P. 1
1 TIPE DATA

1 TIPE DATA

|Views: 52|Likes:

More info:

Published by: Teromokoro Manihuruk on Sep 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

1

TIPE

DATA

Setiap data yang disimpan di memori komputer harus memiliki tipe data. Tipe data yang sederhana sekali dikelompokkan menjadi dua bagian : a) Text : Char String b) (Terdiri (Terdiri dari dari 1 huruf beberapa Bilangan / huruf 1 / angka) angka) :

- Integer (bilanga bulat). Tipe data ini terdiri atas bebrapa varian data yaitu byte, word, longword, shortint, longint, integer, int64 dan sebagainya. - Real (bilangan pecahan). Tipe data real terdiri atas beberapa varian data yaitu single, double, extended, currency. c)Boolean Merupakan tipe variabel logika. Nilai dari variabel bertipe boolean adalah true dan false.

OPERATOR Operator digunakan untuk memanipulasi dan mengolah data. Delphi menyediakan bermacam – macam operator seperti tabel berikut. a) Operator Aritmatika Operator aritmatika digunakan untuk melakukan operasi aritmatika. Delphi mempunyai beberapa operator aritmatik yaitu *, /, Div, Mod, +, -. b) Operator Relasi Atau operasi perbandingan digunakan untuk membandingkan suatu expresi atau data dengan expresi atau data lain. Hasil penggunaan operator relasi adalah dua logika (boolean) benar atau salah. Operator relasi yang digunakan dalam Delphi antara lain : =, <>, <, >, <=,>= c) Operator Logika Operator Logika digunakan untuk mengexpresikan satu atau lebih data atau expresi logika (boolean), menghasilakan data logika (boolean) seperti not, and, or dan xor. 3. FUNCTION DAN PROCEDURE Function (fungsi) dan Procedure adalah suatu subrutin yang biasa dipakai sebagai alat untuk melakukan tugas tertentu dan mendapatkan nilai tertentu.

Bentuk penulisannya seperti berikut : StrToCurr(S:string) Argumen S adalah suatu data String yang akan diambil nilai Currencynya.Untuk mengolah data kita . Bentuk penulisannya sebagai berikut : StrToFloat(S:String) S 5) adalah data tipe string yang akan diambil extendednya. KESIMPULAN salah Salah satu tujuan dalam penggunaan program adalah mempermudah pekerjaan. 3) StrToDate Berupa function yang dipakai untuk mendapatkan nilai berupa data bertipe TdateTime dari suatu data String. Bentuk penulisannya sebagai berikut : StrToDate(S:String) Argumen S adalah suatu data string yang akan diambil nilai TdateTimenya. 4) StrToFloat Digunakan untuk mendapatkan nilai bertipe extended (salah satu tipe real). StrToInt Digunakan untuk mendapatkan nilai integer dari suatu data string.1) Str Berupa procedure yang digunakan untuk mendapatkan nilai string dari suatu data numeric. Penulisannya seperti berikut ini : Str(x[:Width[:Decimal]]. Bentuk penulisannya sebagai berikut : StrToInt(S:String) S adalah data tipe string yang akan diambil nilai Integernya. 2) StrToCurr Berupa Function yang dipakai untuk mendapatkan nilai berupa data numeric bertipe Currency dari suatu data String. satunya adalah pekerjaan mengolah data. x adalah data numeric dan S var adalah variabel bertipe S) String.

gambar. Tipe Adalah tipe data yang Macam-macamtipe data integer: Tipe Data JangkauanNilai Shortint Smallint Longint Int64 Byte Word -128 s/d 127 -32768 s/d 32767 -2^63 s/d 2^63 -1 0 s/d 255 0 s/d 65535 menyatakan Format 8bit. signed LongWord 0 s/d 4294967295 32bit. artinyamengenal bilangan negative dan positif o unsigned maksudnya bilangan tak bertanda. unsigned note: o signed maksudnya bilangan bertanda.14159265 artinyanilai pi adalahtetap 22/7 atau 3. Data adalah catatan atas fakta atau kenyataan yang berupa angka. signed 16bit. . Variabel adalah data yang nilainya dapat berubah sewaktu-waktu bergantung keadaan. -2147483648 s/d 2147483647 32bit. dimulai dari 0 (nol) dan tidak mengenal bilangan negative dan positif 2Tipe Real Adalah tipe data yang menyatakan himpunan bilangan/angka. jadi selanjutnya nilai A tidak berubah kecuali diganti dengan nilai konstanta yang lain.Variabel tidak didefinisikan dengan sebuah nilai tertentu melainkan hanya namanya saja. Konstanta danVariabel. signed 64bit. suara. huruf/karakter.  ContohVariabel :  Luas  Panjang  DaftarSiswa Macam-macam tipe data pada Delphi 1. simbol. dll. unsigned Integer bilangan/angka. Contoh konstanta:  pi = 22/7atau 3.harus memasukkan datayang diketahui lalu diproses menggunakan program untuk menghasilkan data jadi.14159265 A = 10 artinya nilai A di sini sudah ditetapkan sebesar 10. Konstanta adalah data yang nilai nya tetap dan tidak akan berubah.Contoh mudah sebuah aplikasi yang menggunakan masukan data dan operator adalah aplikasi hitung. signed 8bit. Data merupakan merupakan informasi yang dibutuhkan dalam berbagai aspek. unsigned 16bit.Sering sebelum melakukan sebuah proses dibutuhkan data-data sebagai referensi. Pengertian Data. Tipe Real juga disebut tipe float.

9×10^-39 s/d 1.6×10^4951 s/d 1.Tipe character generic adalah Char.7×10^38 1.5807 Tipe Boolean Adalah tipe data yang menyatakan nilai benar atau salah (True atau False). Macam-macam tipe data Boolean: Tipe Data Nilai UkuranMemori Boolean ByteBool WordBool LongBool True or False True or False True or False True or False 1 Byte 1 Byte 2 Byte 4 Byte Tipe Character Adalah tipe data untuk menyatakan sebuah huruf/karakter. Karakter bias juga ditunjukkan pada konstanta string dengan panjang 1.7×10^308 15-16 -922337203685477.0×10^-324 s/d 1.1×10^4932 -2^63+1 s/d 2^63-1 Significant digit 11-12 7-8 19-20 19-20 Ukuran 6 Byte 4 Byte 8 Byte 10 Byte 8 Byte 8 Byte 5.5808 s/d 19-20 922337203685477.Macam-macam tipe data real: Tipe JangkauanNilai Data Real48 Single Double Extended Comp Currency 2. misalnya ‘A’. yang ekuivalen dengan AnsiChar.5×10^-45 s/d 3.FungsiChr menghasilkan nilai karakter bagi setiap range integer AnsiChar. . Contoh fungsi Chr(65) menghasilkan huruf A.4×10^38 3. Tipe Adalah tipe data yang menyatakan rangkaian beberapa Macam-macam tipe string : Tipe Data PanjangTeks UkuranMemori Pemakaian ShortString AnsiString WideString 255 karakter 2 s/d 256 Byte compatible 8bit ansi character Unicode character ~2^31 karakter 4 Byte s/d 2GB ~2^30 karakter 4 Byte s/d 2GB String karakter. AnsiChar berukuran satu byte dan WideChar berukuran lebih dari satu byte. Tipe character fundamental adalah AnsiChar dan WideChar.

yaitu operator binary dan operator unary. real X – Y integer. real +X Tandanegatif integer. real -X 3. Operasi Penjumlahan Pengurangan Perkalian Pembagian real Pembagian integer Tipe Operand TipeHasil Contoh integer. real X * Y integer. real integer. real real integer integer X/Y X div Y X mod Y Sisa integer integer Macam-macam operator aritmatika unary: Operasi Tandapositif Tipe Operand Operator + (unary) . Tipe Variant Adalah tipe data yang menyatakan nilai yang bias berubah saat runtime program. Pointer dipakai untuk mengindikasi jenis data yang disimpan pada alamat yang dikandungnya.Pointer menempati 4 byte memori. Operator Boolean Adalah operator yang dipakai untuk menangani operasi data bertipe boolean. Operator aritmatika dibagi menjadi dua.Tipe Pointer Adalah sebuah variabel yang menunjukkan sebuah alamat memori.(unary) TipeHasil Contoh integer. real integer. Macam-macam operator aritmatika binary: Operator + * / Div mod 2. Operator ini juga menghasilkan data bertipe boolean. real X + Y integer. real integer. real integer. Variant dapat berisi semua tipe data. Operator Aritmatika Adalah operator untuk keperluan operasi bilangan.Variant menawarkan kompatibilitas yang tinggi namun membutuhkan memori yang besar. Macam-macam operator boolean: Operasi Negasi Konjungsi Disjungsi Tipe TipeHasil Operand Boolean Boolean Boolean Boolean Boolean Boolean Contoh not lulus pria and single pria or wanita Operator Not And Or . real integer. Macam-macam operator pada Delphi 7 : 1.

Integer Character Pointer. Macam-macam operator logika : Operasi bit negation bit and bit or bit xor bit shift left Tipe Operand integer integer integer integer integer TipeHasil Contoh integer integer integer integer integer not A A and B A or B A xor B A shl 2 Operator Not And Or Xor Shl Shr bit shift right integer integer B shr 3 5. artinya operator ini tidak menangani data berupa pernyataan namun berupa angka / integer. Operator String Adalah operator yang menangani data berupa string atau huruf/karakter. yaitu operator +. Operator ini berfungsi sebagai perangkai. Macam-macam operator pointer: Operator + Operasi Penjumlahan Pointer Pengurangan Pointer Selisih Pointer Persamaan Tipe Operand Character pointer. Integer Tipedasar pointer Boolean Boolean P+I ^ = <> P-Q P^ P=Q P<>Q Pertidaksamaan Pointer . atau boolean. hasil operator pointer bias berupa pointer. Operator Pointer adalah operator yang khusus menangani data berupa pointer. Operator Logika Adalah operator untuk menangani operasi logika pada bit-bit angka. Berbeda dengan operator boolean.xor DisjungsiEksklusif Boolean Boolean anakxorbalita 4. operator logika berfungsi mirip dengan operator aritmatika. jadi tidak sama dengan + pada operator aritmatika. integer. Operasi Perangkaian Tipe Operand String. Operator string hanya satu. Integer Pointer Pointer TipeHasil Contoh Character pointer Character Pointer. Character TipeHasil Contoh String ‘A’+'ku’ Operator + 6.

data berupa Himpunan himpunan. string. Boolean interface. Operator Relasional Adalah operator yang menangani perbandingan antara dua buah data. string. class. class reference. string. Operator + * <= >= = <> in Operasi Union Selisih Intersection Subset Superset Persamaan Tipe Operand TipeHasil set set set set set set set set set boolean boolean boolean boolean Contoh S1+S2 S1-S2 S1*S2 S1<=S2 S2>=S1 S1=S2 S1<>S2 Pertidaksamaan set Keanggotaan ordinal. PChar simple. packed Operator = Persamaan A=B <> Pertidaksamaan A<>B < Kurangdari Boolean A<B > Lebih Dari Boolean A>B . class. Operator relasional menghasilkan nilai boolean. packed string. class reference. packed string simple. Macam-macam operator relasional: Operasi Tipe TipeHasil Contoh Operand simple. set boolean S1 in S2 8.Operator Adalah operator yang menangani Macam-macam operator himpunan : 7. string. Boolean interface. packed string simple.

PChar simple. . Kurangdariatausamadengan packed string. atau method. procedure. Operator @ Operator @ menghasilkanalamatvariabel.string. packed string. string. operator = danjugaberoperasidengan class 10. function. string. PChar <= Boolean A<=B >= Lebihdariatausamadengan Boolean A>=B Operator Class Operator as dan is menerima class daninstanobyeksebagai operand. Operator @ mengkonstruksi pointer dengan operandnya 9. PChar simple.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->