BUKU PANDUAN KURIKULUM

KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI

DAFTAR ISI

Kontributor Kata Pengantar Bab I Pendahuluan.............................................................................5 Rencana Strategis ........................................................................5 Bab II Tujuan Pendidikan Ners................................................................6 Tujuan Pendidikan Ners................................................................6 Profile Lulusan Pendidikan Ners Indonesia....................................6 Bab III Kompetensi...................................................................................7 Kompetensi Pendidikan Ners Stikes STIKES...................................7 Komponen Kompetensi.................................................................7 Penjabaran Kompetensi..............................................................10 Bab IVSubstansi Kajian.........................................................................21 Struktur Kurikulum KBK ..............................................................21 Clinical Reasoning Skills..............................................................22 Bab V Cetak Biru Blok...........................................................................23

BAB I PENDAHULUAN Rencana Strategis Pendidikan Ners Visi Pada tahun 2020, PSIK Stikes menjadi program studi yang unggul dibidang pendidikan dan penelitian keperawatan ditingkat nasional, mandiri dan dengan berpegang teguh kepada nilai-nilai Islam mengabdi untuk kepentingan umat. Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan keperawatan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu tinggi, Islami, dan berorientasi pada kepentingan umat. 2. Mengembangkan program studi system yang baik dan atmosfer akademik dan yang kondusif bagi untuk terselenggaranya Tridarma Perguruan Tinggi melalui pengembangan manajemen secara bertahap berkesinambungan mendukung terwujudnya Good Governance University.

BAB II TUJUAN PENDIDIKAN NERS

A. Tujuan Pendidikan Ners Tujuan utama Pendidikan Ners di Indonesia adalah mendidik mahasiswa melalui proses pembelajaran dengan menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga lulusan memiliki pengetahuan, sikap, dan perilaku professional berlandaskan aspek etik dan legal profesi, serta menguasai IPTEK agar dapat memenuhi kebutuhan pasien dan menjamin asuhan keperawatan yang aman dan akuntabel. Pendekatan yang dipakai untuk mencapai tujuan kurikuler adalah: 1. Menyelesaikan masalah secara ilmiah 2. Belajar aktif dan mandiri 3. Pengalaman belajar di masyarakat 4. Berorientasi ke masa depan B. Profile Lulusan Pendidikan Ners Profil lulusan Pendidikan Ners di Indonesia adalah sebagai berikut: 1. Care Provider 2. Community Leader 3. Educator 4. Manager 5. Researcher

Mampu mendemontrasikan keperawatan haemodialisa 3.BAB III KOMPETENSI A. Kompetensi Pendidikan Ners Stikes STIKES Kompetensi Utama Pendidikan Ners Stikes 1. Mampu bekerjasama dalam team 4. dan profesi lain . Mampu mengelola asuhan keperawatan dengan pendekatan proses perawatan 3. Mampu melakukan sholat dan membaca Quran dengan benar 3. Mampu menggunakan bahasa inggris dan IT untuk belajar sepanjang hayat B. rekan sejawat. Mampu memberikan asuhan keperawatan gerontik 2. Mampu membuat dan melakukan kajian keperawatan (Research) 7. Mampu mengintegrasikan hukum dan etik keperawatan 6. Mampu menerapkan prinsip K3 / OHS dalam asuhan keperawatan Kompetensi Lain Pendidikan Ners Stikes STIKES 1. Berkomunikasi secara formal dan non-formal dengan pasien dan anggota keluarga lainnya. Mampu menerapkan norma/nilai islami dalam perilaku 2. Mampu mengaplikasikan prinsip management and leadership keperawatan Kompetensi Pendukung Pendidikan Ners Stikes STIKES 1. Komponen Kompetensi Utama 1: Mampu melakukan keperawatan secara komprehensif dengan komunikasi terapeutik a. Mampu melakukan keperawatan secara komprehensif dengan komunikasi terapeutik 2. Mampu melakukan upaya pecegahan dan promosi kesehatan 5. masyarakat.

Melakukan pengkajian proses keperawatan pada semua kasus b. spiritual kepada klien untuk semua tingkatan umur c. cultural. masyarakat dan pelayanan kesehatan c. keluarga dan komunitas b. Melakukan kolaborasi dengan team kesehatan lain pada pemberian asuhan keperawatan Utama 4: Mampu melakukan upaya pecegahan dan promosi kesehatan a. Membuat rencana tindakan dan rencana evaluasi proses keperawatan pada semua kasus e. Melakukan dokumentasi semua tindakan keperawatan Utama 3: Mampu bekerjasama dalam team a. Melakukan hubungan inter-professional dengan team kesehatan lain b. dan rahabilitatif kepada klien untuk semua tingkatan umur dalam kontek keluarga. Merencanakan peningkatan derajat kesehatan masyarakat . Membuat rencana asuhan keperawatan pada semua kasus d. sosio. Melakukan tindakan preventif. psyco. Melakukan prosedur/tindakan keperawatan dasar dan/sampai dengan tindak lanjut (Applying basic to advanced clinical nursing skills) d. Mengambil keputusan klinik bersama-sama dengan team kesehatan lain c. Memberikan pendidikan kesehatan kepada klien. Membuat diagnose keperawatan pada semua kasus c. Memberikan intervensi keperawatan kepada keluarga maupun komunitas dalam keadaan sehat dan sakit Utama 2: Mampu mengelola asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan a.b. Melakukan kerjasama dengan fihak lain dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat d. kuratif. Melakukan asuhan keperawatan yang meliputi bio.

Meningkatkan kualitas pelayanan pasien usia lanjut e. Melakukan manajemen asuhan keperawatan dan pelayanan kesehatan b. Melakukan kajian hasil evidence based-research bidang keperawatan Utama 7: Mampu mengaplikasikan prinsip management and leadership keperawatan a. Mengembangkan ketrampilan kepemimpinan d. Membuat rencana asuhan keperawatan pasien usia lanjut c. Melakukan pengkajian pada pasien usia lanjut b. Melakukan praktek klinik keperawatan berdasarkan professional conduct d. suku. budaya. Melakukan asuhan keperawatan berbasis efisiensi. dan kolektifitas c. agama. Melakukan praktek klinik sesuai dengan ruang lingkup profesi keperawatan c. Memberikan asuhan keperawatan kepada semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status social. ras. Melakukan praktek keperawatan professional berdasarkan nilai-nilai etika profesi b. Mengembangkan model praktek keperawatan profesional Pendukung 1: Mampu memberikan asuhan keperawatan gerontik a. Melaksanakan prinsip-prinsip patient safety pada klien usia lanjut d. Melakukan kajian karya ilmiah (penelitian) bidang keperawatan b. Meningkatkan kualitas hidup pasien usia lanjut . Mendesiminasikan hasil karya ilmiah c.Utama 5: Mampu mengintegrasikan hukum dan etik keperawatan a. Mengelola sumber daya manusia dan sarana prasarana secara efektif dan efisien dalam pelayanan kesehatan e. efektifitas. dan status ekonomi Utama 6: Mampu membuat dan melakukan kajian keperawatan (Research) a.

keluarga. Aktif melakukan pendidikan kesehatan (OHS) di kelompok kerja Lainnya 1: Mampu menerapkan norma/nilai islami dalam perilaku a. keluarga. Mengelola pelayanan dan sumber daya manusia dalam perawatan pasien usia lanjut g. Melakukan kajian ilmiah ( evidence base practice ) dibidang hemodialisa Pendukung 3: Mampu menerapkan prinsip K3 / OHS dalam asuhan keperawatan a. Mengembangkan OHS dalam lingkup kerja d. Memahami masalah-masalah pasien dengan gagal ginjal yang memerlukan tindakan hemodialisa b. Melakukan kajian ilmiah (evidence base practice) dibidang gerontik Pendukung 2: Mampu mendemontrasikan keperawatan hemodialisa a.f. Mengintegrasikan norma/nilai islami dalam ilmu pengetahuan yang didapatkan c. Memberikan pendidikan kesehatan pada klien. Memahami dan menerapkan prinsip ‘safe practice’ dan ‘patient safety’ dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien di semua tingkatan umur b. Melakukan rencana asuhan keperawatan klien dengan gagal ginjal yang memerlukan hemodialisa c. dan masyarakat dengan hemodialisa e. Menerapkan prinsip-prinsip OHS dalam praktek keperawatan c. dan masyarakat Lainnya 2: Mampu melakukan sholat dan membaca Quran dengan benar . Menunjukkan perilaku islami dalam berinteraksi dengan individu. Mengimplementasikan nilai-nilai islam dalam praktek keperawatan professional b. Mengelola persiapan dan pelaksanaan tindakan hemodialisa terhadap klien dan peralatan hemodialisa d.

Lulusan Ners Diharapkan: 1. masyarakat. Memberikan salam. Melakukan asuhan keperawatan meliputi bio. menyapa serta senyum kepada pasien dan keluarganya b. dan masyarakat disetiap tingkatan umur. Menggunakan bahasa inggris dalam proses pembelajaran b. a. rekan sejawat. b. Menunjukkan komunikasi baik verbal maupun non verbal secara terapeutik d. maupun profesi lain 2. cultural. rekan sejawat. dan profesi lain. Melakukan pengkajian system fisiology dan pathology tubuh untuk . Melaksanakan sholat wajib dan sunah sesuai dengan rukunnya b. Melakukan komunikasi efektif kepada pasien. masyarakat. keluarga. spiritual kepada klien untuk semua tingkatan umur a.a. Memahami system biologi manusia untuk semua tingkatan umur semua tingkat umur b. Melakukan kontak dengan pasien dan keluarga dengan sentuhan untuk menunjukkan rasa empati c. Kompetensi Inti Mampu melakukan praktek keperawatan professional secara komprehensif dengan menggunakan professional komunikasi untuk individu. Menguasai teknologi IT sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat C. psyco. Membaca Quran dengan benar Lainnya 3: Mampu menggunakan bahasa inggris dan IT untuk belajar sepanjang hayat a. sosio. Berkomunikasi secara formal dan non-formal dengan pasien dan anggota keluarga lainnya. Penjabaran Kompetensi Utama 1: Mampu melakukan keperawatan secara komprehensif dengan komunikasi terapeutik a. keluarga.

Intervensi keperawatan yang diberikan kepada keluarga maupun masyarakat berdasar kebutuhan bio-psiko-sosio-kultural-spiritual d. 4. Melakukan tindakan keperawatan dasar sesuai dengan kebutuhan pasien sebagai respon dari keadaan patofisiologi b.c. Melakukan peran sebagai seorang edukator dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga ataupun masyarakat sehat sebagai upaya preventif terhadap terjadinya penyakit/masalah kesehatan . Memberikan a. Melakukan upaya peningkatan ketrampilan keperawatan setiap saat melalui training atau pendidikan formal (universitas) d. d. Melakukan tindakan keperawatan lanjutan kepada klien sesuai dengan kasus penyakit yang dihadapi c. Membina hubungan saling percaya dengan keluarga maupun masyarakat e. Memenuhi kebutuhan dasar manusia mulai dari kebutuhan fisiologis sampai aktualisasi diri e. Membuat analisis. Melakukan prosedur/tindakan keperawatan dasar dan/sampai dengan tindak lanjut (Applying basic to advanced clinical nursing skills) a. Melakukan intervensi keperawatan keperawatan kepada keluarga untuk maupun semua komunitas dalam keadaan sehat dan sakit pengkajian komunitas tingkatan umur b. Memberikan tindakan terencana kepada pasien dengan penyakit lanjut baik dari segi bio-psiko-sosio-kultural dan spiritual. perencanaan tindakan keperawatan terhadap response pathology tubuh. Melakukan perencananaan tindakan intervensi keluarga maupun komunitas c. Melakukan keperawatan dengan pendekatan budaya 3. Memahami psiko-sosio dan spiritual manusia dalam berbagai fase perkembangan e.

Kompetensi Inti Memberikan asuhan keperawatan kepada pasien dengan melalui tahapan proses keperawatan. f. Lulusan Ners Diharapkan: A. pengkajian. Melakukan analisa SWOT terhadap program yang ada di puskesmas terkait dengan kesehatan masyarakat Utama 2: Mampu mengelola asuhan keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan a. Melakukan pengkajian riwayat kesehatan klien dari data rekam medis yang tersedia c. Mengelola tindakan perawatan kepada keluarga dan masyarakat secara berkesinambungan g. perencanaan tujuan yang akan dicapai dan rencana tindakan. evaluasi terhadap tindakan. Mengumpulkan data latar belakang sosial budaya pasien yang terkait dengan kesehatan . penegakan diagnosa. Mengumpulkan data tentang bagaimana pasien dan keluarga menyelesaikan masalah (family support system) Mengumpulkan data tentang lingkungan sosial pasien yang dapat mendukung terhadap terjadinya masalah kesehatan atau perbaikan kesehatan pasien g. a. masyarakat. Melakukan pengkajian fisik/pemeriksaan fisik klien mulai dari kepala sampai kaki d. serta pendokumentasian pada semua kasus klien dalam kontek keluarga. Melakukan analisa terhadap hasil pemeriksaan penunjang untuk dijadikan data dalam memberikan asuhan keperawatan e. Melakukan pengkajian proses keperawatan pada semua kasus Mengumpulkan data baik subyektif maupun obyektif dari berbagai sumber informasi b. dan dalam pelayanan kesehatan (RS) b.f.

Membuat diagnose keperawatan pada semua kasus Melakukan analisa terhadap hasil pengkajian berdasarkan dari data pasien c. Measurable. c. Tangible) c.h. Menentukan tujuan umum dari tindakan yang akan dilaksanakan Membuat rencana tindakan dan rencana evaluasi proses keperawatan pada semua kasus Menentukan tujuan umum dari pemberian asuhan keperawatan berdasarkan SMART (Spesefik. Menentukan tindakan keperawatan yang akan dilakukan kepada pasien sesuai dengan masalah keperawatan yang diangkat E. Kompetensi Inti b. a. Membuat rencana asuhan keperawatan pada semua kasus Merumuskan rencana tindakan keperawatan dari masalah yang telah dirumuskan b. Melakukan dokumentasi semua tindakan keperawatan Melakukan pendokumentasian rencana asuhan keperawatan Mencatat semua respon pasien terhadap tindakan yang diberikan dengan team kesehatan lain Utama 3: Mampu bekerjasama dalam team a. a. D. Menentukan tujuan khusus dari pemberian asuhan keperawatan d. b. Mengumpulkan data tentang spiritualitas baik pasien maupun keluarganya terhadap adanya masalah B. Mencatat tindakan yang telah dilakukan kepada pasien d. Attainable. resiko) C. Menentukan berbagai masalah keperawatan yang mungkin muncul . Menentukan prioritas masalah berdasarkan sifat masalah (aktual. Realistic. a. Mempersiapkan semua instrument yang dibutuhkan dalam upaya membuat rencana keperawatan c. Membuat progress note untuk kebutuhan komunikasi non verbal b. Menentukan diagnosa keperawatan berdasarkan NANDA potensial. a.

Kompetensi Inti b. e. Bersama-sama dengan team kesehatan lain melakukan analisa hasil pengumpulan data maupun hasil tindakan c. Memenuhi kebutuhan kenyamanan maupun peningkatan kesehatan pasien dengan berkolaborasi dengan dokter maupun ahli farmasi e. Mengkomunikasikan data ataupun informasi tentang pasien dengan tim kesehatan lain baik secara verbal maupun non verbal b. Melakukan hubungan saling percaya dengan team kesehatan c. Mengambil keputusan berdasar pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki b. Melakukan kolaborasi dengan ahli patologi klinik Utama 4: Mampu melakukan upaya pecegahan dan promosi kesehatan a. Selalu menjaga etika pergaulan dengan team kesehatan Merencanakan dan mengevaluasi tindakan yang dilakukan kepada pasien dengan tim kesehatan lain Mengambil keputusan klinik bersama-sama dengan team kesehatan lain a. Memenuhi kebutuhan nutrisi pada pasien dengan berkolaborasi d. Melakukan kolaborasi untuk pemenuhan kebutuhan pasien dengan ahli gizi c. Berkomunikasi secara efektif dengan tim kesehatan lain . Lulusan Ners Diharapkan: Melakukan hubungan inter-professional dengan team kesehatan lain a. Meningkatkan kebutuhan gerak pasien dengan berkolaborasi dengan ahli fisioterapi d.Mengembangkan hubungan interpersonal atau interprofesional dengan semua team kesehatan melalui tindakan yang bersifat kolaborasi dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien b. Membuat keputusan bersama-sama berdasarkan data/informasi pasien yang ada sesaui dengan lingkup praktek yang dimiliki Melakukan kolaborasi dengan team kesehatan lain pada pemberian asuhan keperawatan a.

Membuat rencana pendidikan kesehatan masyarakat d. keluarga. Memberikan pendidikan kesehatan kepada klien pada semua tingkatan umur sebagai upaya pencegahan terhadap terjadinya masalah kesehatan b. Mengidentifikasi kebutuhan pendidikan klien untuk semua tingkatn umur baik secara individu.Merencanakan dan melaksanakan upaya promosi kesehatan dan pencegahan terjadinya penyakit pada klien baik individu. Merencanakan peningkatan kesehatan masyarakat a. keluarga dan . maupun masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Membuat satuan acara rencana penyuluhan kepada klien c. Memberikan komunitas a. Melakukan tindakan preventif. maupun masyarakat meningkatkan status kesehatannya c. keluarga. Menjadi role model tentang perilaku sehat sebagai upaya untuk memberikan pendidikan klien untuk mencegah terhadap terjadinya suatu penyakit 3. mengumpulkan data klien untuk dilakukan analisis data pendidikan kesehatan kepada klien. Merencanakan tindakan keperawatan komunitas terhadap masalah yang sedang dihadapinya dengan bekerjasama dengan pihak terkait baik lintas program maupun lintas sektoral 4. Bersama klien baik individu. kuratif. Lulusan Ners Diharapkan: 1. dan rahabilitatif kepada klien untuk semua tingkatan umur a. dan masyarakat b. Menyiapkan media yang dibutuhkan dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien e. b. keluarga. Menganalisis program kerja yang ada di puskesmas tentang kesehatan masyarakat b. Melakukan kerjasama dengan fihak lain dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat a. Melakukan komunikasi yang efektif saat memberikan pendidikan kesehatan kepada klien 2.

Melakukan a. dan kewajiban dari seorang perawat Melakukan praktek keperawatan professional berdasar standar praktek profesi perawat yang telah ditentukan b. Taat terhadap peraturan yang berlaku c. praktek klinik sesuai dengan ruang lingkup profesi keperawatan Melakukan praktek dalam ruang lingkup praktek profesi perawatan dilakukan c. Melakukan praktek keperawatan professional berdasarkan nilai-nilai etika profesi a. Memahami peran. menganalisa keadaan masyarakat tersebut dengan menggunakan analisa SWOT terhadap kemampuannya dalam merubah kondisi menuju ke peningkatan derajat kesehatan Utama 5: Mampu mengintegrasikan hukum dan etik keperawatan a. Lulusan Ners Diharapkan: 1. Memberikan asuhan keperawatan kepada klien dengan menggunakan SOP yang berlaku di instansi pelayanan kesehatan 3. Memahami etika profesi keperawatan Memberikan manfaat dalam setiap pemberian asuhan keperawatan Merahasiakan status medis pasien kepada orang lain yang tidak berwenang 2.b. Melakukan praktek klinik keperawatan berdasarkan professional conduct b. Kompetensi Inti Menggunakan nilai nilai hukum dan etik dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien dalam semua tingkatan umur b. Menghormati otonomi pasien ketika melakukan asuhan keperawatan d. fungsi. a. c. e. Mempunyai pemahaman yang baik dari tindakan keperawatan yang b. Jujur terhadap kondisi klien . mengambil kesimpulan terhadap masalah yang terjadi pada klien c.

agama. Mencari berbagai sumber informasi tentang ilmu keperawatan terbaru f. Bersikap adil dalam memberikan asuhan keperawatan kepada semua klien (praktek tanpa membedakan asal usul. suku. ras. Mempunyai keperawatan b. Melakukan penelitian evidence base research . Merumuskan proposal penelitian b. Menganalisis hasil penelitian bidang keperawatan terutama untuk peningkatan kualitas asuhan keperawatan b. ras. Menganalisa hasil penelitian bidang keperawatan g. Membuat karya ilmiah dibidang keperawatan lainnya d. Mendesiminasikan hasil karya ilmiah a. Menerima masukan atas hasil karya ilmiah yang telah disosialisasikan 3. dan agama klien) c. Melakukan kajian hasil evidence based-research bidang keperawatan a. b. Kompetensi Inti Mampu membuat kajian ilmiah bidang keperawatan dan mengembangkan penelitian sebagai landasan pengambilan keputusan atau pengembangan ilmu pengetahuan. budaya. Mengembang ilmu pengetahuan melalui penelitian e. Melakukan kajian karya ilmiah (penelitian) bidang keperawatan a.4. Menghargai setiap perbedaan yang ada pada klien cultural competency dalam memberikan asuhan Utama 6: Mampu membuat dan melakukan kajian keperawatan (Research) a. Menganalisa implikasi dan aplikasi dari hasil penelitian 2. Lulusan Ners Diharapkan: 1. Memberikan asuhan keperawatan kepada semua lapisan masyarakat tanpa membedakan status social. Melakukan penelitian bidang keperawatan c. dan status ekonomi a. Mensosialisasikan hasil penelitian kepada orang lain yang dapat mengambil manfaat atas hasil penelitian b.

dan kolektifitas a. efektifitas. Melakukan management asuhan keperawatan a. Menggunakan time manajemen yang bagus dalam pengelolaan pasien b. Memberikan asuhan keperawatan dengan berkolaborasi dengan tim . Melakukan asuhan keperawatan berbasis efisiensi. Menggunakan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki menentukan prioritas asuhan keperawatan kepada klien c. efisien. dan terkoordinasi dalam lingkup kerja b. Kompetensi Inti Menggunakan prinsip kepemimpinan dan manajemen dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien atau dalam memberikan pelayanan kesehatan secara efektif. Melakukan transfer informasi/data pasien 2.c. Menggunakan prinsip efektif dan efisien dalam menentukan tujuan yang ingin dicapai dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien c. Merencanakan waktu yang akan diselesaikan untuk mencapai tujuan d. Menggunakan ketrampilan memimpin dalam lingkup kerja d. Melakukan manajemen bangsal keperawatan dengan menggunakan analisis SWOT e. Melakukan manajemen waktu yang baik dalam memberikan asuhan keperawatan b. Menganalisa implikasi dan aplikasi evidence base research terhadap pemberian asuhan keperawatan Utama 7: Mampu mengaplikasikan prinsip management and leadership keperawatan a. Membagi tim untuk memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif kepada pasien g. Lulusan Ners Diharapkan: 1. Menerapkan kepemimpinan dalam team asuhan keperawatan f.

Mengembangkan konsep quality improvement dalam pelayanan kesehatan b. Mengembangkan model praktek keperawatan profesional a. Melakukan pengkajian pada pasien usia lanjut pada pasien usia lanjut dengan kebutuhan khusus (dementia. Mengembangkan ketrampilan kepemimpinan a. Melakukan c. Lulusan Ners Diharapkan: 1. Melakukan komunikasi teraputik kepada pasien lansia dengan kebutuhan khusus 2. gaduh gelisah) e.3. Melaksanakan asuhan keperawatan dengan didasarkan pada jiwa kepemimpinan c. wawancara dengan pasien yang telah memiliki kemunduran fungsi tubuh Malakukan komunikasi efektif terhadap pasien dengan penurunan fungsi pendengaran (fisiologis) d. Menentukan model praktek keperawatan yang sesuai dengan rumah sakit / bangsal Pendukung 1: Mampu memberikan asuhan keperawatan gerontik a. di keluarga. delirium. Mengevaluasi model praktek keperawatan bangsal c. Mengumpulkan data baik subyektif maupun obyektif kepada pasien maupun keluarga b. Bekerjasama dengan tim kesehatan yang lain 4. Kompetensi Inti Mengelola dan memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan usia lanjut baik individu di rumah sakit. Mengembangkan dan menyesuaikan karakter kepemimpinan dengan kondisi ditempat kerja d. Melakukan pengkajian pada pasien usia lanjut a. maupun dimasyarakat b. Menerapkan jiwa kepemimpinan dalam team kerja b. Membuat rencana asuhan keperawatan pasien usia lanjut .

Melakukan pencegahan pasien jatuh atau pencegahan terjadinya Harm pada pasien usia lanjut b. Merencanakan tindakan keperawatan pada pasien lansia baik sehat maupun sakit sebagai upaya untuk meningkatkan kesehatannya dan untuk mengembalikan fungsi tubuh agar dapat tetap beraktivitas b. Meningkatkan kualitas hidup pasien usia lanjut b. Kompetensi inti Memberikan asuhan keperawatan atau mengelola klien dengan penyakit gagal ginjal yang memerlukan tindakan hemodialisa . Merencanakan asuhan keperawatan dengan delirium c. e. Melaksanakan prinsip patient safety pada klien usia lanjut a. Merencanakan tempat perawatan yang aman untuk pasien dari Pendukung 2: Mampu mendemontrasikan keperawatan haemodialisa a. Merencanakan keperawatan pada pasien dengan end of life d. Membuat tujuan tindakan keperawatan berdasarkan SMART 3. Memotivasi klien dalam pencapaian aktualisasi diri di usia lanjut 5.a. Membantu kebutuhan dasar pasien usia lanjut kemungkinan terjadinya harm. Meningkatkan kualitas pelayanan pasien usia lanjut a. Membantu mobilitas mandiri atau dengan memberikan alat bantu mobilitas pada pasien dengan gangguan mobilitas c. Memberikan pelayanan atau asuhan keperawatan kepada pasien usia lanjut secara berkesinambungan b. Memberikan asuhan keperawatan kepada pasien usia lanjut dengan pendekatan bio-psiko-sosio-kultural-spiritual c. f. Memberikan pelayanan sesuai dengan SOP Membantu klien merencanakan tujuan hidup pada usia lanjut Tuhan Yang Maha Esa c. Membantu dan memotivasi klien dalam mendekatkan diri kepada keperawatan sesuai kenyamanan dan d. a. Melaksanakan tindakan keamanan klien Melakukan tindak keperawatan sesuai dengan kondisi pasien dengan tetap menjaga otonomi pasien 4.

