KEADAAN UMUM PUSAT PENELITIAN BIOTEKNOLOGI LIPI CIBINONG Sejarah Singkat, Tugas, dan Fungsi Institusi Pusat Penelitian

dan pengembangan (Puslitbang) Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) didirikan pada tanggal 13 Januari 1986 berdasarkan Kepres RI Nomor 1 Tahun 1986. Kemudian Bioteknologi LIPI ditetapkan sebagai salah satu pusat bioteknologi. Mulanya seluruh kegiatan dilaksanakan di Puslitbang Bioteknologi LIPI Bogor di Gedung Kusnoto di Jalan Ir. H. Djuanda No.18 Bogor, lalu dipindahkan ke Jalan Raya Jakarta-Bogor KM 46 Cibinong, Bogor. Namun pada tanggal 15 Agustus 2001 Puslitbang Bioteknologi LIPI Cibinong berubah nama menjadi Puslit Bioteknologi LIPI Cibinong. Puslit Bioteknologi LIPI bertugas melaksanakan penelitian, melayani dan

memasyarakatkan IPTEK di bidang bioteknologi. Puslit Bioteknologi LIPI berfungsi dalam mempersiapkan program penelitian di bidang bioteknologi, rekayasa genetika, bioproses, memberikan pelayanan di bidang bioteknologi, memberikan masukan perumusan kebijakan IPTEK dibidang bioteknologi, kerjasama penelitian dan penguasaan bioteknologi dengan instansi di dalam dan luar negeri, mengevaluasi dan melaporkan semua kegiatannya.

Pembagian Tugas di Puslit Bioteknologi LIPI Bagian Tata Usaha Bagian tata usaha bertugas melayani seluruh satuan kerja di lingkungan Puslit Bioteknologi LIPI maupun pihak lain yang berkaitan dengan urusan kerjasama penelitian dan pelayanan jasa informasi. Bagian tata usaha terdiri atas beberapa subbagian yaitu umum, kepegawaian, kerjasama dan jasa. Subbagian umum melaksanakan urusan surat-menyurat, kearsipan, perjalananan dinas, ekspedisi, transportasi, administrasi keuangan, pemeliharaan sarana dan prasarana (nonilmiah), persidangan, dan protocol. Subbagian kepegawaian bertugas melaksanakan administrasi kepegawaian dan mengembangkan sumber daya manusia. Subbagian kerjasama dan jasa membantu merintis, mempersiapkan, dan mengkaji kegiatan penelitian di bidang bioteknologi dengan instansi di dalam maupun luar negeri.

dan penyebarluasan sumber daya genetika bernilai ekonomi tinggi. menyusun rencana. memelihara dan mengawasi penggunaan serta pemanfaatan sarana-sarana ilmiah untuk keperluan Puslit Bioteknologi LIPI maupun kerjasama jasa. Bidang Sarana Penelitian Bidang sarana penelitian terdiri atas beberapa subbidang yaitu kebun plasma nutfah tumbuhan dan hewan. hewan dan mikroba dalam meningkatkan nilai ekonomi produk atau proses yang diinginkan. Ketiga bidang tersebut memiliki tugas pokok yaitu menyiapkan bahan.Bidang Penelitian Puslit Bioteknologi LIPI terdiri atas tiga bidang penelitian yaitu biologi molekuler. mengevaluasi dan menyusun laporan kegiatan tiap-tiap bidang. molekuler. memantau pemanfaatan. . biologi sel dan jaringan. rekombinasi DNA. melaksanakan penelitian. mengatur. sarana bioproses. sarana biologi sel dan jaringan. Subbidang ini juga bertugas dalam melayani penyediaan material tumbuhan dan hewan. pemagangan. Bidang biologi sel dan jaringan bertugas dalam pengembangan kemampuan di bidang biologi sel dan jaringan tumbuhan. menyusun pedoman. pengevaluasian. Subbidang sarana bioproses bertugas mengembangkan. dan membakukan metode pengembangan dan pengelolaan hasilnya. Bidang bioproses bertugas dalam penggunaan hasil-hasil penelitian dari bidang biologi molekuler. menyediakan informasi yang berkaitan dengan kegiatan penelitian bioproses. pembimbingan. pendokumentasian. biologi sel dan jaringan. melayani permintaan kerjasama penelitian. dan bioproses. Subbidang kebun plasma nutfah tumbuhan dan hewan bertugas dalam pelaksanaan kegiatan konsevasi tumbuhan dan hewan. Bidang biologi molekuler bertugas dalam pengembangan kemampuan di bidang rekayasa genetika. dan pelatihan di bidang sarana bioproses.memelihara dan mengelola sarana penelitian bioproses. mengkoordinasi dan mengawasi pengelolaan koleksi tumbuhan dan hewan. pengembangan proses bioteknologi. serta sarana biologi molekuler yang bertugas dalam mengembangkan. protein. membimbing teknis penelitian. regulasi dan ekspresi gen untuk perbaikan sifat dalam meningkatkan nilai ekonomi produk atau proses yang diinginkan.

mikroalga. Puslit Bioteknologi LIPI juga mendapat dana dari jasa pelayanan analisis sampel dalam kegiatan penelitian. pengevaluasian. dana bantuan dari lembaga dalam negeri nondepartemen seperti Kementrian Riset dan Teknologi. dan pelatihan di bidang sarana biologi sel dan jaringan.Subbidang sarana biologi dan jaringan bertugas mengembangkan dan mengelola sarana penelitian di bidang biologi sel dan jaringan. Selain itu. 1 diploma II. Kerjasama dan Publikasi . 16 magister. Program Kerja. dan 11 SD. bidang ini juga bertugas dalam menyediakan informasi yang berkaitan dengan kegiatan di bidang biologi molekuler. dan 7 pranata computer. 4 teknisi. konservasi dan koleks tumbuhan. teknisi benih. pembimbingan. dana dari lembaga luar negeri seperti Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Indonesia Toray Science Foundation (ITSF). dan staf pembantu. serta fasilitas uji terbatas untuk organism hasil rekayasa genetika. Selain itu. biologi molekuler. pemagangan. 39 administrasi. Sumber daya manusia ini tersebar di laboratorium bioteknologi tanaman. dan penyebarluasan sumber daya genetika bernilai ekonomi tinggi. 3 pustakawan. 19 doktor. biokimian. 11 sarjana muda. Subbidang sarana biologi molekuler bertugas dalam pengembangan dan pengelolaan sarana penelitian bidang biologi molekuler. hewan serta mikroba. Dana yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan di Puslit Bioteknologi LIPI diperoleh dari pemerintah berupa DIPA. Selain itu bidang ini juga melakukan pendokumentasian. 45 SLTA. hewan. 11 SMP. Sumber Daya Manusia dan Sumber Dana Puslit Bioteknologi LIPI Cibinong didukung oleh tenaga kerja dengan pembagian berdasarkan jenjang pendidikan yaitu. Pembagian kerja berdasarkan kegiatan yaitu 41 peneliti. fermentasi. 35 sarjana. melayani permintaan kerjasama penelitian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful