KLASIFIKASI CORAK DAN FUNGSI SENI RUPA TRADISI, MODERN, DAN KONTEMPORER Pengertian seni rupa tradisi adalah

seni rupa yang dibuat dengan mengikuti polaPola aturan-aturan atau ’’pakem’’ tertentu yang menjadi pedoman dalam berkarya seni Dan berulang-ulang tanpa merubah bentuk aslinya.Aturan-aturan tersebut umumnya terkait dalam penciptaan bentuk ,pola, corak, penggunaan warna,bahan, ukuran. Aspek aspek dalam berkarya seni rupa tradisi seperti tersebut diatasmasih dipertahankan secara turun temurun dari generasi ke generasi hingga sekarang.Jadi karya seni tradisi dibuat secara turun temurun dan merupakan kebiasaan atau tradisi dengan corak, bentuk atau warna yang tidak berubah. Karya seni modern yaitu karya seni rupa yang ditandai dengan munculnya kreativitas untuk menciptakan sesuatu yang baru dan belum ada.Unsur kebaruan menjadi sangat penting dan harus ada dalam penyebutan karya seni modern.Karya seni modern mengutamakan aspek kreativitas dalam berkarya seni.Contoh karya seni rupa modern antara lain seni patung, seni lukis, seni kria, dan seni grafis. Karya seni rupa kontemporer adalah karya seni rupa masa kini. Karya seni rupa kontemporer lebih dipengaruhi oleh waktu di mana karya seni tersebut diciptakan.Umumnya tema yang diangkat dalam karya seni kontemporer adalah masalah-masalah yang berkaitan dengan situasi dan kondisi saat karya tersebut denga I.KLASIFIKASI CORAK SENI RUPA MURNI TRADISI, MODERN,DAN KONTEMPORER NUSANTARA DAN MANCANEGARA a.Klasifikasi Corak Seni Rupa Murni Tradisi,Modern, dan Kontemporer di Nusantara Karya seni rupa tradisi yang ada diwilayah Nusantara banyak ragamnya, seperti seni batik,topeng dan wayang. Karya-karya seni tersebut dibuat dengan mengikuti pola-pola yang telah diwariskan oleh pendahulunya dan dipertahankan oleh generasi berikutnya. Corak seni rupa tradisi yang terdapat diwilayah Nusantara bermacam-macam,ada yang bercorak dekoratif, primitif, dan abstrak. Corak dekoratif bentuknya meniru bentuk alam, bentuk-bentuk imajinasi, atau fantasi. Bentuk- bentuk tersebut diolah dan dimodifikasi dengan cara distilas (digayakan), dideformasi (dirubah bentuknya dengan cara disederhanakan), atau diubah bentuknya dengan cara-cara lain sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Pada umumnya, bentuk karya seni tradisi bercorak dekoratif terjadi bentuk dekoratif merupakan hasil modifikasi atau perubahan bentuk dengan cara-cara tertentu untuk menghasilkan bentuk yang lebih indah. Karya seni bercorak dekoratif lebih banyak dipakai sebagai benda hias untuk kepentingan dekorasi. Perubahan bentuk pada corak dekoratif umumnya dibentuk dengan mempertimbangkan keindahan sehingga bentuk yang dihasilkan dapat memberikan keindahan (dekorasi) sesuai dengan yang diinginkan.Contoh seni rupa tradisi Nusantara yang bercorak dekoratif adalah ornamen (ragam hias), wayang kulit, dan lukisan tradisi Bali.

atau penampilannya.Klasifikasi Corak Seni Rupa Murni Tradisi . b. seni patung. Bentuk realis dalam penciptaannya mengacu pada bentuk alam dan berusaha meniru objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya sehingga bentuk yang dihasilkan sama persis bentuk yang ada dialam. topeng. dan jenis karya seni kria lainnya. baik menyakut temanya media yang dipakai maupun teknik penciptaan. abstrak.macam ada yang berupa karya seni patung. kria. Karya seni rupa modern yang bercorak dekoratif sama dengan corak dekoratif pada seni rupa tradisi. Karya instalasi lebih bervariasi. Corak primitif lebih didasarkan pada bentuk-bentuk karya seni yang masih sangat sederhana dalam hal teknik penciptaan. atau tumbuh. Bentuk yang ditampilkan adalah bentuk-bentuk imajinasi yakni bentuk hasil kreasi seniman sendiri. Karya seni rupa instalasi umumnya lebih mengedepankan pemikiran-pemikiran atau konsep penciptaan karya daripada bentuk visualnya.Corak karya seni rupa tradisi yang lain adalah karya seni rupa tradisi yang bercorak primitif. Bentuknya bermacam. Contoh karya seni rupa tradisi bercorak primitif seperti patung primitif. Jenis karya seni rupa modern Nusantara berupa karya seni lukis. keramik. Karya seni rupa modern yang bercorak realis adalah karya seni rupa modern yang menampilkan bentuk yang menyerupai bentuk alam. warna. dan Kontemporer di Mancanegara . naturalis.tumbuhan yang dibentuk mirip dengan bentuk aslinya. patung. ekspresif. seni kria. yakni berusaha menyederhanakan bentuk dengan cara distilasi atau diubah sesuai dengan cara-cara tersendiri oleh penciptanya. dekoratif. binatang. Modern. dan abstrak. lukis. Corak karya seni kontemporer ada bermacam-macam antara lain bercorak realis. Seni rupa modern bercorak abstrak adalah karya seni rupa modern yang bentuknya tidak meniru dan mengacu bentuk yang ada dialam. Corak karya seni rupa modern antara lain realis. Contoh karya seni kontemporer antara lain seni lukis. seni grafis. dan topeng yang meniru bentuk manusia. patung. dan ekspresif. Contohnya karya-karya seni lukis. dekoratif. dan seni instalasi.

baik menyangkut penggunaan alat. . Hal ini dikarenakan para seniman di setiap negara memiliki cara-cara tersendiridalam berkarya. surealis. Karya seni rupa tradisi mancanegara antara lain seni kria. dan kontemporer.Karya seni rupa mancanegara tidak jauh berbeda dengan karya seni rupa yang ada di wilayah Nusantara. Hal ini disebabkan para seniman mancanegara lebih aktif menggali dan mengembangkan ide dan lebih kreatif dalam berkarya. Karya seni rupa mancanegara dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu karya seni rupa tradisi. dan seni lukis. Faktor lain adalah kondisi lingkungan dan apresiasi masyarakat mancanegara terhadap karya seni kontemporer sudah tinggi. media. maupun teknik penciptaannya. impresionis. dan abstrak. patung. Corak seni modern mancanegara di antaranya realis. modern. Karya seni kontemporer mancanegara lebih berkembang jika dibanding dengan wilayah Nusantara. dekoratif. ekspresif. Seni rupa modern yang terdapat di mancanegara jenis dan coraknya lebih bervariasi.Corak dan bentuk karya seni rupa lebih beragam. naturalis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful