P. 1
Produk Hilang (HP Proses)

Produk Hilang (HP Proses)

|Views: 132|Likes:

More info:

Published by: Bhayawz Bagoez Anggoro on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/30/2012

pdf

text

original

PRODUK HILANG DALAM PENGOLAHAN PADA HARGA POKOK PROSES

Dalam pengolahan produk dapat timbul produk hilang yaitu sebagian produk yang menguap, mengkristal atau menyusut di dalam pengolahan produk yang dapat disebabkan karena sifat pengolahan produk. Produk hilang tidak memiliki ujud phisik dan jumlahnya dapat dihitung dari selisih antara jumlah produk yang diolah dengan jumlah produk yang dihasilkan. a. Produk hilang dianggap terjadi awal proses: Apabila produk hilang dianggap terjadi pada awal proses karakteristik pengaruhnya terhadap perhitungan harga pokok sbb: (1). Produk hilang awal proses dianggap tidak menikmati biaya produksi pd dept atau tahap dimana produk hilang. (2). Dalam perhitungan produksi equivalen, produk hilang awal proses tidak dimasukkan di dlm produksi equivalen. (3.) Produk hilang awal proses tidak dibebani harga pokok.
@Saprudin 2011 1

(4) Produk hilang awal proses yang terjadi pada dept lanjutan. @Saprudin 2 . karakteristik pengaruhnya terhadap perhitungan harga pokok produk adalah sbb: (1). Apabila produk hilang dianggap terjadi pada akhir proses. Produk hilang pada akhir proses dianggap telah menikmati biaya produksi pd dept dimana produk hilang. (2). mengakibatkan harus dilakukan penyesuaian harga pokok satuan yang diterima dari dept sebelumnya. Produk hilang dianggap terjadi pada akhir proses. oleh karena pemikul biaya jumlahnya berkurang dan jumlah total biaya sama maka harga pokok satuan dari dept sebelumnya menjadi lebih besar (naik) b. karena produk hilang akhir proses dianggap telah menikmati biaya. Produk hilang pada akhir proses dimasukkan ke dlm perhitungan produksi equivalen.

(3) Produk hilang akhir proses diperhitungkan harga pokok. oleh karena pemikul harga pokok jumlahnya tidak bertambah yaitu sebesar produk selesai maka harga pokok satuan yang dipindahkan ke gudang produk selesai atau ke dept berikutnya ikut bertambah Lihat contoh @Saprudin 3 . harga pokok produk hilang tersebut dibebankan kepada produk selesai yang dipindahkan ke dept berikutnya atau ke gudang produk selesai. mengakibatkan jumlah total harga pokok produk selesai menjadi lebih besar. (4) Dengan pembebanan harga pokok produk hilang akhir proses kepada harga pokok produk selesai.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->