P. 1
ENZIM

ENZIM

|Views: 3|Likes:
Published by Rinno Pambudi

More info:

Published by: Rinno Pambudi on Sep 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as TXT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/08/2013

pdf

text

original

8.

Peran dan Bagian ENZIM MATERI Enzim adalah biokatalisator organik yang dihasilkan organisme hidup di dalam pro toplasma, yang terdiri atas protein atau suatu senyawa yang berikatan dengan pro tein. Enzim mempunyai dua fungsi pokok sebagai berikut. 1. Mempercepat atau memperlambat reaksi kimia. 2. Mengatur sejumlah reaksi yang berbeda-beda dalam waktu yang sama. Enzim disintesis dalam bentuk calon enzim yang tidak aktif, kemudian diaktifkan dalam lingkungan pada kondisi yang tepat. Misalnya, tripsinogen yang disintesis dalam pankreas, diaktifkan dengan memecah salah satu peptidanya untuk membentuk enzim tripsin yang aktif. Bentuk enzim yang tidak aktif ini disebut zimogen. Enzim tersusun atas dua bagian. Apabila enzim dipisahkan satu sama lainnya menye babkan enzim tidak aktif. Namun keduanya dapat digabungkan menjadi satu, yang di sebut holoenzim. Kedua bagian enzim tersebut yaitu apoenzim dan koenzim. Apoenzim Apoenzim adalah bagian protein dari enzim, bersifat tidak tahan panas, dan berfu ngsi menentukan kekhususan dari enzim. Contoh, dari substrat yang sama dapat men jadi senyawa yang berlainan, tergantung dari enzimnya. Koenzim Koenzim disebut gugus prostetik apabila terikat sangat erat pada apoenzim. Akan tetapi, koenzim tidak begitu erat dan mudah dipisahkan dari apoenzim. Koenzim be rsifat termostabil (tahan panas), mengandung ribose dan fosfat. Fungsinya menentukan sifat dari reaksinya. Misalnya, Apabila koenzim NADP (Nicot iamida Adenin Denukleotid Phosfat) maka reaksi yang terjadi adalah dehidrogenase . Disini NADP berfungsi sebagai akseptor hidrogen. Koenzim dapat bertindak sebagai penerima/akseptor hidrogen, seperti NAD atau don or dari gugus kimia, seperti AT P (Adenosin Tri Phosfat). Penggolongan (Klasifikasi) enzim 1. HidrolaseHidrolase merupakan enzim-enzim yang menguraikan suatu zat deng anpertolongan air. Hidrolase dibagi atas kelompok kecil berdasarkansubstratnya yaitu : A.Karbohidrase, yaitu enzim-enzim yang menguraikan golongankarbohidrat.Kelompok ini masih dipecah lagi menurut karbohidrat yangdiuraikannya, misal : a. Amilase, yaitu enzim yang menguraikan amilum (suatupolisakarida) menjadi malt osa 9 suatu disakarida). b. Maltase, yaitu enzim yang menguraikan maltosa menjadi glukosaC c. Sukrase, yaitu enzim yang mengubah sukrosa (gula tebu) menjadiglukosa dan fru ktosa. d. Laktase, yaitu enzim yang mengubah laktase menjadi glukosa dangalaktosa. e. Selulase, emzim yang menguraikan selulosa ( suatu polisakarida)menjadi selobi osa ( suatu disakarida) f. Pektinase, yaitu enzim yang menguraikan pektin menjadi asam-pektin. B. Esterase, yaitu enzim-enzim yang memecah golongan ester.Contoh-contohnya : a. Lipase, yaitu enzim yang menguraikan lemak menjadi gliserol danasam lemak. b. Fosfatase, yaitu enzim yang menguraikan suatu ester hinggaterlepas asam fosfa t. C. Proteinase atau Protease, yaitu enzim enzim yang menguraikangolongan protein. Contoh-contohnya: a. Peptidase, yaitu enzim yang menguraikan peptida menjadi asamamino.

c. yaitu enzim yang menguraikan kasein dari susu. Katalase : enzim yang menguraikan hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen.b. Dehidrogenase : enzim ini memegang peranan penting dalammengubah zat-zat orga nik menjadi hasil-hasil oksidasi. . Gelatinase. yaitu enzime yang menolong dalam prosesoksidasi dan reduksi. yaitu enzim yang menguraikan gelatin. a. 2. b.Enzim Oksidase dibagi lagi menjadi. Oksidase dan reduktase . Renin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->