DAFTAR ISI

Kata

Pengantar

…………………………………………………………………………………… …..i Daftar Isi………………………………………………………………………………… …………………....ii Pendahuluan………………………………………………………………… ………………………….... iii BAB I Langkah Kerja dan ………………………................................1 Hasil Percobaan.

BAB II Kesimpulan…………………………………………………………………… ………...............4 BAB IIIPenutup

…………………………………………………………………………………... .....5

2.ii BAB I Langkah Kerja dan Hasil Percobaan 1. Alat dan Bahan a. Alat 1) 2) 3) Tabung Reaksi (3 buah) Tabung Kapiler Kompor (Pemanas) . Tujuan : Untuk mengetahui asal-usul kehidupan.

Bahan 1) 2) 3) 4) Air Kaldu ± 600 ml Kapas Plastik Karet Gelang .b.

b. Tutup tabung 3 dengan kapas dengan diberi tabung Kapiler di tengahnya. terlebih dahulu air kaldu hingga Masukkan air kaldu ke dalam ke 3 tabung reaksi. Tutup tabung 1 dengan plastik dan ikat dengan karet gelang.1 3. Hasil Percobaan . f. d. 2. Tutup tabung 2 dengan kapas. pastikan semua sama rata. Beri nama tabung dengan angka 1. 4. Langkah Kerja Panaskan mendidih. c. a. e. Biarkan dan amati selama 1 minggu. dan g. dan 3.

a. berbau . berbau kaldu Warna kaldu masih bening. sedikit bening. warna kaldu menjadi keruh Terbentuk endapan di dasar tabung. Tabung 1 Hari ke1 2 3 4 5 Keadaan Warna kaldu masih bening. berbau kaldu Terbentuk endapan di dasar tabung. Tabung 2 Hari ke1 2 3 4 Keadaan Tidak terlalu keruh. berbau Terdapat mikroba. warna kaldu menjadi keruh Terbentuk endapan di dasar tabung. ada mikroba sedikit Warna mulai tampak bening Terdapat banyak mikroba. warna kaldu menjadi keruh 2 b.

ada mikroba c.5 Warnanya sedikit keruh. Tabung 3 Hari ke1 2 3 4 5 Keadaan Berwarna bening Berwarna bening Berwarna putih bening Berwarna bening Berwarna bening 3 BAB II KESIMPULAN .

Teori Spallanzani membuktikan bahwa makhluk hidup tidak berasal dari benda mati (air kaldu). percobaan Spallanzani belum berhasil menumbangkan teori abiogenesis. 4 . adanya pembusukan karena telah terjadi kontaminasi mikroba dari udara ke dalam air kaldu tersebut. Jadi. Dengan pengaruh udara tersebut terjadilah generation spontanea. Oleh karena itu. dan berpendapat bahwa kaldu yang ditutp tidak terdapat oksigen untuk hidup. Mikroba yang ada di dalam kaldu tersebut bukan berasal dari air kaldu (benda mati) tetapi berasal dari kehidupan di udara. Untuk terbentuknya mikroba dalam air kaldu diperlukan udara.

salah satunya adalah Lazzaro Spallanzani (1729-1799) dengan teori Biogenesis-nya. dan hasilnya lebih sempurna dibandingkan dengan percobaan-percobaan para ilmuwan pendahulunya. Lalu Spallanzani melakukan percobaan dengan merebus air rebusan daging atau air kaldu dengan waktu yang cukup lama dan diperkirakan semua mikroorganisme telah mati. Banyak ilmuwan yang melahirkan teori evolusi. Ia menyatakan bahwa Needham tidak merebus air kaldu dalam waktu yang lama sehingga tidak semua mikroorganisme mati terbunuh dan tidak menutup rapat leher tabung dengan rapat sehingga masih terdapat celah yang dapat dilewati mikroorganimse. Perkembangan makhluk hidup ini mengalami perubahan baik bentuk maupun sifatnya dari tahun ke tahun.PENDAHULUAN Makhluk hidup yang ada sekarang merupakan perkembangan makhluk hidup di masa lalu. Spallanzani melakukan percobaan untuk membantah teori Abiogenesis Needham. iii . Evolusi juga dapat diartikan proses perubahan yang berlangsung sedikit demi sedikit dan memakan waktu yang lama. Proses perubahan makhluk hidup ini disebut Evolusi.

kebenaran teori evolusi sampai sekarang masih dalam perdebatan oleh para ahli evolusi. kapan saja. amin. Namun. Kami berharap makalah yang telah kami buat ini dapat berguna bagi semua. Dalam makalah ini kami akan membahas dan memaparkan hasil percobaan kami tentang teori Biogenesis yang disampaikan oleh Lazzaro Spallanzani. Cianjur. dan dari berbagai sumber yang ada. Sebuah perangkat pembelajaran selayaknya disusun dengan baik dan dapat mendorong terciptanya semangat dalam mencari ilmu bagi siapapun warga belajar. 28 Januari 2012 Penulis . salah satunya dari sebuah makalah. Belajar dapat dilakukan dimana saja.KATA PENGANTAR Evolusi merupakan perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya. Evolusi merupakan cabang ilmu bilogi yang mempelajari tentang perubahan sifat-sifat makhluk hidup yang diwariskan pada suatu populasi makhluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya dalam kurun waktu yang sangat lama.

Terimakasih kepada semuanya. dengan selesainya makalah yang kami buat ini semoga yang telah kami bahas dan paparkan dapat berguna. . Akhirnya.i BAB III Penutup Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas biologi dan untuk membantu dan mempermudah dalam mempelajari materi tentang Evolusi. terutama teori Biogenesis oleh Lazzaro Spallanzani.

Ibu Sumarti. Kelompok 4 : Adinda Kurnia Putri Bella Siti Alfianti Dwicki Octarianda Audisi Fiki Rizki Mutiara Hanifah Kelas XII-IPA 6 SMA NEGERI 1 CIANJUR .5 TUGAS BIOLOGI TEORI BIOGENESIS (Percobaan Lazzaro Spallanzani) Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Biologi.

2012 .