P. 1
RPP Biologi SMA Metode Eksperimen

RPP Biologi SMA Metode Eksperimen

|Views: 391|Likes:

More info:

Published by: Taufiq Moehamed Ramli on Sep 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2014

pdf

text

original

RPP Biologi SMA: Respirasi Sekolah Kelas/Semester Mata Pelajaran Waktu Standar Kompetensi

3. Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu, kelainan dan/atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas

: SMA Kelompok II : XI/2 : Biologi : 2 x 45 Menit

Kompetensi Dasar
3.4. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)

Indikator
Kognitif: a. Produk 1. Menjelaskan konsep respirasi dan pernafasan 2. Menjelaskan proses pernafasan yang terjadi pada makhluk hidup b. Proses 3. Mengamati sistem pernafasan pada hewan invertebrata Psikomotor 4. Melakukan pengamatan tentang factor-faktor yang mempengaruhi laju respirasi Afektif: a. Karakter Menunjukan perilaku berkarakter, meliputi Teliti, jujur, peduli, tanggung jawab, bekerja sama, terbuka dan menghargai pendapat teman b. Keterampilan Sosial Menunjukkan kemampuan keterampilan sosial, meliputi: Bertanya, menyumbang ide atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, komunikasi

A. Tujuan Pembelajaran
Kognitif a. Produk 1. Siswa mampu mendeskripsikan perbedaan repirasi dan pernafasan secara mendiri sesuai dengan kunci LP Produk. 2. Siswa mampu mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi laju respirasi secara mandiri sesuai dengan kunci LP Produk.

tanya jawab. Psikomotor 4. b. siswa mampu menggunakan respirometer untuk mengamati proses respirasi pada beberapa hewan serangga seperti kecoa dan belalang. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses respirasi C. Afektif a. tabel pengamatan. tanggung jawab. siswa dapat merancang dan melakukan eksperimen untuk menyelidiki proses respirasi. D. variabel control. factor-faktor yang mempengaruhi laju respirasi dan menghitung laju respirasi pada berbagai hewan invertebrata (Rumusan masalah. jujur. definisi operasional varaibel manipulasi. Diberikan respirometer. kesimpulan). Karakter: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam perilaku berkarakter. kemudian memberikan pertanyaan seputar konsep respirasi dan faktor. B. komunikasi sesuai dengan lembar pengamatan keterampilan sosial. hipotesis. meliputi: Teliti. Model: Pembelajaran Kooperatif (MPK) 2. Diberikan alat dan bahan dan LKS 1 SMA. Metode: Eksperimen. analisis.b. Langkah-langkah kegiatan Pertemuan Pertama (2 x 45 menit) Untuk semua tujuan pembelajaran Pembukaan (+ 15 menit) Kegiatan Guru memberikan penjelasan singkat mengenai fenomena yang biasa terjadi dalam kehidupan sehari. Keterampilan sosial: Selama proses pembelajaran siswa terlibat dan dapat menunjukkan kemajuan dalam keterampilan sosial. definisi operasional variabel respon. peduli. menyumbang ide atau pendapat. Model Pembelajaran: 1. variabel respon. menjadi pendengar yang baik. Materi Pembelajaran: 1.faktor yang mungkin Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . meliputi: bertanya.hari yang erat kaitannya dengan proses respirasi. diskusi.melaksanakan eksperimen. variabel manipulasi. Proses 3. Pengertian Respirasi 2. terbuka dan menghargai pendapat teman sesuai dengan lembar pengamatan perilaku berkarakter. bekerja sama.

dan variabel kontrol. Ketika mendistribusikan LKS. memberikan suatu rumusan hipotesis lain dan menunjuk siswa untuk menyumbang ide dan meminta siswa lain menjadi pendengar yang baik saat temannya menyampaikan idenya tentang variabel yang sudah diidentifikasi (Fase 4 MPK). (Fase 2 MPK: Penyampaian Informasi) Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif. Guru perlu Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 . Selanjutnya. sementara siswa lain mendengarkan pendapat temannya dan terbuka ketika mendengarkan pendapat teman. Selanjutnya membagikan LKS 1 kepada tiap kelompok. guru membimbing siswa untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan dengan menunjuk beberapa siswa untuk membantu guru membagikan LKS 1 (Fase 3 MPK: Pengelompokkan peserta didik). siswa menyumbang ide atau pendapat. untuk memantapkan pemahaman. dengan cara memberikan contoh terlebih dahulu bagaimana cara mengidentifikasi variabel berdasarkan LKS 1. Diharapkan selama proses tanya jawab tersebut. Tanya jawab ini digunakan untuk mengarahkan siswa kepada tujuan pembelajaran yang meliputi kognitif. Membimbing siswa merumuskan hipotesis atas rumusan masalah yang telah diberikan di LKS 1 dengan cara meminta siswa jujur mengatakan apa adanya bila belum dapat merumuskan hipotesis dan meminta siswa yang pandai untuk peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 4 MPK: Pembimbingan) Membimbing siswa mengidentifikasi variabel manipulasi. variabel respon. setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa. psikomotor dan afektif (Fase 1 MPK: menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa) Inti (+ 60 menit) Kegiatan Penggalan 1 Menyajikan informasi berupa rumusan masalah dengan mengacu pada LKS 1 tentang ……. Penggalan 2 Membimbing siswa merumuskan definisi operasional variabel manipulasi dan variabel respon dengan cara memberi contoh terlebih dahulu dengan mengacu pada Kunci LKS 1. guru meminta siswa untuk menyiapkan percobaan sederhana tentang respirasi yang terjadi pada hewan.mempengaruhinya. kemudian untuk bisa membuktikan konsep yang mereka kemukakan.

