LAPORAN PIMPINAN RANTING AISYIYAH BAUH GUNUNG SARI PERIODE 2005-2010 Disampaikan pada acara Musran ke-3 Aisyiyah

Tanggal :

Pendahuluan. Alhamdulillah mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat ALLAH swt atas rahmad dan hidayah-Nya kita dapat bertemu pada acara Musyawarah ranting ke-3 Pimpinan ranting Bauh gunung sari periode 2010-2015. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan kepada kita dalam berjuang menegakkan dan menjunjung tinggi agama Allah. Pimpinan ranting Aisyiyah Bauh GN sari bersyukur atas pertolongan Allah dapat menyusun laporan pertanggung jawaban ini yang kami sampaikan pada acara Musran ke-3 Bauh GN Sari yang berlangsung tanggal 17 juli 2011 di komplek perguruan Muhammadiyah Bauh GN Sari Kecamatan Sekampung udik. Laporan PRA Bauh GN Sari disusun untuk memenuhi ketentuan-ketentuan yang tercantum dalam anggaran rumah tangga (ART) Aisyiyah Bab VII pasal 25. Laporan pertanggung jawaban ini merupakan evaluasi terhadap pelaksanaan Musran ke-2, untuk itu para peserta musran dapat mencermati kebijakan yang ditempuh oleh PRA dalam melaksanakan keputusan-keputusan musran yang lalu sebagai dasar dalam menentukan arah program kerja ranting Aisyiyah Bauh GN Sari periode yang akan dating. Cakupan program yang harus dikerjakan cukup banyak, sehinnga dari tahun 2006-2010 terasa singkat waktu untuk merealisasikan keputusan musran yang lalu. Keterbatasan biaya, waktu serta sumber daya Pimpinan ranting, merupakan kendala yang menghambat dalam melaksanaan amanat musran, disamping tantangan yang dihadapi.

1

Ketua majelis kesehatan Anggota : Muntini. 2. Sukatik. Muntiah. dilanjutkan pelantikan oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah Sekampung udik.Pd : Tarmuti S. Ketua majelis pendidikan Anggota : Titik suryani. : Supinah : Riatin S. 2. 2.Pelaksanaan Keputusan Musran Personalia PRA Bauh GN Sari. Siti muawanah. sekertaris dan bendahara. : 1.I : Sarmini . Suharti. Wartini 2.Pd. Srikayatin. Sesuai dengan keputusan pimpinan cabang Sekampung udik tentang pengesahan pimpinan Ranting masa jabatan 2005-2010 sebagai berikut: Ketua Ketua I Sekretaris Bendahara Majelis-majelis: Ketua Majelis Tabligh Anggota : Suharti : 1. Musran Aisyiyah Bauh GN Sari ke-2 telah memilih 7 anggota pimpinan ranting Aisyiyah Bauh GN Sari dan menetapkan pimpinan harian yang terdiri dari ketua. Uswatun hasanah Ketua Majelis Kader Anggota : Nurmawati : 1. : 1. Sumini. Selanjutnya anggota terpilih menambah anggota sebanya 6 orang sehingga menjadi 13 orang anggota pimpinan ranting.

wilayah. Dalam kegiatan manajemen organisasi telah dilakukan hal-hal berikut : Telah dilaksanakan pembagian tugas sesuai dengan bidang masing-masing. Data pengajian Aisyiyah Bauh GN Sari : Pengajian hari ahad. Katini Ketua majelis ekonomi Anggota : Jamiatun : 1. : 1. 3 . Mustilah 2. Manajemen. daerah dan cabang telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di organisasi. Instruksi dari pimpinan pusat. H. Pengajian triwulan se-cabang Sekampung udik.Ketua majelis kesejahteraan social Anggota : H. Forum Tanya jawab. Pengajian malam rabu. Telah mensosialisasikan AD/ART dan program kerja Aisyiyah kepada warga Aisyiyah Bauh GN Sari. Mematuhi semua ketentuan organisasi yang telahditetapkan atasannya. Pengajian gabungan dengan muslimat. Aktivitas pengajian Aisyiyah Bauh GN Sari. Organisasi. Mujiati 2. Mesirah. Rombiah Konsolidasi Organisasi. Mengadakan rapat koordinasi pimpinan ranting dengan anggota ranting Aisyiyah Bauh GN Sari.

Surat keluar : Surat Keputusan.Surat masuk : Surat Undangan. Kelembagaan organisasi. Infak anggota. Secara umum anggota aisyiyah sudah memiliki KTAM/KTAA. Edaran. Program umum Program konsolidasi Konsolidasi idiologi. Majelis tabligh. Instruksi. Program perbidang. sosialisasi putusan tarjih. Undangan. Meningkatkan partisipasi dan kepekaan social dengan cara memberikan sumbangan kepada yatim piatu dan korban bencana alam. . Donator anggota. Iuran anggota. Kultum setiap petemuan dengan materi penguatan idiologi. Instruksi. Meningkatkan keteladanan para anggota pimpinan Aisyiyah dan pimpinan amal usaha dengan cara mengadakan pertemuan antara pengurus dengan anggota dan pimpinan amal usaha. Dana organisasi. Sosialisasi idiologi muhammadiyah melalui pengajian untuk warga MUhammadiyah dan simpatisan. Tembusan. Dan Hubungan Organisasi. Surat Mandat. Surat Tugas. Meningkatkan fungsi organisasi dengan cara memanfaatkan sarana dan prasarana organisasi dan amal usaha yang ada. Pelaksanaan program kerja. Pengesahan organisasi Aisyiyah ranting sudah terealisir.

Pembinaan keagamaan dan pengenbangan pemikiran islam. Pembinaan TK Aisyiyah Bustanul athfal melalui setiap semester membayar uang donator untuk menggiatkan terlaksananya pendidikan. Mengadakan pengajian rutin setiap hari ahad bergilir dari rumah ke rumah untuk memperkuat ukhuah islamiyah. Meningkatkan shalat berjamaah baik di masjid maupun di dalam keluarga. 5 . dan pengajian. MI. Mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh pimpinan cabang Aisyiyah Sekampung udik setiap 2 bulan sekali. Bagian tabligh dan pensyiaran Islam. dan MTs setiap dua bulan sekali dari rumah ke rumah. Amal usaha yang ada : Menyelenggarakan TK ABA. dan mengefektifkan pembinaan akidah melalui Majelis kader dan sumber daya insani. Mengintensifkan pengajian. Bagi guru TK berbusana muslim berikut anak didiknya. Melaksanakan pelatihan . Pengajian setiap malam rabu dengan mengkaji tafsir alqur’an dan himpunan putusan tarjih Muhammadiyah. Majelis pendidikan. Pengkaderan dan pengembangan sumber daya insani. Memasyaratkan keluarga melalui kegiatan pengajian-pengajian. Menyelenggarakan PAUD. Mengadakan pengajian rutin gabungan antara Aisyiyah dan muslimat setiap 2 bulan sekali. penataran. Membina sillaturahim antar guru dengan mengadakan pengajian khusus guru TK. Mengikutsertakan guru-guru TK dalam pertemuan rutin IGTK dan IGBD.

Partisipasi dalam kegiatan santuna anak yatim piatu/fakir miskin tiap 1 tahun. Mengembangkan harkat dan martabat anggota keluarga dengan didasarkan pada pembinaan keluarga sakinah. Majelis ekonomi. Menghimpun dana sosial di adakan setiap minggu akhir bulan. Majelis pengembangan masyarakat dan kesejahteraan social. Penutup. Mengintensifkan pembinaan siswa dan anak didik di lingkungan sekolah Aisyiyah. Sebagai manusia biasa yang jauh dari kesempurnaan. Gerakan dompet kemanusiaan untuk korban bencana alam. Laporan musran ke-3 ini merupakan pelaksanaan program dalam satu periode yang telah dilaksanakan oleh PRA dengan tanggung jawab yang dilandasi keikhlasan. memasyarakatkan nilai-nilai ajaran islam tentang akhlak yang baik antar keluarga. Melakukan penyuluhan tentang peningkatan kesehatan lingkungan. Majelis kesehatan dan pelestarian lingkungan hidup. Menggalakkan pengumpulan modal dengan cara arisan dan kotak amal. Memberikan dana untuk pengembangan Aisyiyah. tentu saja .Mengintensifkan kader dan aspek-aspek terkait guna kepentingan pengembangan kader Aisyiyah. Menjenguk jama’ah yang sakit dan memberikan bantuan sekedarnya dari dana sosial yang terhimpun. Mengadakan simpan pinjam di kalangan anggota Aisyiyah. Pembinaan keluarga. Melakukan penyuluhan tentang pencegahan penyakit DBD.

PRA menyampaikan terimakasih yang tiada terhingga atas bantuan dari berbagai pihak yang telah memperlancar pelaksanaan program Aisyiyah.menyadari sepenuhnya apa yang dilaksanakan oleh PRA ini masih jauh dari harapan anggota Aisyiyah di Bauh GN Sari untuk itu. 7 . Semoga ALLAH SWT melimpahkan rahmad dan hidayahnya kepada kita dalam rangka memperoleh ridho Illahi. 17 juli 2011 Pimpinan ranting Aisyiyah Bauh GN Sari Ketua. masukan dan saran dari peserta Musran akan kami terima dengan lapang dada.Pd. Sekretaris Supinah NBM.I NBM. kritik. Tarmuti. Bauh GN Sari. S. Akhirnya kepada ALLAH SWT kita sserahkan penilaian amal yang telah kita lakukan. Jajaran PRA di akhir periode ini meminta maaf kepada segenap anggota Aisyiyah atas kekurangan kami dalam mengemban tugas dan amanat musran terdahulu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful