P. 1
Definisi e Government

Definisi e Government

|Views: 106|Likes:

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Khurniawan Del Ruenta on Sep 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/22/2013

pdf

text

original

E-Government

Oleh : Rudi Kurniawan MTI Angkatan 7 Reguler A

Objectives
 

Definisi E-Government Manfaat dan Tujuan EGovernment Relasi E-Government Penerapan dan Tantangan EGovernment E-Government di Indonesia Keamanan Pada Sistem EGovernment Kesimpulan Questions

 

 

 

Definisi E-Government

World Bank (2003) E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh institusi-institusi pemerintah yang memungkinkan terjadinya transformasi hubungan dengan warga masyarakat, pelaku bisnis, dan sesama institusi pemerintah.

Pascual (2003) E-government didefinisikan sebagai penggunaan teknologi untuk meningkatkan akses dan pengiriman jasa atau pelayanan government untuk memberikan manfaat bagi masyarakat, pekerja, dan partner bisnis.

Definisi E-Government (cont)

Dawes (2002) E-government merupakan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan operasional pemerintah dengan memberikan manfaat bagi masyarakat dan menyediakan jasa atau pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

Definisi E-Government (cont)

Turban et al.(2002) E-government sebagai penggunaan dari teknologi informasi secara umum dan e-commerce secara khusus untuk menyediakan kepada masyarakat (citizens) dan organisasi-organisasi akses yang menyenangkan terhadap jasa dan informasi pemerintah, menyediakan pengiriman jasa publik kepada masyarakat, partner bisnis dan pemasoknya dan kepada mereka yang bekerja di sektor publik.

Manfaat dan Tujuan E-Government

tujuan:  membangun jaringan informasi pelayanan publik.  mendorong kerjasama interaktif lembaga pemerintah dan swasta  membentuk mekanisme dan saluran komunikasi antar lembaga pemerintah dengan publik.  membentuk sistem manajemen dan proses kerja yang lancar, transparan dan efisien antar lembaga pemerintah.

Manfaat dan Tujuan E-Government

manfaat:  Terbentuknya pola kolaboratif di kalangan pemerintah  Mengintegrasikan pengetahuan, informasi, dan aktivitas dalam proses pemerintahan.  Meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kualitas pelayanan pemerintah pada para stakeholder-nya  Meningkatkan transparansi, kontrol, dan akuntabilitas dalam penyelenggaraan pemerintahan.  Mengurangi biaya-biaya operasi

Relasi E-Government
a. Government to Citizens pemerintah membangun dan menerapkan berbagai portofolio teknologi informasi dengan tujuan utama untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat (rakyat).
b. Government to Business membentuk sebuah lingkungan bisnis yang kondusif agar roda perekenomian sebuah negara dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Relasi E-Government (cont)
c. Government to Governments untuk berinteraksi antar satu pemerintah dengan pemerintah lainnya.
d. Government to Employees untuk meningkatkan kinerja dan kesejahteraan para pegawai negeri atau karyawan pemerintahan.

Relasi E-Government (cont)

Relasi E-Government

Penerapan dan Tantangan EGovernment

Menurut Wyld (2004), tingkatan e-government didasarkan pada tingkat penggunaan teknologi informasi: a. Keberadaan (Persence) tahap publikasi mengenai keberadaan organisasi pemerintah yang bersangkutan secara online, umumnya sekedar company profile b. Interaksi tidak sekedar menyajikan informasi secara online, disertai fasilitas komunikasi secara elektronik (email).

Penerapan dan Tantangan EGovernment (cont)

Menurut Wyld (2004), tingkatan e-government didasarkan pada tingkat penggunaan teknologi informasi : c. Transaksi ada fasilitas e-mail, fasilitas yang memungkinkan terjadinya kesepakatan antara pengunjung situs dan organisasi pemerintah secara legal melalui on-line system d. Transformasi mencakup semua layanan, terdapat fasilitas untuk terjadinya arus informasi timbal balik antar para pengunjung situs dengan penyaji situs.

Penerapan dan Tantangan EGovernment (cont)

Pengembangan e-government mengandung empat unsur utama :  Visi  Kendali  Eksekusi  dukungan.

Metodologi Pengembangan EGovernmen

Penerapan dan Tantangan EGovernment (cont)

Arsitektur e-government terdiri dari empat lapis:  Akses. Jaringan yang digunakan masyarakat untuk mengakses situs pelayanan publik.

Portal Pelayanan Publik. Situs web Pemerintah yang mengintegrasikan proses pengolahan dan pengelolaan informasi dan dokumen elektronik.

Penerapan dan Tantangan EGovernment (cont)

Arsitektur e-government terdiri dari empat lapis:  Organisasi Pengelolaan dan Pengolahan Informasi. mengelola, menyediakan dan mengolah transaksi informasi dan dokumen elektronik.

Infrastruktur dan Aplikasi Dasar. Semua prasarana, baik berbentuk perangkat keras dan lunak yang diperlukan untuk mendukung pengelolaan, pengolahan, transaksi, dan penyaluran informasi.

Penerapan dan Tantangan EGovernment (cont)

Kerangka Arsitektur e-Government

E-Government di Indonesia

INSTRUKSI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2003 TENTANG KEBIJAKAN DAN STRATEGI NASIONAL PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT perkembangan situs pemerintah Daerah sampai 2007 (sumber : Depkominfo)

Keamanan Pada Sistem EGovernment

Beberapa metode pengamanan yang harus dilakukan, seperti : 1. Authentication ex = Password, PIN dan User ID, Challenge and response system, Cookies , Biometrics, Conventional encryption, Public key cryotography, Pretty Good Privacy (PGP), SSL dan TLS 2. Authorization 3. Pengamanan sistem jaringan ex = Firewall, Intrusion Detection System (IDS), Network Scanner, Network Scanner

KESIMPULAN

E-government adalah penggunaan teknologi informasi oleh institusiinstitusi pemerintah yang memungkinkan terjadinya transformasi hubungan dengan warga masyarakat, pelaku bisnis, dan sesama institusi pemerintah. Dengan mengikuti aturan, tahapan, dan pola arsitektur yang ada, diharapkan e-government dapat memberikan pelayanan Government to Government (G2G), Government to Legislative (G2L), Government to Citizens (G2C), dan Government to Business (G2B). Peranan serta keamanan sangat penting untuk sebuah sistem. Sebagus apapun suatu sistem, jika sistem tersebut tidak dilengkapi / tidak memakai pengaman apabila terjadi suatu serangan atau ancaman akan mengganggu kinerja dari sistem tersebut. Akan tetapi jika suatu sistem dilengkapi dengan pengamanan, maka jika terjadi serangan dan ancaman setidaknya dapat mengurangi serangan dan ancaman yang masuk kedalam sebuah sistem.

Questions
1. 2.

3.

4.

5.

Apa yang dimaksud dengan e-government? Sebutkan empat tingkatan dalam egovernment! Sebutkan empat relasi dalam egovernment? Pelaksanaan E-government di Indonesia terdapat dalam peraturan apa? Sebutkan metodologi pengembangan egovernment!

THANK YOU

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->