bekerja sama dan ikut bertanggung jawab atas terselesaikannya tugas itu (Fase 4 MPK). Siswa yang menunjukkan toleransi terhadap perbedaan segera diberi pujian sebagai umpan balik agar karakter ini diikuti siswa lain. Penggalan 3 Membimbing kelompok mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam melaksanakan eksperimen sesuai prosedur yang tertulis di LKS 1 dan membimbing siswa melakukan pengisian terhadap tabel pengamatan. Setiap siswa didorong untuk peduli. Satu-dua kelompok diminta mengisi Tabel 1 sebagai upaya untuk mengorganisasikan data di papan tulis dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas dengan melakukan yang terbaik dan jujur dengan mengatakan apa adanya untuk memberi kemudahan guru melakukan pembimbingan dan melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. Siswa yang mencela ide teman secara tidak santun segera diingatkan agar tidak ditiru temannya (Fase 5 dan 6 MPK). Guru perlu menekankan perlunya ketelitian dan kejujuran dalam melakukan pengamatan dengan mencatat hasil pengamatan apa adanya di dalam tabel. tidak bekerja sama segera diingatkan (Fase 4 MPK). menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat serta belajar bertoleransi (Fase 4. perlu juga untuk memberikan pengalaman belajar agar yang pandai membantu teman yang membutuhkan bantuan (Fase 4 MPK). Bila ada siswa yang menunjukkan karakter tidak peduli. Dengan hasil analisis data tersebut siswa diarahkan untuk dapat menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi laju respirasi pada hewan. Selama .menekankan perlunya siswa secara jujur dengan mengatakan apa adanya ketika mereka belum memahami. tidak teliti atau menunjukkan karakter tidak bertanggung jawab. Guru meminta siswa untuk bertanggung jawab terhadap kebersihan tempat kerja yang harus tetap dijaga setelah bekerja dalam kelompok (Fase 4 MPK). Meminta setiap kelompok menunjukkan kreativitasnya dan berfikir logis dalam merumuskan definisi operasional tersebut. Penggalan 4 Membimbing siswa menganalisis data untuk mengukur laju respirasi pada berbagai jenis hewan. Selain itu. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok untuk secara bergiliran bertanggung jawab dan melakukan yang terbaik untuk mengkomunikasikan hasil kelompoknya dengan mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. dan Fase 5 MPK: Evaluasi formatif).

merangkum tentang konsep respirasi berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan hasil analisisnya dan mengkomunikasikan pekerjaannya kepada kelas untuk memberi kemudahan guru melakukan evaluasi formatif dan memberi kesempatan siswa lain untuk belajar menjadi pendengar yang baik. menghargai ketika terdapat perbedaan pendapat (Fase 4. siswa diminta mengerjakan kegiatan secara mandiri di luar jam pelajaran LKS 2 untuk memberikan latihan lanjutan tentang konsep respirasi pada hewan. (Fase 6 MPK: Reward)) Penutup (+ 5 menit) Kegiatan Membimbing siswa. kemudian mengaitkannya dengan teori yang ada. 5 MPK). teliti. bekerja sama dan peduli dengan cara membantu teman yang membutuhkan (Fase 4 MPK).melakukan analisis data siswa didorong untuk cermat. (Fase 4 MPK) Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok mempresentasikan kinerjanya dan ditanggapi kelompok lain. Siswa perlu diingatkan agar tetap mengutamakan toleransi (keterbukaan) saat ada perbedaan pendapat dalam menarik kesimpulan. Sebagai pengayaan. Penilaian oleh Pengamat 1 2 3 4 Keterangan bagi pengamat dalam menilai 1: tidak dilakukan sama sekali (tidak baik) 2: dilakukan sebagian kecil (kurang baik) 3: dilakukan sebagian sesuai prosedur (cukup baik) 4: dilakukan sesuai prosedur (baik) . (Fase 5 MPK) Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut. Memberikan tugas rumah berupa laporan eksperimen yang sudah dikerjakan berdasarkan LKS 1. Penggalan 5 Membimbing kelompok menarik kesimpulan dengan mengacu pada LKS 1.

