Koala umumnya memakan 500 gram daun eucalyptus per hari. dan mengandung senyawa fenol dan terpena yang beracun bagi spesies lain. Daun ekaliptus mengandung protein dalam jumlah rendah. Koala hidup hanya dari daun ekaliptus. . koala memiliki tingkat metabolisme yang rendah untuk seekor mamalia dan istirahat tanpa bergerak sekitar 20 jam sehari. tetapi koala jantan memiliki teriakan penarik yang kuat yang dapat didengar hampir satu kilometer pada musim kawin. dan "hind gut"nya (terutama caecum) lebih besar untuk mengambil jumlah nutrisi maksimum dari makanan yang berkualitas rendah. zat tak tercerna dalam kadar tinggi. dari kebanyakan waktu tersebut digunakan untuk tidur.Daftar hewan yang terancam punah di Indonesia Koala Ekologi dan tingkah laku Koala mirip dengan wombat (saudara terdekat mereka). Seperti wombat dan kukang. telinga yang lebih besar. Hatinya memisahkan bahan beracun dan siap untuk dibuang. mengunyah mereka sampai menjadi pasta yang halus sebelum menelannya. dan kaki-tangan yang lebih panjang dilengkapi dengan cakar yang besar dan panjang untuk membantunya memanjat. Beratnya bervariasi dari 14 kg untuk jantan selatan yang besar. namun memiliki bulu yang lebih tebal dan lembut. Mereka makan tidak tergantung waktu. Mereka biasanya diam. tetapi biasanya pada malam hari. sampai 5 kg untuk betina utara yang kecil.

mata yang mengarah kedepan. dan peraba. yaitu orang utan sumatera (Pongo abelii) dan orang utan kalimantan (borneo) (Pongo pygmaeus). penglihatan.5 meter. berleher besar.25-1. dan tidak mempunyai ekor. memiliki ukuran otak yang besar. Ciri-Ciri orangutan Mereka memiliki tubuh yang gemuk dan besar.Telapak kaki mereka juga memiliki susunan jari-jemari yang sangat mirip dengan manusia. .Mereka mempunyai indera yang sama seperti manusia.4%.Orang utan Istilah "orang utan" diambil dari bahasa Melayu. Orang utan mencakup dua spesies. ubun-ubun yang besar. yaitu pendengaran. orangutan jantan memiliki pelipis yang gemuk pada kedua sisi. Mereka mempunyai kepala yang besar dengan posisi mulut yang tinggi.[Golongan kera besar masuk dalam klasifikasi mammalia. dimana orang utan memiliki tingkat kesamaan DNA sebesar 96. dan tangan yang dapat melakukan genggaman.Telapak tangan mereka mempunyai 4 jari-jari panjang ditambah 1 ibu jari. Yang unik adalah orang utan memiliki kekerabatan dekat dengan manusia pada tingkat kingdom animalia. Orangutan juga termasuk hewan mamalia dan primata. kaki yang pendek dan tertunduk. Saat mencapai tingkat kematangan seksual.Orangutan termasuk hewan vertebrata.Berat orangutan jantan sekitar 50-90 kg. penciuman. lengan yang panjang dan kuat.Orangutan memiliki tinggi sekitar 1. Tubuh orangutan diselimuti rambut merah kecoklatan.Orangutan masih termasuk dalam spesies kera besar seperti gorila dan simpanse. rambut menjadi panjang dan tumbuh janggut disekitar wajah. sedangkan orangutan betina beratnya sekitar 30-50 kg. yang berarti bahwa mereka memiliki tulang belakang. yang berarti manusia (orang) hutan. pengecap.

atau yang selengkapnya disebut biawak komodo (Varanus komodoensis]). Habitat komodo di alam bebas telah menyusut akibat aktivitas manusia dan karenanya IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Ukurannya yang besar ini berhubungan dengan gejala gigantisme pulau. komodo merupakan kadal terbesar di dunia. dan klad Toxicofera. Tubuhnya yang besar dan reputasinya yang mengerikan membuat mereka populer di kebun binatang. Karena besar tubuhnya. kadal ini menduduki posisi predator puncak yang mendominasi ekosistem tempatnya hidup. Gili Motang. dengan rata-rata panjang 2-3m. yakni kecenderungan meraksasanya tubuh hewan-hewan tertentu yang hidup di pulau kecil terkait dengan tidak adanya mamalia karnivora di pulau tempat hidup komodo. dan laju metabolismekomodo yang kecil. Komodo ditemukan oleh peneliti barat tahun 1910. Biawak besar ini kini dilindungi di bawah peraturan pemerintah Indonesia dan sebuahtaman nasional. Rinca. adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo.Biawak komodo Komodo.Biawak ini oleh penduduk asli pulau Komodo juga disebut dengan nama setempat ora. Termasuk anggota famili biawak Varanidae. dan Gili Dasami di Nusa Tenggara. didirikan untuk melindungi mereka. . yaitu Taman Nasional Komodo. Flores.

tanduknya dan dagingnya. Anak anoa akan dilahirkan sekali setahun. Anoa Pegunungan juga dikenal dengan nama Mountain Anoa. Indonesia. Diperkirakan saat ini terdapat kurang dari 5000 ekor yang masih bertahan hidup. dan Quarle's Anoa. Ada dua spesies anoa yaitu: Anoa Pegunungan (Bubalus quarlesi) dan Anoa Dataran Rendah(Bubalus depressicornis). Sejak tahun 1960an berada dalam status terancam punah. . atau Anoa des Plaines. Penampilan mereka mirip dengan kerbau dan memiliki berat 150-300 kg. Kedua spesies tersebut dapat ditemukan di Sulawesi. Anoa de Montana. Sedangkan Anoa Dataran Rendah juga dikenal dengan nama Lowland Anoa. Anoa de Ilanura. Anoa sering diburu untuk diambil kulitnya. Anoa de Quarle.Anoa adalah hewan khas Sulawesi. Anoa des Montagnes. Keduanya tinggal dalam hutan yang tidak dijamah manusia.

Uji genetik mutakhir telah mengungkapkan tanda-tanda genetik yang unik. terutama harimau jantan. Subspesies ini juga punya lebih banyak janggut serta surai dibandingkan subspesies lain.[2] Penghancuran habitat adalah ancaman terbesar terhadap populasi saat ini. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci atau sekitar 198cm dan berat 200 pound atau sekitar 91kg. merupakan satu dari enam sub-spesies harimau yang masih bertahan hidup hingga saat ini dan termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) dalam daftar merah spesies terancam yang dirilis Lembaga Konservasi Dunia IUCN. Ukurannya yang kecil memudahkannya menjelajahi rimba. Harimau Sumatra mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Pembalakan tetap berlangsung bahkan di taman nasional yang seharusnya dilindungi. yang menandakan bahwa subspesies ini mungkin berkembang menjadi spesies terpisah. Belang Harimau Sumatra lebih tipis daripada subspesies harimau lain. bila berhasil lestari. Ciri-ciri Harimau Sumatra adalah subspesies harimau terkecil. Harimau ini diketahui menyudutkan mangsanya ke air. terutama bila binatang buruan tersebut lambat berenang. sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm.Harimau Sumatra (Panthera tigris sumatrae) hanya ditemukan di Pulau Sumatra di Indonesia. Warna kulit Harimau Sumatra merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau. pola hitamnya berukuran lebar dan jaraknya rapat kadang kala dempet. Terdapat selaput di selasela jarinya yang menjadikan mereka mampu berenang cepat. mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua. terutama hidup di Taman-taman nasional di Sumatra. . Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dari kepala ke buntut atau sekitar 250cm panjang dari kepala hingga kaki dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg. Tercatat 66 ekor harimau terbunuh antara 1998 dan 2000. Populasi liar diperkirakan antara 400-500 ekor. Bulunya berubah warna menjadi hijau gelap ketika melahirkan.

Badak ini pernah menjadi salah satu badak di Asia yang paling banyak menyebar. yang terutama diakibatkan oleh perang. yang sangat berharga pada pengobatan tradisional Tiongkok. sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok. Indonesia. Populasi badak Jawa di alam bebas lainnya berada di Taman Nasional Cat Tien. Populasi 40-50 badak hidup di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa. dan hanya terdapat di dua lokasi: Jawa (Indonesia) dan Vietnam. .2 m dan tinggi 1. Badak ini kemungkinan adalah mamalia terlangka di bumi. Badak Jawa adalah mamalia besar yang paling terancam di dunia dengan 60 badak yang selamat. Badak India (Rhinoceros unicornis) dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus). binatang ini tidak terbatas hidup di Pulau Jawa saja. Badak ini memiliki panjang 3.000 per kilogram di pasar gelap. Vietnam dengan perkiraan populasi tidak lebih dari delapan pada tahun 2007. dengan hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas. Badak jawa atau Badak bercula-satu kecil (Rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya. Meski disebut "badak jawa".7 m. dengan harga sebesar $30. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm. Berkurangnya populasi badak jawa diakibatkan oleh perburuan untuk diambil culanya. Berkurangnya populasi badak ini juga disebabkan oleh kehilangan habitat. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam.Badak Bercula Satu (Inggris: Rhinoceros) terdapat dua spesies. dan tidak ada di kebun binatang. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja.1–3.4–1. seperti perang Vietnam di Asia Tenggara juga menyebabkan berkurangnya populasi badak Jawa dan menghalangi pemulihan. Spesies ini kini statusnya sangat kritis. tapi di seluruh Nusantara.

dan besar. dengan pusat-pusat pucat. penuh di seluruh tubuh bagia atas. hiu ini memiliki kemiripan yang luar biasa dengan kulit macan tutul. Heksagonal cokelat bintik. .pada ekor tebal habitatnya pada air dangkal di terumbu karang. gelap yang terletak tepat di belakang sirip dada. Kedua sirip punggung dan sirip anus ditempatkan di belakang tubuh. pasir dan rumput laut yh lebat. Kecil bintik-bintik gelap menutupi moncong.Hiu karpet berbintik (Hemiscyllium freycineti) Berpola kulit yang indah. berada didaerah papua.

Beratnya mencapai 600kg. . meskipun studi lanjut pada penggolongan / taksonomi hewan ini diperlukan sebelum hal ini dapat dikonfirmasi.Babirusa Sulawesi (Babyrousa celebensis) Tergolong kedalam hewan yang rentan kepunahannya redaftar didalam data hewen yg hampir punah didunia. timur dan selatan-timur Sulawesi. dan jangkauan dapat juga meliputi pusat. Babirusa Sulawesi jelas diketahui menghuni semenanjung utara dan utara-bagian timur Sulawesi. Hidup di hutan hujan dan beriklim tropis.

Hewan endemik bagi pulau Bali di Indonesia dan sebelumnya ditemukan di sepanjang barat laut dari pulau ketiga. pada jalak bali dewasa memiliki sayap putih dengan strip hitam. Berat 85-90 gr Populasinya sangat terancam.Jalak bali (Leucopsar rothschildi) Panjang: 25 cm. ekor tipis dan biru di sekitar mata.Mendiami hutan monsun dan akasia sabana .jalak Bali merupakan salah satu burung paling langka di dunia dan relatif baru bagi ilmu pengetahuan menjadi yang pertama dijelaskan pada 1912 oleh Walter Rothschild.