Etika Profesi

Pengantar Nilai, NormaHukum dan Etika

. benar atau salah Norma Aturan yang diberlakukan untuk mengatur tingkah laku seseorang dalam kehidupannya.Nilai & Norma   Nilai ukuran untuk menentukan apakah sesuatu hal baik atau buruk.

Etika?   Etika  Nilai & Norma Etika  Aturan yang .

khususnya pendidikan formal (lewat teori).Profesi?    Profesi bagian dari pekerjaan yang menuntut sesorang untuk memiliki pengetahuan. . Pengetahuan didapatkan dari pendidikan. Keterampilan serta keahlian didapat dari pengalaman seseorang (lewat praktek). keterampilan serta keahlian di dalam menjalankan.

Profesional  menjalankan pekerjaan sebaik mungkin dan dapat dipertanggungjawabkan terhadap dirinya sendiri juga terhadap orang lain dan lingkungannya.Etika + Profesi?  Etika Profesi adalah aturan yang dijalankan untuk menjalankan profesinya secara profesional (memiliki profesionalisme).  .

Etika + Profesi?  Pada tahun 1992. Lembaga ini memperhatikan perlunya isu mengenai etika berkaitan degan kemajuan teknologi informasi dalam masyarakat dan telah menciptakan sepuluh perintah etika komputer. koalisi etika komputer yang tergabung dalam lembaga etika komputer (CEI) memfokuskan pada kemajuan teknologi informasi. dan akademis. etik dan korporasi serta kebijakan publik. publik. indutrial. CEI mengalamatkannya pada kebijakan organsasi. .

Etika + Profesi? Etika Profesi di bidang Teknologi Informasi = Etika Komputer  Hak Cipta?  .

seni. keterampilan. atau keahlian yang dituangkan ke dalam bentuk yang khas dan bersifat pribadi. kecekatan.Hak Cipta    Hak Cipta adalah hak eksklusif bagi Pencipta atau penerima hak untuk mengumumkan atau memperbanyak Ciptaannya atau memberikan izin untuk itu dengan tidak mengurangi pembatasan-pembatasan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku. atau sastra. Ciptaan adalah hasil setiap karya Pencipta yang menunjukkan keasliannya dalam lapangan ilmu pengetahuan. . Pencipta adalah seorang atau beberapa orang secara bersama-sama yang atas inspirasinya melahirkan suatu Ciptaan berdasarkan kemampuan pikiran. imajinasi.

atau pihak lain yang menerima lebih lanjut hak dari pihak yang menerima hak tersebut.Hak Cipta   Pemegang Hak Cipta adalah Pencipta sebagai Pemilik Hak Cipta. Lisensi adalah izin yang diberikan oleh Pemegang Hak Cipta atau Pemegang Hak Terkait kepada pihak lain untuk mengumumkan dan/atau memperbanyak Ciptaannya atau produk Hak Terkaitnya dengan persyaratan tertentu. . atau pihak yang menerima hak tersebut dari Pencipta.

6. 4. 10. 3. Thou shalt always use a computer in ways that insure consideration and respect for your fellow human . Thou shalt think about the social consequences of the program you are writing or the system you are designing. 5. Thou shalt not use other people's computer resources without authorization or proper compensation. Thou shalt not snoop around in other people's computer files. Thou shalt not interfere with other people's computer work. 9. Thou shalt not appropriate other people's intellectual output. 7. Thou shalt not use a computer to bear false witness. 8. 2. Thou shalt not use a computer to harm other people.The Ten Commandments of Computer Ethics 1. Thou shalt not use a computer to steal. Thou shalt not copy or use proprietary software for which you have not paid.

Jangan menggunakan komputer untuk bersaksi dusta. . Jangan mengintip file orang lain. Gunakanlah komputer dengan cara yang menunjukkan tenggang rasa dan rasa penghargaan. Jangan mencampuri pekerjaan komputer orang lain. Jangan menggunakan atau menyalin perangkat lunak yang belum kamu bayar. Jangan menggunakan komputer untuk mencuri.Sepuluh Perintah untuk Etika Komputer Dari Institut Etika Komputer           Jangan menggunakan komputer untuk membahayakan orang lain. Pikirkanlah mengenai akibat sosial dari program yang kamu tulis. Jangan mengambil hasil intelektual orang lain untuk diri kamu sendiri. Jangan menggunakan sumber daya komputer orang lain tanpa otorisasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful