MAKALAH

MEDIA PENDIDIKAN
PENGERTIAN, FUNGSI, TUJUAN SERTA RUANG LINGKUP RENCANA PEMBELAJARAN

Oleh: Anita Dasriyanti Ansori Muazir Habibi Hadi Afandi

FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN TADRIS PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI 2007

Pengertian dan Unsur-unsur Dalam Perencanaan Pembelajaran Perencanaan pembelajaran merupakan catatan-catatan hasil penukiran awal seorang guru sebelum mengelola proses pembelajaran.PENGERTIAN FUNGSI. SERTA RUANG LINGKUP PERENCANAAN PEMBELAJARAN A. Disamping iut. TUJUAN. serta materi dan sub materi pembelajaran. yang sama meliputi: pemilihan materi. dan alat silabus yang ada. silabus juga mengisyaratkan materi apa saja yang secara minimal harus dikuasai oleh siswa untuk mencapai ketuntasan dalam kompetensi. pengalaman belajar. media. Unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana pembelajaran adalah: 1. . sehingga perkiraan waktunya belum dapat diketahui secara pasti berupa pertemuan yang akan dilakukan. Berdasarkan kompetensidan kemampuan dasar yang harus dikusai oleh siswa. Perencanaan pembelajaran merupakan persiapan mengajar yang berisi hal-hal yang perlu ada harus dilakukan oleh guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Sedangkan rencana pembelajaran adalah penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru untuk setiap pertemuan. metode. Silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan oleh siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi secara utuh. Perbedaan antara silabus dan rencana pembelajaran adalah sangat jelas. artinya dalam suatu silabus terkadang beberapa kompetensi yang sejalan disatukan. yang telah dikembangkan di dalam silabus.

rencana pembelajaran berfungsi sebagai akat yang . Rencana pembelajaran yang dibuat guru harus berdasarkan pada kompetensi dan kompetensi dasar. Fungsi Perencanaan Pembelajaran Dalam proses pengajaran. 4. seorang guru sangat memerlukan arah yang jelas. B. Jadi. sehingga dalam melakukan pembelajaran secara baik dan sesuai dengan ketentuan kompetensi. yang meliputi: pengetahuan. 3. Standar kompetensi adalah kemampuan minimal yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan siswa.2. Digunakan berbagai pendekatan yang sesuai dengan materi yang memberikan kecakapan hidup (life skills) sesuai dengan permasalahan dan lingkungan sehari-hari. Standar kometensi merupakan salah satu komponen rencana pembelajaran yang sangat perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran karena dengan adanya kompetensi yang ingin dicapai proses pembelajaran akan lebih terarah. yang selanjutnya merupakan arah pencapaian dan acuan dalam memilih materi dan pengalaman belajar siswa. keterampilan dan sikap siswa setelah mengikuti mata pelajaran tertentu. Digunakan metode media yang sesuaim yang mendekatakan siswa dengan pengalaman langsung. Menilai dengan sistem pengujian menyeluruh dan berkelanjutan didasarkan pada sistem pengujian yang dikembangkan selaras dengan pengembangan. Setiap kometensi dirinci menjadi sub kompetensi atau kemampuan dasar.

Perencanaan Pembelajaran bertujuan untuk memberikan acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar lebih mudah. proses pelaksanaan pengajaran dan hasil belajar yang akan dicapai. Penutup . Ruang Lingkup Perencanaan Pembelajaran Dalam perencanaan pembelajaran tentu hal itu memiliki ruang lingkup. terarah. perencanaan pembelajaran berperan sebagai skenario proses pembelajaran. Dengan kata lain. Tujuan Perencanaan Pembelajaran Keberhasilan suatu kegiatan sangat ditentukan oleh perencanaannya. Secara umum ruang lingkup rencana pembelajaran meliputi: Program pengajaran. terarah. agar pelaksanaan proses tersebut berjalan dengan baik maka diperlukan perencanaan pembelajaran yang baik pula. Oleh karena itu. serta berjalan dengan efisien dan efektif. E. Demikian pula halnya dengan proses belajar mengajar. Apabila perencanaan suatu kegiatan dirancang dengan baik. serta terkendali. maka kegiatan akan mudah dilaksanakan.memperjelas tindakan apa yang harus dilakukan oleh guur untuk mencapai ketentuan kompetensi serta tindakan selanjutnya setelah pertemuan selesai. hal tersebut hendaknya bersifat luwes (fleksibel) dan memberi kemungkinan bagi guru untuk menyesuaikannya dengan siswa dalam proses pembelajaran sesungguhnya D. C.

materi ajar. serta evaluasi yang akan dilakukan sehingga proses pembelajaran dapat optimal sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. media. .Perlu digaris bawahi bahwa pada prinsipnya tidak ada model rencana pembelajaran yang standar. Hal ini dimaksudkan agar setiap guru mampu mengembangkan model-model rencana pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. metode.

Eko dan Winaryo.DAFTAR PUSTAKA Ibrahim. (1996). (1999). Perencanaan Pembelajaran. (2003). . Belajar dan Pengajarn. Jakarta: Rineka Cipta Djuniarto. dan Nana Syaodih. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Dimyati dan Mudjiono. R.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful