P. 1
Aliran Lukisan

Aliran Lukisan

|Views: 164|Likes:
Published by Yanti Anggrenie
Yanti Anggrenie
XII IPA 2
SMAN 2 Palangka Raya
Yanti Anggrenie
XII IPA 2
SMAN 2 Palangka Raya

More info:

Published by: Yanti Anggrenie on Sep 29, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/13/2015

pdf

text

original

Klasifikasi seni rupa menurut alirannya : 1.

Lukisan aliran realisme adalah lukisan yang lebih condong kepada seni rupa yang hanya menampilkan subjek dalam lukisannya.

Karya : Fransisco de Goya 2. Lukisan aliran naturalisme adalah suatu bentuk karya seni lukis dimana seniman berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyatan, artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Supaya lukisan yang dibuat benar – benar mirip atau persis dengan nyata, maka susunan, perbandingan, perspektif, tekstur, pewarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin, setepat –setepatnya.

Karya : Raden Saleh

3. Lukisan aliran romantisme adalah aliran tertua di dalam sejarah seni lukis modern Indonesia. Lukisan dengan aliran ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan di setiap objeknya. Pemandangan alam adalah objek yang sering diambil sebagai latar belakang lukisan.Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial.

Karya: Theodore Gericault 4. Lukisan aliran impressionisme merupakan corak seni rupa yang lahir pada tahun 1874. Aliran ini mengutamakan kesan selintas dari suatu obyek yang dilukiskan. Kesan itu didapat dari bantuan sinar matahari yang merefleksi ke mata mereka. Mereka melukiskan dengan cepat karena perputaran matahari dari timur ke barat. Karena itulah dalam lukisan impressionisme obyek yang dihasilkan agak kabur dan tidak mendetail.

Karya : Claude Monet

5. Lukisan aliran ekspresionisme adalah aliran yang mengutamakan curahan batin secara bebas. Bebas dalam menggali obyek yang timbul dari dunia batin, Imajinasi dan perasaan. Obyek-obyek yang dilukiskan antara lain kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tingkah laku manusia.

Karya: Basoeki Abdullah 6. Lukisan aliran fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. Tidak seperti karya impresionisme, pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.

7. Lukisan aliran kubisme adalah aliran yang cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.

Karya : Pablo Picasso 8. Lukisan aliran futurisme adalah aliran futuris yang muncul di Itali pada tahun 1909, sebagai reaksi terhadap aliran kubisme yang dianggap dinamis penuh gerak, karena itu temanya cenderung menggambarkan kesibukan-kesibukan seperti,pesta arak-arakan, perang dll.

Karya : Carlo Carra

9. Lukisan aliran dadaisme adalah pemberontak konsep dari konsep aliran sebelumnya. Aliran ini mepunyai sikap memerdekakan diri dari hukumhukum seni yg telah berlaku. Ciri aliran ini sinis, nihil dan berusaha meleyapkan ilusi. Aliran ini dilatar belakangi oleh perang dunia pertama yang tidak kunjung berhenti.

Karya : Paul Klee 10. Lukisan aliran surealisme adalah lukisan dengan aliran menyerupai bentukbentuk yang sering ditemui di dalam mimpi. Pelukis berusaha untuk mengabaikan bentuk secara keseluruhan kemudian mengolah setiap bagian tertentu dari objek untuk menghasilkan sensasi tertentu yang bisa dirasakan manusia tanpa harus mengerti bentuk aslinya.

Karya : Salvador Dali

11. Lukisan aliran abstrakisme adalah usaha untuk mengesampingkan unsur bentuk dari lukisan. Teknik abstraksi yang berkembang pesat seiring merebaknya seni kontemporer saat ini berarti tindakan menghindari peniruan objek secara mentah. Unsur yang dianggap mampu memberikan sensasi keberadaan objek diperkuat untuk menggantikan unsur bentuk yang dikurangi porsinya.

Karya : Affandi 12. Lukisan aliran pop art adalah gerakan seni yang muncul pada tahun 1950 pertengahan di Inggris dan di akhir 1950-an di Amerika Serikat . Pop Art disajikan tantangan bagi tradisi seni rupa dengan memasukkan citra dari budaya populer seperti iklan, berita, dll.

13. Lukisan aliran kosmodern(kontemporer) adalah karya yang secara tematik merefleksikan situasi waktu yang sedang dilalui dan sering digunakan sebagai komoditas pewacanaan, aktualitas berita yang fashionable.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->