P. 1
Materi _ Konsep Dasar Gender & Seks_O.k

Materi _ Konsep Dasar Gender & Seks_O.k

|Views: 341|Likes:
Published by All Ena Mau

More info:

Published by: All Ena Mau on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/15/2015

pdf

text

original

Bicara ttg GENDER Berarti Bicara ttg

LAKI-LAKI & PEREMPUAN

GENDER
Bicara ttg GENDER sering dirancukan dgn bicara ttg PEREMPUAN

Bicara tentang SEKS Berarti Bicara Tentang LAKI-LAKI & PEREMPUAN .

.

Apa perbedaan gender dan jenis kelamin? 4.Apa itu jenis kelamin (sex) 2.Apa itu gender ? 3.Sebutkan perbedaan secara biologis (jenis kelamin) antara perempuan & laki-laki ! .KELOMPOK 1 1.

Peran Lakilaki dan Perempuan 3.KELOMPOK 2 1. Berdasarkan ciri atau sifat. Sebutkan Ciri-ciri. tentukan mana yang termasuk ciri jenis kelamin (beri tanda ‘S’) & mana yang termasuk gender (beri tanda ‘G’) . Sifat. Gambar Manusia Laki-laki & Manusia Perempuan 2.

.KELOMPOK 3 1. 3. 4. Sebutkan perbedaan gender antara laki– laki & perempuan secara umum ! Sebutkan masalah ketidakadilan Gender dalam kehidupan sehari-hari ! Apakah ada ketidakadilan gender dalam hubungan dengan kesehatan perempuan ? Apa saja bentuknya ? 2.

.

Misalnya: lelaki memiliki alat reproduksi penis.kelamin / sex → perbedaan antara laki-laki dengan perempuan yang ditentukan oleh Tuhan atau juga disebut sebagai kodrat Tuhan. Perempuan hamil. di mana saja.  Jenis . sperma & jakun adalah ketentuan Tuhan. & akan berlaku sampai kapan saja. memiliki alat reproduksi seperti rahim. vagina & indung telur  Ketentuan ini berlaku sejak dahulu kala. suku bangsa apa saja dan warna kulit apa saja.

Dada besar Sekunder Perbedaan fungsi reproduksi : Perempuan : Menstruasi.Kulit halus . Melahirkan & Menyusui dg ASI. Laki-laki : Membuahi (spermatozoa) .Vagina .Suara halus .Ovarium (Indung Telur) .Prostat -Kromosom: XY .Bulu dada .Kantung zakar .Sperma .Ovum (Sel telur) .Suara Berat .Jakun .Buah zakar .Berkumis PEREMPUAN .Penis .Uterus (Rahim) -Menstruasi -Kromosom: XX .JENIS KELAMIN (SEX) Perbedaan biologis laki-laki dan perempuan berikut fungsi reproduksinya LAKI – LAKI Primer . Hamil.

emosional. & perkasa.laki & perempuan dalam suatu masyarakat. fungsi. cantik. Ciri. rasional. peran.Konsep gender → konsep sosial budaya yang digunakan untuk menggambarkan peran. rasional. & perkasa.laki & perempuan.laki ditentukan oleh masyarakat & kebudayaan dimana mereka dilahirkan & dibesarkan  Gender sbg harapan.ciri dari sifat itu merupakan sifat yg dapat dirubah misalnya ada laki. jantan.harapan budaya terhadap laki.  . fungsi. Sementara lelaki → dianggap kuat.  Konsep ini merujuk kepada pemahaman bahwa identitas. & keibuan.laki yg lemah lembut. dan perilaku laki. Misalnya: Perempuan → lemah lembut. kegiatan & persepsi baik tentang perempuan maupun laki. ada perempuan yang kuat. pola perilaku.

Masyarakat Tempat Kerja .Pencari nafkah tambahan . harapan & karakteristik femininitas dan maskulinitas antara laki-laki & perempuan hasil konstruksi sosial PROSES SOSIALISASI: Keluarga .Lingkup di sektor publik .dll TERJADI KERANCUAN GENDER=KODRATI Laki-laki .GENDER Perbedaan peran.Fungsi Produksi .Pencari nafkah utama Perempuan .Negara Sekolah .Sifat Maskulin .Fungsi Reproduksi . fungsi.Sifat Feminin .Interpretasi Agama Media Massa .Lingkup di sektor domestik . tanggungjawab.

fungsi & tanggung jawab antara lakilaki dan perempuan sebagai hasil konstruksi sosial * * * * * Ciptaan Tuhan Bersifat kodrat Tidak dapat berubah Tidak dapat ditukar Berlaku sepanjang zaman & di mana saja * * * * * Buatan manusia Tidak bersifat kodrat Dapat berubah Dapat ditukar Beragam. tergantung waktu dan budaya setempat .Perbedaan organ biologis laki-laki dan perempuan khususnya pada bagian reproduksi. Perbedaan peran.

 Ketidakadilan gender muncul karena pemahaman yang salah mengenai Perbedaan Gender & Peran Gender .Perbedaan Gender  Gender adalah sebuah konsep yang dijadikan parameter dalam pengidentifikasian peran laki-laki dan perempuan yang didasarkan pada pengaruh sosial budaya masyarakat (social contruction)  Efek yang muncul akibat perbedaan laki-laki & perempuan menimbulkan perdebatan → karena perbedaan jenis kelamin secara biologis melahirkan konsep budaya yg berkaitan dg perbedaan gender (gender differences) & ketidakadilan gender (gender inqualities)  Perbedaan gender sebenarnya bukan suatu masalah sepanjang tidak menimbulkan ketidakadilan gender.

GENDER Tidak dimiliki Sejak Lahir Tempat Kontribusi /benTuk sosial Bisa dibentuk/ Bisa berubah Waktu/ Jaman Suku/Ras/ Bangsa JENDER Dipengaruhi Oleh Budaya Status sosial -Bukan Kodrat .Dibuat manusia -Bisa di Ubah .relatif .Ciri-ciri tersebut bisa terdapat pada laki maupun perempuan Agama Negara/ Ideologi .

Peran Gender      Peran Gender adalah peran yang diciptakan masyarakat bagi lelaki dan perempuan. politik. Mengurus anak. mencari nafkah. sehingga bisa bertukar tempat tanpa menyalahi kodrat. kondisi dan tempat yang berbeda sehingga sangat mungkin dipertukarkan diantara laki-laki dan perempuan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa kita istilahkan sebagai peran Gender. mencuci. agama. mengerjakan pekerjaan rumah tangga (memasak. Peran Gender terbentuk melalui berbagai sistem nilai termasuk nilai-nilai adat. dll) adalah peran yg bisa dilakukan oleh laki-laki maupun perempuan. ekonomi. pendidikan. . tentunya peran Gender bisa berubah-ubah dalam waktu. Sebagai hasil bentukan sosial. dan lain sebagainya.

agresif. emosional. terus terang. rasional. dst Feminin : lembut . gagah. submisif. perasa . suka menantang. mengalah. perkasa. kalaupun bekerja dianggap sbg pelengkap Melahirkan KETIDAKADILAN GENDER karena oleh masyarakat sering disalahartikan sebagai “kodrat” . beraninya di belakang. perhatian.Maskulin : kuat. bergantung. dst Harus berkerja di luar rumah untuk kerja produksi / menghasilkan uang Karena harus menanggung beban keluarga maka harus diupah secara utuh Diberi tempat di dalam rumah untuk kerja domestik dan reproduksi Tidak perlu bekerja mencari nafkah. pemberani. tegas.

tidak mengubah jenis kelamin. ataupun sebaliknya . Gender → suatu bentuk rekayasa masyarakat (social contructions). bukannya sesuatu yang bersifat kodrati. tidak mengubah fungsi-fungsi biologis dalam diri perempuan menjadi laki-laki dan tidak juga dimaksudkan untuk mendorong perempuan mengubah dirinya menjadi seorang laki-laki. Peran Gender tidak akan mengubah kodrat manusia. Gender Tidak Melawan Kodrat.GENDER adalah suatu konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi perbedaan laki-laki dan perempuan dilihat dari segi pengaruh sosial budaya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->