Oleh Kelompok 3

Rian Julianto Collection

Yang pertama adalah keinginan untuk berhubungan dengan Khaliknya (sebagai makhluk individu). Rian Julianto Collection . dan yang kedua adalah keinginan untuk berhubungan dengan individu lain dalam konteks masyarakat (sebagai makhluk sosial). Artinya setiap manusia memiliki dua naluri pokok yang bertentangan.Aristoteles mengatakan bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk monodualisme.

Untuk terbentuknya suatu masyarakat paling sedikit harus terpenuhi tiga unsur berikut : Terdapat sekumpulan orang Akibat dari hidup bersama dalam jangka waktu yang lama itu menghasilkan kebudayaan berupa sistem nilai. Berdiam atau bermukim di suatu wilayah dalam waktu yang relatif lama Rian Julianto Collection . sistem ilmu pengetahuan dan kebudayaan kebendaan.

Kebudayaan masyarakat di daerah tertentu akan berbeda dengan kebudayaan masyarakat di daerah lain.Manusia satu yang bersatu dengan manusia lainnya dalam suatu wilayah tertentu akan membentuk sebuah masyarakat. Dan kebudayaan juga dipengaruhi oleh faktor bahasa. Karena setiap kelompok masyarakat memiliki aspek nilai yang berbeda. Rian Julianto Collection . keadaan geografis dan kepercayan. Dari masyarakat inilah akan lahir nilai-nilai bermasyarakat yang berkembang menjadi kebudayaan.

Indonesia sebagai sebuah negara yang memiliki ribuan pulau dengan jutaan penduduk yang tersebar di seluruh pulau sudah pasti pula memiliki corak budaya yang beraneka ragam. Kepribadian sendiri adalah corak tingkah laku sosial yang meliputi corak kekuatan. Rian Julianto Collection . dorongan. Dari ragam corak budaya ini pula menghasilkan ragam kepribadian individu masyarakat Indonesia. opini dan sikap yang melekat pada seseorang apabila berhubungan dengan orang lain atau menanggapi suatu keadaan. keinginan.

“Adakah Pengaruh Kebudayaan Masyarakat Terhadap Pembentukan Kepribadian ? “ Rian Julianto Collection .

Penulis ingin memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai hubungan pembentukan kepribadian dengan kebudayaan masyarakat Lebih mengenal kebudayaan suku Muna khususnya Katoba Sebagai sumber referensi bagi Sekolah dan Masyarakat umum Rian Julianto Collection .

“Pada Pembahasan selanjutnya. kami hanya membahas mengenai Hubungan Kebudayaan dengan pembentukan kepribadian” Rian Julianto Collection .

Jadi dapat disimpulkan bahwa katoba yang artinya bertaubat merupakan usaha untuk memperbaiki sikap dan perilaku agar tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan hukum agama. Rian Julianto Collection . katoba terbentuk sejak manusia pertama ( Adam dan Hawa ) melanggar larangan tuhan yaitu memakan buah Khuldi. mereka memohon ampun untuk bertaubat kepadanya. Sejarah Terbentuknya Katoba Berdasarkan versi cerita rakyat watoputi.

katoba dilaksanakan pada anak-anak menjelang usia remaja. bukan pada orang dewasa. Rian Julianto Collection . Hal ini sesuai dengan kenyataan yang ada di masyarakat kita bahwa acara katoba dilaksanakan bersamaan pada saat anak-anak memasuki usia pubertas.

Ka = Awalan Melakukan Pekerjaan Menurut Kamus Bahasa Muna Toba = Tobatan Rian Julianto Collection . Konsep Katoba Secara etimologis.

dan niat yang sungguhsungguh agar memiliki sifat akhlakul karimah. tulus. Rian Julianto Collection .Menurut Prof. La Ode Sidu Marafat. Pengertian Katoba adalah proses pelaksanaan acara hajatan secara resmi. Katoba yaitu melakukan tobat untuk tidak melakukan atau tidak mengulangi suatu pekerjaan yang berdampak negatif. Secara Umum. ikhlas. Dr.

dihiasi dengan pakaian yang paling bagus. mereka dihiasi dengan secantik dan seganteng mungkin. memakai pengikat kepala yang sama yang di pakai oleh lakina agama. Rian Julianto Collection . serta memakai sebuah keris.Para anak laki-laki. termasuk pada golongan maradika. Para anak perempuan berpakaian lengkap dengan perhiasan keluarga. Pendek kata. wajah mereka dihiasi dengan bedak berwarna putih atau kuning muda.

Rian Julianto Collection . imam atau khatib. Pada golongan wasembali dan maradika anak-anak ini harus berjalan. pejabat agama mereka adalah seorang modhi bhalano.Kemudian. para anak laki-laki dan perempuan dari golongan La Ode dan Walaka itu di pikul di atas bahu oleh beberapa anggota keluarganya dan diantar kepada pejabat agama. dalam hal ini lakina agama.

Hak atau milik orang lain tidak boleh diambil. dosa-dosa orang lain terhadap Allah. dan terhadap sesama manusia. yaitu berdosa kepada Allah Nabi. Yang harus dilupakan. Rian Julianto Collection . dan sesama manusia. Dan bila terlah diambil harus di kembalikan. yaitu berdosa kepada Allah. dan sesama manusia.Pejabat ini kemudian mengingatkan beberapa perintah agama yang penting : Yang harus di sesali. Nabi. Yang harus dihindari. Nabi.

Disini diadakan sekedar makan minum maka sang ayah memberikan Pasali kepada setiap orang yang hadir. yaitu rumus pengucapan pertaubatan. didampingi oleh pejabat agama. teman dan kenalan diundang. Nabi. Pada pesta ini seluruh anggota keluarga. Kemudian pejabat agama menutup dengan pengucapan “Tobat”. dan sesama Manusia. Rian Julianto Collection .Sesudah itu dia menjelaskan kepada anakanak tentang hal berdosa kepada Allah. Pada golongan La Ode dan Walaka cukup di panggil Modhi bhalano untuk mendidik anak-anak mereka di bidang agama. Setelah itu kembalilah mereka ke rumah tadi.

teman. kami dapat simpulkan bahwa katoba adalah acara pengislaman dalam adat istiadat suku Muna dan merupakan suatu keharusan bagi anak yang telah mencapai umur kedewasaan. dan masyarakat dan secara berangsurangsur akan mengubah kepribadian anak tersebut. Hubungannya dengan pembentukan kepribadian yaitu anak yang telah di katoba maka tingkah lakunya menjadi lebih baik dan lebih berhati-hati dalam bertingkah laku baik di lingkungan keluarga.Jadi. Rian Julianto Collection .

Saran kami yaitu. Rian Julianto Collection . melalui presentase kami agar pembaca lebih mengenal budaya muna dan diharapkan lebih di lestarikan lagi kebudayaan tersebut tidak hilang dimakan waktu dan zaman.1.