P. 1
3. Ciri-ciri Mahluk Hidup

3. Ciri-ciri Mahluk Hidup

|Views: 16|Likes:
Published by Andry Setia Nugraha

More info:

Published by: Andry Setia Nugraha on Oct 01, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

CIRI-CIRI MAHLUK HIDUP

Oleh : Andry Setia Nugraha

1. 2. 3. 4. 5.

BERNAPAS BERGERAK DAN MENERIMA RANGSANG MAKAN TUMBUH DAN BERKEMBANG REPRODUKSI

1. BERNAPAS
Bernapas adalah proses pengambilan oksigen dari lingkungan dan pengeluaran karbon dioksida beserta uap air
C6H12O6 + 6O2 6H2O + 6CO2 + ENERGI

Pernapasan yang menggunakan oksigen disebut

pernapasan aerob

Pernapasan yang tidak menggunakan oksigen disebut pernapasan anaerob

Alat-alat Respirasi pada Mahluk Hidup Paru-paru Trakea Insang Paru-paru buku Stomata .

Sistem Pernapasan MANUSIA Organ-Organ Sistem Pernapasan Manusia • Organ-organ pernapasan manusia terdiri dari : – – – – – – Hidung Faring Laring Trakea Bronkus Bronkiolus Trakea Bronkus Paru-paru Faring Laring Hidung – Alveolus .

Mekanisme Respirasi   Meliputi proses : ◦ Inspirasi : yaitu pemasukan udara ke paru-paru ◦ Ekspirasi : yaitu pengeluaran udara dari paru-paru Proses inspirasi dan ekspirasi melibatkan kontraksi relaksasi otot-otot tulang rusuk dan otot diafragma. Kapasitas Volume Paru-Paru    Volume tidal : banyaknya udara yang masuk dan keluar paruparu selama pernafasan normal (500 ml) Volume tidal dipengaruhi ◦ Berat badan seseorang ◦ Jenis kelamin ◦ Usia ◦ Kondisi fisik Volume residu : Banyaknya udara yang tertinggal di dalam paru-paru (1200 ml) .

Pons Medulla Otak Pusat pengaturan pernafasan 2. Neuron motorik Jantung berdenyut lebih cepat / berdenyut lebih lambat Diafragma Otot interkostal . 3. Yang menaikkan atau menurunkan kecepatan respirasi adalah medulla oblongata dan pons.Kontrol Pernapasan Pusat pengaturan pernapasan adalah medulla oblongata dan pons. Respirasi normal antara 12–15 kali per menit. Pada kondisi tertentu frekuensi respirasi dapat meningkat atau menurun bergantung kondisi. 1.

Trakea (serangga) 4.Sistem pernapasan HEWAN & TUMBUHAN RESPIRASI pada hewan sama dengan respirasi pada manusia. Paru-paru (kucing. Alat pernapasan 1. kecuali pada malam hari. Insang (Ikan. yaitu pengambilan oksigen dan pelepasan karbondioksida Sedangkan pada tumbuhan yaitu pengambilan karbondioksida dan pelepasan oksigen. sapi) 2. Stomata (tumbuhan) . Permukaan kulit (cacing tanah) 5. kecuali australian fish) 3.

Rangsangan tersebut dapat berupa rangsangan kimia dan rangsangan fisika. Mahluk hidup dapat bergerak kalau ada rangsangan. dapat sebagian ataupun seluruhnya. BERGERAK & MENERIMA RANGSANG Gerak merupakan perpindahan bagian tubuh mahluk hidup. . Rangsangan dapat berasal dari rangsang internal dan rangsang external.2.

..... ...Sistem gerak pada manusia Lihat film animasi....

. Dapatkah kamu memberikan beberapa contoh tumbuhan yang mampu bergerak? Secara umum gerak pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dan gerak yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang (gerak nasti). walaupun gerakannya tidaklah sebebas hewan dan manusia. tropisme. Supaya lebih jelas.Sistem gerak pada tumbuhan Sebagai makhluk hidup. dan nasti. berikut akan dijelaskan mengenai taksis. tumbuhan juga dapat bergerak. Gerak yang dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang terdiri atas gerak seluruh tubuh (gerak taksis) dan gerak tumbuh (gerak tropisme).

.

. Misalnya.Gerak pada tumbuhan 1. Gerak kemotaksis ini dirangsang oleh glukosa yang terdapat di ruang arkegonium. Contoh gerak kemotaksis adalah gerak spermatozoid tumbuhan lumut dalam ruang arkegonium saat membuahi sel telur. disebut fototaksis jika rangsangannya berupa cahaya dan kemotaksis jika rangsangannya berupa bahan kimia. Taksis Gerak taksis merupakan gerak seluruh tubuh tumbuhan menjauhi ataupun mendekati sumber rangsangan. Jenis gerak taksis biasanya dinamai berdasarkan jenis rangsangnya. Gerak taksis pada umumnya terjadi pada tumbuhan tingkat rendah sebab tubuhnya tidak menempel pada tempat tertentu. Gerak taksis yang mendekati arah datangnya rangsang sering disebut gerak taksis positif sedangkan gerak taksis yang menjauhi datangnya rangsang disebut gerak taksis negatif.

Geotropisme merupakan gerak yang dipengaruhi oleh rangsang berupa gravitasi bumi.2. baik mendekati maupun menjauhi arah datangnya rangsang. hidrotropisme. Fototropisme merupakan gerak yang dipengaruhi oleh rangsang berupa cahaya. . dan geotropisme. Berdasarkan jenis rangsangannya. Tropisme Gerak tropisme merupakan gerak sebagian tubuh tumbuhan. gerak tropisme di bagi menjadi fototropisme. Hidrotropisme merupakan gerak yang dipengaruhi oleh rangsang berupa air.

Termonasti merupakan gerak disebabkan oleh rangsang suhu. Contohnya pada gerak menutup daun putri malu setelah disentuh. nasti yang . yang mekar pada siang hari dan menguncup pada malam hari. Fotonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsang berupa cahaya.3. Gerak fotonasti ini contohnya adalah pada kembang sepatu (Hibiscus rosasinensis). Nasti Contoh gerak nasti adalah : Seismonasti merupakan gerak nasti yang disebabkan oleh rangsang berupa sentuhan atau getaran.

hewan dan manusia mendapatkan makanan dari luar tubuhnya. M A K A N Bergerak membutuhkan energi. makanan digunakan pula untuk mengganti sel-sel yang rusak. Selain untuk bergerak. pertumbuhan. energi didapatkan dari makanan.3. perkembangan dan mengatur metabolisme dalam tubuh mahluk hidup. peristiwa itu disebut fotosintesis . Sedangkan tumbuhan dapat memanfaatkan zat hijau daun (klorofil) sehingga dapat menyusun zat gula dari CO2 H2O dengan bantuan cahaya matahari. Hewan dan manusia tidak mampu menghasilkan sendiri makanan.

TUMBUH & BERKEMBANG Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. kalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan saat ini.4. Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Misalnya yang terjadi pada diri kita. .

setelah mengalami pertumbuhan. Contohnya bayi yang baru lahir ukurannya 45 cm dengan berat badan 3 kg. .Pertumbuhan adalah bertambahnya jumlah dan volume sel yang proses pertambahan ukurannya tidak dapat kembali ke asal (irreversibel). tinggi badan dapat mencapai lebih dari 150 cm dan berat badan lebih dari 30 kg.

Perkembangan adalah tercapainya kedewasaan. Sedang pada hewan dan manusia ditandai dengan kematangan organ reproduksi sehingga siap untuk menghasilkan keturunan. Perkembangan juga menyebabkan perkembangan psikis dari usia bayi. anakanak. proses menuju Pada tumbuhan perkembangan ditandai dengan munculnya bunga atau buah. dan menjadi dewasa. .

Faktor external (luar) : Suhu Air Tanah Nutrisi Cahaya Kelembapan . Faktor internal (dalam) : Gen mempengaruhi pertumbuhan & Hormon 2.Faktor-faktor yang perkembangan 1.

. Contoh perkembangan pada tingkat organ misalnya terbentuknya organ generatif yaitu munculnya bunga. yaitu pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder.a. Pertumbuhan & Perkembangan pada Tumbuhan Pertumbuhan pada tumbuhan dapat dibedakan menjadi dua macam. Perkembangan pada tumbuhan merupakan diferensiasi atau spesialisasi sel atau bagianbagian tumbuhan untuk melakukan fungsi khusus (menjadi dewasa).

b. G Sedangkan fase pascaembrionik merupakan pertumbuhan dan E perkembangan yang dimulai sejak lahir atau menetas hingga hewan itu dewasa. berbeda dengan tumbuhan yang terjadi hanya pada bagian tertentu saja. . Pertumbuhan & Perkembangan pada Hewan dan Manusia Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan & manusia terjadi di seluruh bagian tubuh. P Pertumbuhan dan perkembangan pada hewan dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu fase embrionik dan fase M pascaembrionik. yaitu di daerah meristem. Fase embrionik adalah pertumbuhan B dan perkembangan yang dimulai dari zigot sampai terbentuknya embrio sebelum lahir atau menetas.

Remaja 4. Bayi 2. Kanak-kanak 3.Pada manusia. masa tersebut di kenal dengan masa pubertas. Dewasa 5. . Manula Pada tahapan ini manusia melewati masa peralihan dari remaja ke dewasa. terdapat tahapan pertumbuhan dan perkembangan sebagai berikut : 1.

Gejala pubertas dapat ditinjau secara fisik dan psikis (kejiwaan/emosional). Pubertas secara fisik dapat dilihat dari perubahan tubuh. meliputi perubahan tanda kelamin primer dan sekunder. . Masa pubertas disebut juga akil balig.Pubertas adalah perubahan menjadi dewasa yang ditandai adanya perubahan fisik dan emosional (psikis). Pada masa ini telah tercapai kematangan seksual yaitu sistem reproduksi telah mampu membuat sel-sel kelamin (gamet).

Organ kelamin telah mampu memproduksi sel-sel kelamin.Pada ciri primer. . sedangkan perempuan mulai menghasilkan sel telur di dalam indung telur (ovarium). Laki-laki mulai menghasilkan sperma di dalam testis.

..Animasi ............. ..

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->