P. 1
MAKALAH BAHAYA MEROKOK

MAKALAH BAHAYA MEROKOK

|Views: 1,268|Likes:
Published by slampack

More info:

Published by: slampack on Oct 03, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/25/2013

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah Sebagaimana kita ketahui, pembangunan di Indonesia pada hakikatnya di tujuakan pada pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya. Indonesia merupakan salah satu Negara dengan populasi manusia terbesar di dunia. Oleh karena itu, masalah yang harus banyak mendapat perhatian serius dari pemerintah. Salah satu penyebab rendahnya kualitas kesehatan masyarakat kita yaitu banyaknya konsumsi rokok diberbagai kalangan masyarakat. Rokok sudah merupakan suatu hal yang dianggap utama bagi sebagian kalangan. Dan sulitnya mengubah kebiasaan merokok adalah masalah utama yang sedang kita hadapi saat ini. Dalam sebatangnya rokok terdapat beberapa juta-juta racun yang siap menggerogoti tubuh. Salah satu upaya untuk menjaga kesentan tubuh tercantum dalah UUD 1945 yaitu, ikut mencerdaskan kehidupan bangsa, yang akan terlaksana apabila bangsa Indonesia sehat jasmani dan rohani. Hasil penelitian akan dituangkan pada bab selanjutnya.

B. Permasalahan Permasalahan yang akan dibahas meliputi hal-hal berikut : 1. Pengertian merokok secara umum 2. Kebiasaan merokok yang sulit dihentikan

1

3. Bahaya merokok bagi kesehatan 4. Upaya-upaya untuk menanggulangi bahaya merokok bagi kesehatan dan cara berhenti merokok.

C. Tujuan Penelitian / Penulisan 1. Tujuan Umum Masyakat mampu memahami akan bahaya merkok bagi kesehatan. Dan diharapkan masyarakat bias menerapkan pola hidup yang sehat tanpa asap rokok 2. Tujuan Khusus Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Bahasa Indonesia

D. Metode Penelitian / Penulisan Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini adalah metode pustaka. Yaitu dengan mecari informasi dari buku-buku yang ada kaitannya dengan masalah ini. Penulis juga mengumpulkan data-data dari internet sebagai bahan pelengkap informasi.

E. Manfaat Penelitian / Penulisan Dengan ditulisnya makalah ini, diharapkan bias bermanfaat bagi masyarakat dalam menambah wawasannya, dan agar masyakrat bisa menjaga kesehatan dengan membiasakan pola hidup sehat tanpa asap rokok.

2

F. Landasan Teori Merokok secara umum berarti menghirup, menghisap, dan

mengeluarkan asap yang dihasilkan dari campuran temabakau, cenkeh dan bahan-bahan lain yang mampunyai wangi khas mengakibatkan kecanduan.

3

BAB II PEMBAHASAN

A. Pengertian Merokok Secara Umum Definisi rokok menurut wikipedia adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Ada dua jenis rokok, rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintetis yang berfungsi menyaring nikotin. Rokok biasanya dijual dalam bungkusan berbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam kantong. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung. Manusia di dunia yang merokok untuk pertama kalinya adalah suku bangsa Indian di Amerika, untuk keperluan ritual seperti memuja dewa atau roh. Pada abad 16, Ketika bangsa Eropa menemukan benua Amerika, sebagian dari para penjelajah Eropa itu ikut mencoba-coba menghisap rokok dan kemudian membawa tembakau ke Eropa. Kemudian kebiasaan merokok mulai muncul di kalangan bangsawan Eropa. Tapi berbeda dengan bangsa Indian yang merokok untuk keperluan ritual, di Eropa orang merokok hanya untuk kesenangan

4

semata-mata. Abad 17 para pedagang Spanyol masuk ke Turki dan saat itu kebiasaan merokok mulai masuk negara-negara Islam. Sekali lagi, sebuah studi memperlihatkan bahwa merokok tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri namun juga bagi lingkungan sekitar mereka. Laporan dari Dr Paolo Vineis seperti yang dilansir oleh The British Medical Journal menyatakan anak-anak memiliki resiko paling besar dari para orangtua perokok. Dampak perokok pada non perokok (perokok pasif) sudah lama diketahui. Namun bahaya mengenai orangtua perokok pada kesehatan anakanak baru kini mengemuka. Dari penelitian yang dilakukan oleh Dr Paolo Vineis disejumlah negara Eropa diketahui bahwa anak-anak mengalami dampak paling tinggi. Yaitu sekitar tiga kali lipat terkena kanker paru-paru dan masalah yang berhubungan dengan pernafasan lainya dari orangtua yang perokok. Resiko anak-anak terkena kanker paru-paru mengalami kenaikan sampai 3.6 kali dari orangtua perokok karena anak-anak ini telah menjadi seorang perokok pasif. Merokok dirumah memang tidak dilarang namun Dr Paolo menyarankan orang tua seharusnya tidak merokok di rumah saat anak-anak mereka berada disekitarnya. Dr. Norman Edelman memberikan saran lain bahwa seandainya harus merokok disarankan untuk tidak merokok diruangan tertutup. Setiap batang rokok yang dinyalakan akan mengeluarkan lebih 4 000 bahan kimia beracun yang membahayakan dan boleh membawa kematian.

5

Dengan ini setiap hisapan itu menyerupai satu hisapan maut. Di antara kandungan asap rokok termasuklah bahan radioaktif (polonium-201) dan bahanbahan yang digunakan di dalam cat (acetone), pencuci lantai (ammonia), ubat gegat (naphthalene), racun serangga (DDT), racun anai-anai (arsenic), gas beracun (hydrogen cyanide) yang digunakan di “kamar gas maut”. Bagaimanapun, racun paling penting adalah Tar, Nikotin dan Karbon Monoksida. Tar mengandung sekurang-kurangnya 43 bahan kimia yang diketahui menjadi penyebab kanker (karsinogen). Bahan seperti benzopyrene yaitu sejenis policyclic aromatic hydrocarbon (PAH) telah lama disahkan sebagai penyebab kanker. Nikotin, seperti najis dadah heroin, amfetamin dan kokain, bertindak balas di dalam otak dan mempunyai kesan kepada sistem mesolimbik yang menjadi penyebab utama ketagihan. Nikotin turut menjadi punca utama risiko serangan penyakit jantung dan strok. Hampir satu perempat pasien penyakit jantung adalah karena kebiasaan merokok. Karbon Monoksida pula adalah gas beracun yang biasanya dikeluarkan oleh knalpot kendaraan. Apabila racun rokok itu memasuki tubuh manusia , akan membawa kerusakkan pada setiap organ yang dilaluinya, bermula dari hidung, mulut, tenggorokan, saluran pernafasan, paru-paru, saluran darah, jantung, organ reproduksi, sehinggalah ke saluran kencing dan kandung kemih , yaitu apabila sebahagian dari racun-racun itu dikeluarkan dari badan dalam bentuk air seni.

6

B. Kebiasaan Merokok yang Sulit Dihentikan Ini sebuah fakta, betapa merananya seorang perokok. Alan Lenders, “Si Winstone Man” sejak usia 9 tahun telah mengenal rokok. Sejak itu, kebiasan merokok mencengkram hidupnya. Dari dua-tiga batang per hari, akhirnya ia menghisap 57 batang per hari. Bintang iklan rokok Winston ini pun menuai badai dari kebiasan buruknya. Tahun 1996, ia harus menjalani operasi sampai berkali-kali. Paru-parunya sebagian diambil karena kanker dan jantungnya harus di bedah. Setiap hari ia menerima suntikan sampai berkali-kali dan tidur dengan tumpukan es ditubuhnya. Semua itu hanya demi menghilangkan rasa sakitnya. Kasus tersebut mungkin hanya sebagian kecil saja dari berjuta-juta kasus seorang perokok yang hidupnya terpaksa harus berakhir secara menyakitkan. Tidak ada satu pun alasan yang dibenarkan untuk merokok. Semua alasan yang diberikan untuk memulai dan membiasakan dari untuk merokok biasanya untuk kepentingan diri sendiri. Mulai dari adiksi, rasa ingin tahu, rasa penolakan, takut akan penolakan teman, kebebasan individu, cinta pada gambaran tertentu dan kesenangan pribadi. Merokok tidak ada hubungannya dengan sikap jantan, meroko tak ada hubungannya dengan persahabatan, merokok bisa membunuh siapa saja yang menghisap asapnya.

C. Bahaya Merokok Bagi Kesehatan Manusia 1. Merokok menyebabkan penyakit jantung koroner

7

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian utama di Indonesia. Sekitar 40% kematian akibat serangan jantung yang terjadi sebelum unun 65 tahun bisanya berhubungan dengan kebiasaan merokok. 2. Merokok menyebabkan kanker Kanker juga merupakan salah satu penyebab kematian utama di Indonesia. Sekitar 90% kematian karena kanker paru-paru terjadi pada perokok. Sekitar 30-70% kanker mulut, tenggorokan, ginjal, kandung kemih dan pancreas berhubungan dengan kebiasaan merokok 3. Merokok Meruksak hutan, tanah dan air Sebagian besar hutan, tanah, air menanam tembakau, untuk mencukupi kebutuhan merokok di seluruh dunia, tanah dan air menjadi kotor oleh pupuk dan insektisida yang dipakai untuk mempertahankan tanaman tembakau.
4. Merokok mambahayakan kesehatan anak-anak

Bayi-bayi dan ibu perokok cenderung temasuk dalam ketegori berat badan bayi lahir renda dan dapat meninggal beberapa hari kemudian. 5. Merokok mambahayakan kesehatan janin Anak-anak dari orang tua perokok, dua kali lebih banyak terserang batuk, demam, sakit tenggorokan, bronchitis dan pneumonia. Selain itu, mereka juga cenderung mengalami kelambatan perkembangan fisik dan intelektual, serta cenderung menjadi perokok juga setelah dewasa. 6. Merokok menyebabkan bronkhitis kronik dan emphysema

8

Gejala awal dari bronkhitis kronik adalah yang disebut “batuk peroko” terutama saat bangun tidur. Emphysema adalah penyakit akibat kerusakan pada kantongkantong udara peru-paru sehingga penderita menjadi sesak nafas, sekitar 85% kematian karena emfisema berhubungan dengan kebiasaan merokok. 7. Memrokok memperberat tuka lambung dan usus kecil Merokok menyebabkan resiko terkena tukak lambung . usus keicl meningkat dua kali lipat. Memperpanjang waktu penyembuhan dan meningkatkan resiko kematian karena pendarahan tukak lambung. 8. Merokok menurunkan stamina dan kecepatan bereaksi 9. Merokok menybabkan bau mulut, menodai gigi dan meningkatkan drajat kerusakan gigi 10. Merokok memperpendek usia Setiap menghisap sebatang rokok, akan memperpendek usia sekitar 5 menit. Usia perokok berat, bisa diperpendek sampai dengan 15 tahun. Jelas bahwa akibat kebiasaan merokok ini sangat serius. Karena itu, pilihlah cara yang bijaksana agar hidup kita tetap biasa bisa berjalan baik tanpa asap rokok. D. Upaya untuk Mengatasi Bahaya Merokok dan Cara Berhenti Merokok Pemerintah telah mendesak masuk untuk menekan maju dengan larangan pada anak-anak menggunakan sunbeds dan memperbaharui antimerokok upaya untuk menurunkan suku bunga kanker.Sebagai penelitian baru

9

menunjukkan perokok menyala sebuah rokok rata-rata 23 hari - 10 tahun lalu lebih dari - Cancer Society Irlandia menuntut strategi tembakau nasional. Kelompok lobi menyerukan larangan kursi berjemur untuk di bawah 18 tahun dan orang dewasa berkulit putih dan perpanjangan untuk kelompok usia yang skrining untuk kanker payudara dan usus.Kathleen O'Meara, dari Cancer Society Irlandia, memperingatkan kanker itu muncul dengan satu dari tiga orang diharapkan dapat didiagnosis dengan penyakit di Irlandia di beberapa titik dalam hidup mereka."Kabar baiknya adalah bahwa kita dapat menurunkan suku kanker dan meningkatkan tingkat ketahanan hidup jika kita mengambil tindakan sekarang yang mengapa kita menetapkan rencana tiga-titik bagi pemerintah baru," kata Ms O'Meara. Menteri Kesehatan Mary Harney tahun lalu mengatakan, Kesehatan Masyarakat (Sunbeds) RUU telah disetujui oleh kabinet dan dia juga menyarankan suatu larangan langsung pada penyamakan ultra-violet.Tidak ada tagihan telah dibawa sebelum Oireachtas.Kelompok lobi juga mengatakan memotong tingkat merokok adalah salah satu tantangan terbesar, dan meminta pemerintah baru untuk memperkenalkan dukungan masyarakat untuk berhenti merokok, menyoroti bahaya merokok, mengatasi penyelundupan dan memastikan harga rokok yang tinggi. "Kami tidak akan menangani kanker jika kita tidak menangani tembakau karena merokok menyebabkan 30pc dari semua kanker," kata Ms O'Meara."Kami ingin pemerintah baru untuk menyusun rencana yang membawa tingkat merokok ke 20pc pada tahun 2020."

10

Peluncuran ini bertepatan dengan penelitian baru dari Aviva Asuransi Kesehatan yang mengungkapkan hampir seperempat dari mereka yang mengisi cek kesehatan online mereka adalah perokok.Perusahaan itu mengatakan perokok Irlandia mengkonsumsi rata-rata 23 rokok setiap hari, biaya yang perokok sekitar 293,25 € setiap bulan dan 3.519 € per tahun. Perempuan yang merokok dua kali lipat jumlah rokok dibandingkan laki-laki, masing-masing dengan rata-rata 12 lebih.Co Longford memiliki jumlah perokok tertinggi di negara ini, dengan 30pc responden melaporkan mereka menyala, sedangkan Co Monaghan mencatat terendah untuk tahun kedua berturut-turut dengan 16pc. Statistik yang dikumpulkan melalui cek kesehatan online Aviva, dilengkapi dengan 18.845 orang dari Januari 2008 sampai dengan Desember 2010.Ms O'Meara mengatakan bahwa pada tahun 2020 akan ada lebih dari 40.000 kasus baru kanker didiagnosa setiap tahun."Pemerintah baru harus memiliki kanker tinggi pada agenda kesehatan jika kita ingin membuat kemajuan nyata dalam memangkas suku kanker dan meningkatkan tingkat kelangsungan hidup di Irlandia,"

BAB III PENUTUP

A. Kesimpulan

11

Merokok dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Mulai dari jantung koroner kanker paru-paru, sesak nafas hingga

mengakibatkan kematian. Satu-satunya cara agar kita terbebas dari bahaya rokok yaitu dengan cara menghindarinya. Karena, sekali mencoba rokok, maka kita akan selamanya terjerat oleh bahaya rokok. Dan bayi yang sudah terlanjur menjadi peroko maka langkah yang harus diambil adalah segera berhenti merokok. Meskipun cara tersebut cukup sulit dilakukan, namun apabila dalam hati kita sudah tertanam niat yang kuat, maka tidak menutup kemungkinan kebiasaan merokok bisa dihentikan.

B. Saran Merokok sama sekali tidak ada gunanya bagi kehidupan. Oleh karena itu, jauhilah rokok dan segeralah berhenti merokok agar kehidupan dimasa yang akan datang bisa lebih baik.

12

DAFTR PUSTAKA

http:/www.google.com Prof.Dr. Ariawan,dkk,1995,Cintailah Hidup Tanpa Merokok, Buku Panduan Kesehatan Keluarga. Jakarta

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->