P. 1
Tanaman Budaya

Tanaman Budaya

|Views: 29|Likes:
Published by Gunawan Siie Keren

More info:

Published by: Gunawan Siie Keren on Sep 30, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

•BUDIDAYA

TANAMAN HIAS •BUDIDAYA TANAMAN OBAT

komponen riasan busana. kebun atau pekarangan rumah. atau bunga potong . Pengertian tanaman hias: Tanaman hias adalah semua jenis tumbuhan yang sengaja ditanam sebagai penghias ruangan. karangan bunga.

Bonsai adalah tanaman yang dikerdilkan dan memiliki bentuk yang unik dengan beberapa bagian tanaman yang ditonjolkan. . Image bonsai sangat elit dan tanaman ini merupakan tanaman favorit seniman dan kalangan atas. Jenis tanaman hias yang populer di Indonesia: ◦ Bonsai: Bonsai adalah contoh tanaman yang sempat sangat popular beberapa tahun yang lalu.

Tanaman ini didatangkan dari Palembang. . tanaman ini memiliki batang yang menjulang yang mirip dengan ekor monyet.◦ Pakis monyet. Inilah tren tanaman hias terbaru yang berasal dari Tiongkok. Sebelum daunnya tumbuh. Disebut pakis monyet karena memang bentuk tanaman ini mirip dengan seekor monyet yang sedang duduk di atas pot. Sekilas tanaman ini seperti akar serabut kelapa namun sebenarnya adalah tanaman serumpun dnegan pakis.

  Pengertian tanaman obat: Tanaman obat adalah tanaman yang dapat digunakan sebagai obat agar dapat untuk mengobati suatu penyakit Cara pembudidayaan tanaman obat: Pembudidayan tanaman obat pada umumnya sama dengan cara pembudidayaan tanaman lain seperti di tanam di pot/di pekarangan rumah .

 Fungsi tanaman obat dan kriterianya: ◦ Fungsi:       Sebagai sarana pengupayaan kesehatan mandiri Bisa digunakan sebagai obat Meningkatkan derajat kesehatan Melestarikan SDA tanaman obat agar tidak punah Sarana menambah penghasilan Meningkatkan kelestarian alam .

◦ Kriteria:  Memilih tumbuhan yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari  Memilih tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat  Memilih tanaman yang mudah diperoleh bibitnya serta cara membudidayakannya  Memilih tanaman yang sudah umum dan aman untuk dapat digunakan sebagai obat  Memilih tanaman yang mempunyai fungsi lain seperti bumbu atau bahan makanan  Memilih tanaman yang memilik harga jual tinggi serta pemasarannya yang mudah .

 Cara membuat minuman jahe cukup mudah. . Jenis tanaman obat yang dapat ditanam dipekarangan rumah: ◦ Jahe  Jahe adalah tanaman berakar rimpang dan bahan berkasiat pada tanaman ini terletak pada akarnya.  Jahe popular sebagai minuman yang dapat menghangatkan tubuh. hanya digepengkan dan kemudian diseduh dengan air hangat kemudian dapat ditambahkan gula atau bahan lainnya seperti kopi dan teh. Meminum sari jahe dipercaya juga dapat mengembalikan kesegaran tubuh.

panas dalam. serta baik untuk wanita hamil dan menyusui.◦ Kunir  Kunir merupakan satu kelompok tanaman yang sama dengan jahe dan kencur. yaitu tanaman berakar rimpang. . Kunir mudah dikenali karena warnanya yang kuning. kunir juga bermanfaat untuk mencegah sariawan.  Selain menjadi bumbu masak utama untuk berbagai makanan Indonesia.  Cara sederhana untuk mengkonsumsi kunir adalah dengan memarut kunir dan memeras sari parutannya lalu merebusnya dengan air panas.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->