Penelitian dan riset menyatakan bahwa Asap rokok mengandung lebih dari 4000 jenis racun!

CO, Tar, Nikotin, Camper, DDT, bahkan masih banyak jenis lainnya. Dan tahukah anda bahwa di dalam asap rokok terdapat suatu kemampuan yang menjadikan dirinya sebagai sumber radioaktif yang sangat berbahaya. Dijabarkan bahwa orang orang yang mengisap 1,5 bungkus rokok setiap harinya mengalami radiasi yang sama dengan orang yang mendapatkan rontgen sebanyak 350 kali. Tahukah anda pasien separah apapun tidak akan pernah mendapatkan rontgen sampai 350 kali dalam 1 tahun. Namun bayangkan perokok yang mendapatkannya dalam 1 hari. Bukan bukan, bukan hanya perokok. Namun juga orang orang disekitar sang perokok. http://whateverjeezz.blogspot.com/2012/08/kandungan-asap-rokok-radioaktif.html 20:39 Respiratori Kandungan Kandungan Asap Rokok

Asap Rokok

Nikotin merupakan dadah yang kuat. Nikotin bertindak terhadap pusat kepuasan di otak yang menyebabkan perokok terangsang pada peringkat awal, tetapi keadaan ini kemudiannya disusuli oleh kemurungan. Didapati bahawa corak penagihan terhadap dadah berat sama seperti Cocaine, Amphetamine dan Morphine. Nikotin meningkatkan penghasilan bahan kimia yang dinamai dopamine dan berhubung rapat dengan pusat-pusat emosi di otak. Tindakan ini adalah sama seperti dadah-dadah tersebut. Nikotin menyebabkan perubahan-perubahan berikut di dalam tubuh, ianya termasuklah :1. Peningkatan kadar denyutan jantung. 2. Konstriksi ( pengecilan ) salur darah dan kenaikan tekanan darah. 3. Peningkatan kepekatan asid lemak dalam darah. Keadaan ini akan menyebabkan arteri tersumbat apabila diiringi dengan kenaikan daya lekatan platelet darah. Kesan Tar Manusia merokok kerana inginkan kesan nikotin, tetapi kebanyakan kematian akibat tabiat merokok berpunca daripada tar. Bahan tar apabila masuk ke dalam sistem tubuh akan diubahsuai di hati kepada suatu bahan yang dikenali sebagai epoksida. Epoksida juga ini berbahaya kerana melalui tindakannya pada DNA yang merupakan unit asas baka sel, akan mencetuskan pertumbuhan sel yang tidak normal pada organ. Kesan Karbon Monoksida Karbon monoksida ialah gas yang tidak berbau dan tidak berwarna serta lebih mudah bercantum dengan hemoglobin darah berbanding oksigen. Keadaan ini tentu akan menjejaskan keupayaan darah untuk membekalkan oksigen kepada tisu-tisu tubuh. Bagi menampung kekurangan ini, jantung dan paru-paru terpaksa bekerja dengan lebih kuat lagi. Karbon monoksida juga merosakkan dinding arteri dan dengan itu, mendorong berlakunya penyakit jantung.

20:42 http://zulrose.tripod.com/respiratory/id21.html

KANDUNGAN ASAP ROKOK
KANDUNGAN ASAP ROKOK SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KESEHATAN DAN LINGKUNGAN

Nicotiana rustica dan spesies lainnya atau sintetisnya yang mengandung nikotin dan tar dengan atau tanpa bahan tambahan.Oleh : ELY MASRIDAYANTI SIREGAR DWI PUSPITA SARI IWAN MATSUM SAID JUANDA FADLI SU’ADA MAYUDA BUGIS YULI AZNI HP PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SUMATERA UTARA MEDAN 2007 ROKOK • hasil olahan tembakau terbungkus termasuk cerutu atau bentuk lainnya yang dihasilkan dari tanaman Nicotiana tabacum. .

• salah satu zat adiktif yang bila digunakan mengakibatkan bahaya kesehatan bagi individu maupun masyarakat. • Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaring nikotin. rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Kandungan Asap rokok • • • • • • • bahan radio aktif ( polonium-201) bahan-bahan yang digunakan didalam cat (aceton) pencuci lantai (ammonia ) obat Ngengat ( raphthlene ) racun serangga ( DDT ) racun anai-anai ( arsenik ) gas beracun ( hydrogencyanide ) yang digunakan dikamar gas maut bagi yang yang menjalani hukuman mati. silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. oleh karena itu di perlukan berbagai kegiatan pengamanan rokok bagi kesehatan • • Meliputi rokok kretek dan rokok putih. JENIS ROKOK • Ada dua jenis rokok. Dan lain-lain • .

Aspek kandungan asap rokok Menurut WHO (World Health Organization) ternyata mengandung 4. phenol bhutane (bahan bakar korek api). • • • • • • • Polonium –201 (bahan radioaktif). ammonia (bahan untuk pencuci lantai). vinyil chloride (bahan plastik PVC). ASPEK KANDUNGAN ASAP ROKOK • • • • • nikotin (sebuah zat yang bisa menimbulkan kecanduan). cadmium (digunakan untuk accu mobil). acetone (bahan pembuat cat).000 zat kimia diantaranya . carbon monoxide (asap dari knalpot kendaraan) dsb • Komponen gas asap rokok • karbon monoksida ( CO) . tar (bahan karsinogen penyebab kanker) methanol (bahan bakar roket). napthalene (bahan kapur barus). DDT & arsenic (yang biasa untuk racun serangga). hydrogen cyanida (gas beracun yang lazim digunakan di kamar eksekusi hukuman mati).

Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. . dan tidak memliki rasa Partikel • Tar Mengandung bahan kimia yang beracun sebahagian merusak sel paru-paru dan menyebabkan kanker/ karbinogen. Komponen gas asap rokok • • Hidrogen syanida Sejenis gas yang tidak berwarna. tidak berbau. • Formal Dehid Sejenis gas tidak berwarna dan bau yang tajam. • Nitrogen Oksida Sejenis gas tidak berwarna dan bila terisap dapat menyebabkan hilangnya pertumbuhan dan mengakibatkan rasa sakit. • Ammonia Merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangat merangsang begitu kerasnya racun yang ada pada amonia sehingga kalau disuntikkan sedikit pun kepada peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.sejenis gas yang tidak memiliki bau.

mulut.• Nikotin Adalah cairan berminyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat. Gas CO adalah sejenis gas yang tidak memiliki bau. Gas CO yang dihasilkan sebatang rokok dapat mencapai 3 – 6%. berhubungan terhadap peningkatan resiko penyakit kardiovaskuler (termasuk stroke).com/2008/05/kandungan-asap-rokok. Sesudah itu perokok tidak akan menelan semua asap tetapi ia semburkan lagi keluar. Asap rokok dihubungkan dengan leukemia. Bagian dari aspek karsinogenik dari asap rokok. tahanan jantung. Asap rokok bertanggung jawab terhadap lebih dari 85% kanker paru-paru dan berhubungan dengan kanker mulut. lambung. atau orang yang berada dalam satu ruangan. karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim. nikotin. http://matsum. Oleh orang yang merokok atau orang yang terdekat dengan si perokok. gas ini dapat di hisap oleh siapa saja. penyakit pembuluh perifer dan aneurisme aorta ZAT-ZAT BERACUN PADA ROKOK Rokok mengandung kurang lebih 4000 lebih elemen-elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar. aesofagus. Meminum atau menghisap metanol dapat mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian. kematian tiba-tiba. faring. Racun utama pada rokok adalah tar..html 20:43 Merokok sangat berbahaya dan merusak kesehatan. Zat ini beracun dan membahayakan. Karbon monoksida (CO). Zat-zat beracun yang terdapat dalam rokok antara lain adalah sebagai berikut : 1. dalam sebatang rokok juga mengandung bahan-bahan kimia lain yang tak kalah beracunnya. . saluran kencing. Selain itu.blogspot. pankreas. sedangkan arus pinggir (side – stream) akan tetap berada diluar. Unsur ini dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. ureter. • Metanol Sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar. yaitu arus yang tengah atau mid-stream. kandung kemih dan usus. dan karbon monoksida. laring. ginjal. • Fenol Merupakan campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organik seperti kayu dan arang serta diperoleh dari tar arang. Seorang yang merokok hanya akan menghisap 1/3 bagian saja.

2. 8. Efek lain merangsang berkelompoknya trombosit (sel pembekuan darah). di kaki. di jantung. 5. Jantung tidak diberikan kesempatan istirahat dan tekanan darah akan semakin meninggi. Perokok akan merasakan kenikmatan. Sel tubuh yang menderita kekurangan oksigen akan berusaha meningkatkan yaitu melalui kompensasi pembuluh darah dengan jalan menciut atau spasme. di ari-ari pada wanita hamil. Seperti halnya heroin dan kokain. 7. Pada paru. Penyempitan pembuluh darah akan terjadi dimana-mana. Amoniak Amoniak merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hydrogen. kecemasan berkurang. Artinya. toleransi dan keterikatan fisik. di saluran peranakan.5 – 3 ng. Zat ini sedikit banyak mengandung kadar alcohol. dan semuanya diserap. nikotin dapat menghambat aktivitas silia. di ginjal. Zat ini tajam baunya dan sangat merangsang. Nikotin Nikotin yang terkandung di dalam asap rokok antara 0. Di otak. Hidrogen Sianida/HCN .Gas CO mempunyai kemampuan mengikat hemoglobin (Hb) yang terdapat dalam sel darah merah (eritrosit) lebih kuat dibanding oksigen. Akrolein Akrolein merupakan zat cair yang tidak berwarna seperti aldehid. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya. nikotin juga memiliki karakteristik efek adiktif dan psikoaktif. di paru. Asam Format Asam format merupakan sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. trombosit akan menggumpal dan akhirnya akan menyumbat pembuluh darah yang sudah sempit akibat asap yang mengandung CO yang berasal dari rokok. Tar merupakan suatu zat karsinogen yang dapat menimbulkan kanker pada jalan nafas dan paru-paru. berakibat timbulnya hipertensi. Nikotin bukan merupakan komponen karsinogenik. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut. Tar Tar adalah sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam yang merupakan substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru. Efek nikotin menyebabkan perangsangan terhadap hormon kathekolamin (adrenalin) yang bersifat memacu jantung dan tekanan darah. 4. 6. Kadmium Kadmium adalah zat yang dapat meracuni jaringan tubuh terutama ginjal. Kadar tar pada rokok antara 0. oleh karena yang diangkut adalah CO dan bukan O2 (oksigen). ditambah lagi sel darah merah akan semakin kekurangan oksigen. Hal itulah yang menyebabkan mengapa sekali merokok susah untuk berhenti. 3.5-35 mg per batang. Hasil pembusukan panas dari nikotin seperti dibensakridin. dan nitrosamin-lah yang bersifat karsinogenik. sehingga di dalam cairan darah atau plasma antara 40 – 50 ng/ml. Begitu kerasnya racun yang ada pada ammonia sehingga jika masuk sedikit pun ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma. Bila proses spasme berlangsung lama dan terus menerus maka pembuluh darah akan mudah rusak dengan terjadinya proses aterosklerosis (penyempitan). dibensokarbasol. sehingga setiap ada asap rokok disamping kadar oksigen udara yang sudah berkurang. akrolein ini adalah alcohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Formaldehid Formaldehid adalah sejenis gas tidak berwarna dengan bau tajam. Fenol Fenol adalah campuran dari kristal yang dihasilkan dari distilasi beberapa zat organic seperti kayu dan arang.com/2009/02/02/kandungan-kimia-rokok-dan-bahayanya/ 20:45 Asap Rokok Kandung 4. 13. Piridin Piridin adalah sejenis cairan tidak berwarna dengan bau tajam. 11. Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama.wordpress. Hidrogen sulfida Hidrogen sulfida adalah sejenis gas yang beracun yang gampang terbakar dengan bau yang keras. mudah terbakar dan sangat efisien untuk menghalangi pernapasan dan merusak saluran pernapasan. Nitrous oxide ini adalah sejenis zat yang pada mulanya dapat digunakan sebagai pembius waktu melakukan operasi oleh dokter. 9. 12. Sedikit saja sianida dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian. Zat ini menghalangi oksidasi enzim (zat besi yang berisi pigmen). Metanol Metanol adalah sejenis cairan ringan yang mudah menguap dan mudah terbakar.000 Zat Kimia Berbahaya . Zat ini dapat digunakan mengubah sifat alcohol sebagai pelarut dan pembunuh hama. Zat ini beracun dan membahayakan karena fenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim.Hidrogen sianida merupakan sejenis gas yang tidak berwarna. Asetol Asetol adalah hasil pemanasan aldehid (sejenis zat yang tidak berwarna yang bebas bergerak) dan mudah menguap dengan alcohol. Sianida adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Kandungan asap rokok yang bersifat karsinogenik dan toksik termasuk komponen fase gas dan fase partikulat http://teyhirafarm. serta diperoleh dari tar arang. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme hidup. 10. Metil Klorida Metil klorida adalah campuran dari zat-zat bervalensi satu antara hydrogen dan karbon merupakan unsurnya yang utama. 16. Meminum atau menghisap methanol mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian. Tabel. 15. Zat ini adalah senyawa organic yang beracun. 14. Zat ini merupakan zat yang paling ringan. dan bila terhisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan menyebabkan rasa sakit. Nitrous Oxid Nitrous oxide merupakan sejenis gas yang tidak berwarna.

Selain itu." katanya. uap fosfor. Anggapan tersebut membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk meninggalkan kebiasaan merokok.Asap rokok mengandung lebih dari 4. . Senin. kampus. Advisor Indonesia Institute Social for Development Sudibyo Markus mengatakan Indonesia merupakan konsumen rokok peringkat tiga terbesar di dunia setelah China dan India. Tingginya jumlah perokok tersebut disebabkan masih rendahnya kesadaran mengenai bahaya nikotin dalam rokok. asap rokok lebih membahayakan perokok pasif daripada perokok aktif. Menurut dia. kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. Endapan asap rokok yang berupa hasil pembakaran nikotin mudah melekat di benda-benda dalam ruangan. uap senyawa belerang. "Kondisi itu ditambah dengan iklan-iklan di media yang menganggap bahwa merokok adalah gaul. juga masih adanya anggapan di kalangan masyarakat bahwa rokok adalah warisan budaya. karena asap rokok berbahaya bagi kesehatan manusia.5 persen nikotin. Rektor UMY Dasron Hamid mengatakan aturan mengenai larangan merokok penting diterapkan di ruang-ruang publik. dan uap hasil pembakaran zat tambahan. "Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 1. Dengan adanya aturan itu diharapkan nanti seluruh ruang publik bisa benar-benar 100 persen bebas rokok. sekitar 240 miliar batang rokok telah dihisap oleh 240 juta penduduk Indonesia.000 zat kimia berbahaya seperti karbon monoksida." katanya. dan jantan. menurut dia. "Bahaya asap rokok 10 kali lebih besar daripada zat `ter` dalam rokok.blogspot. Dalam asap rokok kadarnya beberapa kali lebih besar dibanding yang diserap oleh perokok aktif. di Asri Medical Center (AMC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). http://mrphoo16. kata mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kartono Muhammad." katanya pada lokakarya Menuju Kawasan Tanpa Rokok 100 Persen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). dan kantor. dan bisa bertahan sampai lebih dari tiga tahun. Oleh karena itu. "Aturan tersebut diharapkan dapat diimplementasikan di ruang-ruang publik terutama sekolah. modern.com/2010/12/4000-zat-kimia-berbahaya-kandungan-asap." katanya. sianida. dan tetap berbahaya.html 20:49 Berikut adalah beberapa bahan kimia yang terkandung di dalam rokok: • Nikotin.

Cadmium.000 . Sianida. Dari gambar di atas dapat dijelaskan apa saja penyakit yang ditimbulkan pada saat kita merokok. Hidrogen sianida. Benzene. bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.• • • • • • • • • • • Tar. racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. bahaya merokok ini tidak hanya dirasakan oleh para perokok saja. Tetapi juga dapat dirasakan oleh orang-orang di sekitar mereka yang menghirup asap rokok dari perokok tersebut. Formaldehida. Arsenik. juga dikenal sebagai bensol. Asetilena. Amonia. yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. bahan yang terdapat dalam racun tikus. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida. Asap rokok mengandung lebih dari 4. Metanol (alkohol kayu). merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana. alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu. sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat. senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. dapat ditemukan di mana-mana. Karbon monoksida. Sebenarnya. senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.

Asap rokok juga mengandung Karbon Monoksida yang jika dihirup akan menggantikan fungsi Oksigen di sel – sel darah dan mengambil zat makanan dari jantung. lebih dari 50 jenis zat penyebab kanker dan lebih dari 100 bahan kimia beracun lainnya. menurut British Medical Association (BMA). zat yang terdapat dalam sampah berbahaya. Beberapa penyakit yang bisa timbul pada perokok pasif. karena asap rokok akan terhisap oleh siapa saja yang berada dekat si perokok. termasuk zat yang sering dijumpai dalam kandungan polusi udara yang berbahaya. Orang yang tidak merokok sangat dirugikan oleh asap rokok.bahan kimia. antara lain : Bagi orang dewasa • Kanker paru-paru • Penyakit jantung koroner • Penyakit hati • Asma • Bronkitis • Strike • Terganggunya pertumbuhan janin • Bayi lahir prematur Bagi anak-anak • Sindrom kematian mendadak pada bayi atau Cot death (Sudden infant death syndrome) • Infeksi/peradangan telinga • Infeksi/peradangan pernapasan • Asma atau "bibit" asma (yang akan diderita setelah dewasa nanti) • Pneumonia • Bronkhitis Dampak buruk lainnya • Pemendekan nafas • Nausea • Iritasi pernafasan • Sakit kepala • Batuk • Iritasi mata . otak. dan organ tubuh lain.

. bagi para "perokok" lebih baik merokok di tempat seharusnya yang telah disediakan di tempat umum. Dengan ini setiap sedutan itu menyerupai satu sedutan maut. untuk itu berikut saya akan memberikan suatu info tentang kandungan yang di miliki oleh rokok kesayangan anda ini .Oleh karena itu.com/2012/05/bahaya-merokok-bagi-diri-sendiri-dan. apalagi keluarga anda yang sangat sayang kepada anda. karena jenis perokok pasif dengan aktif sangat berbeda .maka secara tidak sada anda telah meracuni teman anda .ketika anda merokok maka anda menghasilkan banyakbahan yang berbahaya tidak bagi anda melainkan bagi orang lain .asap rokok yang di hasilkan memiliki banyak kandungan yang sngat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda .blogspot.com smallcrab. Sumber: • • • • • gambar1 gambar2 wikipedia rofingi.com http://odeliajulita. sebabnya adalah ketika anda merokok maka anda akan menghasilakn suatu bahan zat dari asap rokok tadi itu kepada perokok pasif . saudara dan akan menimbulkan suatu kematian apabila ini berjalan secara terus menerus dengan selang waktu yang cukup lama .Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa maut. karena dengan begitu diri anda sehat dan orang lain di sekitar andapun sehat. Kalau saran saya yang lebih utama adalah mencobalah untuk berhenti merokok. daripada memberikan dampak negatif bagi orang-orang di sekitar anda.html 20:51 kandungan rokok yang menimbulkan kematian .

nikotin juga sangat berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. zat racun ini juga dapat . karena nikotin didalam tubuh manusia bisa mengendap dan lama-lama akan merusak paru-paru . Tar dalam rokok akan meninggalkan noda pada gigi perokok dan mengubahnya menjadi kuning dan kecoklatan. Kandungan rokok dengan kadar tar yang tinggi memiliki lebih dari 22 mg tar di masing-masing rokok.Berikut kandungan zat yang ada dalam rokok: • • · Nikotin. kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks. Rokok memiliki kadar tar yang berbeda-beda. kandungan nikotin yang kian numpuk dalam tubuh anda akan menyebabkan kematian secara lebih cepat dalam sel jaringan tubuh anda . · Tar. sedangkan kandungan rokok dengan kadar yang rendah memiliki kurang dari 7 mg saja. salah satu zat yang ada dalam Rokok yang mana dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan didalam paru-paru. Dan dalam jenis ini penyakit banyak di akibatkan oleh adanya nikotin dalam tubuh adalah penyakit kanker . Ia merupakan campuran dari beberapa zat yang bersama-sama membentuk suatu massa yang dapat melekat di paru-paru. pernapasan dan masih banyak lainnya . sebuah zat yang dihasilkan dalam pembakaran tembakau (rokok biasa) dan bahan tanaman lain (rokok herbal) ketika seseorang merokok. untuk tingkat kefatalannya bisa menyebabkan kanker. yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik. Selain merubah warna gigi.

mulai dari rasa nyeri pada kepala. Didalam hati (liver) methanol akan dioksidasi menjadi formaldehid (formalin) dengan bantuan enzim alkohol dehydrogenase dan kemudian dimetabolisir lebih lanjut menjadi asam format oleh enzim formaldehid dehidrogenase · Asetilena. mual muntah. pusing. tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu. menyebabkan leukemia dan lainnya yang terkait dengankanker darah dan pra-kanker dari darah. hati dan sebagian yang dikeluarkan lewat saluran pencernaan. tremors. kebingungan. paru-paru. Ia juga dapat menyebabkan perdarahan yang berlebihan dan menurunkan system kekebalan. seperti periodontitis. sesak nafas. cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat. sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif. dada berdebar. inhalasi. dan ketidaksadaran. merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana. jantung dan otak dan dapat menyebabkan kerusakan kromosonal. Bahaya methanol bagi kesehatan yakni sangat mudah diserap oleh tubuh melalui rute pemberian (oral. alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol. · Hidrogen sianida. senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano. sebagai akibatnya terjadi kenaikan tekanan darah. meningkatkan kesempatan infeksi. dapat ditemukan di mana-mana.Gejala yang ditimbulkan oleh zat kimia sianida ini bermacam-macam. selalu berkeringat sampai korban tidak sadar dan apabila tidak segera ditangani dengan baik akan mengakibatkan kematian. juga dikenal sebagai bensol. · Metanol (alkohol kayu). . · Sianida. serta mengakibatkan kanker mulut. sakit kepala. topical). Apabila Cd masuk ke dalam tubuh maka sebagian besar akan terkumpul di dalam ginjal. racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. sedangkan menghirup low level benzene dapat menyebabkan kantuk. Cadmium dapat mempengaruhi otot polos pembuluh darah secara langsung maupun tidak langsung lewat ginjal. mempercepat denyut jantung. Efek dari sianida ini sangat cepat dan dapat mengakibatkan kematian dalam jangka waktu beberapa menit. Benzene adalah toksin yang menyerang hati. Saat ini sedang diadakan penelitian tentang pengaruh benzene terhadap tingkat kesuburan pria dan wanita. · Benzene. ginjal.Long term efeknya bisa menyebabkan kerusakan pada sumsum tulang dan dapat menyebabkan penurunan sel darah merah.• • • • • • • • mengakibatkan berbagai masalah gigi dan mulut lainnya. · Formaldehida. penyakit gusi. yang mengarah ke anemia. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida. · Cadmium. senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna. salah satu jenis logam berat yang berbahaya karena elemen ini beresiko tinggi terhadap pembuluh darah. · Amonia. Efek singkat menghirup high level benzene dapat mengakibatkan kematian.

Lebih terdedah kepada kanser .Pertumbuhan paru-paru kanak-kanak terganggu .html 20:53 .Mudah menjadi perokok apabila dewasa kelak http://adainfo4. Kesan Asap Rokok Terhadap Isteri Perokok Adalah : • • • • . bahan yang terdapat dalam racun tikus.Lebih mudah lelah -Mendapat jangkitan paru-paru . bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil. · Karbon monoksida.Mengurangkan kesuburan dan putus haid awal Kesan Asap Rokok Terhadap Anak Perokok : • • • • .blogspot.Melahirkan bayi yang tidak cukup bulan .• • · Arsenik.com/2012/06/kandungan-rokok-berhadiah-kematian.Melahirkan bayi yang kurang berat badan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful