Kesetimbangan Benda Tegar

YANTI ANGGRENIE SISKA YULIANITA DEWITA FITRI NADIA PRETTY XI IPA 2

Pengertian Kesetimbangan Benda Tegar
Benda tegar adalah benda yang apabila dipengaruhi gaya-gaya tidak mengalami perubahan bentuk. Meskipun benda berotasi namun bentuknya tetap sehingga jarak antara partikel-partikelnya tetap. Sebenarnya benda tegar hanyalah suatu model idealisasi. Karena pada dasarnya semua benda akan mengalami perubahan bentuk apabila dipengaruhi oleh suatu gaya atau momen gaya. Namun, karena perubahannya sangat kecil, pengaruhnya terhadap keseimbangan statis dapat diabaikan.

Suatu benda tegar berada dalam kesetimbangan apabila tiga komponen gaya yaitu terhadap sumbu x, sumbu y dan sumbu z , dimana komponen terhadap masing-masing sumbu yaitu : 1. Terhadap sumbu x ditulis menjadi

Fx

0

2. Terhadap sumbu y ditulis menjadi Fy 0 3. Terhadap sumbu0z ditulis menjadi Fz 

Jenis-jenis kesetimbangan benda tegar
1. Kesetimbangan Stabil Kesetimbangan stabil adalah kesetimbangan yang terjadi pada benda yang apabila dipengaruhi gaya akan kembali ke posisi semula, begitu gaya dihilangkan. Gambar disamping menunjukkan sebuah bola yang tergantung bebas pada sebuah tali. Jika bola digerakkan atau diberi gaya kemudian dihilangkan, maka bola akan segera kembali ke posisi semula.Kesetimbangan stabil ditandai dengan naiknya kedudukan titik berat benda jika dipengaruhi gaya.

Kesetimbangan Stabil suatu benda

2. Kesetimbangan labil
dipengaruhi gaya. Kesetimbangan labil adalah kesetimbangan yang terjadi pada benda yang apabila dipengaruhi gaya tidak kembali ke posisi semula. Gambar di samping adalah sebuah bola yang tergantung di atas tongkat. Jika bola diberi gaya kemudian dihilangkan, maka bola tidak akan kembali ke posisi semula. Kesetimbangan Kesetimbangan Labil suatu benda labil ditandai dengan turunnya kedudukan titik berat benda jika

3. Kesetimbangan Netral
Kesetimbangan netral atau indeferen adalah kesetimbangan yang terjadi pada benda yang apabila dipengaruhi gaya akan mengalami perubahan posisi tetapi tidak mengalami perubahan titik berat. Gambar di bawah menunjukkan sebuah bola yang berada pada lantai mendatar. Jika bola diberi gaya kemudian dihilangkan, maka bola akan bergerak dan diam pada posisi yang berbeda. Kesetimbangan netral ditandai dengan tidak adanya perubahan (naik atau turunnya) kedudukan titik berat benda.

Kesetimbangan Netral suatu benda

Contoh soal 1. Jika massa benda 4 kg dan sistem dalam keadaan setimbang, tentukan besar tegangan tali T1 dan T2. (g = 10 m/s2)

T1 = 30°

T2 = 60 °

4 KG

Jawab. Nilai tegangan tali T1 = ? T2 = ?
W cos  T1  sin (    )

Nilai tegangan tali

W cos  T2  sin (   )
T2 = T2 = T2 = 20 N

T1 =

T1 = T1 =

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful