P. 1
tugas PPT 12

tugas PPT 12

|Views: 144|Likes:
Published by Irfhan Perdana Wali

More info:

Published by: Irfhan Perdana Wali on Sep 27, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/29/2012

pdf

text

original

RANGKAIAN LISTRIK

“ RESISTOR , KAPASITOR , DAN INDUKTOR “

Kelompok 12

1

Rangkaian R ( Resistor ) 2. Rangkaian L ( Induktor ) 3. Rangkaian C ( Kapasitor ) 2 .‫ِ ه‬ ‫بِسْــــــــــم ّللاِ الرَّحْ من الرَّحيْم‬ ِ ِ َ  Rangkaian Elektro terbagi atas 3 yaitu : 1.

Karakteristik utama resistor adalah Resistansi dan daya listrik yang dapat dihantarkan. 3 . memiliki satuan ohm Ω .RESISTOR Pengertian Resistor adalah komponen dasar elektronika yang selalu digunakan dalam setiap rangkaian elektronika karna bisa berfungsi sebagai pengatur atau untuk membatasi jumlah arus yang mengalir dalam suatu rangkaian.

lima.RESISTOR Penandaan Resistor -Identifikasi empat. dan enam pita 4 .

Sebagai pembangkit tegangan 3. Dapat menghambat arus listrik 2. Sebagai pengatur arus listrik 5 .RESISTOR Fungsi dari Resistor 1.

RESISTOR Jenis – jenis Resitor Jenis-jenis resistor dapat dibagi menjadi 3 yaitu : 1. Fixed Resistor 2. Non Linier Resistor 6 . Variable Resistor 3.

7 . dengan cara mengumpulkan ketidakseimbangan internal dari muatan listrik.KAPASITOR Pengertian Kapasitor (Kondensator) adalah rangkaian elektronika dilambangkan dengan huruf "C" adalah suatu alat yang dapat menyimpan energi/muatan listrik di dalam medan listrik.

yaitu : 1. Rangkaian paralel Rangkaian kapasitor secara paralel akan mengakibatkan nilai kapasitansi pengganti semakin besar 8 .KAPASITOR Macam Rangkaian Kapasitor Macam rangkaian kapasitor terbagi atas 2. Rangkauan seri adalah Rangkaian kapasitor secara seri akan mengakibatkan nilai kapasitansi total semakin kecil 2.

Menghilangkan bouncing (loncatan api) bila dipasang pada saklar. 5. Sebagai kopling antara rangkaian yang satu dengan rangkaian yang lain (pada PS). 9 . 4. Untuk menghemat daya listrik pada lampu neon. 2. Sebagai pembangkit frekuensi dalam rangkaian antenna. Sebagai filter dalam rangkaian PS. 3.KAPASITOR FUNGSI KAPASITOR Fungsi penggunaan kapasitor dalam suatu rangkaian : 1.

C. satu jenis kapasitor lain adalah kapasitor electrochemical.KAPASITOR Tipe-tipe Kapasitor A. adalah kelompok kapasitor electroly terdiri dari kapasitor-kapasitor yang bahan dielektriknya adalah lapisan metal-oksida. Termasuk kapasitor jenis ini adalah battery dan accu 10 . film dan mika. B. Kapasitor Electrochemical. Umumnya kapasitor yang termasuk kelompok ini adalah kapasitor polar dengan tanda (+) dan (-) di badannya. Kapasitor Electrostatic. Keramik dan mika adalah bahan yang popular serta murah untuk membuat kapasitor yang kapasitansinya kecil. Kapasitor Electrolytic. adalah kelompok kapasitor yang dibuat dengan bahan dielektrik dari keramik.

INDUKTOR Pengertian Induktor adalah sebuah komponen elektronika pasif yang dapat menyimpan energi pada medan magnet yang ditimbulkan pada arus listrik yang melintasinya. Penggunaan induktor bervariasi dari penggunaan induktor besar pada pencatu daya untuk menghilangkan dengung pencatu daya. hingga induktor kecil yang terpasang pada kabel untuk mencegah interferensi frekuensi radio. Kemampuan induktor untuk menyimpan energi magnet ditentukan oleh induktansinya dalam satuan Henry. . Penggunaan Induktor sering digunakan pada sirkuit analog dan pemroses sinyal.

adalah 2.INDUKTOR Jenis-jenis lilitan induktor 1. Lilitan inti toroid . Lilitan ferit sarang madu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->