Buku Siswa. LP 3: Psikomotor. LP 4: Lembar pengamatan karakter dan LP 5: Lembar pengamatan keterampilan sosial. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi. LP 5: Pengamatan Keterampilan Sosial 5. LP 3: Psikomotor. SMA Erlangga. . 4. LP 2: Proses. 2006. Kunci LP 1. Sumber Pembelajaran 1. 3. 2.Catatan: Evaluasi dilakukan pada jam tersendiri dengan menggunakan format LP1: Produk. LKS 1: Respirasi Invertebrata LKS 2: Respirasi pada berbagai aktivitas LP 1: Produk. E. Rincian Tugas Kinerja LP 3 6. Depdiknas: Jakarta. LP 4: Pengamatan Perilaku Berkarakter. Silabus Daftar Pustaka Depdiknas. LP 2: proses.

selanjutnya diletakkan respirometer tersebut pada tempat yang rata.Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________ LKS 1 : RESPIRASI INVERTEBRATA Tujuan: 1. Menghitung laju repirasi Alat dan Bahan: 1. KOH atau NaOH b. Bahan a. Apa Fungsi KOH atau NaOH? --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------2. 2. Kecoa (Ukuran Tubuh besar dan kecil) d. Kapas c. Vaselin f. Belalang (Ukuran tubuh besar dan Kecil) c. 3. jarum suntik d. Bagian pertemuan antara tabung dengan penutup diolesi dengan vaselin. Alat a. 5. Apa yang menyebabkan larutan metilen blue bergerak kearah hewan? ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . 4. 6. Letakkan respirometer pada dudukannya. Masukkan 1-2 biji kristal KOH atau NaOH kedalam tabung respirometer sederhana dengan cara membungkusnya dengan kapas. Metilen blue Langkah Kerja: 1. Amati pergerakkan larutan metilen blue kedalam pipa respirometer sederhana untuk setiap satuan waktu. Respirometer sederhana b. Analisis: 1. Masukkan larutan eosin kedalam pipa kapiler respirometer sepanjang 1-2 mm dengan menggunakan syiringe dan jarum suntik. Timbanglah hewan yang akan dijadikan sebagai bahan percobaan. Untuk mengetahui factor-faktor yang mempengaruhi proses repirasi 3. Untuk Membuktikan bahwa oksigen dibutuhkan dalam berespirasi 2. Stopwatch e. Masukkan hewan uji kedalam tabung respirometer. Timbangan analitik 2.

Apa perbedaan efesiensi pernafasan antara jenis hewan yang sama namun berat badannya berbeda? --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------4.3. Apa perbedaan efesiensi pernafasan antara jenis hewan yang berbeda? ----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- .

. Apa Fungsi KOH atau NaOH : Untuk mengikat Carbondioxida yang dihasilkan pada proses repirasi 2. Apa perbedaan efesiensi pernafasan antara jenis hewan yang berbeda : Setiap hewan memiliki laju repirasi yang berbeda. Apa yang menyebabkan larutan metilen blue bergerak ke arah hewan : karena terjadi proses repirasi dimana oksigen akan dihirup sehingga memicu pergerakan metilen blue pada skal repirometer 3. Apa perbedaan efesiensi pernafasan antara jenis hewan yang sama namun berat badannya berbeda : Hewan yang memiliki berat badan yang lebih besar akan memiliki tingkat volume udara yang dihirup lebih besar sehingga mengakibatkan laju respirasi semakin meningkat 4.KUNCI LKS 1 : RESPIRASI INVERTEBRATA Analisis: 1. seperti belalng dan kecoa yang memiliki proses repirasi yang berbeda.

Apa perbedaan efesiensi pernafasan antara aktivitas tubuh yang berbeda? --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------2. Lakukan kegiatan seperti biasanya 2. stopwacth 2.Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________ LKS 2 RESPIRASI PADA BERBAGAI AKTIVITAS Tujuan: 1. Kemukakan konsep hubungan antara aktivitas tubuh terhadap kecepatan repirasi? --------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Probandus b. Tabel pengamatan Langkah Kerja: 1. Untuk mengetahui pengaruh aktivitas tubuh terhadap cepat-tidaknya proses repirasi Alat dan Bahan: 1. Pada saat berlari d. Analisis: 1. Bahan a. Pada saat berbaring b. Cata hasil yang di dapatkan. Lakukan kegiatan 2 dan 3 dengan posisi keadaan yang berbeda yaitu : a. Pada saat berdiri c. Probandus duduk dalam keadaan istirahat. Pada saat makan 5. Catat waktu yang dibutuhkan dalam sekali bernafas pada saat duduk 4. Alat a. lakukan pernafasan seperti biasanya dengan menghitung berapa waktu yang dibutuhkan dalam sekali bernafas (menghirup dan menghembuskan) 3.

Pilihan ganda 1. Jenis Kelamin d. Na e. . NaCl d. Subjektif Deskripsikan secara singkat perbedaan repirasi dan bernafas ? Sebutkan factor-faktor yang mempengaruhi proses repirasi ? Jelaskan hubungan antara berat badan dengan laju repirasi ? Jelaskan hubungan antara Jenis Hewan terhadap Laju Respirasi ? . Menghasilkan Carbondioksida e. Jenis Hewan c. . Ukuran Tubuh e. 4. Warna Tubuh II. a. Unsur yang dapat mengikat Carbon dioksida pada saat pernafasan adalah ? a. K 3. Menghirup Oksigen d. Pernafasan c. KCl b. Repirasi b. 1. Factor-faktor yang mempengaruhi proses pernafasan kecuali . 3. Pencernaan 2.Nama _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________ LP 1 : PRODUK I. 2. Berat Badan b. KOH c. Proses yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup dimana udara yang dihirup digunakan untuk menghasilkan energy disebut ? a.

. Pernapasan adalah proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida sedangkan Respirasi adalah proses penggunaan oksigen dalam pembakaran makanan untuk menghasilkan energy. 4. Semakin berat tubuh suatu organisme maka semakin besar volume yang dibutuhkan pada saat pernafasan. 2. A 2. Setiap hewan memiliki laju repirasi yang berbeda.KUNCI JAWABAN LP 1 : PRODUK I. Jenis Hewan 3. Subjektif 1. B 3. begitupun sebaliknya. Pilihan ganda 1. dimana ada beberapa hewan tertentu yang aktivitas tubuhnya tinggi sehingga membutuhkan proses repirasi atau laju repirasi yang besar pula. E II. Ukuran Tubuh. Berat badan. Jenis Kelamin.

Nama/Kelompok _______________________ Kelas: _________ Tgl: _______________ LP 2 : PROSES Penyelidikan Lanjutan 1. Hipotesis ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------c. Variabel kontrol ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------f. Variabel respon ---------------------------------------------------------------------------------------------e. Kalian diminta untuk membuat suatu penyelidikan pengaruh jenis hewan atau berat badan terhadap laju respirasi. a. Rumusan Masalah ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------b. Definisi operasional variabel respon ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------- . Variabel manipulasi ---------------------------------------------------------------------------------------------d. Definisi operasional variabel manipulasi ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------g.

(Skala pada repiromete) 2 3 4 5 j. Diagram Alir Prosedur Kerja i. Tabel Data No 1 2 3 4 Hewan Uji Belalang Besar Belalang Kecil Kecoa Besar Kecoa Kecil 1 Menit ke. Grafik yang menyatakan hubungan antara berat badan/jenis hewan terhadap laju repirasi. Analisis Data ( V=laju repirasi mm/menit ) ( ) Catatan : Lakukan Analisis data untuk setiap hewan uji (baik besar dan kecil) k.h. .

Lakukan kegiatan sesuai dengan LKS I Format Asesmen Kinerja Psikomotor Skor Maksimum Skor Asesmen Oleh Oleh siswa Guru sendiri No Rincian Tugas Kinerja 1 2 3 4 5 6 7 Membersihkan repirometer Memasukkan hewan uji dalam repirometer Memasukkan Kristal KOH dalam repirometer Mengoleskan vaselin sekitarleher respirometer Memasukkan metilen blue dalam skala repirometer Meletakkan repirometer secara mendatar pada tempat/stand Membersihkan repirometer pada saat selesai digunakan Skor Total 15 15 10 15 10 20 15 100 .LEMBAR PENILAIAN 3: MENGGUNAKAN RESPIROMETER Petunjuk: 1. Siapkan sebuah respirometer 2.

LP 4 : Format Pengamatan Perilaku Berkarakter Petunjuk: Untuk setiap perilaku berkarakter siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan Perilaku Berkarakter No... Nama Siswa NIS Ketelitian Kejujuran Peduli Komunikasi Kerja Sama Terbuka dan Menghargai Teman 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 ……. …………………2010 Pengamat ( ) .

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 22 23 24 25 Nama Siswa NIS Bertanya Keterampilan Sosial Menjadi Menyumbang Pendengar Ide/Pendapat yang Baik Komunikasi ……. …………………. 2012 Pengamat ( ) .LP 5 : Format Pengamatan Keterampilan Sosial Petunjuk: Untuk setiap keterampilan sosial siswa diberi nilai dengan skala berikut ini: A = Sangat baik B = Memuaskan C = Menunjukkan kemajuan D = Memerlukan perbaikan No....

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->