P. 1
PPT Enzim

PPT Enzim

|Views: 27|Likes:
Published by Aida Efrini

More info:

Published by: Aida Efrini on Oct 02, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/04/2013

pdf

text

original

Protein dan Enzim

ENZIM

• Kecepatan dari suatu reaksi enzimatik akan bertambah seiring dengan bertambahnya konsentrasi substrat.Pengaruh Konsentrasi Substrat Terhadap Kecepatan Reaksi • Enzim E bergabung dengan substrat S membentuk kompleks enzim-substrat ES pada reaksi dapat balik. . • Kecepatan meningkat dengan nilai yang semakin kecil sampai mencapai titik batas.

Kurva kejenuhan substrat bagi suatu enzim dinyatakan secara matematik melalui persamaan Michaelis-Menten .Hubungan Kuantitatif antara Konsentrasi Substrat dan Kecepatan Reaksi Enzimatik KM menyatakan hubungan yang tepat antara konsentrasi substrat dan kecepatan reaksi enzimatik.

Penurunan Persamaan Michaelis-Menten Kecepatan pembentukan ES = Kecepatan penguraian ES = Keadaan seimbang. kecepatan pembentukan = kecepatan penguraian .

yang tetapan kecepatan reaksinya adalah k2 .Definisi Kecepatan awal v0 dengan melibatkan [ES] Kecepatan awal ditentukan oleh kecepatan penguraian [ES].

Enzim Mengkatalis Reaksi dengan Dua Substrat Reaksi Berganti Tunggal : Kedua substrat berikatan dengan enzim secara acak dan membentuk produk Reaksi Bergantian-Ganda : Hanya ada 1 dari 2 substrat yang terikat pada sisi katalitik .

.Enzim memiliki pH optimum • Aktivitas pH dari pepsin yang menghidrolisa ikatan peptida dari protein tertentu selama pencernaan di lambung • Aktivitas pH 6-fosfatase glukosa pada sel hati yang menyebabkan pelepasan glukosa ke dalam darah.

.Enzim Dapat Dihambat Oleh Senyawa Kimiawi Spesifik Senyawa kimia tertentu dapat menghambat kerja enzim dengan cara memperlambat atau menghentikan reaksi enzimatik.

1. atau merusak suatu gugus fungsional pada molekul enzim yang penting bagi aktifitas katalitiknya . Penghambat Enzim Tidak dapat Balik (Irreversible) Penghambat ini beraksi dengan.

. Penghambat Enzim Dapat Balik (Reversible) 1. Kompetitif Penghambat berlomba dengan substrat untuk berikatan dengan sisi aktif enzim tetapi sekalipun terikat tidak dapat diubah oleh enzim tersebut.2.

. Nonkompetitif Penghambat berikatan dengan enzim disisi lain dari tempat terikatnya substrat.2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->