P. 1
Kumpulan Alat Musik Tiup Tradisional Indonesia

Kumpulan Alat Musik Tiup Tradisional Indonesia

2.5

|Views: 11,771|Likes:
Published by Rick Lengi

More info:

Published by: Rick Lengi on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/18/2015

pdf

text

original

KUMPULAN ALAT MUSIK TIUP TRADISIONAL INDONESIA

1. TAHURI Tahuri adalah terompet dari kima atau kerang raksasa. Alat musik ini berasal dari Provinsi Maluku, khususnya daerah pesisir. Untuk membuat tahuri, kerang dicuci hingga bersih. Setelah itu, kerang dilubangi dengan bor. Untuk mendapatkan nada tertentu, tergantung dari besar kecilnya lubang yang dibuat dan besar kecilnya kerang yang digunakan. Kerang kecil akan menghasilkan nada tinggi atau nyaring. Sementara kerang besar akan menghasilkan nada rendah.

2. SERUNAI Serunai, atau juga disebut puput serunai, adalah nama alat musik tiup yang dikenal di Indonesia sebagai alat musik tradisional masyarakat Minang. Bagian unik dari serunai adalah ujungnya yang mengembang, berfungsi untuk memperbesar volume suara.

3. SALUANG Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau, Sumatera Barat. Yang mana alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis atau talang. Orang Minangkabau percaya bahwa bahan yang paling bagus untuk dibuat saluang berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai. Alat ini termasuk dari golongan alat musik suling, tapi lebih sederhana pembuatannya, cukup dengan melubangi talang dengan empat lubang.

4. KINU Kinu adalah jenis alat musik tiup yang berasal dari pulau Rote Nusa Tenggara Timur

5. FOI DOA Foi Doa merupakan suling berganda yang berasal dari daerah Ngada, yang terbuat dari Buluh atau bambu kecil yang bergandeng dua atau lebih. Mungkin musik ini bisanya digunakan oleh para pemuda-mudi dalam permainan rakyat di malam hari dengan membentuk lingkaran.

6. FOI MERE Adalah sejenis alat musik tiup yang berasal dari pulau Flores

7. TRITON Triton merupakan alat musik yang cara penggunaannya yaitu dengan ditiup. Alat musik tradisional ini berasal dari Papua. Alat musik ini tersebar di pesisir pantai yang ada di Papua dan digunakan sebagai alat komunikasi dan sebagai alat panggil kepada orang lain.

8. PERERET PENGASIH-ASIH Pereret Pengasih-asih merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jembrana Bali. Alat musik tersebut mirip dengan alat musik terompet, namun terbuat dari kayu yang dibentuk sedemikian rupa yang akhirnya mengeluarkan bunyi-bunyian seperti terompet.

9. RINDING Rinding adalah Alat Musik tradisional yang berasal dari daerah Gunungkidul, yaitu sebuah alat musik tiup berbahan dasar bambu berbentuk pipih persegi panjang. Di salah satu ujung sisi lebar, dibentuk pengait yang ditalikan dengan tali kenur. Kemudian dipermukaannya dibuat lubang berbentuk cawang. Lubang inilah yang nantinya akan menghasilkan bunyi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->