Memahami proses hemodialisa Membuat tujuan tindakan keperawatan yang akan dilakukan kepada klien d. c. Mengelola persiapan dan pelaksanaan tindakan hemodialisa terhadap klien dan peralatan hemodialisa a. dan masyarakat dengan hemodialisa b. Membuat rencana tindakan yang akan dilakukan kepada klien e. Menyiapkan administrasi pasien dengan tindakan hemodialisa d. Memahami masalah-masalah pasien dengan gagal ginjal.b. Mengetahui tanda dan gejala pasien dengan gagal ginjal . a. Lulusan Ners Diharapkan 1. Melakukan rencana asuhan keperawatan klien dengan gagal ginjal yang memerlukan hemodialisa a. Melakukan persiapan pasien dengan tindakan hemodialisa Menentukan tujuan umum dari tindakan hemodialisis Menentukan rencana tindakan yang dilakukan pada pasien dengan hemodialisa Melakukan pendidikan kesehatan pada pasien dengan tindakan hemodialisa g. e. c. Menentukan diet pasca hemodialisa 3. c. Merencanakan adekuasi pemberian terapi hemodialisa b. Mengetahui penyebab gagal ginjal Mengetahui ginjal 2. Mempersiapkan peralatan yang akan digunakan untuk tindakan hemodialisis Mempersiapkan klien yang akan dilakukan tindakan hemodialisis g. f. keluarga. Menetukan tujuan khusus dari tindakan hemodialisa penatalaksanaan/manajemen pasien dengan gagal b. Melakukan tindakan hemodialisa dengan tepat h. Memberikan pendidikan kesehatan pada klien. f. Mengevaluasi tindakan hemodialisa dan respon klien terhadap tindakan 4.

Lulusan Ners Diharapkan 1. Menganalisa hasil penelitian di bidang hemodialisa di bidang Pendukung keperawatan 3: Mampu menerapkan prinsip K3 / OHS dalam asuhan a. Mengembangkan penelitian dibidang hemodialisa b.a. Membuat media untuk mendukung pelaksanaan tindakan pemberian pendidikan kesehatan b. Membina hubungan saling percaya dengan pasien c. Menerapkan aturan OHS/K3 dalam praktek keperawatan professional universal precaution saat melakukan tindakan keperawatan c. Mengidentifikasi kajian ilmiah di bidang hemodialisa Menganalisa implikasi dan aplikasi hasil penelitian di bidang hemodialisa d. Menerapkan prinsip-prinsip OHS dalam praktek keperawatan a. Mengevaluasi tingkat pengetahuan pasien 5. Memberikan pendidikan tentang gagal ginjal maupun perawatan pasien dengan tindakan hemodialisa d. Mengidentifikasi resiko-resiko dari health hazard ditempat kerja b. Kompetensi inti Menerapkan prinsip prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dan menjadi role model dalam pencegahan kecelakaan kerja. Menggunakan . Memberikan asuhan keperawatan sesuai dengan SOP yang berlaku di instansi pelayanan 2. Melakukan kajian ilmiah ( evidence base practice ) hemodialisa a. c. b. Memahami dan menerapkan prinsip ‘safe practice’ dan ‘patient safety’ dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien di semua tingkatan umur a.

Melaksanakan pendidikan kesehatan pada kelompok kerja dengan komunikasi yang efektif Lainnya 1: Mampu menerapkan norma/nilai islami dalam perilaku a. Mengelola instrument pelayanan kesehatan yang terkontaminasi c. Menjadikan nilai-nilai islam sebagai landasan berperilaku social atau professional b. a. Melaksanakan surveillance terhadap kesehatan kerja Mengidentifikasi resiko terjadinya kecelakaan kerja kerja c. c. Menghormati individu sebagai ciptaan tuhan dan selalu menjunjung tinggi hak asasi klien c.b. Kompetensi inti Mampu untuk berperilaku sesuai dengan norma/ nilai islami baik dalam kehidupan pribadi maupun bersosialisasi dengan orang lain 4. Lulusan ners Diharapkan 1. Menjadi role model untuk klien dan keluarga dalam hal berperilaku berdasarkan nilai-nilai islam . Menciptakan sistem kerja yang aman dan mempunyai potensi resiko yang rendah terhadap terjadinya kecelakaan 3. Aktif melakukan pendidikan kesehatan (OHS) di kelompok kerja b. Membuat rencana tindakan keperawatan kepada kelompok kerja kecelakaan kerja d. Membuat rencana pemberian pendidikan kesehatan bagi kelompok b. Mengimplementasikan nilai-nilai islam dalam praktek keperawatan professional a. Mengkaji adanya resiko terjadinya kecelakaan kerja Melakukan pendidikan kesehatan untuk mencegah terjadinya b. Mendampingi kelompok kerja dalam membuat keputusan terhadap keselamatan kerja selanjutnya e. Mengembangkan OHS dalam lingkup kerja a.

Membaca Quran dengan adab yang benar Lainnya 3: Mampu menggunakan bahasa inggris dan IT untuk belajar sepanjang hayat . Melaksanakan sholat dengan rukun fi’liyah yang benar b. Membaca Quran sesuai dengan hukum tajwid b. Menghormati dan menghargai konsep diri sendiri dan orang lain Lainnya 2: Mampu melakukan sholat dan membaca Quran dengan benar a. Menghargai pendapat maupun respon dari klien 2. Melaksanakan sholat dengan sunnah fi’liyah d. Membaca Quran dengan makhraj huruf yang benar c. dan masyarakat e. keluarga. Menerapkan sopan santun dalam berperilaku f. Kompetensi inti Melakukan sholat wajib dan membaca Quran dengan benar b. Membaca Quran dengan benar a. Menunjukkan perilaku islami dalam berinteraksi dengan individu. Menjelaskan hubungan antara ilmu keperawatan yang didapat dengan norma/nilai islam d. Melaksanakan sholat wajib dan sunah sesuai dengan rukunnya a. Melaksanakan sholat dengan sunnah qouliyah 2. Mengintegrasikan norma/nilai islami dalam ilmu pengetahuan yang didapatkan a. Melaksanakan sholat dengan rukun qouliyah yang benar c.d. Membaca Quran dengan lancar d. Mengajarkan klien untuk mendekatkan diri terhadap Tuhan Yang Maha Esa e. Mengintegrasikan nilai-nilai islam dalam ilmu pengetahuan yang diperoleh atau diajarkan c. Melakukan kajian pengetahuan dari sudut pandangan agama islam b. Lulusan Ners Diharapkan 1. Mau untuk bersapa dan bersalam dengan orang lain g.

Menggunakan bahasa inggris dalam proses pembelajaran a. Memahami bacaan ilmiah dalam bahasa inggris c. Kompetensi inti Mengaplikasikan pembelajaran b. Mengikuti pembelajaran bahasa inggris d. Mengoperasikan aplikasi computer untk kegiatan pendidikan kesehatan atau pendidikan secara umum c. Lulusan Ners Diharapkan 1. Mengaplikasikan ilmu yang didapatkan tentang bahasa inggris di dalam proses pembelajaran 2.a. Menguasai aplikasi computer untuk proses pembelajaran b. Menggunakan IT dalam proses pembelajaran d. Menguasai teknologi IT sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat a. Menggunakan IT dalam mengembangkan ilmu pengetahuan seperti penelitian penggunaan bahasa inggris dan IT dalam proses . Melakukan telaah jurnal yang berbahasa inggris b.

2 Nursing 5: Emergency and Critical Care Nursing Blok 4. Year 5: Application theory to the practice. Year 2: Building Intermediate Clinical Nursing Skills CLINICAL EXPOSURE YEAR 2 Phase 1.6 Nursing 4: Nerves System and Musculoskelet al System Blok 3.7 Mental Health Nursing Blok 3.5 Managem ent and Leadershi p Nursing Blok 2.5 Final Project (Skripsi) Clinical Practice Preparation .2 Nursing 1: Cardiovascul ar and Respiratory System Blok 2. Nursing Internship Program PROFESI Stase Medical Surgical Elective Stase Paediatric Nursing Stase Managem ent Stase Maternit y Stase Mental Health Stase Community and Family Stase Gerontic Nursing Stase Critical Care Nursing Nursing Nursing Nursing Phase 2.7 Haemodial isa Blok 3.1 Nursing Contempor er and Transcultur al Nursing Blok 2.2 Nursing 3: Digestive System (GI and Endocrine) Blok 3. Year 4: Building advanced Clinical Nursing Skills Blok 4. Year 3: Building advanced Clinical Nursing Skills CLINICAL EXPOSURE YEAR 3 Phase 2.4 Indonesia n Bridging to competence practice Blok 2.BAB IV STRUKTUR KURIKULUM KBK Phase 3.8 Civi c Blok 4. Year 1: Foundation Nursing Practice Developing concept and foundation nursing competency Blok 2.4 English Bridging to competence practice Blok 3.6 Nursing 2: Urogenital System Blok 2.3 Inquiry and Research Metodolog y Phase 2.5 Communit y Helath and Public Health Blok 3.4 BioStatistic Bridging to competence practice Blok 4.3 Geriatric Nursing Blok 3.1 Legal and Ethic in Nursing Practice Blok 3.3 Paediatric Nursing Blok 2.1 Women Health and Maternity Nursing Blok 4.

8 Quality of Nursing Practice Blok 1.Blok 1. Tindakan ketrampilan klinik pada fase ini meliputi tindakan keperawatan dasar dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar manusia.4 Health Assessme nt Blok 1.1 Bioscience Blok 1. Setiap fase pada kurikulum mempunyai tujuan yang berbeda akan tetapi mempunyai logical Squele.6 OHS and Nursing Science Blok 1. Pembagian fase in didasarkan pada Clinical Reasoning Skills dan Theory Skills Acquisition (from Novice to Expert).2 Professionalis m Blok 1.7 Fundamental of Nursing Practice 2 Blok 1.3 Fundamen tal of Nursing Practice 1 Blok 1. Clinical Reasoning Skills Kurikulum Pendidikan Ners Stikes STIKES dibagi dalam tiga (3) fase. Fase 1 : Foundation Nursing Practice Pada fase ini pembelajaran difokuskan pada pemberian konsep dan teori tentang perawat professional dan Dasar-dasar kebutuhan manusia sebagai respon dari keadaan pathology pada tubuh manusia.5 Profession al Communic ation in Nursing Blok 1. Fase 2 : Building Intermediate Clinical Nursing Skills Pada fase 2 pembelajaran KBK. fokus pembelajaran adalah pada pengelolaan pasien sesuai dengan tema yang ada meliputi pendekatan system dan CLINICAL EXPOSURE YEAR 1 .9 Religio n FASE PEMBELAJARAN KURIKULUM KBK STIKES STIKES A.

Fokus pembelajaran adalah pada peningkatan pemahaman tentang struktur dan fungsi organ tubuh manusia dari kimia tubuh sampai system organ serta kontribusi semuanya terhadap ketidakseimbangan fungsi tubuh (Faal Homeostasis). Nursing Internship Program Implementasi teori yang didpatkan dalam tahap akademik dilakukan di lahan praktek. 1 : Bio-Science Deskripsi Blok ini berkontribusi penting pada penguasaan konsep biologi manusia. Fase 3 : Application theory to the practice.pendekatan life span continuum. B. Blue print blok KBK Stikes STIKES BLOK 1. Fokus implementasi teori yang sudah didapatkan adalah mampu mengelola pasien dengan berbagai permasalahan kesehatan yang dialami dengan pendekatan proses keperawatan. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai konsep bio-science untuk bisa memahami proses terjadinya masalah kesehatan atau terjadinya suatu penyakit yang akan dapat dipergunakan sebagai landasan ilmu untuk memberikan asuhan keperawatan klien secara komprehensif. Ketrampilan klinik yang diajarkan merupakan masalah klinik yang ada pada pendekatan system. .

and BMR. Anatomy 2. Energy. ATP. and Body System 3. trace. Mahasiswa mampu memahami struktur dan fungsi bagian-bagian yang dipelajari pada sistem otot dan pergerakan tulang. Nursing 1. Cellular. Mahasiswa mampu menguasai peran hormone. Body Organ. 4. Mahasiswa mampu menguasai konsep human biology dengan memahami hubungan disetiap level struktur tubuh manusia: body chemistry level. Daftar Materi Ajar 1. Patophysiology 5. Fisika Keperawatan Blok yang terkait: 1. 3. enzyme. trace. Disiplin ilmu yang terintegrasi: 1. Physiology 3. dan zat-zat lain dalam tubuh pada proses metabolism. and vitamin for human growth 5. cellular level. Paediatric Nursing 4. and vitamin for wound healing . Geriatric Nursing 5. Nursing 2.Tujuan Khusus 1. Kimia Keperawatan 6. Maternity Nursing 6. Nursing 3. Nursing 4. The role of nutrition. electrolyte. Proses metabolisme dan hormone: ADP. Pengantar Bio-science 2. Haemodialisa. Biology 7. 2. Tissue. The role of nutrition. Human biology: Body Chemistry. Pathology 4. dan Nursing 5 3. tissue level. organ level. dan system organ level. electrolyte. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2.

Arthrology. Pengukuran BMR BLOK 1. 2: Profesionalism Deskripsi Mahasiswa akan mempelajari konsep profesionalisme dan gambaran aplikasinya dalam aktifitas professional perawat. and Myology) Daftar Ketrampilan Klinik 1. 7. memahami nilai-nilai dan karakteritik professionalism yang dapat dipergunakan untuk membangun pribadi dan .6. Musculoskeletal (Osteology. Blok ini berkontribusi pada penanaman dan peningkatan nilai-nilai profesionalisme kepada mahasiswa sebagai calon perawat professional. Terminology and language of human anatomy physiology. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai konsep profesionalisme.

pengertian perawat professional. Konsep Professionalism 4. peran perawat. Paediatric Nursing 5. 3. dasar-dasar etika profesi keperawatan. Geriatric Nursing 6. Nursing 5 3. Mahasiswa mampu menguasai konsep praktik keperawatan professional. Nursing 1. perawat sebagai change agent dan mempu menganalisa dengan konsep SWOT. Geriatric Nursing 8. Agent of Change in clinical practice . Nursing 3. Konsep Profesi Keperawatan 3. Konsep Agent of Change Blok yang terkait: 1. Sejarah Perkembangan Perawatan 3. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. sejarah perkembangan keperawatan.perilaku profesional sebagai landasan untuk memberikan asuhan keperawatan klien secara komprehensif. Essential Research 9. Maternity Nursing 7. 2. Nursing 2. Mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan tentang organisasi profesi perawat sebagai professional network di dalam negeri dan di luar negeri. Mahasiswa mampu menguasai konsep profesionalisme. Konsep Professionalism 4. Nursing 4. Disiplin ilmu yang terintegrasi: 1. Pengantar Professionalism 2. Profesional Communication in Nursing 4. Teamwork Daftar Materi Ajar 1. Tujuan Khusus 1. Pengantar Profesi Keperawatan 2.

Praktek Keperawatan Professional BLOK 1. 3: Fundamental of Nursing Practice Deskripsi Blok ini akan mempelajari konsep keperawatan sebagai suatu seni dan teori serta akan mempelajari konsep dan ketrampilan dasar praktik keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan. . Blok ini berkontribusi pada penguasaan dasar keilmuan profesi perawat dan serta penguasaan kompetensi klinik dasar untuk melakukan praktek keperawatan professional.5.

Exercise. Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Konsep Keperawatan 2. Nursing 1. Haemodialisa . Health Assessment 4. Geriatric Nursing 6. Comfort and Environment. Nursing 3. Nursing 2. 2. Metodology Keperawatan 4. Hygiene. Mahasiswa mampu menguasai konsep keperawatan. Kebutuhan Dasar Manusia 5. Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tools yang akan dipergunakan untuk melakukan praktek keperawatan professional. Nursing 5 3. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengintegrasikan nilai-nilai etik dan nilainilai islam dalam setiap modul pembejaran. model praktek keperawatan professional. Tujuan Khusus 1. and Lifting. 4. peran perawat profesional dan teori konsep proses keperawatan. Mahasiswa mampu menguasai teori ketrampilan klinik dasar dan mampu mempraktekkan ketrampilan klinik dasar: Vital Sign. Geriatric Nursing 8. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Nutrition and Elimination. Paediatric Nursing 5. Nursing 4.Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami dan menguasai konsep dan teori keperawatan dan teori proses keperawatan untuk dipergunakan dalam memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif serta mampu mendemonstrasikan fundamental clinical skills (keterampilan klinik dasar) sebagai landasan praktek klinik profesional. Proses Keperawatan 3. Activity. Maternity Nursing 7. Praktek Keperawatan Dasar Blok yang terkait 1. 3.

Peran dan Fungsi Perawat Profesional 4. Aspek Keperawatan Profesional 5. Vital Sign: Pengukuran tekanan darah. Teori dan Sejarah Keperawatan Profesional 3. Critical Thinking and Nursing Process 7. 14. Rencana Proses Keperawatan 10. Proses Keperawatan: Assessment. Teamwork Daftar materi ajar 1. 11. Implementasi. 20. 18. and Lifting: Theory and Practice Nutrition and Elimination: Theory and Practice Daftar Ketrampilan Klinik 1. Comfort.9. Penghitungan Hearth Rate. Pengkajian Proses Keperawatan 9. . Gambaran Praktek Keperawatan Profesional 2. and Environment: Theory and Practice Activity. 16. Diagnosis Keperawatan Implementasi dan Evaluasi Proses Keperawatan Overview of Nursing Practice Evidence Based Research Konsep Sehat Sakit Concept of Interpersonal Relationship Attribute of Professional Nursing Implementing caring concept in clinical practice Vital Sign: Theory and Practice Hygiene. 21. Perencanaan. 17. 15. Proses Keperawatan 8. Penghitungan Respirasi Rate. 19. Kebutuhan Dasar Manusia 6. Exercise. Diagnosis. Pengukuran Suhu Tubuh. 13. Evaluasi 2. 12.

and Environment: Hand washing. Nutrition and Elimination: Feeding. Hygiene. Bathing and Sponging.3. Catheterization. Comfort. 4: Health Assessment Deskripsi . Hair washing 4. Bed Making. Mouth care. Naso Gastric tube. Huknah BLOK 1.

Nursing 3. 2. Disiplin ilmu yang terintegrasi: 1. Maternity Nursing 6. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai etik dan islami dalam praktek pengumpulan data dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan Fisik 2. Nursing 1.Blok ini berkontribusi pada peningkatan kemampuan dan ketrampilan mahasiswa untuk pengumpulan data dan melakukan pemeriksaan fisik terhadap pasien disemua tingkatan umur (life span continuum) dalam rangka memberikan asuhan keperawatan yang holistic kepada klien disetiap tingkatan umur. Tujuan Khusus 1. Geriatric Nursing 5. 4. Haemodialisa . Nursing 5 3. Nursing 4. Paediatric Nursing 4. Proses Keperawatan Blok yang terkait 1. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Mahasiswa memahami peran perawat dalam pengumpulan data dalam praktek klinik keperawatan professional. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan tehnik pengumpulan data dan pemeriksaan fisik. kultur yang dapat mempengaruhi derajat kesehatan klien 3. ekonomi. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai konsep dan tehnik pengumpulan data serta menguasai ketrampilan melakukan pengkajian dan pemeriksaan fisik pada klien dari semua tingkatan umur (life span continuum) yang dapat dipergunakan untuk landasan pengambilan keputusan dalam memberikan asuhan keperawatan klien secara komprehensif dan profesional. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan tehnik pengumpulan data klien dari berbagai sumber data serta mampu menganalisa berbagai faktor seperti social. Nursing 2.

Interview 2.Nutritional Assessment 13.7. Validasi dan dokumentasi data 10. Quality of Nursing Practice Daftar Materi Ajar 1.Mental Health Assessment 14. Why learn health assessment? 4. Analysis data using critical thinking 8. Nurse's role in health assessment: collecting and analyzing data 3.Pengkajian bayi dan anak 18. Data subjective dan objective 7.Health Assessment across the life span: 16.Pengkajian Lansia 19.Pengkajian ibu hamil 17. Analisis laboratorium diagnostik 9. Analisis laboratorium diagnostic .Sleep Assessment 15.Health assessment on Health System: 11. Tehnik Pengumpulan data: 6. Foundation of Health Assessment: 2. Ethical cultural consideration 5.Physical Examination: Head to toe Daftar Ketrampilan Klinik 1. Physical Examination: Head to Toe 3.Pain Assessment 12.

BLOK 1. 5: Professional Communication in Nursing Deskripsi Blok ini berkontribusi pada penguasaan tehnik komunikasi secara verbal dan non verbal sebagai landasan untuk melakukan interprofesional interaksi dan interprofesional teamwork dalam memberikan asuhan keperawatan kepada klien dalam semua tingkatan umur baik di pelayanan kesehatan, keluarga, dan komunitas. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai konsep, tehnik, dan mendemonstrasikan komunikasi verbal dan non verbal yang dapat dipergunakan sebagai landasan dalam pemberian asuhan keperawatan kepada klien dari semua tingkatan umur (life span continuum) dan melakukan interprofesional interaksi dan interpofesional teamwork. Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep komunikasi verbal dan non verbal, komunikasi terapeutik, dan conceptual interprofesional communication. 2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan efektif komunikasi dan komunikasi terapeutik. 3. Mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan professional komunikasi dalam berhubungan dengan profesi kesehatan yang lain dan hubungan professional perawat dan klien, keluarga, dan masyarakat Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Komunikasi Umum 2. Komunikasi Keperawatan 3. Komunikasi Terapeutik 4. Teamwork Blok yang terkait 1. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Nursing 1, Nursing 2, Nursing 3, Nursing 4, Nursing 5 3. Paediatric Nursing 4. Geriatric Nursing

5. Maternity Nursing 6. Haemodialisa 7. Health Assessment 8. Maternity Nursing 9. Geriatric Nursing 10.Haemodialisa 11.Teamwork 12.Research 13.Civic 14.Bio-statistik Daftar Materi Ajar Konsep komunikasi Tehnik komunikasi Dimensi respon komunikasi Komunikasi terapeutik Non Verbal Komunikasi Daftar Ketrampilan Klinik 1. Tehnik komunikasi dalam proses keperawatan 2. Demensi respon komunikasi: konfrontasi, therapeutic impasse

BLOK 1. 6: Bio-Science and OHS Deskripsi Blok ini berkontribusi penting pada penguasaan atau pemahaman tentang hubungan antara konsep microbiology sebagai sumber dan penyebab kesakitan klien dan upaya pencegahan penyebaran penyakit. Blok ini berfokus pada pemutusan mata rantai penyebaran penyakit sebagai upaya preventif terjadinya suatu penyakit berlandaskan pada prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai konsep microbiology dan konsep OHS untuk bisa memahami penyebaran dan pencegahan penularan penyakit dalam lingkungan pelayanan sehingga dapat dipergunakan sebagai landasan praktek keperawatan professional dalam upaya meningkatkan kesehatan dan keselamatan kerja serta promosi kesehatan. Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep mikrobiology penyebab penyakit serta cara penularan penyakit di masyarakat. 2. Mahasiswa mampu menguasai konsep dan prinsip-prinsip OHS dan perannya dalam upaya peningkatan upaya kesehatan dan keselamatan kerja tenaga kesehatan. 3. Mahasiswa mampu memahami peran dan fungsi perawat dalam OHS. Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Microbiology 2. Parasitological 3. Biochemistry 4. OHS yang

Blok yang terkait 10.Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 11.Nursing 1, Nursing 2, Nursing 3, Nursing 4, Nursing 5 12.Paediatric Nursing 13.Geriatric Nursing 14.Maternity Nursing 15.Haemodialisa 16.Maternity Nursing 17.Geriatric Nursing 15.Haemodialisa Disiplin ilmu yang terkait Dasar-dasar mikrobiologi dan bakteriologi Dasar-dasar parasitologi Helmintologi, protozoologi, entologi Virology dasar Sterilisasi dan Desinfeksi Tindakan pencegahan infeksi nosokomial Identifikasi hazards Manjemen Hazards Daftar Ketrampilan Klinik 1. Tehnik Desinfeksi 2. Tehnik Sterilisasi 3. Pengenceran desinfektan 4. Struktur Parasit dan Bakteri

3. 7: Fundamental of Nursing Practice 2 Deskripsi Blok ini sebagai lanjutan dari fundamental of nursing practice 1 dengan fokus pembelajaran pada peningkatan konsep dan ketrampilan dasar praktik keperawatan dengan pendekatan proses keperawatan.BLOK 1. Oksigenasi. Fluid. Mahasiswa mampu memahami tehnik reporting dan recording data pasien sebagai bagian akuntabilitas profesi keperawatan . Mahasiswa mampu memahami konsep perioperative nursing: pre-intra-post operasi. Electrolite. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami dan menguasai tindakan keperawatan sebagai respon kebutuhan dasar manusia serta mampu mendemonstrasikan keterampilan klinik secara kompeten untuk dapat dipergunakan dalam memberikan asuhan keperawatan secara komprehensif dan aman. IM. Acid-Base Balance. Perioperative and Promoting psychological health 2. Diagnostic Test. Mahasiswa mampu menguasai teori ketrampilan klinik dasar dan mampu mempraktekkan ketrampilan klinik dasar: Tehnik pemberian obat: Injection: IV. Blok ini berkontribusi pada penguasaan kompetensi keterampilan klinik dasar yang mempunyai kompleksitas lebih tinggi dari fundamental of nursing practice 1. Reporting and Recording. SC. IC. Pain Management. Tujuan Khusus 1.

Nursing 2. Penghitungan dosis obat 3. Geriatric Nursing 6. SC. Nursing 5 3. Tehnik pemberian obat: Injection: IV. Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Geriatric Nursing 8. Metodology Keperawatan 4. Health Assessment 4. Nursing 1.4. Nursing 3. darah. Mahasiswa mampu memahami konsep persipan pemeriksaan diagnostic serta mampu menyiapkan berbagai rencana pemeriksaan. Pemberian obat: Suppository. Ventury Nebulazer: child and adult Chest Physiotherapy . Haemodialisa Daftar Materi Ajar 1. Oral: Math (dose counting). dan radiology. Paediatric Nursing 5. Praktek Keperawatan Dasar Blok yang terkait 1. Re-breathing mask. Proses Keperawatan 3. IM. Maternity Nursing 7. Opioid 5. Medication principles 2. 5. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Nursing 4. Oksigenasi Oxygenation: Nasal Prong. Kebutuhan Dasar Manusia 5. faeses. sputum. urine. Mahasiswa mampu menganalisis dan mengintegrasikan nilai-nilai etik dan nilainilai islam dalam setiap modul pembejaran. Simple mask. IC 4. Konsep Keperawatan 2. Inhalation 6.

Ventury Nebulazer: child and adult Chest Physiotherapy Coughing Excercise 2. and Coping 7. Psycho-spiritual. CT Scan. SC. Opioid Suppository Inhalation Oxygenation: Nasal Prong. IM.Diagnostic Test Preparing blood sample Preparing sputum sample Preparing urine and stool sample Preparing Radiologic Test: x-ray. Medication Injection: IV. Simple mask. Re-breathing mask. Fluid. Electrolite Non medication Medication Pre-operation Intra operation Post operation Hospitalisation. Acid-Base Balance 8.- Coughing Excercise Infusion Transfusion Monitor fluid balance. Oxygenation .Reporting and Recording Daftar Ketrampilan Klinik 1. Pain Management 9. Electrolite. MRI Clinical Documentation Discharge Planning and Referral System 11. IC Oral: Math (dose counting). Perioperative and Promoting psychological health 10. Acid-Base. USG.

CT Scan. USG. Perioperative and Promoting psychological health 6. Diagnostic Test 7. Pain Management 5. and Coping Preparing blood sample Preparing sputum sample Preparing urine and stool sample Preparing Radiologic Test: x-ray. Fluid. Acid-Base Balance Infusion Transfusion Monitor fluid balance. Acid-Base. Psycho-spiritual.3. Reporting and Recording . Electrolite Non medication Medication Pre-operation Intra operation Post operation Hospitalisation. MRI Clinical Documentation Discharge Planning and Referral System 4. Electrolite.

BLOK 1. Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu memahami manusia sebagai pusat perawatan (patientcentered care) dan mampu mengidentifikasi strategy pendekatan dalam memberikan asuha keperawatan 2. 8: Quality of Nursing Practice Deskripsi Merupakan blok yang memberikan konsep tentang peningkatan kualitas praktek keperawatan sebagai upaya memberikan dasar-dasar praktek professional dan memberikan sebagai landasan (safe practice) dan (patient safety) yang merupakan hal terpenting dalam pelayanan asuhan keperawatan. Mahasiswa mampu memahami konsep safe dan effective care dalam memberikan asuhan keperawatan . Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami atau menguasai konsep praktek keperawatan bermutu tinggi (quality nursing practice) yang dapat dipergunakan sebagai landasan dalam pemberian asuhan keperawatan yang bermutu tinggi kepada klien dari semua tingkatan umur (life span continuum).

sesama manusia. Konsep safe and effective care 3. maupun lingkungannya sebagai landasan kehidupan toleransi beragama.3. Kontribusi dari blok ini adalah terhadap perilaku manusia terhadap Alloh SWT. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan melakukan asuhan keperawatan berdasarkan konteknya. Context of Care BLOK 1. Mahasiswa mampu memahami konsep akhlaq dalam agama islam . Tujuan Khusus 1. Konsep manusia sebagai centered of care 2. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami konsep-konsep aqidah dan akhlaq agama islam dan mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai perawat professional. Mata Ajar yang terintegrasi 1. Psikology umum Daftar Materi Ajar 1. makluk lain. 9: Religion Deskripsi Blok ini merupakan bagian dari cabang ilmu akhidah akhlaq.

1: Nursing Contemporer and Transcultural Nursing Deskripsi Blok ini berkontribusi terhadap peningkatan kemampuan ruang mahasiswa global. Pengantar aqidah akhlak 2. Mahasiswa islam mampu memahami falsafah agama. Mata Ajar yang Terintegrasi 1.2. fungsi agama dalam kehidupan. Prinsip-prinsip kaidah agama 3. dalam Fokus memandang keperawatan sebagai bagian dari lingkup pembelajaran pada blok ini adalah meningkatkan konsep keperawatan kontemporer / kekinian (modern) dan aplikasi keperawatan terkini (Nursing Contemporer) dalam didalam berbagai latar belakang sosial budaya masyarakat yang ada di Indonesia maupun sosial budaya masyarakat luar negeri. Filsafat Ilmu 4. Tujuan Umum . Ajaran agama dan kesehatan 5. prinsip-prinsip kehidupan beragama. Bahasa Arab Daftar Materi Ajar 1. Pandangan agama terhadap tindakan medis/keperawatan BLOK 2. dan sumber ajaran agama 3. Keperawatan dalam islam 3. Agama dan kehidupan 4. Aqidah akhlak 2. Mahasiswa mampu menjelaskan pandangan agama islam terhadap profesi keperawatan dan pelayanan keperawatan.

Mahasiswa mampu melihat individu secara utuh melalui sudut pandang budaya dan komunitas dalam memberikan asuhan keperawatan. Mahasiswa mampu memahami budaya dari berbagai Negara didunia dan mampu melakukan praktek keperawatan lintas budaya. teori.Mahasiswa mampu menguasai konsep keperawatan terkini (nursing contemporer) dan konsep keperawatan lintas budaya (transcultural nursing) serta mampu mengadaptasi konsep tersebut dalam kontek praktek keperawatan di Indonesia sebagai landasan menjawab tantangan globalisasi dan perdagangan bebas. serta sejarah perkembangan keperawatan 2 3 4 5 Mahasiswa mampu memahami perspektif praktek dari konsep nursing contemporer dan transcultural nursing. Sosiologi 4. Fundamental of nursing practice 1 dan 2 2. 2: Nursing 1: Cardiovascular and Respiratory System Deskripsi Blok ini berfokus pada pengelolaan keperawatan pasien dewasa dengan permasalahan pada system kardiovaskuler dan system respirasi. Asuhan keperawatan pada klien dengan budaya lain BLOK 2. Budaya di luar negeri (arab. Filsafat Ilmu Daftar Materi Ajar 1. Mata Ajar yang Terintegrasi 1. Professionalism 3. filipina) 4. Konsep keperawatan kontemporer 2. Mahasiswa mampu menganalisa pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap praktek keperawatan. jerman. Tujuan Khusus 1 Mahasiswa mampu menguasai konsep keperawatan kontemporer yang meliputi pengetahuan tentang filosofi. Malaysia. china. Konsep keperawatan transkultural 3. Model pembelajaran pada blok ini adalah pemberian teori untuk meningkatkan pemahaman tentang .

Tujuan Umum Mahasiswa mampu dan memahami system konsep terjadinya mampu penyakit pada system kardiovaskuler respirasi serta melakukan pengelolaan keperawatan pasien dewasa dengan penyakit pada system kardiovaskuler dan system respirasi dengan pendekatan proses keperawatan. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik keperawatan dalam mengelola pasien dengan masalah pada system kardiovaskuler dan respirasi. Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik atau prosedur tindakan bedah atau non bedah pada penyakit kardiovaskuler dan respirasi. evidence base research. manager. 3. Keperawatan Medikal bedah 3. Pengelolaan keperawatan di tekankan pada pendekatan proses keperawatan sebagai suatu respon penyakit yang terjadi pada ke dua sistem. dan researcher. dan pendekatan sosial budaya dalam upaya mencapai kompetensi sebagai professional care provider. Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan pasien dewasa dengan masalah/penyakit pada system kardiovaskuler dan respirasi dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan 2. Farmakology yang terjadi dalam sistem .terjadinya suatu penyakit pada sistem kardiovaskuler dan respirasi dengan mengintegrasikan berbagai bidang ilmu terkait. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu terkini pengelolaan masalah pasien dewasa yang terjadi pada system kardiovaskuler dan respirasi melalui telaah evidence base research dan hasil penelitian 5. Kebutuhan Dasar Manusia 2. Mahasiswa mampu mengintegrasikan peran dan fungsi praktek keperawatan professional dalam mengelola pasien dengan penyakit kardiovaskuler dan respirasi. community leader. 4.

Professional Communication in Nursing 6. Pemahaman anatomi dan fisiology sistem kardiovaskuler dan respirasi 2. Quality of Nursing Practice 7.4. Haemodialisa 4. Nursing 3. Perawatan pasien dengan post operasi jantung 4. Perawatan pasien dengan post operasi paru-paru Daftar Ketrampilan Klinik 1. Askep pasien dengan masalah kardiovaskuler dan respirasi 3. Perawatan pasien dengan tindakan invasif jantung f. Penanganan pasien dengan masalah malasah pada sistem kardiovaskuler a. Nursing 1. Health Assessment 5. Perawata pasien dengan CHF d. Melakukan pemeriksaan dan interpretasi EKG 4. Pengukuran CVP . Perawatan pasien dengan gangguan irama jantung e. Nursing 2. Perawatan pasien dengan penyakit menular paru-paru b. Research Daftar Materi Ajar 1. Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. Ilmu Penyakit Bedah Blok yang terkait 1. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Nursing 4. Melakukan pemeriksaan fisik jantung dan respirasi 2. Perawatan pasien dengan IMA b. Perawatan pasien dengan penyakit tidak menular paru paru c. Nursing 5 3. Isu terkini masalah-masalah pada sistem kardiovaskuler da respirasi: evidance based research 3. Penanganan pasien dengan masalah masalah pada sistem respirasi a. Ilmu Penyakit Dalam: Kardiovaskuler dan Respirasi 5. Perawatan pasien dengan Hipertensi c.

Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu menguasai konsep tumbuh kembang pada anak 3. memahami prevalensi penyakit pada anak sesuai wewenangnya dan melakukan pendidikan kesehatan serta melakukan kajian isu terkini kesehatan anak. Ilmu kesehatan anak . Mahasiswa mampu melakukan pengkajian fisik dan tumbuh kembang.5. 4. Fisioterapi dada dan Batuk efektif BLOK 2. Mata Ajar yang Terintegrasi 1. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami konsep keperawatan anak. 3: Paediatric Nursing Deskripsi Mahasiswa mempelajari konsep sehat sakit dan tumbuh kembang pada bayi dan anak agar mampu memberikan asuhan keperawatan yang aman pada anak sesuai dengan tingkatan umur. Pembelajaran pada blok ini berfokus pada pengelolaan pasien anak dengan pendekatan proses keperawatan. konsep penyakit pada anak. Pengukuran JVP 6. konsep bermain edukatif pada anak. Mahasiswa mampu memahami masalah-masalah penyakit yang terjadi pada anak dan tumbuh kembang anak. Mahasiswa mampu melakukan komunikasi terapeutik dalam asuhan keperawatan anak 5. Mahasiswa mampu menguasai konsep keperawatan anak dan balita 2. upaya promosi kesehatan anak. dan konsep manajemen asuhan keperawatan anak sebagai landasan untuk memberikan asuhan keperawatan professional yang aman dan efektif bagi anak sesuai dengan tingkatan umur dan tumbuh kembangnya baik sehat maupun sakit. Mahasiswa mampu menjelasakan perspektif keperawatan anak dalam konteks keluarga. 6.

Denver 2 (Denver Development Screening Test) 3. MTBS (Manajemen Terpadu Balita Sakit) 2. Set up permainan edukatif . Keperawatan anak 3. Konsep sehat sakit pada anak dan penyakit. Nilai-nilai ajaran islam yang berhubungan dengan ilmu keperawatan anak Daftar Materi Ajar 1. Konsep tumbuh kembang pada anak. Ketrampilan skill anak 4. konsep hospitalisasi.2. Pengantar ilmu kesehatan anak 2. Praktikum keperawatan anak Daftar Ketrampilan Klinik 1. Konsep ilmu kesehatan anak dan keperawatan anak 3. Pengkajian Anak 4. Imunisasi. terapi bermain pada anak 5. Imunisasi 6. Terapi Bermain 7.penyakit yang dialami pada anak dan proses keperawatan 6. Water Tapid Sponge 5. komunikasi pada anak 4.

Mampu memahami kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Konsep bahasa Indonesia 2. Tujuan Khusus 1. membentuk karakter. Penulisan bahasa Indonesia baku . 2. Tujuan Umum Mahasiswa mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah pengucapan dan penulisan bahasa Indonesia yang baku sehingga mampu mencerminkan nilai-nilai bahasa yang luhur.BLOK 2. 4: Indonesian Deskripsi Blok ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan mahasiwa menggunakan bahasa nasional (bahasa Indonesia) dalam pergaulan sehari hari dan dalam penulisan dokumentasi keperawatan dengan baik dan benar. Mampu membuat tulisan dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Mampu melakukan komunikasi dengan bahasa Indonesia secara baik dan benar. 3. Daftar Materi Ajar 1. dan meningkatkan kepercayaan diri.

efisien dan terkoordinasi dalam rangka memberikan pelayanan yang paripurna. Tujuan Khusus 1. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip manajemen asuhan keperawatan dan manajemen pelayanan keperawatan serta mampu menerapkannya dalam pelaksanaan asuhan keperawatan dan pelayanan dalam upaya memberikan asuhan keperawatan atau pelayanan kesehatan yang efektif.BLOK 2. 5: Management and Leadership Nursing Deskripsi Blok ini mempelajari tentang konsep manajemen dan kepemimpinan dalam praktek keperawatan professional. Mahasiswa mampu memahami dan menguasai prinsip dan teori manajemen asuhan keperawatan. 2. filosofi dan misi. Mahasiswa mampu memahami dan menguasai prinsip-prinsip manajemen pelayanan kesehatan. dan terkoordinasi untuk meningkatkan mutu pelayanan. . efisien. Kontribusi yang diberikan oleh blok manajemen dan kepemimpinan ini adalah meningkatnya kemampuan mahasiswa dalam mealakukan asuhan keperawatan yang efektif.

Manajemen asuhan keperawatan 4. Mahasiswa mampu menguasai tehnik kepemimpinan yang efektif dan mengembangkan kepemimpinan untuk peningkatan mutu asuhan keperawatan dan pelayanan kesehatan. Kepemimpinan dalam keperawatan 3. Quality assurance 5. Perencanaan Asuhan Keperawatan 3. Time Management . Mata Ajar yang Terintegrasi 1. Pengelolaan Pelayanan kesehatan 4. Manajemen pelayanan kesehatan Daftar Ketrampilan Klinik 1. Konsep manajemen keperawatan 2. Manajemen Keperawatan Daftar Materi Ajar 1. Mahasiswa mampu menerapkan prinsip manajemen asuhan keperawatan dan manajemen pelayanan dalam praktek klinik keperawatan.3. Pengorganisasian 2. Time Manajemen 7. 4. Supervisi Keperawatan 6. Manajemen Kesehatan 2.

Pembelajaran beorientasi pada pemahaman bagaimana perjalanan masalah/penyakit yang terjadi sistem urologenital bisa terjadi dan bagaimana pengelolaan masalah tersebut dengan pendekatan proses keperawatan. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami dan mendemonstrasikan pengelolaan asuhan keperawatan yang terjadi pada sistem urogenital dengan pendekatan proses keperawatan dan evidanced-base research serta mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik pada sistem urogenital dalam upaya untuk dapat mencapai kompetensi sebagai professional care provider. Blok ini mengintegrasikan famakologi dan ketrampilan klinik pada penanganan masalah penyakit yang terjadi pada sistem urogenital. .BLOK 2. 6: Nursing 2. Urogenital System Deskripsi Blok ini berfokus pada pengelolaan keperawatan pasien dewasa dengan permasalahan pada system urogenital.

Keperawatan Medikal bedah 3. Quality of Nursing Practice 7. Kebutuhan Dasar Manusia 2. Nursing 4. Farmakology 4. Health Assessment 5. Nursing 1. Pemahaman anatomi dan fisiology sistem urogenital 2. Research Daftar Materi Ajar 1. Penanganan pasien dengan masalah malasah pada sistem urogenital . Nursing 5 3. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan pasien yang terjadi dalam system urogenital dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu terkini pengelolaan masalah pasien dewasa yang terjadi pada system urogenital melalui telaah evidence base research dan hasil penelitian 5. Nursing 3. Ilmu Penyakit Bedah Blok yang terkait 1. Nursing 2. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik pada masalahmasalah yang terjadi dalam sistem urogenital 3. Professional Communication in Nursing 6. Ilmu Penyakit Dalam 5.Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik keperawatan dalam mengelola pasien dengan masalah pada system urogenital Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Isu terkini masalah-masalah pada sistem urogenital: evidance based research 3. Haemodialisa 4. Mahasiswa mampu mengintegrasikan peran dan fungsi praktek keperawatan professional dalam mengelola pasien dengan masalah urogenital 4.

psikodinamika. dan penerapan terapi modalitas keperawatan akan menjadi bahan diskusi dalam blok ini. Pengalaman belajar ini akan berguna bagi mahasiswa dalam memberikan pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dan integrasi keperawatan jiwa pada bidang keperawatan lain. Upaya keperawatan dalam pencegahan primer. . Melakukan pemeriksaan fisik sistem urology 2. Askep pasien dengan masalah urogenital BLOK 2.Daftar Ketrampilan Klinik 1. 7: Mental Health Nursing Deskripsi Blok ini membahas tentang klien sebagai sistem yang adaptif da1am rentang respons sehat jiwa sampai gangguan jiwa. sekunder dan tertier terhadap klien dengan masalah bio-psikososio-spiritual dan gangguan kesehatan jiwa. secara individu dan dalam konteks keluarga. terjadinya masalah kesehatanI keperawatan jiwa yang umum di Indonesia. Selain itu akan dibahas juga kecenderungan dan masalah/ isu kesehatan jiwa di Indonesia serta peran perawat dalam penanggulangannya. Hubungan terapeutik.

terapi modalitas keperawatan secara mandiri maupun kolaborasi melalui pendekatan proses keperawatan. Riset Keperawatan Daftar Materi Ajar 1 2 3 4 5 Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan jiwa Keperawatan Bio-psiko-sosial-spiritual pada pasien dengan gangguan jiwa Keperawatan gangguan jiwa dan berbagai masalah perilaku Keperawatan gangguan jiwa anak dan remaja Keperawatan gangguan jiwa lanjut usia . Mata Ajar yang terintegrasi 1. Tujuan Khusus 1 2 3 Memahami perkembangan manusia dan psikodinamika proses terjadinya gangguan jiwa Memahami konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa dan gangguan jiwa dalam konteks keluarga Mengimplementasikan proses keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan kepada individu dan keluarga yang mengalami masalah bio psiko sosio spiritual dalam rentang sehat jiwa dan gangguan jiwa 4 5 6 7 Memahami sejarah pelayanan kesehatan jiwa Menganalisa kecenderungan dan isu dalam keperawatan kesehatan jiwa Mengidentifikasi area riset terkait dengan kesehatan dan keperawatan jiwa Mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik dalam memberikan asuhan keperawatan jiwa. Psikiatri 2. Keperawatan Jiwa 3.Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami perkembangan pelayanan kesehatan keperawatan jiwa sebagai pelayanan professional dan mendemonstrasikan pemberian pelayanan/asuhan keperawatan jiwa dengan menggunakan kemunikasi keperawatan terapeutik.

erilaku gangguan hubunga sosial. Konseling dan penyuluhan dalam keperawatan jiwa BLOK 3. Melakukan komunikasi terapeutik 2. Pengkajian klien dengan gangguan jiwa 3. Melakukan terapi aktivitas kelompok dan terapi okupasi 4. gangguan dalam perasaan. Blok ini berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan mahasiswa dalam aspek hokum yang melekat pada profesi keperawatan. 8 orientasi realitas I respons neurobiologis. gangguan mencedarai diri. 1: Legal and Ethic in Nursing Deskripsi Pokok bahasan pada blok ini adalah tentang hukum dan etik dalam praktek keperawatan professional. Restrain pada pasien yang gaduh/ gelisah 5. gangguan penggunaan NAPZA. Mahasiswa . Pemberian obat pada klien dengan gangguan jiwa 6. Pendokumentasian strategi pelaksanaan dan analisis proses interaksi 7.6 7 Psikofarmaka dan therapy modalitas Keperawatan masalah "keperawatan jiwa" (perilaku kekerasan. Isu dan kecenderungan kesehatan I keperawatan jiwa. Daftar Ketrampilan Klinik 1.

bioetik kesehatan. standard praktek keperawatan professional (professional conduct). Mahasiswa mampu memahami sumber etik dan hukum keperawatan serta implikasi hukum dari tindakan perawatan 4. Bioetik Kesehatan 6. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai standar praktek keperawatan professional.diberikan materi etika keperawatan atau etika profesi. Mahasiswa mampu memahami prinsip-prinsip moral praktek keperawatan 3. Mahasiswa mampu memahami konsep etika keperawatan/etika profesi 2. Tujuan Khusus 1. Mata Ajar yang terintegrasi 1. Kode etik keperawatan 3. Etika dan Hukum Keperawatan 2. Dasar-dasar etika keperawatan 2. Digestive System (GI and Endocrine) Deskripsi . Mahasiswa memahami undang-undang terkait hukum kesehatan 5. 2: Nursing 3. Penyelesaian dilemma etik/hukum 7. Dasar-dasar hukum kesehatan 4. Peraturan/Undang-Undang Kesehatan 5. dan standard etik keperawatan (ethical conduct). standar etika profesi. dan undang-undang kesehatan serta bioetik kesehatan sebagai landasan untuk melakukan praktek keperawatan professional yang akuntabel. Mahasisma mampu mengembangkan pemikiran kritis untuk menyelesai ethical dilemma atau legal dilemma dalam praktek keperawatan professional. Ilmu social dan masalah kesehatan Daftar Materi Ajar 1. Peran dan fungsi perawat dalam penyelesaian masalah hukum BLOK 3.

Tujuan Khusus 1. Keperawatan Medikal bedah 3. sosial budaya. manager. Mahasiswa mampu mengintegrasikan peran dan fungsi praktek keperawatan professional dalam mengelola pasien dengan masalah digestive dan sistem horon 4. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik pada masalahmasalah yang terjadi dalam sistem digestive dan sistem hormon 3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu terkini pengelolaan masalah pasien dewasa yang terjadi pada system digestive dan hormon melalui telaah evidence base research dan hasil penelitian 5. Kebutuhan Dasar Manusia 2. dan isu terkini. Materi pembelajaran diberikan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang proses terjadinya masalah kesehatan/penyakit yang terjadi pada sistem digestive dan pada sistem hormon serta pengelolaan pasien dengan masalah-masalah pada kedua sistem dengan pendekatan proses keperawatan. Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan pasien yang terjadi dalam system digestive dan sistem hormon dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan 2. dan researcher. Tujuan Umum Mahasiswa mampu menguasai dan mendemonstrasikan pengelolaan asuhan keperawatan yang terjadi pada sistem digestive dan sistem hormon dengan pendekatan proses keperawatan.Fokus pembelajaran pada blok ini adalah pengelolaan pasien dewasa dengan masalah/penyakit pada sistem digestive dan Hormon. Farmakology . dan menggunakan pendekatan sosial budaya dalam upaya mencapai kompetensi sebagai professional care provider. menggunakan evidenced-base atau hasil penelitian. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik keperawatan dalam mengelola pasien dengan masalah pada system digestive dan system hormon Disiplin ilmu yang terintegrasi 1.

Nursing 5 3. Pemahaman anatomi dan fisiology sistem digestive dan hormon 2. Melakukan pemeriksaan fisik sistem pencernaan dan hormon 2. Nursing 3. Quality of Nursing Practice 7. Isu terkini masalah-masalah pada sistem digestive dan hormon: evidance based research 3. Professional Communication in Nursing 6. Penanganan pasien dengan masalah malasah pada sistem Digestive 4. Askep pasien dengan masalah digestive dan hormon . Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. Nursing 1. Research Daftar Materi Ajar 1. Nursing 4. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2.4. Health Assessment 5. Haemodialisa 4. Nursing 2. Penanganan pasien dengan masalah masalah pada sistem Hormon Daftar Ketrampilan Klinik 1. Ilmu Penyakit Bedah Blok yang terkait 1. Ilmu Penyakit Dalam 5.

yang meliputi proses penuaan & masalahnya. Mahasiswa mampu memahami konsep dasar keperawatan gerontik 2. cairan elektrolit.BLOK 3. kebutuhan nutrisi. khususnya di keluarga dan masyarakat Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami konsep gerontik. oksigenisasi. 3: Geriatric Nursing Deskripsi Blok ini membahas tentang konsep dasar gerontik. aktifitas. Mahasiswa mampu memahami. eliminsai. lemah fisik dan psikososial pada lanjut usia dan penerapannya pada asuhan keperawatan lansia dengan penekanan pada peningkatan kesehatan. Mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan yang komprehensif kepada klien usia lanjut 3. serat seksual lanjut usia. keselamatan&keamanan. kuratif. Mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan pada klien usia lanjut menjelang ajal 6. rehabilitatif. Mahasiswa mampu menguasai konsep keperawatan holistic pada klien dengan usia lanjut 5. preventif. Tujuan Khusus 1. personal higene. istirahat I tidur. serta mengembangkan konsep asuhan keperawatan gerontik di tatanan pelayanan kesehatan / fasilitas care yang lain. menganalisis. melaksanakan asuhan keperawatan gerontik yang mencakup upaya promotif. Mahasiswa mampu menganalisa peran perawat dalam memberikan asuhan keperawatan kepada keluarga dan komunitas yang memiliki lansia . teori-teori bio-psiko-sosio/kultural dan spiritual pada proses penuaan. Cabang ilmu ini akan berguna dalam melaksanakan pelayanan I asuhan keperawatan pada lanjut usia di berbagai tatanan pelayanan kesehatan. pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan lanjut usia. serta mendemonstrasikan asuhan keperawatan pada klien dengan masalah kesehatan fisik 4.

4. 5. 6. 4.Mata Ajar yang Terintegrasi 1. Keperawatan Keluarga Daftar Materi Ajar 1. 2. 7. Teori bio-psiko-sosio/kultural dan spiritual pada proses penuaan. Pengkajian pada lansia Pembuatan asuhan keperawatan gerontik MMSE (Mini Mental State Examination) Manajemen pasien Confused. Asuhan keperawatan pada masalah kesehatan fisik yang lazim pada lanjut usia Asuhan keperawatan masalah psikososial dan kultural yang lazim terjadi pada lansia. Keperawatan Gerontik 2. 3. Konsep dasar keperawatan gerontik 2. 3. Asuhan keperawatan lansia menjelang ajal Peran keluarga dan komunitas dalam asuhan keperawatan lansia Isu dan kecenderungan masalah kesehatan yang terjadi pada kelompok lanjut usia Daftar Ketrampilan Klinik 1. Dementia .

Mahasiswa diajarkan Comprehension English sebagai bekal melakukan intenasional interaction and networking serta untuk bisa belajar sepanjang hayat. Tujuan Khusus 1. Mahasiswa mampu membaca jurnal ilmiah berbahasa inggris dengan baik Daftar Materi Ajar 1. Mahasiswa mampu melakukan komunikasi pasif-aktif dengan menggunakan bahasa inggris 5. Tujuan Umum Mahasiswa mampu berbahasa inggris secara pasif-aktif dan mampu mendemonstrasikan kemampuan bahasa inggris secara comprehension dalam upaya sebagai landasa melakukan interaksi secara internasional dan melakukan hubungan dengan fihak lain. 4: English Deskripsi Fokus pembelajaran pada blok ini adalah penguasaan bahasa asing (bahasa inggris). Basic English 2. Mahasiswa mampu menguasai konsep Advanced English dengan baik 4. Mahasiswa mampu menguasai konsep intermediate English dengan baik 3. Intemediate English . Mahasiswa menguasai konsep basic English dengan baik 2.BLOK 3.

komunitas. Didalam konsep komunitas akan dibahas program-program kesehatan/kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masalah kesehatan utama di Indonesia. Conversation 2. pencegahan penyakit. dan masalah-masalah kesehatan lingkungan di Indonesia. Writing Skills BLOK 3. peran penatalaksanaan pelayanan kesehatan lingkungan. Tujuan Umum Setelah menyelesaikan mata ajaran ini. Advanced English 4. serta menjaga kesehatan lingkungan untuk meningkatkan kesehatan. komunitas. serta kesehatan lingkungan. Sedangkan konsep kesehatan lingkungan didalamnya akan membahas tentang prinsip-prinsip kesehatan lingkungan. 5: Community Health and Public Health Deskripsi Blok ini membahas tentang tiga sub pokok besar yaitu keluarga. mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan keluarga. Basic Academic English Daftar Ketrampilan 1. Didalam konsep keluarga akan dibahas mengenai bentukbentuk keluarga dan ketrampilan yang membuat mahasiswa dapat merawat secara efektif kepada keluarga dengan salah satu anggota keluarga mengalami gangguan kesehatan/potensial atau untuk meningkatkan kesehatan suatu keluarga. Reading Skills 4. Listening Skills 3.3. asuhan keperawatan komunitas dan pembahasan tentang isu kecenderungan masalah kesehatan komunitas dalam konteks pelayanan kesehatan utama dengan penekanan pada peningkatan kesehatan. pencegahan penyakit dan pemeliharaan kesehatan sesuai dengan kondisinya. dan pemeliharaan kesehatan. Interactive English 5. .

Kesehatan Masyarakat 4.Memahami kekuatan keluarga dan pengambilan keputusan 12. Menjelaskan tentang kesehatan keluarga. 6. 3. Keperawatan Keluarga 5. 2. Memahami proses keperawatan keluarga.Mengetahui peran keluarga 13.Mempunyai ketrampilan dalam menganalisa dan berfikir kritis terhadap hasil penelitian dalam area keperawatan keluarga. Memahami pengkajian keluarga 9. Anthopology 3. Mengidentifikasikan masalah kesehatan lingkungan dan reran perawat dalam penatalaksanaan pelayanan kesehatan lingkungan di Indonesia. Keperawatan Komunitas 2. Epidemiology 8.Memahami pola komunikasi dalam keluarga 11. 8. Kesehatan Lingkungan 6. Memahami konsep dan prinsip-prinsip kesehatan lingkungan. Menjelaskan konsep keluarga dan keperawatan keluarga 5. Menerapkan konsep dasar. Menjelaskan tentang tahap perkembangan keluarga dan tugas keluarga ditiap tahap perkembangan 7. prinsip-prinsip kesehatan lingkungan dalam pembahasan kasus tertentu. 4.Tujuan Khusus 1. Mata Ajar yang Terintegrasi 1.Menjelaskan tentang nilai dan fungsi keluarga serta pengaruhnya terhadap kesehatan keluarga 14. Demography dan Statistik Kesehatan 7. Ilmu Gizi Daftar Materi Ajar keluarga sehat dan hal-hal yang mempengaruhi . Menjelaskan tentang interview keluarga dan pelaksanaan interview keluarga 10.

Disaster management . Analisa SWOT program puskesmas 2. Konsep dasar keluarga Proses keperawatan keluarga Isu dan kecenderungan keperawatan keluarga/standar keperawatan keluarga Konsep home care Proses dan strategi koping keluarga dan struktur kegawatdaruratan keluarga Quality assurance dalam keperawatan keluarga Konsep keperawatan komunitas 10 Peran dan fungsi keperawatan komunitas 11 Proses keperawatan komunitas 12 Keperawatan kesehatan kerja 13 Keperawatan kesehatan di sekolah (School Health Nursing) 14 Manajemen home care 15 Media dalam pendidikan kesehatan 16 Kebijakan pemerintah/program-program pokok kesehatan untuk menanggulangi masalah kesehatan utama di Indonesia. 17 Pemberantasan penyakit menular dan penyehatan lingkungan pemukiman: HIV/AIDS 18 Isu dan kecenderungan dalam keperawatan komunitas Daftar Ketrampilan Klinik 1. Pengkajian komunitas 4.1 2 3 4 5 6 7 8 9 Konsep-konsep dasar kesehatan lingkungan Peran perawat dalam penatalaksanaan pelayanan kesehatan lingkungan. Pengkajian keluarga 3.

Nerves System and Musculoskeletal System Deskripsi Pembelajaan pada blok ini difokuskan pada pengelolaan keperawatan pasien dewasa dengan masalah pada sistem persyarafan dan muskuloskeletal. Pengelolaan asuhan keperawatan ditekankan pada pendekatan proses keperawatan dan pemahaman hasil studi yang ada pada ke dua sistem Tujuan Umum . 6: Nursing 4.BLOK 3. Integrasi farmakologi yang diperlukan untuk penanganan pasien dengan masalah nerves dan muskuloskeletal juga ditekankan. Teori diberikan untuk meningkatkan pemahaman tentang terjadinya suatu penyakit pada sistem nerves dan muskuloskeletal.

Haemodialisa 4. Health Assessment . Kebutuhan Dasar Manusia 2. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu terkini pengelolaan masalah pasien dewasa yang terjadi pada system nerves dan muskuloskeletal melalui telaah evidence base research dan hasil penelitian 5.Mahasiswa mampu memahami dan mendemonstrasikan pengelolaan asuhan keperawatan yang terjadi pada masalah/penyakit dalam system nerves dan muskuloskeletal dengan pendekatan proses keperawatan. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. manager. Nursing 4. Nursing 2. Nursing 5 3. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik keperawatan dalam mengelola pasien dengan masalah pada system nerves dan muskuloskeletal Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Tujuan Khusus 1. Ilmu Penyakit Bedah Blok yang terkait 1. dan menggunakan pendekatan sosial budaya dalam upaya mencapai kompetensi sebagai professional care provider. menggunakan evidencedbase atau hasil penelitian. Farmakology 4. Keperawatan Medikal bedah 3. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik pada masalahmasalah yang terjadi dalam sistem nerves dan muskuloskeletal 3. Mahasiswa mampu mengintegrasikan peran dan fungsi praktek keperawatan professional dalam mengelola pasien dengan masalah pada sistem nerves dan muskuloskeletal 4. dan researcher. Nursing 1. Ilmu Penyakit Dalam: Kardiovaskuler dan Respirasi 5. Nursing 3. Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan pasien yang terjadi dalam system nerves dan muskuloskeletal dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan 2.

Penanganan pasien dengan masalah masalah pada sistem muskuloskeletal Daftar Ketrampilan Klinik 1.5. Professional Communication in Nursing 6. Melakukan pemeriksaan fisik nerves dan muskuloskeletal 2. Research Daftar Materi Ajar 1. 7: Hemodialisa Deskripsi . Pemahaman anatomi dan fisiology sistem kardiovaskuler dan respirasi 2. Quality of Nursing Practice 7. Askep pasien dengan masalah nerves dan muskuloskeletal BLOK 3. Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. Penanganan pasien dengan masalah malasah pada sistem nerves 4. Isu terkini masalah-masalah pada sistem kardiovaskuler da respirasi: evidance based research 3.

Health Assessment 5. Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. Nursing 3. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami penyakit terminal system renal dan penatalaksaan hemodialisa sebagai terapi pengganti ginjal. Quality of Nursing Practice 7.Blok ini difokuskan pada pengelolaan keperawatan pasien dengan masalah pada renal system yang memerlukan hemodialisa sebagai terapi. Penatalaksanaan dikhususkan pada proses terapi pengganti ginjal (hemodialisa). Nursing 4. Mahasiswa mampu melakukan pengkajian system renal dan laboratorium diagnostik penyakit ginjal 3. Research . Nursing 2. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. Ilmu keperawatan penyakit bedah 3. Anatomi fisiology Blok yang terkait 1. Keperawatan Medikal Bedah 4. Teori diberikan untuk meningkatkan pemahaman tentang terjadinya suatu penyakit terminal pada sistem renal dan penatalaksanaannya. Mahasiswa mampu menguasai konsep hemodialisa dan tehnik pelaksanaan hemodialisa 4. Tujuan Khusus 1. Nursing 1. Professional Communication in Nursing 6. Nursing 5 3. Haemodialisa 4. Mahasiswa mampu mengembangkan keperawatan hemodialisa berdasarkan evidence based research Mata Ajar yang Terintegrasi 1. Mahasiswa memahami proses terjadinya penyakit terminal system renal 2. Ilmu Keperawatan penyakit dalam 2.

Teori Hemodialisa 5. Teori Gagal Ginjal Kronik 3. Review anatomy dan fisiology renal system 2. Tehnik re-use dialiser 7. intra. Evidance based research hemodialisa Daftar Ketrampilan Klinik 1. Pengkajian pasien dengan dengan penyakit terminal renal system 2. Persiapan alat dan pasien hemodialisa 4. Membuat keputusan klinik berdasar hasil observasi pre. Pendidikan Kesehatan pasien dengan hemodialisa 6. Pengkajian pasien dengan hemodialisa 3. Dokumentasi keperawatan pasien hemodialisa . Prinsip Penatalaksanaan Hemodialisa 4. Mengoperasikan hemodialisa (mesin) 5.Daftar Materi Ajar 1. dan post hemodialisa 6.

Konsep Keperawatan Profesional Daftar Materi Ajar 1. politik. social. Mahasiswa mampu nenjelaskan politik hamkanrata dan hankamnas dalam rangka memelihara keamanan Negara dan stabilitas nasional Mata Ajar yang terintegrasi 1. Tujuan Khusus 1. Kewarganegaraan 3. ekonomi. Pancasila 2. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami konsep pancasila sebagai ideology bangsa dan UUD 45 sebagai landasan melakukan praktek professional dan mampu menerapkan nilainilai yang terkandung sebagai landasan berperilaku professional. 8: Civic Deskripsi Blok ini memberikan kemampuan memahami pancasila sebagai dasar negara dalam melaksanakan praktik keperawatan dengan menggunakan pancasila sebagai falsafah dalam praktek keperawatan dan menggunakan UUD 45 sebagai landasan praktek keperawatan.BLOK 3. Mahasiswa mampu menjelaskan UUD 1945 dan GBHN sebagai landasan pembangunan nasional 3. Mahasiswa mampu menjelaskan ketahanan nasional secara tepat dan benar sebagai ketahanan nasional 4. Mahasiswa mampu menjelaskan pancasila dan falsafah bangsa Indonesia dalam keperawatan 2. budaya dalam kontek pelayanan kesehatan dan asuhan keperawatan. Dalam topik kewarganegaraan materi yang diberikan meliputi bagaimana pemahaman ideology. Pengantar pendidikan kewarganegaraan .

Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami aspek biofisik manusia.2. Mahasiswa mampu menguasai konsep wanita dan permasalahannya 2. ibu hamil. wanita diantara dua masa kehamilan dan wanita di luar masa reproduksi pada kondisi normal maupun resiko tinggi beserta keluarganya serta faktor yang menghambat pelayanan kesehatan pada wanita dan pendekatan yang akan meningkatkan kepuasan wanita dalam keperawatannya. Pancasila dan pengalamannya 5. masalah-masalah reproduksi wanita dan penatalaksanaannya untuk diterapkan dalam memberikan asuhan keperawatan. wanita. wanita hamil. ibu hamil. Keperawatan maternitas membahas kesehatan wanita dengan atau tanpa masalah reproduksi. Wawasan Nusantara 3. Mahasiswa mampu menguasai anatomi reproduksi wanita maupun pria normal dan dalam masa pubertas. wanita. masa persalinan dan masa nifas serta bayi baru lahir sampai umur 10 hari. Tujuan Khusus 1. ibu melahirkan. 1: Women and Maternity Nursing Deskripsi Blok ini membahas tentang kesehatan dan masalah reproduksi wanita pada masa di luar kehamilan. masa kehamilan. Pembangunan Nasional BLOK 4. GBHN 7. Fokus cabang ilmu ini pada konsep dan teori keperawatan serta kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesehatan wanita usia subur. wanita diantara dua masa kehamilan. Kesadaran ketahanan dan keamanan nasional 4. Memberikan asuhan keperawatan pada wanita usia subur. pengaturan reproduksi wanita. UUD 45 6. ibu setelah melahirkan dan bayinya sampai usia 40 hari. postpartum . ibu melahirkan. ibu setelah melahirkan dan bayinya sampai umur 10 hari pada kondisi normal maupun resiko tinggi beserta keluarga.

Asuhan keperawatan pada masa post natal 11. Mampu memberikan asuhan keperawatan pada remaja.3. Ilmu Obstetri dan Gynekology Daftar Materi Ajar 1. serta bayi usia sampai 40 hari. 2. ibu nifas. Mahasiswa mampu memahami peran perawat dalam mempersiapkan keluarga yang akan melahirkan dan membesarkan anak 5. Konsep dasar keperawatan maternitas 7. Mata Ajar yang terintegrasi 1. Keperawatan Maternitas 2. Aspek legal dan etik dalam keperawatan maternitas 8. Asuhan keperawatan pada masa prenatal 9. Obat-obat yang digunakan dalam kasus-kasus obstetric ginekologi 4. kelainan obstetri dan klimakterium 12. ibu hamil. Pendidikan kesehatan .Peran perawat maternitas dalam keluarga dan masyarakat.Asuhan keperawatan ibu beresiko tinggi. Keluarga berencana 5. Keperawatan Keluarga 4. Mahasiswa mampu menganalisa perkembangan seksual remaja 6. Pengkajian prenatal 2. Anatomi dan fisiologi reproduksi wanita pada masa diluar kehamilan. ibu melahirkan. Kesehatan Ibu dan Anak 3. Penatalaksanaan masalah obstetric dan ginekologi 6. masa kehamilan. masa persalinan dan masa nifas.Asuhan keperawatan wanita diantara dua masa kehamilan 13. Asuhan keperawatan pada masa intra natal 10. Mahasiswa mampu memahami obat-obat yang digunakan dalam kasus obstetric dan ginekologi 4. Masalah-masalah reproduksi wanita 3. Menolong persalinan 3. Daftar Ketrampilan Klinik 1.

menguasai. dan researcher. Tujuan Khusus 1. manager. Mahasiswa mampu mengintegrasikan peran dan fungsi praktek keperawatan professional dalam mengelola pasien dengan perawatan kritis .BLOK 4. dan menggunakan pendekatan sosial budaya dalam upaya mencapai kompetensi sebagai professional care provider. 2: Nursing 5. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami. Mahasiswa mampu mengelola asuhan keperawatan pasien kritis di emergency dan ICU dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan 3. Emergency and Critical Care Nursing Deskripsi Blok ini mempelajari bagaimana melakukan keperawatan kritis dan intensif. dan mendemonstrasikan pengelolaan penyakit kritis di eergency dan ICU dengan pendekatan proses keperawatan. menggunakan evidenced-base atau hasil penelitian. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik pada pasien kritis 4. Pembelajara difokuskan pada penanganan pasien di area emergency dan ICU. Blok ini berfokus pada pengelolaan keperawatan pasien dewasa yang memerlukan penangan dan pemikiran kritis di emergncy dan ICU.

5. Mahasiswa mampu mengidentifikasi isu terkini pengelolaan keperawatan pasien kritis dengan melalui telaah evidence base research dan hasil penelitian 6. Research Daftar Materi Ajar 1. Nursing 1. Konsep Keperawatan Emergency Konsep Keperawatan Kritis Pertolongan pasien diluar rumah sakit (pre hospital) Code Blue/EMS Triage Oksigenasi Ventilasi mekanik CPR BCLS . 4. Nursing 2. Quality of Nursing Practice 7. 6. Ilmu Penyakit Bedah Blok yang terkait 1. Ilmu Penyakit Dalam 7. 7. Professional Communication in Nursing 6. 3. Nursing 5 3. Health Assessment 5. Haemodialisa 4. Fundamental of Nursing Practice 1 dan 2 2. 9. Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai islam dan etik keperawatan dalam mengelola pasien kritis Disiplin ilmu yang terintegrasi 1. Nursing Contemporer and Transcultural Nursing 8. 2. Keperawatan ICU 4. Farmakology 6. Keperawatan Gawat Darurat 3. Nursing 4. Keperawatan Medikal bedah 5. 8. Kebutuhan Dasar Manusia 2. Nursing 3. 5.

Code Blue/EMS BLOK 4. Suture 6. . pengolahan data penelitian. etik penelitian. pengolahan data (statistik) dan desiminasi hasil penelitian sebagai landasan pengambilan keputusan dan peningkatan kualitas pelayanan atau keperawatan. konsep methodology penelitian. pemahaman database untuk pencarian jurnal. penulisan proposal penelitian. Pembidaian 5. Triage 3. analisis data penelitian. Intubasi Pembidaian Suture Resusitasi Cairan Ambulatory Pasien/Transfer Pasien Pengelolaan luka bakar Daftar Ketrampilan Klinik 1. CPR 2. dan desiminasi hasil penelitian. Tujuan Umum Mahasiswa menguasai database pencarian jurnal dan mampu melakukan pencarian jurnal artikel serta mampu memahami konsep pembuatan proposal penelitian. design penelitian. Resusitasi Cairan 7.10. dan proses yang diperlukan untuk kegiatan penelitian. 11. 12. 14. Mahasiswa juga ditekankan pada nilai-nilai kejujuran akademik (academic integrity) dalam pembuatan penelitian. BCLS 4. 15. pengelolaan penelitian. Mahasiswa akan diberikan berbagai teori terkait kegiatan penelitian yang termasuk didalamnya adalah pencarian jurnal artikel. 3: Inquiry and Research Methodology Deskripsi Blok ini mempelajari tentang konsep penelitian. 13.

Pembuatan Proposal Penelitian 2. Pengenalan Database jurnal artikel 3. Bagaimana menimbulkan ide penelitian? 2. 2. Apakah penelitian itu? 5. Searching Jurnal Artikel . Mencari Jurnal untuk penelitian 4. Mahasiswa memahami konsep dasar penelitian keperawatan. Presentasi proposal penelitian 10. Mahasiswa mampu melaksanakan penelitian keperawatan 6.Publikasi jurnal Daftar Ketrampilan Klinik 1. Mahasiswa mampu merancang penelitian mahasiswa 3. Statistik Daftar Materi Ajar 1. Membangun konsep dasar penelitian 6. Mata Ajar yang terintegrasi 1. Riset Keperawatan 2. Memahami elemen penelitian: design penelitian. Mahasiswa mamapu memahami metodologi penelitian dan tehnik analisis dalam penelitian keperawatan 5. Pembuatan Proposal Penelitian 9.Pembuatan laporan penelitian 12. dan uji statistik dalam penelitian 8. Mahasiswa mampu memahami area penelitian keperawatan 4. Area penelitian dalam keperawatan 7. hypothesis. Mahasiswa mampu menyusun laporan penelitian.Pelaksanaan Penelitian 11. Metodology Penelitian 3.Tujuan Khusus 1. etika penelitian.

dan pengolahan data dari suatu kegiatan ilmiah (penelitian) dengan menggunakan tehnik statistik dengan tujuan untuk analisis sehingga dapat dipergunakan sebagai dasar pengambilan keputusan atau perkiraan berdasarkan data-data yang sudah didapat. 4: Bio-Statistik Deskripsi Merupakan penerapan metode statistic dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan yang berkaitan dengan keperawatan dan kesehatan masyarakat.BLOK 4. . pengorganisasian data. Menggunakan Statistik sebagai metode ilmiah untuk menghasilkan informasi terhadap suatu keadaan/masalah kesehatan masyarakat dalam tatanan pelayanan kesehatan sehingga dapat dipergunakan sebagai sarana untuk peningkatan mutu pelayanan dan sebagai sumber data untuk penelitian kesehatan. Tujuan Umum Mahasiswa mampu memahami pengumpulan data.

Mahasiswa mampu memahami konsep pengumpulan data atau pencarian data serta cara pengorganisasian data dalam kegiatan ilmiah (penelitian) 2. Bio-statistik Blok yang terkait 1. ruang lingkup. Table kematian/life table: angka harapan hidup Daftar Ketrampilan 1. statistic deskriptif 3. Konsep dan ukuran-ukuran demografi 6. Mahasiswa mampu metode analisis data dan mengerti teori probabilitas suatu peristiwa 4. Analisa data 2. Konsep statistik. tujuan. Dasar-dasar uji hipotesis statistic 5. Factor demografi. Demography 3. Konsep probabilitas. Mata Ajar yang terintegrasi 1.Tujuan Khusus 1. Penyajian Hasil Uji Statistik . statistic interns. Mahasiswa mampu konsep. Final project (skripsi) Daftar Materi Ajar 1. Variabilitas. testing hipotesis. Mahasiswa mampu menguasai dasar uji hipotesis. peran statistic dalam riset 2. penyajian data 4. dan ruang lingkup statistik dan pengoragnisasiannya 3. dan tehnik penyajian data. Mahasiswa menguasai konsep tehnik sampling dan macam-macam sampling 5. Inquiry and research methodology 2. pengukuran ratio dan rate untuk masalah kesehatan 7. teori interens. Statistik 2. Uji Statistik 3.

Kep) dilalukan dalam kurun waktu tertentu dengan bimbingan dosen.BLOK 4. Penelitian dapat dilakukan secara kualitatif atau kuantitatif berdasarkan pedoman penulisan karya ilmiah Stikes STIKES Yogyakarta. Tujuan Umum . 5: Final Project/Skripsi Deskripsi Penulisan karya ilmiah yang dilakukan mahasiswa sebagai tugas akhir untuk mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.

Lingkup Bahasan 1. Penyusunan Proposal Penelitian 2.Mahasiswa mampu melakukan investigasi ilmiah terhadap isu yang sedang berkembang atau terjadi masyarakat secara luas untuk mencari solusi atau pedoman pengambilan keputusan. Pelaksanaan Pengumpulan Data Penelitian 4. Pengolahan dan Analisa Data 5. Presentasi Proposal Penelitian 3. Presentasi Hasil Penelitian Tehnik Penulisan dan Pelaksanaan Sesuai pedoman penulisan Skripsi mahasiswa Stikes STIKES Yogyakarta .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful