Protein dan Enzim

ENZIM

• Kecepatan dari suatu reaksi enzimatik akan bertambah seiring dengan bertambahnya konsentrasi substrat.Pengaruh Konsentrasi Substrat Terhadap Kecepatan Reaksi • Enzim E bergabung dengan substrat S membentuk kompleks enzim-substrat ES pada reaksi dapat balik. • Kecepatan meningkat dengan nilai yang semakin kecil sampai mencapai titik batas. .

Kurva kejenuhan substrat bagi suatu enzim dinyatakan secara matematik melalui persamaan Michaelis-Menten .Hubungan Kuantitatif antara Konsentrasi Substrat dan Kecepatan Reaksi Enzimatik KM menyatakan hubungan yang tepat antara konsentrasi substrat dan kecepatan reaksi enzimatik.

Penurunan Persamaan Michaelis-Menten Kecepatan pembentukan ES = Kecepatan penguraian ES = Keadaan seimbang. kecepatan pembentukan = kecepatan penguraian .

Definisi Kecepatan awal v0 dengan melibatkan [ES] Kecepatan awal ditentukan oleh kecepatan penguraian [ES]. yang tetapan kecepatan reaksinya adalah k2 .

Enzim Mengkatalis Reaksi dengan Dua Substrat Reaksi Berganti Tunggal : Kedua substrat berikatan dengan enzim secara acak dan membentuk produk Reaksi Bergantian-Ganda : Hanya ada 1 dari 2 substrat yang terikat pada sisi katalitik .

Enzim memiliki pH optimum • Aktivitas pH dari pepsin yang menghidrolisa ikatan peptida dari protein tertentu selama pencernaan di lambung • Aktivitas pH 6-fosfatase glukosa pada sel hati yang menyebabkan pelepasan glukosa ke dalam darah. .

Enzim Dapat Dihambat Oleh Senyawa Kimiawi Spesifik Senyawa kimia tertentu dapat menghambat kerja enzim dengan cara memperlambat atau menghentikan reaksi enzimatik. .

atau merusak suatu gugus fungsional pada molekul enzim yang penting bagi aktifitas katalitiknya . Penghambat Enzim Tidak dapat Balik (Irreversible) Penghambat ini beraksi dengan.1.

Kompetitif Penghambat berlomba dengan substrat untuk berikatan dengan sisi aktif enzim tetapi sekalipun terikat tidak dapat diubah oleh enzim tersebut. . Penghambat Enzim Dapat Balik (Reversible) 1.2.

Nonkompetitif Penghambat berikatan dengan enzim disisi lain dari tempat terikatnya substrat. .2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful