroskop pertama mampu melihat perbesaran objek hingga 150x ukuran asli.I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Bahwa untuk melihat benda yang sangat kecil seperti virus dan bakteri.3. 1. Tujuan dari praktikum biologi dasar tentang kegunaan mikroskop yaitu untuk memperkenalkan mikroskop binokuler. Dengan teknik dan susunan lensa yang makin di sempurnakan. Penyelidikan tentang objek – objek berukuran sangat kecil di mulai sjak di temukannya mikroskop oleh seorang yang berkebangsaan belanda Antony Van Leuwe n hok (1632. Marthen 2002). leini dengan mikroskop elektronik yang mampu mempunya pembesaran lebih dari 10:000x (subarno 2006) 1. Maksud Dan Tujuan Maksud dan tujuan praktikum biologoi dasr tentang penggunaan mikroskop yaitu untuk mengetahui bagaimana cara untuk menggunakan mikroskop.2. lensa yang dekat dengan mata di sebut lensa okuler. Alat yang kita perlukan untuk melihat benda – benda kecil adalah mikroskop sebuah mikroskop terdiri dari atas susunan dua lensa sambung. cara penggunaan dan pemeliharaan serta cara pembuatan preparet. Jarak lensa okuler lebih besar pada jarak focus lensa objektif (kanginan .1723). Waktu dan Tempat . di perlukan alat optic yang memiliki perpebesaran agulas lebih besar lagi. mikroskop cahaya mampu melihat objek hingga 1000x.

Hidro Biologi.Praktikum biologi dasar tentang penggunaan mikroskop ini dilakukan pada hari Jum’at tanggal 2 Oktober 2010 pada pukul 18. .30 sampai pukul 20. Lab.00 WIB bertempat digedung C Lantai I. Fakultas Perikanandan Ilmu Kelautan Umiversitas Brawijaya Malang.

Mikroskop pada prinsipnya adalah alat pembesaran yang terdiri dari lensa cembung yaitu sebagai lensa Okuler (dekat dengan mata dan objektif (dekat dengan benda ).2. Mikroskop cahaya Merupakan mikroskop yang mempunyai bagian bagian yang terdiri dari alat-alat yang bersifat obtik berguna untuk mengamati benda-benda atau praparat yang transparan.II TINJAUAN PUSTAKA 2. macam-macam mikroskop Menurut Luiz macam-macam mikroskop adalah : a. Baik objek maupun Okuler dirancang untuk pembesaran berbeda.1. 1984) 2. Pengertian Mikroskop Mikroskop pertama kali ditemukan oleh AW Tony Van Len Wen Hoek (1632-1723) yang berkebangsaann Belanda dengan mikroskop yang masing-masing terdiri atas lensa tunggal hasil gosokan rumah yang ditanam dalam rangka kuningan dan perak kekuatan perbesaran tertinggi yang dapat dicapai hanyalah 200-300 kali mikroskop ini sedikit sekali persamaanya dengan mikroskop cahaya. suatu variasi dari mikroskop sahaya ultra violet tak dapat dilihat oleh mata manusia maka bayangannya benda harus direkam pada piringan peka cahaya. lensa objektif biasanya dipasang pada roda berputar disebut gagang putar (Volk. mikroskop ini menggunakan lensa kuarsa (Luiz 2007) .

b. Mikroskop medan gelap Mikroskop ini digunakan untuk mengamati bakteri hidup khususnya bakteri yang begitu tipis yang hamper mendekati batas daya pasang mikroskop majemuk (Luiz 2007) . Mikroskop pendek Mikroskop ini dapat digunakan untuk mendeteksi benda asing atau antigen dalam jaringan (Luiz 2007) c.

2 Bahan & Fungsi Bahan yang digunakan dalam praktikum mikroskop adalah :  Tissue  Potongan  Aquadest  Majalah 3.3 Skema Kerja : : untuk membersihkan alat : kertas Koran : sebagai bahan yang diamati : sebagai pembersih objek glass : Disiapkan mikroskop Disiapkan objek yang akan diambil Diamati mikroskop Hasil . METODELOGI 3.III.1 Alat & Fungsi Alat yang digunakan dalam praktikum mikroskop adalah :  Mikroskop  Objek glass  Cover glass  Ganting  Pinsit  Pipet tetes : untuk mengamati objek yang tidak terlihat dengan mata telanjang. : untuk tempat objek yang aakan diamati : untuk tempat larutan : : untuk memotong bahan : untuk menganbil larutan  Kamera (digital/HP) : 3.

IV. 4.3 Gambar Literatur 4.1.4 Gambar Mikroskop .1 Pengamatan Kertas Koran a 4.1. PENGAMATAN 4.1.2 Tampak Pada Mikroskop Bayangan yang terbentuk bersifat maya.1.terbalik.1 Hasil Pengamatan 4. dan diperbesar.

tegak diperbesar  Lensa obyektif : untuk bayangan nyata. diperbesar. terbaik. Lensa ini diatur oleh revolrer untuk menentukan perbesaran lensa obyektif  Tabung mikroskop : untuk mengetahui damenghubungkan lensa Obyektif dan okuler  Makrometer cepat : untuk menaik turunkan tabung mikroskop secara  Micrometer : untuk menaik dan menurunkan mikroskop secara lambat dan bentuknya lebih kecil dari pada makrometer  Revoler  Reflektor : untuk mengatur perbesaran lensa obyektif dengan cara memutarnya : untuk memeantulkan cahaya dari cermin kemeja objek melalui lubang yang terdapat dimeja objek dan menuju mata pengamat  Diaprakma  Kondensator  Meja mokroskop  Penjepit kaca  Lengan mikroskop  Kaki mikroskop  Pengatur sudut : untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk : untuk mengatur cahaya yang masuk : sebagai tempat meletakkan objek yang akan diamati : untuk menjepit kaca yang melapisi objek agar tidak mudah bergeser : sebagai pegangan pada mikroskop : untuk menopang mikroskop : untuk mengatur sudut pengamatan terhadap objek : gambar pada mikroskop  Gambar asli . Lensa okuler : untuk membentuk bayangn maya.

peganglah lengan mikroskop dengan tangan satu secara erat. menghasilkan bayangan maya. 2010). beaker glass.3 Analisa Hasil Potongan kertas Koran huruf “a” dan aquadest. bahan. tissue. Baik lensa objektif maupun lensa okuler keduanya merupakan lensa cembung. cara menganmbil gambar ini dengan perbesaran 10X ke 40X lensa objektif 4. lalu mikroskop diletakkan dengan hati-hati diatas meja lab. terbalik diperbesar. Jika seseorang yang menggunakan mikroskop maka yang ia lihat adalah huruf ”a” yang terbalik dan diperbesar (Anonymuos.2 Analisa Prosedur Pertama kali dilakukan dalam praktikum biologi dasar tentang penggunaan mikroskop adalah menyiapkan alat yaitu mikroskop objek glass. pinset. gunting. Langkah yang tepat adalah mengatur focus mikroskop untuk memperjelas dan mengetahui perubahan bentuk yang terjadi pada percobaan ini.sejajar dan diperbesar. . Pada percobaan ini potongan huruf “a” yang ditambahkan aquadest menghasilkan bayangan yang berbalik dari aslinya.4. pipet tetes. tangan yang lain dipakai menyanggah kaki mikroskop. semu. Secara garis besar lensa objektif menghasilkan suatu bayangan sementara yang mempunyai sifat maya. Pada mikroskop elektron bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti gambar benda nyata. potongan kertas Koran dan aquadest Langkah kedua adalah memindahkan mikroskop. terbalik dan lebih lagi diperbesar. hal ini. terbalik dan diperbesar terhadap posisi benda mula-mula. cover glass. Pada mikroskop cahaya. lalu yang menentukan sifat bayangan akhir selanjutnya adalah lensa okuler. bayangan akhir mempunyai sifat yang sama seperti bayangan sementara.

V. maka akami dapat menarik kesimpulan 1. Mahasiswa dapat mengetahui macam-macam mikrosof 3.1 Kesimpulan Berdasarkan percobaan yang telah kami lakukan. Mahasiswa dapat mengetahui bagian-bagian mikrosof dan fungsinya dengan baik 4. Mahasiswa dapat mengetahui sel dan bentuk sel melalui mikroskop 5. . Dengan pengamatan obyek yang perlu akan ketelitian. PENUTUP 5.1 Saran Dalam menjelaskan sebuah praktikum dapat kita katakan bahwa sangat perlu adanya sebuah kelompok yang kompak / berorganisir agar waktu yang sedikit dalam praktikum dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat. Mahasiswa dapat mengetahui cara penggunaan mikeosof dengan benar 2. Mikrosof merupakan alat bantu untuk melihat sesuatu yang bentuknya sangat kecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang 5. Kejelian dan agar hasil yang inginkan dapat tercapai.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful