TANYA Apa yang dapat saya lakukan jika saya mengetahui atau merasa dirugikan atas tindakan dokter

dalam menjalankan praktik kedokteran?

JAWAB

Anda dapat mengadu ke Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI)

Siapa saja yang dapat mengadu ke MKDKI?

Setiap orang yang mengetahui secara langsung atau kepentingannya dirugikan atas tindakan dokter atau dokter gigi dalam menjalankan praktik kedokteran. Termasuk dalam pengertian orang adalah korporasi (badan) yang dirugikan kepentingannya. MKDKI menerima pengaduan dari masyarakat termasuk LSM, Tenaga Kesehatan, Institusi seperti Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Rumah Sakit, Organisasi Profesi, dsb Majelis Kehormatan Disiplin Kedokteran Indonesia (MKDKI) adalah lembaga Negara yang berwenang untuk 1) menentukan ada atau tidaknya kesalahan yang dilakukan dokter/dokter gigi dalam penerapan disiplin ilmu kedokteran/kedokteran gigi; dan 2) menetapkan sanksi bagi dokter/dokter gigi yang dinyatakan bersalah. Dasar pembentukan dan kewenangan MKDKI adalah Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran Pelanggaran disiplin kedokteran adalah pelanggaran terhadap aturan-aturan dan/atau ketentuan dalam penerapan disiplin ilmu kedokteran/kedokteran gigi. Dokter/dokter gigi dianggap

Apakah MKDKI itu?

Apa yang dimaksud dengan pelanggaran disiplin kedokteran?

or. dsb 1. membuat laporan medis yang tidak benar. Buatlah pengaduan secara tertulis dengan mengisi formulir yang dapat didownload di www.id (Format Pengaduan) atau Anda dapat memperoleh formulir tersebut dengan menghubungi petugas kami di (021) 72800920 2. Melakukan praktik dengan tidak kompeten 2. Anda dapat mendatangi kantor MKDKI. Bila Anda tidak dapat membuat pengaduan secara tertulis.inamc. memberikan "jaminan kesembuhan" kepada pasien. mengistruksikan atau melakukan pemeriksaan tambahan/pengobatan yang berlebihan. memberikan tindakan medis tanpa persetujuan pasien/keluarga. Tidak melakukan tugas dan tanggung jawab profesionalnya dengan baik (dalam hal ini tidak mencapai standar-standar dalam praktik kedokteran) 3. menelantarkan pasien pada saat membutuhkan penanganan segera. menolak menangani pasien tanpa alasan yang layak. berpraktik dengan ketidakmampuan fisik dan mental. dimana petugas kami akan membantu Anda membuat pengaduan secara tertulis Bagaimana cara mengadukan dokter/dokter gigi ke MKDKI? . melakukan pelecehan seksual. Berperilaku tercela yang merusak martabat dan kehormatan profesinya Apa saja yang termasuk pelanggaran disiplin kedokteran/ kedokteran gigi? Yang termasuk pelanggaran disiplin kedokteran/kedokteran gigi antara lain ketidakjujuran dalam berpraktik.melanggar disiplin kedokteran bila : 1. bekerja tidak sesuai standar asuhan medis.

Identitas pasien (jika pengadu bukan pasien). Pengaduan tersebut ditujukan kepada Ketua MKDKI. dan untuk melakukan pemeriksaan oleh Majelis. Identitas pengadu/pelapor. 3. Pengaduan tersebut harus dibubuhi tandatangan Pengadu/Pelapor diatas meterai yang cukup Dalam formulir pengaduan yang kami sediakan. 4. Jl. F3. Kebayoran Baru. dsb Informasi apa yang harus dimuat dalam pengaduan tersebut? Jika pengadu/pelapor tidak mencantumkan identitasnya dalam formulir pengaduan. Alasan pengaduan dan kronologis. Hang Jebat III Blok. Anda dapat menanyakannya kepada petugas kami 4. Jika menemukan kesulitan dalam mengisi form tersebut. Apa yang terjadi setelah pengaduan diterima MKDKI? . 2. terdapat beberapa informasi yang harus diberikan. Nama dan tempat praktik dokter/dokter gigi yang diadukan. untuk melakukan investigasi. antara lain : 1. 6.3. Anda akan mendapatkan tanda terima pengaduan (berisi nomor register pengaduan). 5. Jakarta Selatan 12120 5. Waktu tindakan dilakukan. Pernyataan tentang kebenaran pengaduan. dapatkah MKDKI menangani pengaduan tersebut? MKDKI membutuhkan identitas pengadu/pelapor untuk mendapatkan informasi yang cukup. Tanpa identitas yang jelas dari pengadu/pelapor akan menyulitkan kami dalam melaksanakan hal-hal tersebut Setelah semua kelengkapan data pengaduan diterima.

Terdapat hubungan profesional dokter-pasien dalam kejadian tersebut 4.inamc. Terdapat dugaan kuat adanya pelanggaran disiplin kedokteran/kedokteran gigi Jika keempat kriteria tersebut terpenuhi. pengaduan akan ditangani oleh Majelis Pemeriksa Awal ataupun Majelis Pemeriksa Disiplin.or.id (Proses Penanganan Pengaduan di MKDKI) Apa tujuan pemeriksaan awal oleh Majelis Pemeriksa Awal? Pemeriksaan awal oleh Majelis Pemeriksa Awal (MPA) untuk menentukan kewenangan MKDKI terhadap pengaduan tersebut Suatu pengaduan diputuskan menjadi kewenangan MKDKI apabila : 1. Alur proses penanganan pengaduan dugaan pelanggaran disiplin oleh MKDKI dapat dilihat pada www. Tindakan medis yang dilakukan oleh dokter/dokter gigi yang diadukan terjadi setelah tanggal 6 Oktober 2004 (setelah diundangkannya UU Nomor 29 Tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran) 3. 2.Setelah dilakukan verifikasi. akan dilanjutkan dengan pemeriksaan oleh Majelis Pemeriksa Disiplin (MPD) Apakah saya bisa mendapatkan informasi tentang proses penanganan pengaduan saya di MKDKI? Apa batasan kewenangan MKDKI terhadap suatu pengaduan? Anda dapat mengetahui proses penanganan pengaduan Saudara melalui telepon kepada petugas MKDKI di nomor (021) 72800920 . Dokter/dokter gigi yang diadukan telah terregistrasi di Konsil Kedokteran Indonesia.

Pengadu hanya dapat menghadiri : 1. Rekomendasi pencabutan Surat Tanda Registrasi (STR) atau Surat Izin Praktik (SIP). Kewajiban mengikuti pendidikan atau pelatihan di institusi pendidikan kedokteran atau kedokteran gigi Apakah MKDKI dapat menangani permintaan ganti rugi/kompensasi yang diajukan terhadap dokter teradu? 1. Sidang terbuka dengan agenda pembacaan keputusan Dapatkah pengadu menghadiri setiap persidangan di MKDKI? Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan sebagai berikut : 1. sanksi disiplin dalam keputusan MKDKI dapat berupa: Sanksi apa yang diberikan kepada dokter/dokter gigi yang dinyatakan melanggar disiplin kedokteran/ kedokteran gigi? 1. Pemberian peringatan tertulis 2. Penegakan disiplin oleh MKDKI pada hakikatnya dilakukan dalam rangka membina dan meningkatkan kinerja dokter dan dokter gigi Sesuai UU Praktik Kedokteran. Persidangan oleh MKDKI mengutamakan prinsip menjaga rahasia kedokteran 2. dan/atau 3. MKDKI berwenang untuk menentukan ada tidaknya pelanggaran disiplin oleh dokter/dokter gigi 2. MKDKI berwenang menetapkan sanksi disiplin kepada dokter/dokter gigi yang dinyatakan melanggar disiplin kedokteran/kedokteran gigi . Sidang tertutup dengan agenda mendengarkan keterangan pengadu sebagai saksi (jika diminta oleh Majelis) 2.

KKI. Dokter/dokter gigi yang diadukan dapat mengajukan keberatan terhadap keputusan MKDKI kepada Ketua MKDKI dalam waktu selambatlambatnya 30 hari sejak dibacakan atau diterimanya keputusan tersebut dengan mengajukan bukti baru yang mendukung keberatannya Majelis Pemeriksa Disiplin terdiri dari dokter. dokter gigi. MKDKI tidak menangani sengketa antara dokter dan pasien/keluarganya 4. Pengaduan dokter/dokter gigi kepada MKDKI ditujukan untuk meningkatkan kinerja dokter/dokter gigi yang bersangkutan. Keputusan MKDKI bersifat final dan mengikat dokter/dokter gigi yang diadukan. dan sarjana hukum yang bukan dokter/dokter gigi. Bagaimana saya dapat mengetahui hasil keputusan MKDKI terhadap pengaduan saya? Keputusan MKDKI akan diserahkan kepada Konsil Kedokteran Indonesia untuk pelaksanaan sanksi disiplin jika dokter/dokter gigi yang diadukan terbukti bersalah. diharapkan dapat mencapai objektifitas yang dapat dipertanggungjawabkan Lama penanganan pengaduan dugaan Apakah terhadap Keputusan MKDKI dapat diajukan banding? Apakah pemeriksaan MKDKI berjalan secara objektif? Berapa lama MKDKI . Departemen Kesehatan. Dengan hadirnya anggota majelis bukan dari profesi kedokteran/kedokteran gigi. MKDKI tidak menangani permasalahan ganti rugi yang diajukan pasien/keluarganya Anda dapat mengetahui hasil keputusan MKDKI dengan menghadiri dan mendengarkan pembacaan keputusan yang dilaksanakan secara terbuka. serta instansi terkait.3. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

proses dan bentuk sanksi disiplin yang dapat diputuskan oleh MKDKI. tetapi tidak dapat memberi nasihat tentang masalah hukum maupun masalah teknis medis. Untuk permasalahan hukum Anda dapat menghubungi penasihat hukum Anda Apakah MKDKI dapat memberikan nasihat atau pendapat kepada pengadu atau dokter/dokter gigi teradu? . tergantung pada kompleksitas kasus dan banyaknya informasi yang diperlukan dalam pemeriksaan oleh majelis MKDKI dapat memberikan informasi tentang ketentuan-ketentuan yang berlaku di MKDKI.menangani pengaduan saya? pelanggaran disiplin kedokteran/kedokteran gigi oleh MKDKI tidak dapat ditentukan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful