Profil Usaha

:
Jenis usaha : Kita Coffe shop

Nama pemilik : M. Khalilullah Z.G
Tahun berdiri : 13 Mei 2012 Alamat : Jl. Sawah Besar no 2 Batoh Leung Bata

Pendahuluan

Latar Belakang

Coffe shop atau yang lebih dikenal warung kopi merupakan suatu tempat yang sangat disukai oleh hampir setiap orang , terutama masyarakat Aceh dan warga Negara Indonesia pada umumnya.

Tujuan penelitian  Studi ini dimaksudkan untuk menganalisa secara jelas dan detail semua aspek dari segala bidang guna mencari tahu kelayakan dan manfaat bagi masyarakat dalam usaha pendirian sebuah usaha bisnis coffee shop. . dan mengetahui apakah bisnis ini merupakan investasi yang menguntungkan atau tidak.

sehingga dapat terbentuknya sebuah bisnis dengan profitabillitas yang besar dan dapat membangun perekonomian masyarakat.Keluaran  Keluaran yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah agar dapat meningkatkan pembangunan perekonomian masyarakat . . mengurangi angka pengangguran serta menjadi media promosi sosial tentang kualitas dari kenikmatan kopi Aceh yang sebenarnya .

Permintaan. menyukai jenis minuman kopi yang bervariatif. 10/7/2012 . Proyeksi Permintaan dan Penawaran  Dari sebuah lembaga survai memperoleh hasil bahwa 85% pekerja pria dan 40% pekerja wanita menyukai kopi 75% mahasiswa dan pelajar SMU pria dan 55% mahasiswi dan pelajar SMU wanita.

10/7/2012 .Produk  Coffee shop “KITA” menyediakan berbagai produk makanan ringan dan minuman pilihan dengan menu-menu unggulan yang berbeda-beda disajiikan dengan suasana yang mengasyikkan serta harga yang pas untuk anak kampus.

berkisar antara : 8 -14 / porsi _ Untuk menu Mie aceh. berkisar antara : 5 .Harga di Coffee shop “KITA” (dalam ribuan rupiah) Untuk minuman Coffee.2 / potong 10/7/2012 .Cake/Tart berkisar antara : 1. berkisar antara : 3 . berkisar antara : 7 -14 / porsi _ Untuk menu Pangsit berkisar antara : 7 / porsi _ Harga Gorengan .7.5 / botol _ Untuk menu Nasi goreng dan soto.9 / gelas _ Untuk minuman lainnya. berkisar antara : 3 .12 / cangkir _ Untuk minuman Buah.

Target Market Mahasiswa ( kampus seurambi mekkah dan muhammadiah )  Para Pegawai kampus  Masyarakat umum  10/7/2012 .

Pemasangan iklan di surat kabar lokal 2.Promosi 1. Membuka gerai coffee shop di dalam event-event besar yang ada 10/7/2012 . stiker dan poster-poster 3. Pemasangan spanduk.

disediakan minuman yang bisa dikonsumsi baik oleh penggemar kopi ataupun mereka yang tidak menyukai aroma dan rasa kopi.Dengan harga mahasiswa selera para dewa . campuran kopi yang didesain sedemikian rupa sehingga mengeluarkan cita rasa yang membuat peminumnya ingin mencoba lagi. di mana di coffee shop kami. the best ever.Strategi Pemasaran  Produk Produk kami unik. 10/7/2012 .

terutama untuk mereka kawula muda (mahasiswa) yang merupakan target utama pasar kami. 10/7/2012 .Price (harga) Menu variatif dengan cita rasa yang unik tapi dengan harga yang sangat terjangkau.

dengan jumlah mahasiswa yang terus meningkat setiap tahunnya. 10/7/2012 . membuat kemungkinan peningkatan pelanggan kami dari tahun ke tahun.Place (tempat) Lokasi yang strategis terletak di jalan UNMUHA kecamatan luengbata. Lokasi ini terletak dekat dengan 2 universitas yang cukup ternama (Universitas Muhammadiah) dan (Universitas Seurambi mekkah ). Batoh – Banda Aceh.

10/7/2012 . Lokasi yang cukup strategis Adanya fasilitas Wifi.Analisis       Strength Menu variatif dengan menu-menu tambahan baru setiap bulannya Harga terjangkau Desain coffee shop yang unik serta membawa ketenagan dan kenyamanan bagi mereka yang datang berkunjung.fotocopy. dan beberapa instrument music.

WEAKNESS Brand belum dikenal  Harus bersaing dengan coffe shop etnik yang sudah lama dikenal.  10/7/2012 .

OPPORTUNITY Peminat kopi di Aceh terus bertambah dari tahun ke tahun  Belum banyak gerai-gerai coffee shop di Seputaran kampus seurambi mekkah dan UNMUHA  10/7/2012 .

Munculnya pesaing-pesaing baru yang ingin ikut bersaing 10/7/2012 .Ancaman Bersaing dengan pesaing yang sudah cukup lama terjun di bidang coffe shop.

Strategi Product Differentiation Strategi ini dipilih karena dari segi produk yang kami tawarkan. produk kami berbeda dengan yang ada di pasaran.Keputusan Strategi 1. tidak hanya sekedar kopi yang ditawarkan akan tetapi rasa kopi yang unik sehingga dapat diminum baik oleh pria maupun oleh wanita. oleh mereka penggemar kopi ataupun mereka yang tidak menyukai kopi sama sekali. 10/7/2012 .

Tiru dan Modifikasi).Strategi Reaktif & Proaktif  Strategi ini digunakan untuk menghadapi mereka yang telah menjadi market leader. Dengan menerapkan sistem ATM (Amati.  10/7/2012 . kami akan menggunakan strategi reaktif. yaitu mengikuti jejak mereka yang telah menjadi market leader akan tetapi kami akan mengkombinasikan dengan strategi praoktif yaitu selalu mencari terobosan baru dengan produk-produk baru yang unik dan mampu bersaing.

sehingga untuk menarik pelanggan. setiap bulannya kami menegeluarkan minuman maupun makanan dengan rasa yang baru dan unik yang akan dimodifikasi dan didesain oleh ide-ide dari para coffe Junction/para food maker 10/7/2012 .Startegi By-pass Attack  Mencari terobosan baru dengan menghasilkan produk-produk baru yang mampu bersaing dengan produk yang telah beredar di pasaran. Kami menghadapi persaingan dengan cara mempertahankan pelanggan yang ada serta mencari pelanggan yang baru.

SEKIAN Terima Kasih :) 10/7/2012 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful