BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

3.1.

Sejarah Singkat Politeknik Unggul LP3M Medan (PULMED) Sebelum menjadi atau berubah status sebagai Politeknik, Politeknik

Unggul LP3M dahulu bernama (Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Medan) yang didirikan pada tanggal 20 Februari 1998 di Medan. Lembaga ini dibina oleh tokoh pendidikan, tokoh masyarakat dan pemerintah. Seluruh program studi yang diselenggarakan telah diakui oleh pemerintah (Depdikbud dan Depnaker) sebagai konsep program yang terbaik. Adapun program–program studi yang ada di Lembaga Pendidikan Pengembangan Profesi Medan (LP3M) terdiri dari : 1. 2. 3. 4. 5. Komputer Akutansi Informatika Komputer Bisnis Administrasi Perhotelan Akutansi Perpajakan dinamika pendidikan dan mengakomodir aspirasi mahasiswa/i

Seiring

LP3M serta masyarakat, akhirnya LP3M berubah status menjadi Politeknik Unggul LP3M Medan dengan izin SK Mendiknas No. 25/D/O/2001. Kampus Politeknik Unggul LP3M berlokasi di jalan Syailendra No. 21 JKLM Medan (Kampus A) dan Jl Iskandar Muda No. 3 EF (Kampus B).

39

40

Politeknik Unggul LP3M Medan sebagai kampus yang revolusioner di bidang pendidikan Diploma Tiga (D-III) di kota Medan terus menerus meningkatkan pelayanan dan kualitas pendidikan khususnya kualitas lulusannya. Program Diploma Tiga (D-III) dapat diselesaikan hanya dengan waktu 2 tahun (tetap 6 semester) dengan tetap mengutamakan pelayanan dan kualitas proses pendidikan yang berkualitas dan berakhlak. Kurikulum yang diberikan adalah integrasi dari perpaduan IQ, EQ, dan SQ yang terus di-update minimal tiga tahun sekali dan terus membina hubungan kerjasama dengan lebih dari 250 perusahaan dan institusi (Konsep link & match). Tujuannya agar lulusan Politeknik Unggul LP3M Medan sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Setiap lulusan selain mempunyai ijazah Diploma Tiga (Ahli Madya) harus mempunyai minimal tiga sertifikat lokal dan dua sertifikat internasional. Dengan konsep tersebut, diharapkan semua lulusan Politeknik Unggul LP3M Medan mempunyai skill atau keterampilan sesuai dengan jurusannya dan memiliki akhlak/ moral yang baik serta taat kepada Tuhan Yang Maha Esa. Akhirnya, sukses setelah terjun ke dunia kerja. Dalam mendidik mahasiswa-mahasiswi lainnya, kampus Politeknik Unggul LP3M Medan memposisikan kampus lebih unggul dibandingkan perguruan tinggi yang lain dengan melakukan cara-cara yang khusus untuk menciptakan generasi unggul pada era yang akan datang. Adapun bentuk keunggulan tersebut adalah: 1. 2. 3. Ruang Kuliah/ Laboratorium full AC (25-30 mahasiswa/kelas) Gratis laptop baru bagi setiap mahasiswa baru Ruang pertemuan (aula) yang representatif

11. Memiliki minimal tiga sertifikat lokal dan dua nsertifikat internasional 19. Relasi dengan banyak perusahaan nasional dan internasional 15. Kantin yang nyaman dan luas Dual Degree dengan Asia e-University 10. Lulusan Politeknik Unggul LP3M Medan bisa melanjut ke ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara (USU) Politeknik Unggul LP3M Medan merupakan kampus dalam bidang pendidikan Diploma Tiga (D-III) atau Ahli Madya dengan program-program pendidikan sebagai berikut: . Pengantar perkuliahan menggunakan Bahasa Inggris (semester v) 14. Beasiswa dari yayasan bagi mahasiswa yang kurang mampu berprestasi. Lulus TOEFL (Test of English for Language) dengan skor minimal 420 16.41 4. Mampu mengetik dengan Blind System. 7. 9. minimum 40 wpm/95%. 5.00 18. Menciptakan lulusan kerja kurang dari 3 bulan 20. Dosen dari kalangan praktisi dan akademisi berpengalaman 13. 17. 6. Musholla Tempat parkir luas Free wifi Ruang VICON (Video Conference) sebagai penunjang akses perkuliahan jarak jauh 8. Kurikulum yang “link and match” dengan dunia kerja 12. Sasaran institusi menciptakan lulusan dengan IP 3.

c. Memahami bentuk-bentuk transaksi lokal dan internasional. . Menguasai peraturan perpajakan dan formulir SPT. Mampu merancang sistem Akuntansi sederhana dan membuat program Komputerisasi Akuntansi.42 1. 4. Program Studi Manajemen Informatika a. Menguasai aplikasi perkantoran. Adapun kemampuan ataupun keterampilan yang akan di miliki setiap mahasiswa-mahasiswi Politeknik Unggul LP3M dan juga ruang lingkup peluang kerja ketika mereka menyelesaikan perkuliahan antara lain: 1. e. c. Manajemen Informatika Komputer Akuntansi Akuntansi & Perpajakan E-Commerce Cyber Secretary Setiap program studi yang diselenggarakan di Politeknik Unggul LP3M memiliki tujuan yang jelas sehingga setiap mahasiswa-mahasiswi yang telah menyelesaikan program pendidikan di Politeknik Unggul LP3M memiliki kemampuan atau keterampilan. Menguasai pemrograman multiuser. 3. 2. 2. Mampu mengoperasikan Ms. d. b. Menguasai ICT (Information and Communications Technology) Memahami pengelolaan jaringan komputer dan database. Office. Internet dan Jaringan Komputer. f. d. Program Studi Komputer Akutansi a. b. Internet dan jaringan komputer Menguasai pemrograman berbasis Dekstop Mampu membangun website. 5.

b. Menguasai presentasi produk dan bisnis lainnya. . c. e. 4. c. f. g. Program Studi Akutansi dan Perpajakan a.43 e. Menguasai manajemen akuntansi. Penggolongan (classification). Mampu menyusun perencanaan perusahaan dalam bentuk anggaran dan cash flow. Menguasai marketing strategy. Mempunyai kemampuan hubungan interpersonal yang baik. g. d. Pengikhtisaran (summarizing). Penyusunan laporan (reporting). b. 3.. Mampu membuat dan membaca neraca dan laporan keuangan perusahaan sampai pada proses auditing. Menguasai Aplikasi Perkantoran Menguasai aplikasi berbasis akuntansi Mampu membuat laporan keuangan. Menguasai Salesmanship sampai tingkat Supervisor dan menguasai ecommerce. dan audit internal. Menguasai teknik negosiasi dan menguasai aplikasi e-commerce berbasis website. Mambantu manajemen dalam menentukan alternatif optimalisasi profit dan penekanan biaya. Menguasai Manajemen Pemasaran dan Aplikasi Perkantoran. problem solving dan decision making. Mampu melakukan Pencatatan (recording). Mampu menghitung pajak dan mengisi SPT. e. f. Program Studi E-Commerce a. d.

dan notulensi. Power Point/Flash. LAYANAN . Mampu mengetik dengan blind system.44 f. menguasai Internet & Email Menguasai korespondesi dalam Bahasa Indonesia dan Inggris. kecepatan 40 wpm/95 %. Mampu melakukan marketing research. Visi dan Misi Politeknik Unggul LP3M Visi Politeknik Unggul LP3M Menjadi Politeknik yang “Terunggul. Politeknik Unggul LP3M Medan menetapkan misi sebagai berikut: Manajemen memberikan pelayanan & kualitas yang unggul kepada stakeholder (mahasiswa. f. Mampu berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Indonesia dan Inggris.2. B. c. Menguasai handling meeting. itinerary. dan masyarakat) melalui LP3M yaitu: 1. g. Memahami dan menguasai perilaku konsumen dan konsep costumer satisfaction. Menguasai presentasi dengan Ms. A. 3. dosen. g. 5. Mampu membuat makalah dan proposal. Program Studi Cyber Secretary a. b. d. Terkenal & Terdepan” dalam pendidikan vokasi dan profesi di Sumatera Utara pada tahun 2015. Menguasai manajemen perkantoran dan kearsipan (administrasi kantor). Misi Politeknik Unggul LP3M Untuk mewujudkan visinya. e.

PELATIHAN Mahasiswa juga diberikan pelatihan. Dosen/ Tenaga pengajar harus berkualitas dan berpengalaman. EQ. PENGAJARAN/ KURIKULUM Kurikulum yang diberikan kepada mahasiswa sesuai konsep link dan macth yakni dapat memenuhi kebutuhan dunia usaha dengan mengutamakan IQ. Tujuan Politeknik Unggul LP3M Medan 1. BUMN dan perusahaan asing. kuliah umum dari pakar. dan SQ. serta company visit ke berbagai perusahaan dan instansi. diskusi. etika dan ESQ sebelum masuk dunia kerja. PENDIDIK/ DOSEN Dalam Proses Belajar Mengajar (PBM). Mengembangkan pendidikan tinggi uyang mampu menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia yang sikap serta . dosen. 4. dan masyarakat) yang didasari rasa ikhlas dan kekeluargaan. 2. merupakan lulusan dalam dan luar negeri serta praktisi dari berbagai perusahaan swasta. 3. MENTAL/ MORAL Mahasiswa diberikan pelatihan. C. 5. workshop.45 Manajemen memberikan keunggulan dalam pelayanan yang maksimal kepada stakeholder (mahasiswa. pembinaan mental.

teknologi dan kesenian serta bertanggung jawab terhadap penggunaannya demi kepentingan nusa dan bangsa serta kemanusiaan. Budaya Perusahaan Politeknik Unggul LP3M Medan Politeknik Unggul LP3M Medan (PULMED) sebagai Perguruan Tinggi yang menghasilkan lulusan Ahli Madya. 5. Mengembangkan fasilitas sarana dan prasarana pendidikan dan penunjangnya serta teknologi informasi yang berkualitas. terampil dan siap kerja. Mengembangkan kerjasama kemitraan dengan berbagai pihak untuk peningkatan dan kemajuan Politeknik Unggul LP3M Medan. 4. Berupaya terus mengembangkan dan menciptakan ilmu pengetahuan. 3.46 perbuatannya merupakan pengamalan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 2. Mengembangkan penelitian dan inovasi teknologi yang berwawasan kewirausahaan guna memanfaatkan Sumber Daya Alam secara optimal dan berkelanjutan guna kepentingan bangsa serta kemanusiaan. profesional muda yang beriman. dikelola dengan manajemen profesional. Menciptakan dunia kampus sebagai center of knowledge yang berwawasan lingkungan melalui pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. . 6. yang disingkat dengan “5-C”. D.

cerdas dan inovatif. dan sabar dalam menjalankan ibadah sehari-hari. CONSIGN Bersikap menyampaikan kebenaran. CONSTANT Bekerja dengan kesetiaan/ loyalitas. CONSISTENT Setiap saat tetap teguh. CAUTIOUS Berhati-hati dalam sikap tindakan. mentaati peraturan. mendidik. disiplin. dosen dan masyarakat (stakeholder) dengan ikhlas. wawasan. penuh tanggung jawab. komitmen. saling menghargai dan saling menghormati dalam menjalankan tugas serta melayani mahasiswa. telaten. keluarga dan lembaga serta kepada Tuhan Yang Maha Esa. memotivasi mahasiswa dan teman sekerja untuk meningkatkan ilmu. LOGO LEMBAGA . moral dan ibadah kepada Tuhan Yang Maha ESa. E.47 CAPABLE Seluruh staf manajemen bersikap dan bekerja secara cakap dan profesional. bersikap jujur terhadap diri sendiri.

Arti warna putih adalah kejujuran (akademik. perkuliahan. ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Arti warna kuning adalah selalu jaya dan abadi. 2. 3. Arti warna hijau dasar adalah memberikan kesejahteraan dan kemakmuran. 4. Arti warna merah adalah keberanian. Arti bulatan-bulatan kecil memberikan arti amal. Arti lingkaran memberikan arti usaha untuk mencapai kemakmuran. 6. mahasiswa).1 Logo Komersil Lp3m Pengertian logo komersial Politeknik Unggul LP3M Medan: 1. . staff. 5.48 Logo Komersial Gambar 3.

Iman (warna kuning). 6. Arti gambar bintang adalah Tuhan Yang Maha Esa menerangi bumi. 2. F. Gambar buku terbuka adalah sebagai pendidikan. Arti gambar api adalah pelita untuk menerangi bumi. Arti padi dan kapas menberikan arti kesejahteraan. 7. Visi dan Misi Program Studi . Arti segi lima adalah Rukun Islam.49 Logo Akademik : Gambar 3. Arti warna bersegi lima adalah Rukun Islam (warna hijau). 3. Pancasila (merah).2 Logo Akademik LP3M Pengertian Logo Akademik Politeknik Unggul LP3M: 1. Arti warna biru adalah ilmu harus dicari sedalam dan seluas lautan. 4. 5.

. 3.50 1. Meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perancangan sistem informasi manajemen. 5. 4. Menciptakan sarana dan prasarana yang terunggul dibidang proses pembelajaran yang mendukung perancangan sistem informasi manajemen. Menciptakan staf pengajar yang unggul di bidang perancangan sistem informasi manajemen. Visi dan Misi Program Studi Manajemen Informatika Visi Menjadi program studi yang terunggul dalam merancang sistem informasi manajemen. 2. Visi dan Misi Program Studi Komputer Akuntansi Visi Menjadi program studi yang terunggul dalam menciptakan Sumber Daya Manusia tingkat menegah dibidang komputerisasi akuntansi. Misi 1. Meningkatkan kerja sama kegiatan dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan dibidang sistem informasi manajemen. Menciptakan penelitian dalam bidang perancangan sistem manajemen. 2.

. Menyediakan sarana dan prasarana yang unggul dibidang proses pembelajaran yang mendukung perancangan sistem informasi akuntansi.51 Misi 1. Menciptakan staf pengajar yang unggul dibidang akuntansi dan perpajakan. Menciptakan penelitian dalam bidang perancangan sistem akuntansi informasi. Visi dan Misi Program Studi Akutansi dan Perpajakan Visi Menjadi program studi yang terunggul dalam menciptakan Sumber Daya Manusia menengah dibidang akuntansi dan perpajakan. Meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan perancangan sistem informasi akuntansi. 4. 3. Misi 1. 2. Meningkatkan kerja sama kegiatan dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan dibidang sistem informasi akuntansi. 5. Menciptakan staf pengajar yang unggul di bidang akuntansi. 3.

dan teknik pemasaran dengan teknologi modern. salesmanship. dan teknik pemasaran dengan teknologi modern. Meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan perancangan sistem akuntansi dan perpajakan. public relation. Menciptakan staf pengajar yang unggul dibidang riset pasar. public relation. akuntansi dan 4. Meningkatkan kerja sama kegiatan dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan dibidang perancangan sistem perpajakan. salesmanship. 2. Menciptakan penelitian dalam bidang perancangan sistem akuntansi dan perpajakan. Misi 1. Menyediakan sarana dan prasarana yang unggul dibidang proses pembelajaran yang mendukung riset pasar. Visi dan Misi Program Studi E-Commerce Visi Menjadi program studi yang terunggul dalam menciptakan Sumber Daya Manusia tingkat menengah dibidang riset pasar. public relation. 5. 3. 4. Menciptakan sarana dan prasarana yang terunggul dibidang proses pembelajaran yang mendukung perancangan sistem akuntansi dan perpajakan. salesmanship. . dan teknik pemasaran dengan teknologi modern.52 2.

Menciptakan salesmanship. penelitian dalam bidang pemasaran dan 4.3. Meningkatkan kerja sama kegiatan dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan dibidang kesekretarisan. Misi 1. Meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan kesekretarisan. Menciptakan staf pengajar yang unggul di bidang kerja kesekretarisan. 5. Visi dan Misi Program Studi Cyber Secretary Visi Menjadi program studi yang terunggul dalam menciptakan vokasi dan profesi di bidang kesekretarisan dengan teknologi terbaru. 3.53 3. Menciptakan penelitian dalam kesekretarisan. Struktur Organisasi Politeknik Unggul LP3M . 5. 2. salesmanship. Menciptakan sarana dan prasarana yang terunggul dibidang proses pembelajaran yang mendukung sistem kerja kesekretarisan. dan teknik pemasaran dengan teknologi modern. 3. Meningkatkan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan manajemen pemasaran seperti riset pasar. 4. Meningkatkan kerja sama kegiatan dengan lembaga pendidikan dan non kependidikan dibidang manajemen pemasaran. 5. public relation.

. Struktur organisasi Politeknik Unggul LP3M berbentuk bagan dan staf yang tercermin pada pembagian tugas.54 Struktur organisasi merupakan pencerminan pembagian tugas. Struktur organisasi yang baik tentu akan membantu untuk mencapai pelaksanaan yang baik juga dalam perusahaan. tanggung jawab dan wewenang. tanggung jawab dan wewenang serta posisi setiap individu yang ada dalam suatu perusahaan baik negeri maupun swasta.

55 .

informasi internal dan eksternal. umum. Surat Internal Direktur Surat Eksternal Direktur Arsip Akte yayasan Arsip Ijin Pendirian dan Perpanjang Program Studi Arsip Rencana Strategis Arsip Rencana Tahunan Arsip SOP Arsip Surat Keputusan Direktur Arsip Surat Keterangan Direktur Arsip MOU dan MOA Laporan MOU dan MOA UPT Unit Penjamin Mutu    Merancang SOP. Mensosialisasikan SOP.4. UKM. Sekretaris            3. Job Description dan Job Specification Dari struktur organisasi tersebut dapat ditetapkan tugas pokok. 2. Melakukan pelatihan pelaksanaan SOP. wewenang dan tanggung jawab masing-masing di setiap bagian pada Politeknik Unggul LP3M Medan sebagai berikut : 1. pemasaran dan kepribadian mahasiswa. laboratorium. . personalia.  Direktur Mengevaluasi perencanaan dan pengendalian aktivitas akademik. keuangan.56 3.

BAAK  Merancang Jadwal Kuliah . UPT LPPPM  Merencanakan dan mengembangkan Jurnal Penelitian  Melaksanakan Pelatihan Penelitian.57 4. Mengendalikan dan mengevaluasi Administrasi Akademik. Perpustakaan  Merencanakan pembelian buku  Administrasi Buku  Administrasi Peminjam dan data peminjam buku  Administrasi Pengembalian dan data pengembalian buku 7. PKL dan Tugas Akhir.  Mengkoordinasi Masyarakat.  Mengangkat Tim Evaluasi. UPT Monitoring Evaluasi  Melakukan Audit Pelaksanaan SOP  Laporan Rencana Audit SOP  Laporan Hasil Audit SOP per Departemen 5. Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian 6. EPSBED dan Test Sertifikasi. Korektor Penelitian dan Pengabdian masyarakat. Pembuatan Buku Ajar.  Melakukan Penelitian Kinerja Dosen dan Manajemen. Pembantu Direktur I (Pudir I)  Merencanakan. Konseling. Program Studi. 8. UPT.

11. Tugas Akhir.  Mengevaluasi Typing. PKL dan Tugas Akhir Mahasiswa.  Memfollowup Mahasiswa dengan orang tua bagi mahasiswa yang belum Typing Tutor. PKL.  Menfollowup Mahasiswa dengan orang tua bagi mhs yang tidak aktif. Ketua Program Studi  Mengevaluasi Kehadiran Mahasiswa.  Mengevaluasi KHS dan KRS mahasswa. Sidang Tugas Akhir.  Mengevaluasi Fasilitas Mahasiswa. Manajer PKL & Penempatan Kerja  Menyusun rencana dan kunjungan Perusahaan tempat PKL dan Penempatan Kerja  Menyusun rencana dan daftar Mahasiswa yang ditempatkan PKL dan Penempatan Kerja  Melakukan Kunjungan kepada mahasiswa yang ditempatkan  .  Mengevaluasi Prestasi Mahasiswa. Konseling  Memfollowup Mahasiswa dengan orang tua bagi mhs yang mempunyai absensi tinggi.58  Merancang Jadwal Ujian Tengah Semester dan Ujian Akhir Semester  Merancang Pengawas UTS dan UAS 9.  Mengendalikan Proses Belajar Mengajar 10.  Mengevaluasi Sertifikasi Mahasiswa.

Laboratorium.  Administrasi Peserta Test Sertifikasi  Administrasi Sertifikat Mahasiswa Peserta Test Sertifikasi. Sertifikasi Umum. Sarana dan Prasarana.  Menyusun rencana dan kunjungan perusahaan yang akan melakukan kerja sama (MOU dan MOA). Komputer & Jaringan  Mengkoordinator kegiatan Koordinator Lab. Konseling dan Pembantu Direktur II. mengevaluasi dan mengendalikan aktivitas personalia. 14. Umum.59 kerja. Database dan Jaringan internal dan Eksternal (Web Site). 13. Data Base dan Web. Keuangan  Menyusun Rencana Penerimaan Uang Kuliah  Evaluasi Aktual Penerimaan Uang Kuliah  Merekap penerimaan uang kuliah per program studi  Memberikan laporan mahasiswa yang belum membayar uang kuliah per bulan kepada KPS. UPT Sertifikasi  Mengkoordinasi Pelaksanaan Test TOEFL. UPT Lab. TOEIC. Pembantu Direktur II (Pudir II)  Merencanakan. 15. Ruang. 16. Sertifikasi Program Studi. Umum  Koordinator pemeliharaan Gedung. Keuangan.  Melakukan evaluasi atas pelaksanaan Test Sertifikasi. Pembantu Direktur III (Pudir III) . 17. 12.

19. Konseling adalah pelayanan bantuan untuk peserta didik baik individu maupun kelompok.60  Merencanakan. agar mandiri dan berkembang secara optimal dalam hubungan pribadi. Pada umumnya UPT Konseling di kampus ini belum memiliki sistem informasi sehingga pelaksanaannya belum maksimal sehingga para mahasiswa mengalami kesulitan atau waktu yang tidak efesien dan efektif. mengendalikan dan mengevaluasi aktivitas UKM. Marketin dan Pembinaan mahasiwa 18. karir. sosial. Menyusun rencana marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru Mengendalikan Pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru 3. melalui dari berbagai jenis layanan melaui kegiatan-kegiatan yang mendukung dan atas dasar norma-norma yang berlaku. Koodinator FO & Marketing    Menyusun daftar Front Office serta pelatihan. email belum dapat dilakukan maka dari itu si penulis berinisiatif untuk membangun .sedangkan jika klien (mahasiswa) ingin konseling melalui media elektronik misalnya web. Konseling UPT. belajar. misalnya antara konselor dan klien (mahasiswa Politeknik Unggul LP3M Medan) masih menggunakan sistem yang manual dengan tatap muka langsung. Front Office. Koordinator UKM  Mengkoordinasi pelaksanaan UKM.5. seorang konselor memberikan bantuan kepada konseling untuk meyelesaiakan masalah sehingga masalah tersebut dapat teratasi. Sejarah UPT.

Untuk dapat merancang Sistem Informasi UPT Konseling pada kampus Politeknik Unggul LP3M Medan dengan media elektronik. b. Mahasiswa yang terlambat dalam melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan 4. adapun mahasiswa yang dikonseling biasanya fokus pada mahasiswa yang bermasalah secara akademik yaitu 1. Untuk mengetahui Sistem Informasi UPT Konseling yang sedang berjalan pada kampus Politeknik Unggul LP3M Medan. 2. c. Untuk memenuhi syarat kelulusan dalam menyelesaikan pendidikan Program Diploma III Menejemen Informatika. Mahasiswa yang memiliki absensi tidak mencukupi 75% untuk setiap mata kuliah. Mahasiswa yang nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) yang dibawah 2. Menambah ilmu pengetahuan penulis mengenai sistem informasi baik secara teori maupun praktek d.75. 3. Sistem yang sedang berjalan Mahasiswa jika ingin konseling harus bertatap muka langsung dengan konselor.61 suatu sistem informasi UPT Konseling yang berbasiskan Web Side dengan tujuan sebagai berikut: a.6. Mahasiswa yang terlambat dalam melaksanakan Tugas Akhir . 3.

62 5. 6. Adapun bentuk laporan yang dibuat oleh UPT. . 7. Konseling yaitu mahasiswa akan dipanggil ke kelas maupun melalui Ketua Program Studi (KPS) atau menghubungi mahasiswa maupun orang tua mahasiswa tersebut. Menghubungi mahasiswa yang sudah tidak aktif selama 1 s. Konseling untuk dikonseling setelah dikonseling maka koordinator konselor membuat laporan sesuai dengan hasil konseling berdasarkan permasalahan yang dihadapi mahasiswa apakah tembusan laporan kebagian akademik maupun keuangan atau kemahasiswaan. Konseling (terlampir). Setelah dipanggil maka mahasiswa datang menemui UPT.d 2 Semester. Masalah-masalah diatas diperoleh dari data bagian Akademik lalu diproses oleh UPT. Mahasiswa yang tidak lulus dalam ujian sertifikasi Mahasiswa yang tidak termotivasi dikarenakan masalah pribadi sehingga menurun minat belajar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful