GEOSTRATEGI INDONESIA KETAHANAN NASIONAL

Disusun Oleh :

Adi Nugroho Ayu Permata Sari Fitra Permata Putri Herpika diana Mk Zahra Putri Ajri Mawad Rini Andriani

04111004051 04111004014 04111004042 04111004013 04111004021 04111004066 04111004024

Dosen Pembimbing : Kurnisar, S.Pd., M.H.

JURUSAN KEDOKTERAN GIGI
FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS SRIWIJAYA
2011

Indonesia menjadi ajang persaingan kepentingan dan perebutan pengaruh negara-negara besar/adikuasa. berbangsa. Dengan kondisi dan geografis. Hukum sebagai pranata hidup disusun untuk kepentingan seluruh rakyat dan bangsa untuk menjaga ketertiban hidup bermasyarakat. potensi sumber kekayaan alam. Tapi kita mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya terhadap ancaman dari luar antara lain agresi militer Belanda dan dari dalam. dan bernegara yang berlandaskan UUD 1945 dengan pemerintahan yang tidak absolut. Dalam mempertahankan dan mengembangkan eksistensi pada masa yang akan datang. Republik Indonesia bukan negara yang menjalankan pemerintahan atas dasar kekuasaan semata yang menciptakan sistem yang otoriter. serta besarnya jumlah penduduk yang dimiliki.BAB I PENDAHULUAN 1. Sedangkan pemerintahan dituangkan dalam . bangsa dan negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam maupun luar negeri yang nyaris membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara. merupakan bukti bahwa kita memiliki keuletan dan ketangguhan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengatasi setiap bentuk AGHT dari manapun datangnya.1 Latar Belakang Sejak proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. mampu menegakkan wibawa negara dengan menumpas gerakan separatis Partai Komunis Indonesia (PKI). kedaulatan di tangan rakyat. Kemampuan bangsa Indonesia mempertahankan negaranya untuk tetap berdiri. bahkan merebut kembali Irian Jaya. membahayakan kelangsungan hidup dan eksistensi NKRI. kita harus tetap memiliki keuletan dan ketangguhan dan perlu dibina secara berkelanjutan. Hal ini secara langsung dan tidak langsung dapat menimbulkan dampak negatif terhadap aspek kehidupan dan dapat mempengaruhi. DI/TII. tetapi negara hukum.

. aspek politik. Ketahanan nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan dalam wadah NKRI. dan aspek sosial budaya. aspek ekonomi. Kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang didasari oleh landasan iidil Pancasila. Mengetahui tentang Geostrategi Indonesia 2. Mengetahui tentang aspek-aspek ketahanan nasional 3.kelembagaan tinggi negara dan tata kelembagaan negara. aspek pertahanan keamanan.2 Tujuan Dari latar belakang diatas. 1. dapat disimpulkan bahwa tujuan dari makalah ini adalah: 1. Sistem negara bersifat demoktaris yang tercermin dalam pengambilan keputusan yang berdasarkan kepentingan dan aspirsi rakyat. Mengerti dan memahami tentang aspek-aspek ketahanan nasional yang berupa. dan landasan visional wawasan nusantara. landasan konstitusional UUD 1945.

BAB II PERMASALAHAN Dalam makalah kami ada masalah-masalah berikut: 1. Aspek sosial apa saja yang mempengaruhi ketahanan nasional? . Apa yang dimaksud dengan Geostrategi? 2.

sebagaimana telah tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alinea ke-4. tujuan dan sarana untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional.aman dan sejahtera. Maka dikenallah suatu istilah yang disebut geostrategi. Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam wujud ketahanan nasional. daerahdan nasional. Tak terkecuali Indonesia.BAB III PEMBAHASAN 3. Geostrategi/Ketahanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan. Ini diperlukan untuk mewujudkan dan mempertahankan integrasi bangsa dalam masyarakat majemuk berdasar pembukaan dan UUD 1945. Kondisi kehidupan tersebut sejak dini dibina secara terusmenerus dan sinergis mulai dari pribadi. Geostrategi memberi arahan tentang bagaimana merancang strategi pembangunan guna mewujudkan masa depan yang lebih baik. Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi geografis Negara dalam menentukan kebijakan. Proses berkelanjutan untuk mewujudkan kondisi tersebut dilakukan berdasarkan . Geostrategi/ ketahanan nasional Indonesia adalah strategi dalam memanfaatkan konstelasi geografi Negara Indonesia untuk menentukan kebijakan. aman dan sejahtera. Tujuan dan cita-cita negara tersebut diwujudkan dengan membutuhkan strategi yang tepat. Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya bangsa untuk melaksanakan kebijaksanaan tertentu dalam keadaan perang dan damai (kamus besar bahasa Indonesia.keluarga. Suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi lingkungan geografi dan sosial negara.1. Geostrategi Indonesia dirumuskan dalam wujud konsepsi “ketahanan Nasional”. Di Indonesia.2001). lingkungan. serta member arahan tentang bagimana merancang strategi pembangunan guna mewujudkan masa depan yang lebih baik. tujuan dan sarana-sarana untuk mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia. geostrategi diartikan sebagai metode untuk mewujudkan cita-cita proklamasi sebagaimana yang diamanatkan dalam pembukaan dan UUD 1945. Geostrategi Indonesia Setiap negara memiliki tujuan kehidupan negaranya masing-masing.

Manunggal Dalam membangun Ketahanan Nasional adanya kesatuan yang bersifat Komprehensif-integral antara trigatra dan pancagatra. dan harus diperhitungkan pihak lain. c. tetapi integrasi dilaksanakan secara serasi. konsepsi tersebut dinamakan Konsepsi Ketahanan Nasional Indonesia. Berubah menurut waktu Geostrategi/Ketahanan Nasional bersifat dinamis dan dapat berubah sesuai dengan situasi dan kondisi bangsa.pemikiran Geostrategi berupa konsepsi yang di rancang dan dirumuskan dengan memperatikan kondisi bangsa dan konstelasi geografi Indonesia. d. Tidak membenarkan sikap adu kekuasaan dan adu kekuatan Konsepsi Ketahanan Nasional dapat di pandang sebagai suatu alternative lain dari konsepsi yang mengutamakan penggunaan adu kekuasaan dan adu kekuatan yang masih di anut oleh Negara-negara maju pada umumnya. Mawas ke dalam Geostrategi/Ketahanan Nasional ditujukan kedalam diri bangsa dan Negara sendiri karena bertujuan untuk mewujudkan hakikat dan sifatnya. Sifat-sifat ketahanan nasional adalah sebagai berikut : a.seimbang dan harmonis. Kewibawaan Geostrategi/Ketahanan Nasional bertujuan untuk mewujudkan kewibawaan Nasional. Sifat integrative tidak mempunyai arti mencampuradukkan semua aspek social secara begitu saja. b. metode pendekatan dan pengkajian ketahanan Nasional terdiri atas pendekatan keamanan dan pendekatan kesejahteraan. f. e. Sebagai konsepsi pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sifat Geostrategi/ Ketahanan Nasional Untuk mewujudkan Ketaanan Nasional. Percaya pada diri sendiri . dilaksanakan dengan mengelola dan menyelenggarakan kesejahteraan dan keamanan terhadap sistem kehidupan nasional.

Hubungan tercermin dalam fungsi pemerintahan negara sebagaipenentu kebijaksanaan serta aspirasi dan tuntutan masyarakat sebagai tujuanyang ingin diwujudkan.Stabilitas politik yang yang sehat dan negara berdasarkan dan Pancasila dan UUD oleh antara ini politik dinamis diwujudkan hubungan adanyakeseimbangan.2. 3. Dalam rangka mewujudkan ketahanan politik. sehingga kebijaksanaan pemerintahan negara tersebutharuslah serasi dan selaras dengan keinginan dan aspirasi masyarakat.ancaman. Konsepsi tentang Ketahanan Politik Politik adalah satu aspek kehidupan nasional yang di satu pihak berkaitan dengankekuasaan/kekuatan dalam penyelenggaraan pemerintahan negara dan di lainpihak berkaitan dengan penyaluran aspirasi rakyat sebagai wujud dari kedaulatandi tangan rakyat.Ketahanan politik diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan politik bangsa yang berisi keuletan ketangguhan yang mengandung kemampuanmengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi tantangan. g. Ketahanan Politik A. antara lain: . Tidak tergantung pada pihak lain Geostrategi/Ketahanan Nasional dibangun dan dikembangkan atas dasar kemampuan sendiri dengan memanfaatkan segenap aspek kehidupan nasional. Hal-hal yang menyangkut ketahanan nasional bidang politik meliputi beberapa unsur. yang mengandung kemampuan memeliharastabilitas 1945. hambatan serta gangguan yang datang dari luar dan dari dalam yanglangsung maupun tidak langsung untuk menjamin kelangsungan kehidupan politik bangsa dan negara Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. diperlukan kehidupan politik bangsa yang sehat dan dinamis.Geostrategi/Ketahanan Nasional dikembangkan dan ditingkatkan berdasarkan sikap mental percaya pada diri sendiri. penyelenggaraan keserasian keselarasan dan pemerintahan masyarakat.

budaya politik. kebebasan menempatkan hak dan kewajiban. 7. 4. Menegakkan keadilan sosial dan berkeadilan hukum. masalah politik meliputi dua bagianutama ialah politik dalam negeri dan politik luar negeri. 3. dan partisipasi politik. dalam arti memelihara dan mengembangkan budaya politik. Menciptakan situasi yang kondusif. Dalam konteks ketahanan nasional ini. partisipasi rakyat yang menentukan kebijaksanaan nasional. Melaksanakan pemilihan umum secara demokratis. yang unsur-unsurnya terdiri dari struktur politik. . proses politik. Menempatkan secara proporsional kedaulatan rakyat di dalam kehidupan negara. Memberikan kesempatan yang optimal kepada saluran-saluran politik untuk memperjuangkan aspirasinya secara proporsional. Mengupayakan pertahanan dan keamanan nasional. hubungan kerja. Politik Dalam Negeri Politik dalam negeri adalah kehidupan politik dan kenegaraanberdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu menyerap aspirasi dandapat mendorong partisipasi masyarakat dalam satu sistem. sesuai dengan ketentuan konstitusi yaitu kedudukan. sehingga kekuatan sosial politik sebagai pilar demokrasi dapat melaksanakan hak dan kewajiban dengan semestinya. 5.komunikasi politik.1. dalam arti kesempatan. 2. walaupun tidak harus menjadi partai oposisi. kewenangan. jujur dan adil. Memfungsikan lembaga-lembaga negara. 6. 9. dan produktivitas. Meningkatkan budaya politik dalam arti luas. rahasia. 10. langsung. 8. 1. mengupayakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Menegakkan hukum dan menyelenggarakan keamanan dan ketertiban masyarakat. bebas. 11. peran. Melaksanakan kontrok sosial yang bertanggung jawab kepada jalannya pemerintahan negara.

Berdasarkan berbagai faktor dinamika kehidupan politik sertakonsepsi dan permasalahannya. Analisis Politik Dalam Negeri. Analisis Politik Luar Negeri Politik luar negeri dalam memperjuangkan serta mengamankankepentingan nasional dan turut serta dalam upaya mewujudkan tatanandunia baru didasarkan prinsip kepada politik luar negeri bebas dan aktif. h. pelaksanaan politik dipengaruhi berbagaifaktor. Politik Luar Negeri Politik luar negeri adalah salah satu sarana pencapaian kepentingan nasional dalam pergaulan antar bangsa. c. Kepemimpinan Nasional Pemilihan Pembantu-Pembantu Pressiden Pemilu Wadah Penyalur Aspirasi Masyarakat Kesamaan Visi dan Persepsi Disiplin Nasional dan Sistem Hukum Nasional Pembauran Bangsa Pemerataan Hasil Pembangunan Keresahan Masyarakat 2. B. g. i. e.2. perdamaian abadi dan keadilansosial.adanya dominasi negara adidaya yang memaksakan kehendaknyaberdampak negatif bagi . baik dalam maupun luar negeri sebagai berikut a. b.Untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan kemampuan diplomasi pro aktif guna memperjuangkan kepentingan nasional dalam berbagai foruminternasional. antara lain. serta antipenjajahan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaandan peri keadilan. Politik luar negeri Indonesiaberlandaskan pada Pembukaan UUD 1945 yakni melaksanakan ketertibandunia yang berdasarkan kemerdekaan. d. f. Analisi Permasalahan 1.Dalam menghadapi tantangan pada tingakat global.

hubunganluar negeri perlu dikembangkan untuk meningkatkan citra Indonesia yangpositif di luar negeri. GerakanNon Blok. OKI dan kerja sama antarkawasan. politik tetapi yang perbedaan memungkinkan pendapat tersebut adanya tidak menyangkutnilai dasar. Ketahanan Politik Dalam Negeri Sistem pemerintahan yang berdasarkan hukum. Asia Pasifik.Kerja sama dan persahabatan antarbangsa perlu memanfaatkanberbagai forum dan organisasi internasional. Kepemimpinan aspirasiyang hidup nasional dalam mampu mengakomodasikan dengan tetap dalam masyarakat. kedaulatan di tanganrakyat dan dilakukan menurut UUD 1945. dan antarkelompok/golongan dalam masyarakatdalam rangka mencapai tujuan nasional dan kepentingan nasional. . UUD 1945. lingkupPancasila. tidak berdasarkan kekuasaan yang bersifat absolut. harus dicegah timbulnyadiktator mayoritas dan tirani minoritas. dan kemantapan ideologidalam memelihara Tannas. Terjalin komunikasi politik timbal balik antara Pemerintahdengan masyarakat. meningkatkan perananIndonesia dalam upaya restrukturisasi.serta meningkatkan kerja sama antarnegara ASEAN. meningkatkan investasi. Di samping itu. C. Mekanisme perbedaanpendapat. sehingga tidak antagonistis yang dapat menjurus kepadakonflik/bentrokan fisik. keteguhan sikap. dan Wawasan Nusantara. Di samping itu. revatilasi dan demokratisasi PBB.kepentingan negara-negara berkembang perluditingkatkan kewaspadaan. Pembinaan Ketahanan Politik 1. meningkatkan pasarkomoditas ekspor Indonesia dan melindungi kepentingan dan hak-hak warga negara Republik Indonesia di luar negeri serta aktif dalammemberikan bantuan kemanusiaan di luar negeri.

3. Struktur kekuatan B.2. Pertahanan keamanan negara seluruh RI dilaksanakan nasional dengan termasuk menyusun. Postur kekuatan pertahanan keamanan mencakup: A. Penyelenggaraan ketahanan dan kemananan secara nasional merupakan satu fungsi utama dari pemerintahan dan negara RI dan TNI dan polri sebagai intinya. Aspek Pertahanan dan Keamanan Pertahanan keamanan Indonesia adalah kesemestaan daya upaya seluruh rakyat Indonesia sebagai suatu sistem ketahanan keamanan negara dalam mempertahankan dan mengamankan negara demi kelangsungan hidup dan kehidupan bangsa dan negara RI. Wujud ketahanan keamanan tercermin dalam kondisi daya tangkal bangsa yang dilandasi kesadaran bela negara seluruh rakyat yang mengandung kemampuan memelihara stabilitas pertahanan keamanan negara (Hankamneg) yang dinamis. Misi C. Ancaman B.mengerahkan. Kewilayahan .3.memantapkan persatuan kesatuan bangsa dan keutuhan NKRI.menggerakkan potensi kekuatan masyarakat seluruh dibidang kehidupan nasional secara terintegrasi dan terkoordinasi.guna menciptakan keamanan bangsa dan negara dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional. meningkatkan citra positif Indonesia di luar negeri.mengamankan pembangunan dan hasil-hasilnya serta kemampuan mempertahankan kedaulatan negara dan menangkal segala bentuk ancaman. Tingkatan kemampuan C. Gelar kekuatan Untuk membangun postur kekuatan pertahanan keamanaan melalui empat pendekatan: A. Ketahanan Politik Luar Negeri Hubungan luar negeri ditujukan untuk lebih meningkatkankerja sama internasional di berbagai bidang atas dasar salingmenguntungkan.

Wilayah darat D. Penegakan hukum D. Pada tahun 1982 lahirlah undang-undang nomor 241/1982 tentang pkokpokok penyelenggaraan pertahanan dan keamanan negara. Selanjutnya dalam rangka pelaksanaan Keputusan Presiden No 60 tahun 1983 tentang pokok dan susunan organisasi ABRI dipandang perlu untuk segera menentukan pokok-pokok organisasi dan prosedur TNI AD. Menegakan HAM B. Keamanan diarahkan untuk menghadapi ancaman dari dalam negri dan menjadi tanggung jawab POLRI. Wilayah udara C. Lingkungan hidup . TNI AU dan POLRI. TNI dapat dilibatkan untuk ikut menangani masalah keamanan apabila diminta atau POLRI sudah tidak mampu lagi karena eskalasi ancaman yang meningkat ke keadaan darurat. Termasuk pulau-pulau besar dan kecil Kekeliruan dalam merumuskan hakikat ancaman akan mengakibatkan postur kekuatan Hankam menjadi kurang efektif dalam menghadapi berbagai gejolak dalam negeri.bahkan tidak mampu untuk melakukan perang konvensional.D. Ancaman dari luar senantiasa akan menggunakan media laut dan udara diatasnya karena Indonesia merupakan negara kepulauan. Wilayah laut B. Berdasarkan UU tersebut reorganisasi dilakukan dilingkungan organisasi dapartemen Hankam dan Mabes ABRI. Konsepsi Hankam perlu mengacu pada konsep Wawasan Nusantara dimana Hankam mengarah pada upaya pertahanan seluruh wilayah kedaulatan negara kesatuan RI yang meliputi: A. Politik Pertahanan diarahkan untuk menghadapi ancaman dari luar dan menjadi tanggung jawab TNI. Gejolak dalam negeri harus diwaspadai karena tidak menutup kemungkinan mengundang campur tangan asing (link up) dengan alasan: A. TNI AL. Demokrasi C.

arif. TNI sebagai tentara rakyat. Pembangunan pertahanan keamanan ditunjukkan untuk menjamin perdamaian dan stabilitas keamanan D. Pembanguna dan penggunaan kekuatan pertahanan keamanan diselenggarakan oleh manusia-manusia berbudi luhur. Sistem perekonomian liberal dengan orientasi pasar secara murni akan sangat peka terhadap pengaruh-pengaruh dari luar. Potensi nasional dan hasil-hasil pembangunan harus dilindungi E. RATIH ( Rakyat Terlatih) sebagai fungsi perlawanan rakyat. Indonesia adalah bangsa cinta damai .Mengingat keterbatasan yang ada untuk mewujudkan postur kekuatan pertahanan keamanan kita mengacu pada negara-negara lain yang membangun kekuatan pertahanan keamanan melalui pendekatan misi. menghormati HAM. B. bijaksana. menghayati nilai perang dan damai G. Perlawanan bersenjata: TNI. Perekonomian Indonesia mengacu pada UUD’45 yang menyatakan bahwa sistem perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas . Perlawanan tidak bersenjata Ratih C. Mampu membuat perlengkapan dan peralatan pertahanan keamanan F.4. Polri sebagai kekuatan inti KAMTIBMAS 3. sebaliknya sistem perekonomian sosiallis dengan sifat perencanaan dan pengendalian oleh pemerintah kurang peka terhadap pengaruh dari luar. Ketahanan pada Aspek Pertahanan dan Keamanan: A. Komonen pendukung: sumber daya nasional sarana dan prasarana serta perlindungan masyarakat terhadap bencana perang. akan tetapi lebuh cinta kemerdekaan dan kedaulatan C.tentara pejuang berprdoman pada Sapta Marga H. POLRI. Mewujudkan kesiapsiagaan dan upaya bela negara. Aspek ekonomi Sistem perekonomian yang diterapkan oleh suatu negara akan memberi corak terhadap kehidupan ekonomi negara yang bersangkutan. B. yaitu melindungi diri sendiri dan tidak untuk kepentingan insvetigasi (standing armed forces) A.

mematikan potensi dan daya kreasi unitunit ekonomi di luar sektor Negara. berwawasan lingkungan. Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Ekonomi kerakyatan harus menghindarkan   Sistem free fight liberailsm yang hanya menguntungkan pelaku ekonomi kuat. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang. serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional. efisiensi berkeadilan. dan koperasi. Bumi dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan di pergunakan sebesarbesarnya untuk kemakmuran rakyat. yaitu : 1. Sistem etatisme. Sistem ini tidak mengenal usaha monopoli maupun monopsoni oleh masyarakat maupun pemerintah. Sistem ekonomi Indonesia diarahkan untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata di seluruh wilayah nusantara melalui ekonomi kerakyatan serta untuk menjamin kesenambungan pembangunan nasional dan kelangsungan hidup bangsa dan negara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 2. Sistem perekonomian sebagai usaha bersama berarti setiap warga negara mempunyai hak dan kesempatan yang sama dalam menjalankan roda perekonomian untuk kesejahteraan bangsa.kekeluargaan. kemandirian. berkelanjutan. swasta. Perekonomian nasional di selengarakan berdasarkan asas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan. Secara makro sistem perekonomian Indonesia dapat disebut sistem perekonomian kerakyatan. Pencapaian tingkat ketahanan ekonomi yang diinginkan memerlukan pembinaan berbagai hal. Sistem ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan BUMN. Wujud ketahanan ekonomi tercermin dalam kondisi kehidupan perekonomian bangsa yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandirian ekonomi sosial dengan daya saing tinggi dan mewujudkan kemampuan rakyat. . negara dan aparatur ekonomi negara bersifat dominan dan mendesak.

3. Aspek Sosial Budaya Istilah sosial budaya mencakup dua segi utama kehidupan bersama manusia. kehdupan masyarakat terstruktur. ketahanan ekonomi adalah kondisi kehidupan ekonomi bangsa yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 yang mampu memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta menciptakan kemandirian ekonomi nasional dengan daya saing ekonomi yang tinggi. Struktur social di Indonesia Dalam masyarakat. dan karsa manusia yang menumbuhkan gagasan-gagasan utama dan menjadi kekuatan pendukung dalam menggerakkan kehidupan. 5.. A. Dengan demikian. sepenanggungan. Pemusatan kekuatan ekonomi pada satu kelompok dalam bentuk monopoli yang merugikan rakyat dan bertentangan dengan cita-cita keadilan sosial. terkelompok. Yang disebut social disini pada hakikatnya adalah pergaulanhidup manusia dalam bermasyarakat yang mengandung nilai-nilai kebersamaan.5. senasib. Pembangunan ekonomi yang merupakan usaha bersama atas dasar kekelurgaan dibawah pengawasan anggota masyarakat. rasa. yaitu segi sosi dimana manusia harus mengadakan kerja sama demimi kelangsungan hidupnya dan segi budaya yang merupakan keseluruhan tata nilai dan cara hidup yang menifestasinya tampak dalam tingah laku yang terlembagakan. berdasarkan peran dan fungsi-fungsi masing-masing anggota masyarakat. memotivasi dan mendorong peran serta masyarakat secara aktif. Kemampuan bersaing harus di tumbuhkan secara sehat dan dinamis untuk mempertahankan serta meningkatkan eksistensi dan kemandirian nasional. dan solidaritas yang merupakan unsur pemersatu. 3. Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang dan saling menguntungkan dalam keselarasan dan keterpaduan antara sektor pertanian. perindustrian dan jasa 4. Pembangunan di Indonesia selama ini menghasilkan struktur social masyarakat . Sementara budaya adalah system nilai yang merupakan hasil cipta.

Kekeluargaan c. Hidup serba selaras d. Kondisi budaya di Indonesia 1. baik secara horizontal sesuai dengan bidang pekerjaan maupun secara vertical sesuai dengan tingkat pekerjaan atau keahlian. 2. Intergritas Nasional Komunitas dan interaksi suku-suku bangsa yang mendiami bumi Nusantara ini pada tahun 1928 telah mnghasilkan aspirasi bersama untuk hidup bersama sebagai satu bengsa si satu tanah air. Identitas bangsa Indonesia adalah manusia dan masyarakat ang memiliki sifat-sifat dasar: a.yang cukup beragam. Interaksii budaya harus berjalan wajar dan alamiah tanpa unsur paksaan dan dominan budaya terhadap budaya lainnya. B. fragmentasi kelompok dalam masyarakat semakin berkemanng. Kebudayaan Nasional Kebudayaan nasional merupaka hasil interkasi dari budaya-budaya suku bangsa atau budaya asing yang kemudian diterima sebagai nilai bersama seluruh bangsa. Religius b. Sebagai suatu system nilai yang menuntun sikap . dan dalam setiap kebudayaan daerah terdapat nilai-nilai budaya yang sering disebut “Local genius” yang menjadi pangkal segala kemampuan budaya daerh untuk menetralisasi pengaruh negative budaya asing. Kerakyatan 3. Sejalan dengan modernisasi dan tuntunan perkembangan teknologi. dan gaya hidup yang bersangkutan. Aspirasi ini di akui oleh bangsabangsa lain di dunia melalui Proklamasi Kemerdekaan tanggal 17 Agustus . Kebudayaan nasional merupakan identitas dan menjadi kebangsaaan bangsa Indonesia. Kebudayaan Daerah Kebudayaaan yang dimiliiki oleh masing-masing suku bangsa dan subetnis bangsa Indonesia yang mendiami daerah-daerah tertentu. prilaku.

serta gangguan dari dalam maupun dari luar baik secara langsung maupun secara tidak langsung yang membahayakan kelangsungan kehidupan social budaya bangsa dan negara Republik Indonesia. Apabila alam Indonesia rusak maka manusia akann rusak dan punah. dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan. ancaman. dan jiwa yang menjadi ciri elemen-elemen social budaya bangsa dan Negara Republik Indonesia. ketangguhan. Kesimpulan Geostrategi adalah suatu strategi dalam memanfaatkan kondisi geografis Negara dalam menentukan kebijakan. Apabila setiap warga . C. hambatan. Pemanfaatan alam yang belum dibarengi dengan budaya untuk melestarikan alamdemi kepentingan massa depan dan keterbatasan pengetahuan. tujuan dan sarana untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. 4. Kebudayaan dan Alam Lingkungan Sejak zaman dahulu suku-suku yan mendiami kepulauan Nusantara sudah terbiasa hidup dekat dengan alam. Nilai-niai ynga terkandung dalam Pancasila akan terwujud sebagai ukuran tuntunan sikap dan tingkah laku bagi bangsa Indonesia akan memberikan laandasan. bangsa Indonesia harus disadarkan bahwa mereka adaah bagian dari alam. Kennyataan sejarah menunjukkan bahwa keanekaragaman budaya justru merupakanhikmah bagi bangsa Indonesia yang telah memunculkan faktorfaktor perekat pemersatu atau intergasi bangsa. Ketahanan pada Aspek Sosial Budaya Ketahanan di bidang ini di artika sebagai kondisi dinais budaya bangsa Indoneia yang beerisi keuletan.1. semangant.1945 . BAB IV PENUTUP 4.

Saran Untuk mewujudkan keberhasilan Ketahanan Nasional setiap warga negara Indonesia perlu: 1. berbangsa dan bernegara serta dapat mengeliminir pengaruh-pengaruh tersebut.2. . 4. Sadar dan peduli akan pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek politik. Oleh karena itu.negara Indonesia memiliki semangat perjuangan bangsa dan sadar serta peduli terhadap pengaruh yang timbul dalam bermasyarakat. Salain itu. ekonomi dan sosial budaya. pertahanan dan keamanan. maka akan tercermin keberhasilan ketahanan nasional Indonesia. pertahanan dan keamanan. Memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk perjuangan non fisik 2. ekonomi dan sosial budaya. kita juga harus memiliki strategi dalam menjalankan ketahanan politik. untuk mewujudkan ketahanan nasional diperlukan suatu kebijakan umum dari pengambil kebijakan yang disebut politik dan strategi nasional (polstranas).

Sumarsono. . Rahayu.2007. Achmad & Kaelan. Bastari. Pendidikan kewarganegaraan. romzie a dkk. Minto. S. Sejarah nasional Indonesia: Jaman Jepang dan jaman Republik Indonesia. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi.Grasindo. Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto.. Zubaidi.Daftar Pustaka Poesponegoro. Buku bahan ajar pendidikan kewarganegaraan. Perjuangan Menghadapi Jati Diri Bangsa. Yogyakarta : Penerbit Paradigma.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful