MATERI KELAS IBU HAMIL

PKM. KECAMATAN TANAH ABANG

MATERI PERTEMUAN I 1. PERUBAHAN TUBUH SELAMA KEHAMILAN 2. PERAWATAN KEHAMILAN .

terbentuk kehidupan baru berupa janin dan tumbuh di dalam rahim ibu yang merupakan tempat yang aman dan nyaman bagi janin. PERUBAHAN TUBUH SELAMA KEHAMILAN 1. Setelah pembuahan. Puting payudara dan daerah sekitarnya berwarna lebih gelap karena meningkatnya hormon estrogen. seperti akan datang haid. 1.  Sering buang air kecil Hal ini terjadi karena meningkatnya peredaran darahketika hamil dan tekanan pada kandung kemih akibat membesarnya rahim. .2 Perubahan tubuh ibu selama kehamilan  Perubahan pada payudara Payudara dan puting menjadi lebih lembut sekitar 3 minggu pembuahan terjadi.1 Apakah Kehamilan Itu ? Kehamilan adalah masa dimana terdapat janin didalam rahim seorang perempuan. Masa kehamilan didahului oleh terjadinya pembuahan yaitu bertemunya sel sperma laki-laki dan sel telur yang dihasilkan oleh indung telur.  Perubahan berat badan Peningkatan berat badan disebabkan oleh hormon estrogen yang menyebabkan pembesaran rahim dan progesteron yang menyebabkan tubuh akan menahan air.  “Ngidam” Sejak awal kehamilan .  Kram perut Sering terjadi pada awal kehamilan serta akan terus berlangsung sampai rahim terletak di bagian tengah dan disangga dengan baik oleh tulang panggul (pada triwulan ke-2).1. Kadang-kadang payudara terasa membengkak.  Sembelit (susah buang air besar) Selama kehamilan usus lebih rileks bekerja sehingga dorongan untuk mengeluarkan sisa kotoran pun terhambat. dorongan untuk ngemil atau makanan tertentu (ngidam) sering muncul pada ibu hamil. Keinginan tersebut mungkin merupakan kebutuhan tubuh untuk makan sedikit demi sedikit namun sering.

Jangan berdiri terus menerus untuk waktu yang lama. kelelahan yang berkepanjangan.3 Keluhan umum saat hamil dan cara mengatasinya a) Keputihan Jika keputihan tidak gatal dan tidak berbau maka ibu tidak perlu kawatir. Biasanya. hanya berlangsung selama 3 bulan pertama kehamilan dan berhenti begitu masuk bulan ke-4. Ganjal belakang punggung dengan bantal yang empuk. c) Kram kaki Kram kaki diduga akibat adanya ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh ibu yang memicu gangguan pada sistem persyarafan otot-otot tubuh. b) Nyeri pinggang Cara mengatasinya antara lain:         Berolahraga Ketika berdiri. serta tekanan rahim pada beberapa titik persyarafan yang berhubungan dengan saraf-saraf kaki. Cara mengatasinya antara lain: . sebaiknya berbaring miring kekiri karena untuk melancarkan aliran darah ke janin. usahakan tubuh dalam posisi normal. Mual dan muntah Mual muntah terjadi karena perubahan hormon dalam tubuh. yaitu tegak lurus dengan bahu ditarik belakang. 1. Hindari duduk terlalu lama. Jagalah sikap tubuh saat duduk dengan punggung selalu lurus dan tidak dibungkukkan. Penyebab lainya adalah. Jagalah kebersuhan alat kelamin dan gunakan selalu celana dalam yang bersih dan kering. Walaupun ingin tidur. Pada saat mengambil sesuatu di lantai usahakan untuk berjongkok secarra perlahan dengan punggung dalam keadaan lurus kemudian baru mengambill barang tersebut dan setelah itu berdiri perlahan-lahan. Jika keputihan berbau dan terasa gatal segera meminta pertolongan kepada petugas kesehatan.

Pembengkakan dapat terjadi diseluruh bagian tubuh tetapi. Senam hamil secara teratur. Jika terdapat tanda-tanda bahaya tersebut segera datang ke bidan / dokter untuk mendapa penanganan lebih lanjut. Tahan bebrapa lama sampai kram hilang. Pembengkakan dapat berupa gejala keracunan kehamilan (preeklamsia) dengan timbulnya tekanan darah tinggi. air kemihmengandung protein dan nyeri kepala yang hebat. sementara tangan yang satunya menekan lutu ke bawah. Jika upaya-upaya di atas tidak berhasi segera datang ke dokter/bidan/tenaga kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. . Jika kram terjadi pada malam hari. Setelah bangun pagi. Sering-seringlah mmengangkat kaki. Cara mengatasi pembengkakan kaki antara lain:        Mengurangi makan yangg banyak mengandung garam. Luruskan kaki dan minta bantuan suami tau keluarga untuk menarik telapak kaki ke arah tubuh dengan sebelah tangan. d) Pembengkakan pada kaki Pembengkakan pada kaki yakni penimbunan cairan akibat kadar garam yang terlalu tinggi dalam tubuh. angkat kaki selama beberapa saat. bangun lalu berdiri selama beberapa saat tetap lakukan meski terasa sakit. seperti aneka sayuran berdaun serta susu dan produk olahan. e) Wasir atau ambeien Wasir atau ambeien adalah pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada pembuluh darah balik (vena) di daerah sekitar dubur. jaga agar posisi kaki lebih tinggi. agar cairan dikaki mengalir ke bagian atas tubuh. Jangan menyilangkan kaki ketika duduk.    Meningkatkan konsumsi makanan yang tinggi kalsium dan magnesium. Bagi ibuu yang bekerja di kantor dan banyak duduk. Naikkan kaki ke atas bangku kecil atau sofa selama duduk. bagian tubuh yang sering menjadi sasaran yaitu tangan dan kaki.

 Cara mengatasi wasir antara lain: Perbanyak konsumsi makanan berserat. logam berat). Sering mengajak bicara bayi sambil mengelus-elus perut setelah kandungan berumur 4 bulan. Lakukan olah raga yang ringan. Biasakan buang air besar secara rutin.Minum 1 tablet tambah darah setiap hari sesudah makan. Minta imunisasi Tetanus Toksoid kepada petugas keshatan. . Pada saat buang air besar ibu dapat melakukan latihanpernafasan seperti pada saat persalinan sehingga dapat mencegah terjadinya wasir. Timbang berat badan setiap kali periksa hamil. makanan yang mengandung zat tambahan seperti pengawet. antara lain:          Peningkatan hormon progesteron yang menghambat gerak otot pada sitim pencernaan. Minta nasehat kepada petugas kesehatan tentang makanan yang bergizi selama hamil. 1.4 Apa saja yang perlu dilakukan ibu hamil?       Periksa kehamilan secepat mungkin dan sesering mungkin sesuai anjuran petugas. Hindari mengejan pada saat buang air besar.5 Pengaruh gizi termasuk pemberian tablet tambah darah untuk penaggulangan anemia Makanan yang tidak dianjurkan selama kehamilan antara lain adalah minuman yang beralkohol. Ukururan janin yang bertambah besar. minuman yang mengandung zat kafein misalnya kopi. makanan yang tercemar (peptisida. Sembelit. 1. Minumlah cairan yang cukup banyak. Gerakan fisik yang terbatas selama hamil. Wasir dapat disebabkan oleh berbagai hal. seperti buah-buahan dan sayuran.

yaitu: padi-padian dan umbi-umbian serta tepungtepungan 2. ANEMIA Anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi yang disebut anemia defesiensi besi. Dalam logo gizi seimbang. Dalam kehamilan. atau lahir dengan cacat bawaan. Sumber zat pembangun. Untuk mempersia[kan pembentukan ASI. lahir prematur lahir dengan cadangan zat besi yang kurang. 2. makanan hewani dan hasil olahannya. . Mengapa ibu hamil mudah mengalami anemia? Pada saat hamil volume darah menigkat sehingga jumlah zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi sel-sel darah merah juga menigkat. Anemia dapat juga karena akibat susum tulang belakang yang kurang mampu membuat sel-sel darah baru (anemia hipoplastik). 3. 3. misalnya mudah pingsan. Bagaimana pula akibat anemia bagi janin? Dapat menyebabkan pertumbuhan janinterhambat. Untuk kebutuhan gizi tubuh ibu sendiri agar tidak terjadi Kurang Energi Kronik (KEK). yaitu: kacang-kacangan. Selama hamil. mudah mengalami keguguran. dibutuhkan zat besi sebanyak 800 mg. Apakah akibat anemia padda ibu hamil? Kemungkina besar akan mengalami banyak gangguan.Tiga manfaat makanan yang dimakan oleh ibu hamil: 1. yaitu: sayuran dan buah-buahan. Sumber zat pengatur. tau prose melahirkan yang berlangsung lama akibat kontraksi rahim yang tidak bagus. dimana 500 mg digunakan untuk pertambahan seladarah merah ibu sedang 300 mg untuk janin dan plasenta. Selain itu dapat juga karena kekurangan asam folat dan vitamin B12(animia megaloblastik). yang paling dijumpai yaitu anemia kekurangan zat besi. dan akibat penghancuran sela adarah merah belangsung lebih cepat dari pembuatannya (anemia hemolitik). Bahan makan dikelompokan berdasarkan fungsi utama zat gizi yang dikenal dengan “Tri Guna Makanan” 1. Sumber zat tenaga. Agar terjadi pertumbuhan dan perkembangan janin.

lemah. serta sayuran berwarna hijau tua sepeti bayam. dan daun katuk. kecuali atas indikasi medis. konsumsi juga jenis makanan yang mempermudah penyerapan zat besi. Bagaimana makan yang baik selama kehamilan    Makan makanan dengan pola gizi seimbang sesuai dengananjuran petugas kesehatan Unutuk menambah tenaga. PERAWATAN KEHAMILAN 2. kue-kue dan lain-lain Tak ada pantangan bagi ibu selama hamil.2 Hubungan suami isteri/senggama selama hamil Kehamilan bukan penghalang untuk beraktivitas seksual. seperti hati. mudah lelah sering menderita pusing disertai pandangan berkunan-kunang terutama ketika bengkit dari posisi duduk tau membungkuk dan konsentrasi menurun. bahkan juga memicu produksi Asi.Bagaimana ciri penderita anemia? Penderita terlihat pucat terutama pada selaput lendir kelopak mata. asam folat juga vitamin B. 2. daging. 2. Perlu dihindari yaitu makanan/minuman yang dapat menghambat penyerapan zat besi. tubuh tersa lesu. Apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi anemia? Ibu dianjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Senggama boleh dilakukan selama kehamilan dalam keadaan sehat dan dinyatakan tidak memiliki resiko apapun. Selai itu. dan kacang-kacangan seperti tempe dan susu kedelai. bubur kacang hijau. Selain itu. . pagi dan sore hari seperti kolak. susu. misalnya makanan yang mengandung vitamin C tinggi. misalnya kopi dan teh. kuning telurikan teri. bibir juga kuku.1 Kesiepan psikologis menghadapi kehamilan Kesiapan psikologis adalah saat dimana seorang perempuan dan pasangannya merasa telah ingin mempunyai anak dan merasa telah siap menjadi orang tua termasuk mengasuh dan mendidik anaknya. Dukungan dan peran serta suami dalam masa kehamilan terbukti meningkatkan kesiapan ibu hamil dalam menghadapi prose persalinan. makan makanan selingan.

tak ada salahnya ibu melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu.  Berkonsultasilah lebih dulu kepada dokter sebelum mengkonsumsi obatabatan tradisional.  Obat penghilang gejala flu dan obat batuk  Antihistamin/ obat alergi  Dekongestan/ obat pilek  Kombinasi antihistamin dan dekongestan  Obat penghilang gejala batuk  Obat untuk mengatasi sembelit  Obat penghilang sakit kepla ringan  Obat penghilang rasa pegal-pegal pada tubuh .  Kalaupun mengkonsumsi obat bebas. Obat yang relatif aman: meski dianggap cukup aman. tanyakan efek samping obat tersebut terhadap janin. karena sperma mengandung prostaglandin. seperti obat flu ata batuk.  Jangan segan-segan bertanya apakah obat yang diberikan benar-benar aman bagi ibu hamil atau tidak. 2. tanyakan dosis yang aman untuk ibu hamil. Setelah melahirkan sebaiknya senggama dilakukan setelah masa nifas (40 hari)  Boleh melakukan hubungan suami isteri.  Pentingnya menjaga kebersihan sebelum dan sesudah melakukan hubungan suami isteri untuk mencegah terjadinya infeksi yang dapat berakibat terjadinya kelahiran prematur.3 Obat yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil Beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum menelan suatu obat:  Biasakan untuk selalu memberitahu petugas kesehatan bahwa ibu sedang hamil. Sekalipun obat-obatan di bawah ini dinyatakan tidak berbahaya bagi tumbuh kembang janin.  Hubungan suami isteri bisa menyebabkan kelahiran muda (prematur) apabila tidak hati-hati.  Bila terpaksa mengkonsumsi obat untuk penyakit ibu. sebaiknya obat-obat ini dikonsumsi setelah usia kehamilan diatas 10 minggu.Hubungan seksual pada saat hamil bermanfaat sebagai persiapan bagi otot-otot panggul menghadapi proses persalinan kelak.

5 Program Perencanaan Persalinan dan Pencegahan Komplikasi (P4K) dengan stiker 1. minum jamu atau minum minuman keras. tangan dan wajah  Demam yang tinggi  Keluar air ketuban sebelumwaktunya  Gerakan janin berkurang atau tidak bergerak sama sekali  Ibu muntah terus dan tidak mau makan  Terjadi trauma atau cidera pada perut yang dapat terjadi karena jatuh. memakai narkoba. dan lain-lain. Obat nyeri ulu hati Jenis obat dan juga terapi yang sebaiknya dihindari:  Ibuprofen. Suami atau eluarga juga ikut mendampingi 2. obat penghilang rasa nyeri  Lithium. obat untuk gangguan kelenjar tyroid  Warfarin dan jenis obat pembeku darah lainnya  Vaksin untuk cacar. obat untuk ggangguan jiwa  Carbimazole. minuman keras. dan lain-lain Catatan : Jangan meroko. narkoba. Minum obat sesuai petunjuk dokter/bidan. Tanggal taksiran Persalinan Ibu dan suami menanyakan ke bidan/dokter kapan perkiraan tanggal persalinan . 2. kecelakaan lalu lintas. Catatan: Suami atau keluarga harus segera membawa ibu hamil ke bidan/dokter jika ada salah satu tandda bahaya di attas. dan sakit kuning  Antibiotik  Radiasi sinar-X. jamu dan obat-obatan bisa mengganggu pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Hindari asap rokok Merokok. campak jerman (rubela).4 Tanda-tanda bahaya kehamilan  Perdarahan lewat jalan lahir  Bengkak pada kaki.

Tempat dan Penolong Persalinan Sejak awal. Puskesmas. Rumah Sakit. 6.2. 4. (Rencanakan bersalin di Polindes. . ibu hamil dan suami menentukan persalinan ini ditolong bidan atau dokter. Menyiapkan kebutuhan persalinan. 3. Rumah Bidan atau di rumah). Rumah Bersalin. 5. Tabulin (biaya pesalinan) Suami/keluarga perlu menabung untuk biaya persalinan. Calon donor darah Siapkan calon donor darah jika sewaktu-waktu diperlukan ibu. Transportasi Suami dan masyarakat menyiapkan kendaraan jika sewaktu-waktu ibu dan bayi perlu segera dirujuk ke rumah sakit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful