Oleh: Agatha Putri Adwitya Danny Prasetya Rakhmatika Fitri Rosyidina Afifah

c .

Memunculkan organisme strain jahat. 2. Tetapi. Dengan adanya rekayasa genetika. termasuk menyisipkan gen jahat yang dapat digunakan untuk membunuh atau meneror manusia.Dilihat dari segi manfaatnya sangat banyak membantu manusi. tidak sedikit pula orang yang menyalahgunakan perkembangan ilmu biologi ini sehingga menimbulkan dampak negatif. Bakteri dan virus yang mematikan dapat digunakan sebagai senjata biologis untuk memusnahkan manusia. . 1. sifat – sifat makhluk hidup dapat diubah dengan mudah. Digunakan untuk senjata biologis. Berikut ini beberapa bahaya dan dampak negatif perkembangan ilmu biologi.

3. Hal ini tentu akan nengaburkan status anak dan menimbulkan permasalahan di lain waktu. Pelanggaran hukum dan nilai – nilai masyarakat. Organisme baru hasil rekayasa manusia dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam. . Mengganggu keseimbangan lingkungan. Misalnya ada seorang ibu yang hamil dengan teknik bayi tabung yang spermanya berasal dari bank sperma (tidak dari suaminya). 4.

yang dapat dikelompokkan ke dalalam tiga jenis.Jika tidak dipilih secara hati-hati atau tidak diolah dengan cara-cara yang benar. virus. pangan dapat membahayakan kesehatan konsumen yang menyantapnya. dan binatang pembawa penyakit lainnya. dan parasit yang dapat menyebabkan keracunan atau penyakit jika termakan oleh manusia. yaitu: bahaya biologis. bahaya kimia dan bahaya fisik. tanah. Umumnya cemaran mikroba dibawa oleh hama yaitu serangga seperti lalat. Cemaran mikroba ini dapat berasal dari udara. 1. Ada beberapa jenis bahaya dalam pangan. Bahan-bahan berbahaya itu masuk bersama-sama dengan pangan ke dalam tubuh dan menimbulkan penyakit atau keracunan. kecoa dan binatang pengerat seperti tikus. Bahaya biologis adalah bahaya berupa cemaran mikroba penyebab penyakit (patogen). Demikian juga virus hepatitis A dan parasit misalnya cacing dapat berasal dari lingkungan yang kotor. karena bisa tercemar oleh bahan¬bahan berbahaya. . air dan tempat-tempat lainnya yang kotor.

.

kecoa. . 2.1. Untuk menghindari bahaya biologis. misalnya dengan mengolah pangan di tempat yang jauh dari sumber pencemaran seperti tempat penyimpanan pupuk. dan/atau cemaran fisik lainnya. gunakan hanya bahan yang sudah bersih dari kerikil. jauhkan atau lindungi bahan pangan atau makanan dari pencemaran misalnya dengan cara melindungi (menutup) bahan pangan atau makanan dari serangan hama seperti lalat. jauhkan atau lindungi bahan pangan dari cemaran kimia. Untuk menghindari bahaya fisik. insektisida. oil dan sebagainya. Sortasi (pemisahan)dan mencuci adalah tahap-tahap pengolahan yang baik untuk menghindari bahaya fisik. tikus dan binatang pembawa penyakit lainnya. Untuk menghindari bahaya kimia. Menggunakan bahan pangan yang bersih bebas pestisida adalah cara lainnya untuk menghindar dari bahaya kimia. Memilih bahan pangan yang bermutu baik adalah suatu cara yang paling utama dalam menghindari bahaya biologis. 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful