P. 1
Potensi Sumber Daya Air

Potensi Sumber Daya Air

|Views: 191|Likes:
Published by Haerul Anwar

More info:

Published by: Haerul Anwar on Oct 04, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2015

pdf

text

original

Potensi Sumber Daya Air

Sanidhya Nika Purnomo

Masalah yang berhubungan dengan sumberdaya air tidak hanya pada rekayasa dan teknologi, tetapi juga mencakup masalah sosial, ekonomi, politis dan lingkungan.

nidya

Rekreasi

Sumber Daya Air

Transportasi

Pertambahan Jumlah Penduduk

Industri

Irigasi dan Pertanian

Kebutuhan Manusia Sehari-hari dan sanitasi

 Sumber Daya Air: menguntungkan dan merugikan. Kekeringan Banjir .

.

dapat dilihat secara visual dengan tidak menggunakan peralatan tertentu. Potensi Sumber Daya Air Permukaan  Air permukaan: sumber air yang terdapat di atas permukaan bumi. nidya .A.

Energi Tenaga Biaya . Air sangat potensial untuk kepentingan kehidupan.

7% Salju 0.3% Air Sungai .3% Air Tawar 97% Air Laut 2.

 Pemanfaatan air secara terus menerus mengakibatkan turunnya permukaan air di daerah industri antara 3 – 15 m. .

  Sungai: suatu torehan dipermukaan lahan yang didalamnya terdapat air dan mengalir secara terus menerus ataupun pada waktu tertentu.Sumber Daya Air Sungai. Daerah sungai meliputi: aliran air. tanggul. nidya . bantaran. dan areal yang dinyatakan sebagai daerah sungai.

sehingga dalam pengelolaan dan pemanfaatannya akan memerlukan bangunan air lainnya. Sangat potensial dalam penyediaan sumber daya air yang sangat besar. nidya .Sumber Daya Air Danau   Danau: cekungan alamiah dipermukaan bumi dan terdapat genangan air yang mempunyai volume yang besar.

Danau Toba nidya Kelimutu Blue Lake. Flores .

Digunakan juga sebagai tempat menampung air banjir untuk sementara waktu dan dilepas / dibuang ke hilir pada waktu banjir surut. Fungsi utama: memperbaiki dan menstabilkan aliran air sungai. baik dengan pengaturan penyediaan air yang tidak tetap dari suatu aliran sungai.Sumber Daya Air Waduk    Waduk: Menampung kelebihan air dalam periode kelebihan air yang akan digunakan selama musim kering berikutnya. nidya .

Three Gorges Dam. Purwakarta nidya . China Waduk Jatiluhur.

dan sering disertai lahan gambut. Sumber Daya Air Rawa dan Pantai   Rawa: bersifat payau dan mengandung kadar asam yang cukup tinggi.B. Pantai: daerah rawa dengan ditandai oleh tumbuhan bakau dan atau mangrove. nidya .

nidya .

. Penyelenggaraan Konservasi Rawa:    Perlindungan pengawetan secara lestari Peningkatan fungsi Pemanfaatan rawa sebagai ekosistem sumber  Peningkatan fungsi serta pemanfaatan rawa dapat diselenggarakan oleh pemerintah ataupun swasta.

sekunder. tersier. . dan pembagian penggunaan air. bangunan pelengkap.  Reklamasi rawa: upaya meningkatkan fungsi dan pemanfaatan rawa untuk kepentingan masyarakat luas. Jaringan reklamasi -> saluran primer.

 Tujuan: mengembalikan fungsi jaringan sesuai perencanaan teknis semula. Eksploitasi dan pemeliharaan jaringan reklamasi rawa: pengaturan perbaikan jaringan reklamasi rawa. .

.  Tujuan: meningkatkan fungsi dan manfaat jaringan secara umum. Peningkatan Jaringan Reklamasi Rawa: penyempurnaan jaringan reklamasi rawa.

 Penyelenggaraan reklamasi rawa dilaksanakan berdasarkan atas kemanfaatan umum. kesinambungan dan kelestarian untuk meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat. .

mengeringkan rawa. Jenis Rawa: Rawa pantai: rawa yang terletak di daerah pantai dengan ciri ditumbuhi oleh bakau dan air payau. merupakan daerah yang lebih rendah dari sekelilingnya dan menjadi genangan air akibat tidak baiknya drainase. nidya .    Reklamasi rawa: membangun jaringan reklamasi rawa – tambak. menimbun rawa. Rawa pedalaman: rawa yang terletak di daerah yang jauh di darat.

kualitas tanah.    Air laut: BJ = 1.025. Permasalahan utama adalah karena adanya pasang surut. Perlu diteliti mengenai: kualitas air. gerakan air akibat pasang surut. nidya . Intrusi air laut: masuknya air laut sehingga mencemari air tawar.

Permukaan tanah Permukaan air tanah Permukaam Laut air tanah tawar Air tanah asin Lautan .

 Potensi air laut perlu memperhatikan:      Kelandaian dasar pantai Sedimentasi Kualitas air Tumbuhan pada sepanjang daerah L Kedalaman air laut L Ombak Pecah .

 Potensi air rawa dan laut:    Tambak udang. Energi listrik dari ombak. dll .

akan terjadi perkolasi melalui tanah. Potensi Sumber Daya Air Tanah    Air tanah: air yang tersimpan didalam perut bumi.C. Sumber air tanah: presipitasi setelah melimpas sebagai air permukaan. Bila permukaan air tanah dekat dengan tanah. nidya .

akan bertindak seperti pizometer di dalam pipa dan air akan naik di dalam sumur hingga sama dengan permukaan tekanan statis setempat. nidya . Aquifer artesis: aquifer yang terkurung oleh lapisan kedap air. Aquifer ini mempunyai kesamaan dengan jaringan pipa.  Aquifer: formasi yang berisi dan memancarkan air tanah. Sehingga jika ada sumur yang menembus lapisan pembatas.

nidya .

nidya .

  Bila debit ditambah. permukaan air akan miring semakin tajam ke arah titik pengaliran Kemiringan akan tajam didaerah yang permeabilitasnya rendah nidya .

pemompaan yang berlebihan dapat membalikkan arah dari gradien permukaan air tanah yang secara normal menuju ke laut dan memungkinkan bergeraknya air asin ke arah darat. nidya .Hasil Air Tanah   Pengadaan air dari dalam tanah dengan laju yang melebihi akan mengakibatkan turunnya permukaan air tanah serta meningkatkan biaya pemompaan Di daerah pantai.

sedangkan pada tahun-tahun kering permukaan air tanah akan turun Sejumlah sumur yang jaraknya berdekatan akan menyebabkan makin cepatnya penurunan muka air setempat dibandingkan dengan jumlah sumur yang sama tapi tersebar Upaya pengembangan sumber daya air erlu dilengkapi dengan sarana bangunan air. permukaan air tanah akan naik. nidya .   Pada tahun-tahun yang banyak hujannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->