P. 1
kalimat eksposisi

kalimat eksposisi

|Views: 99|Likes:
ini tugasku.. apa tugasmu?
ini tugasku.. apa tugasmu?

More info:

Published by: Muhammad Mubarak Chadyka Putra on Oct 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/01/2013

pdf

text

original

PARAGRAF EKSPOSISI

OLEH :

MUH. MUBARAK C.P

Paragraf Eksposisi 1 (definisi)
Tidur siang adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengistirahatkan mata, pikiran, otak, dan beberapa organ tubuh lainnya. Tidur ini biasanya dilakukan setelah makan sekitar pukul dua siang. Durasi untuk tidur siang yang baik antara 15 - 90 menit. Selain bermanfaat untuk mengistirahatkan diri, tidur siang juga dapat mengurangi stres, meningkatkan fokus dan memperpanjang umur.

Paragraf Eksposisi 2 (proses)
Jika akan menggunakan komputer, anda harus memperhatikan beberapa langkah yang tepat. Pertama, pastikan semua komponen listrik tersambung dengan sempurna. Kemudian, tekan tombol “power” pada CPU dan layar monitor sampai terdengar bunyi lembut tanda komputer bekerja. Tunggu sampai proses booting selesai. Setelah itu, akan muncul layar desktop komputer. Akhirnya, anda siap menggunakan komputer.

Paragraf Eksposisi 3 (ilustrasi)
Hidup itu bagaikan bersekolah, dimana ada banyak pelajaran yang harus kita pelajari, dan ujian yang harus kita lewati. Kejadian-kejadian yang kita alami, baik itu menyakitkan maupun membahagiakan adalah sebuah materi pelajaran dan juga merupakan sebuah ujian. Jika kita mampu mempelajarinya dengan baik maka kita akan mampu melewati sebuah ujian. Sehingga, kita akan naik ke kelas yang lebih tinggi. Jika sudah berada pada tingkat tersebut, maka kita akan mempelajari materi yang lebih sulit dan ujian yang lebih berat.

Paragraf Eksposisi 4 (perbandingan)
Sebenarnya, tidak ada bedanya antara korupsi dengan mencuri, hanya saja berbeda dari siapa pelakunya, jumlahnya dan alasan melakukan hal itu. Kalau korupsi dilakukan oleh kalangan atas seperti pejabat publik, sedangkan mencuri identik dilakukan oleh kalangan bawah.

Paragraf Eksposisi 5 (pertentangan)
Faktanya, hukuman yang diberikan kepada koruptor lebih ringan dibandingkan dengan pencuri. Jika mencuri kebanyakan mempunyai alasan karena desakan ekonomi, lain halnya dengan korupsi yang didasari oleh sifat tamak pelakunya.

Paragraf Eksposisi 6 (Klasifikasi)
Sulawesi Selatan termasuk provinsi dengan jumlah penduduk dengan beragam suku bangsa. Secara umum, suku di Sulawesi Selatan ada 4, yaitu : Bugis, Makassar, Toraja dan Mandar. Suku bugis adalah suku dengan jumlah penduduk terbesar di Sulawesi Selatan dengan persentase sekitar 41 % dari keseluruhan penduduk. Suku Makassar berpenduduk sekitar 25,43% dari keseluruhan penduduk. Kemudian, ada suku Toraja yang diperuntukkan sekitar 9,0% dari penduduk Sul-Sel. Terakhir, ada suku Mandar berjumlah 6,1 % dari keseluruhan penduduk Sul-Sel.

Paragraf Eksposisi 7 (laporan)
Saat ini, jam kerja kebanyakan perusahaan adalah dari pukul 8 pagi sampai 4 sore. Namun, baru-baru ini sistem “waktu fleksibel” semakin banyak dipakai, khususnya perusahaan-perusahaan Jepang. Ini adalah sistem dimana karyawan punya kebebasan pada batas tertentu untuk menetapkan waktu kerja mereka sendiri. Sistem waktu fleksibel ini menjadi popular karena karyawan dapat menghindari jam-jam pulang pergi yang paling sibuk dan dapat bekerja sesuai dengan pola kehidupan mereka.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->