KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT ALAM 1.

Banjir Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan Pengarahan banjir banjir sebagai Uni Eropa

mengartikan

perendaman

sementara oleh air pada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kata ini juga dapat berarti masuknya pasang laut. Banjir diakibatkan oleh volume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar dari batasan alaminya. Ukuran danau atau badan air terus berubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman, namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yang dimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain. Banjir juga dapat terjadi di sungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokan sungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangun di dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindari dengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetap dan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekat perairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwa nilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjir periodik.  Dampak Banjir a. Banjir memberikan kesempatan kepada manusia. Bila banjir yang menimpa kita tidak terlalu parah, maka sebenarnya kita telah diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menjalani hidup kita lebih lanjut dan lebih baik. b. Banjir membuat kita berpikir kreatif. Ketika dilanda banjir, otak kita akan berikir spontan dan kreatif untuk mencari jalan alternatif untuk menyelamatkan alat, perlengkapan, harta benda dan terutama jiwa kita dan keluarga atau orang terdekat kita. c. Banjir membuat manusia untuk berpikir mengatasi banjir. Setelah mengalami banjir, kita akan sibuk untuk memikirkan antisipasi ataupun pencegahan banjir

Proses pembentukan pada masa ini ditandai dengan aliran lava. Proses pembentukan Gunung Merapi telah dipelajari dan dipublikasi sejak 1989 dan seterusnya. Tahap Merapi Tua terjadi ketika Merapi mulai terbentuk namun belum berbentuk kerucut (60. Puncak yang sekarang ini tidak ditumbuhi vegetasi karena aktivitas vulkanik tinggi. namun dampak ini hanya dirasakan oleh penduduk sekitar gunung.2000 tahun lalu). Letusan Gunung Merapi Gunung Merapi adalah gunung termuda dalam rangkaian gunung berapi yang mengarah ke selatan dari Gunung Ungaran. Aktivitas Merapi telah bersifat letusan efusif (lelehan) dan eksplosif. Puncak ini tumbuh di sisi barat daya puncak Gunung Batulawang yang lebih tua. lebar 1-2 km dengan beberapa bukit di lereng barat. yang tersusun dari lava andesit. ditandai dengan terbentuknya puncak-puncak tinggi. baru mulai terbentuk sekitar 2000 tahun yang lalu.2. . Puncak Merapi yang sekarang. diketahui terjadi beberapa kali letusan eksplosif dengan VEI 4 berdasarkan pengamatan lapisan tefra. membagi perkembangan Merapi dalam empat tahap.000 tahun yang lalu).000 . Tahap pertama adalah Pra-Merapi (sampai 400. Kawah Pasarbubar (atau Pasarbubrah) diperkirakan terbentuk pada masa ini. yaitu Gunung Bibi yang bagiannya masih dapat dilihat di sisi timur puncak Merapi. yang terbentuk dari lava basaltik.  Danpak Dari Letusan Gunung Berapi a. Dalam perkembangannya. breksiasi lava. dan awan panas. Puncak Anyar. Hasil muntahan vulkanik bagi lahan pertanian dapat menyuburkan tanah. Penambang pasir mendapat pekerjaan baru yaitu bekerja untuk mendapat pasir di pinggiran aliran lahar dingin.8000 tahun lalu). Berthomier. Sisa-sisa tahap ini adalah Bukit Turgo dan Bukit Plawangan di bagian selatan. b. Diperkirakan juga terjadi letusan eksplosif dengan runtuhan material ke arah barat yang meninggalkan morfologi tapal kuda dengan panjang 7 km. Gunung ini terbentuk karena aktivitas di zona subduksi Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke bawah Lempeng munculnya Eurasia aktivitas menyebabkan vulkanik di sepanjang bagian tengah Pulau Jawa. seperti Bukit Gajahmungkur dan Batulawang. seorang sarjana Prancis. Selanjutnya adalah Merapi Pertengahan (8000 .

Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Bangunan roboh Kebakaran Jatuhnya korban jiwa Permukaan tanah menjadi merekat dan jalan menjadi putus . d. tergantung pada kedalaman gempa. c. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9. b. Bahan material vulkanik berupa pasir dan batu dapat digunakan sebagai bahan material yang berfungsi untuk bahan bangunan. dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Frekuensi suatu wilayah. dan lain-lain. biasa yang gelombang Bumi oleh Gempa disebabkan pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi).0 atau lebih besar adalah 9.c. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. Gempa bumi Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba menciptakan seismik. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude.  Dampak Gempa Bumi a. meskipun tidak ada batasan besarnya. 3. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer.0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011). gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas.

e. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh dua faktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. g. sedangkan faktor pemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Tanah longsor akibat guncangan Banjir akibat rusaknya tanggul Gempa di dasar laut yang menyebabkan tsunami 4. f. tekanan pada partikel-partikel mineral dan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornya lereng-lereng tersebut  gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang. penggunaan bahan-bahan peledak. Meskipun penyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam. hujan lebat dan aliran debu-debu   getaran dari mesin. misalnya dari berkumpulnya hujan atau salju . Faktor pendorong adalah faktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri. dan bahkan petir berat yang terlalu berlebihan. sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam  lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yang diakibatkan hujan lebat  gempa bumi menyebabkan getaran. lalu lintas. namun ada pula faktorfaktor lainnya yang turut berpengaruh:  erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan. Tanah longsor Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuan atau gumpalan besar tanah.

Daerah pemukiman penduduk. yang sumbernya berada di daerah tropis. b. Badai tropis ini berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat. perhutanan. Badai / Angin Topan Badai adalah cuaca yang ekstrem. Badai bergerak di atas laut mengikuti arah angin dengan kecepatan sekitar 20 km/jam. Pada saat terjadi angin ribut ini. dan badai salju. Buruknya sanintasi lingkungan. Badai disebut juga siklon tropis oleh meteorolog. Terdapat berbagai macam badai. seperti badai hujan. perternakan. Badai paling merusak adalah badai topan (hurricane). Jalan dan jembatan. berasal dari samudera yang hangat. ada tiga tempat pusat badai. Perubahan di dalam energi atmosfer mengakibatkan petir dan badai. perkebunan. Rusaknya area pertanian. d. badai guntur. Dampak Tanah Longsor a. Tiga hal yang paling berbahaya dari badai adalah sambaran petir. f. Penyebab badai adalah tingginya suhu permukaan laut. yaitu di Samudera Atlantik. mulai dari hujan es dan badai salju sampai badai pasir dan debu. tekanan udara sangat rendah disertai angin kencang dengan kecepatan bisa mencapai 250 km/jam. Badai bukan angin ribut biasa. dan peribadatan. e. Hal ini bisa terjadi di Indonesia maupun negara-negara lain. dan angin kencang. banjir bandang. kesehatan. Samudera Hindia. Korban jiwa. Sarana pendidikan. Di dunia. dan Samudera Pasifik. meruntuhkan jembatan. dan menerbangkan atap bangunan dengan mudah. Kekuatan anginnya dapat mencabut pohon besar dari akarnya. . 5. g. yang dikenal sebagai angin siklon (cyclone) di Samudera Hindia atau topan (typhoon) di Samudera Pasifik. Rusaknya Infrastruktur c.

Murdhani meminta warganya menghemat kebutuhan air baku dan antisipatif terhadap kemungkinan terburuk. Walikota Jakarta Timur. mahluk hidup bisa sampai mati karena terlempar atau terbentur benda keras lainnya yang ikut masuk pusaran angin. Terkait hal tersebut. Dampak Dampak yang ditimbulkan akibat angin puting beliung dapat menghancurkan area seluas 5 km dan tidak ada lagi angin puting beliung susulan.  Dampak Krisis air. Australia bagian timur laut. Wilayah tropika di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Kemarau Panjang Musim kemarau atau musim kering adalah musim di daerah tropis yang dipengaruhi oleh sistem muson. Rumah akan hancur dan tanaman akan tumbang diterjang angin puting beliung. . curah hujan per bulan harus di bawah 60 mm per bulan (atau 20 mm per dasarian) selama tiga dasarian berturut-turut. Musim kemarau adalah pasangan dari musim penghujan dalam wilayah dwimusim. Gejala ENSO dikenal dapat memperpanjang durasi musim ini sehingga mengakibatkan kekeringan berkepanjangan. dan sebagian Amerika Selatan mengalami musim ini. yakni peristiwa kebakaran. Untuk dapat disebut musim kemarau. di mana sumur atau pompa air masyarakat kering. 6. Afrika.

Baik penyakit yang langsung dirasakan maupun penyakit yang timbul karena akumulasi bahan polutan dalam tumbuh manusia. yang dapat dicegah dan dikendalikan. 4 Tahun 1982). Keadaan ini disebut efek rumah kaca (green house effect). Pencemaran Lingkungan Polusi atau pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makluk hidup. zat energi.  Dampak Dampak Pencemaran Lingkungan terhadap makhluk hidup semakin hari terus bertambah. gas CO2 ini akan berkumpul di atmosfer Bumi.KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT AKTIVITAS MANUSIA 1. Pembakaran bahan bakar minyak dan batubara pada kendaraan bermotor dan industri menyebabkan naiknya kadar CO2 di udara. Selain gas CO2. dan atau komponen lain ke dalam lngkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam sehingga kualitas lingkungan turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfingsi lagi sesuai dengan peruntukannya (UU Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup No. . Jika jumlahnya sangat banyak. juga gas metan yang berasal dari pembusukan kotoran hewan. Akibatnya. Pencemaran dapat timbul sebagai akibat kegiatan manusia ataupun disebabkan oleh alam (misal gunung meletus. Dampak Negatif yang merugikan kesehatan terutama untuk tubuh manusia menimbulkan berbagai permasalahan dan penyakit. gas beracun). Gas ini juga dihasilkan dari kebakaran hutan. suhu di Bumimenjadi lebih panas. Ilmu lingkungan biasanya membahas pencemaran yang disebabkan oleh aktivitas manusia. gas lain yang menimbulkan efek rumah kaca adalah CFC yang berasal dari aerosol. gas CO2 ini akan menghalangi pantulan panas dari Bumi ke atmosfer sehingga panas akan diserap dan dipantulkan kembali ke Bumi.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya degradasi yaitu:        Erosi Pestisida Bahan radioaktif Pupuk kimia Deterjen Sampah organik (terutama dari daerah perkotaan) Wabah dan penyakit (baik bagi manusia. hewan maupun tumbuhan) dan penyebaran organisme yang menyebabkan infeksi   Limbah industri anorganik (berbentuk gas.2. Degradasi Lahan Degradasi adalah perubahan yang mengarah kepada kerusakan di muka bumi. Penebangan hutan yang semena-mena merupakan degradasi lahan. . Kerusakan lahan atau tanah akan berpengaruh terhadap habitat semua makhluk hidup yang ada di dalamnya dan kerusakan habitat sangat berpengaruh terhadap kelangsungan makhluk hidup yang disangganya. Degradasi di sini artinya penurunan kualitas maupun perusakan lahan. cair dan padat) Semakin menurunnya tingkat kesuburan tanah/ lahan untuk budidaya pertanian karena siklus pemanfaatan lahan yang terlalu intensif tanpa upaya penyuburan kembali (refertilization)  Semakin banyaknya areal semak-semak belukar dan tanah gundul bekas penebangan hutan ilegal dan peladangan bakar yang tidak dihijaukan kembali  Semakin banyaknya lubang-lubang bekas galian mineral tambang/ bekas galian tanah untuk pembuatan bata dan genting yang dibiarkan tanpa upaya reklamasi. Selain itu tidak terkendali dan tidak terencananya penebangan hutan secara baik merupakan bahaya ekologis yang paling besar.

Kerusakan sumber daya tanah dan air merupakan masalah yang tidak dapat dipisahkan. angin atau gletser ke suatu wilayah yang kemudian diendapkan. Kerusakan sumber daya air selain banjir dan erosi adalah kekeringan dan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. c. Erosi yang terjadi secara terus menerus dapat mengakibatkan sedimentasi. . Pendangkalan sungai untuk mengalirkan juga berkurang dan menyebabkan bahaya banjir. Erosi mempunyai beberapa akibat buruk. Dampak Kerusakan Lahan/ Tanah a.tanah mempunyai peranan yang sangat penting. Kemiringan lereng dan tata guna lahan yang kurang tepat. mengurangi luas lahan pertanian yang mendapat aliran irigasi. Erosi tanah dapat terjadi akibat adanya curah hujan yang tinggi. vegetasi penutup lahan yang kurang. Penurunan kesuburan tanah. Kedua menurunnya produksi sehingga akan mengurangi pendapatan petani. b. Hal ini karena sebagai sumber daya alam. Sedimentasi adalah terbawanya material hasil dari pengikisan dan pelapukan oleh Air. Sebagai sumber unsur bagi tumbuhan dan sebagai media akar tumbuhan berjangkar dan tempat air tanah tersimpan. Kerusakan lahan atau tanah dapat menyebabkan berbagai dampak antara lain terjadinya erosi dan sedimentasi serta masih banyak hal yang ditimbulkan. Pendangkalan saluran pengairan mengakibatkan naiknya dasar saluran.

IBU SETIA.Pd KELAS VIII-E MTS NEGERI SUKAMULYA 2012/2013 TUGAS IPS . S.TUGAS IPS KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT ALAM & MANUSIA DI SUSUN OLEH LILIS ASIAH SAMSIYAH JUL JUNARIAH GMP.

Pd KELAS VIII-E MTS NEGERI SUKAMULYA 2012/2013 .KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP AKIBAT ALAM & MANUSIA DI SUSUN OLEH ARIF MAULANA MAHROJI AHMAD ALIYUDIN AHMAD MULKI GMP. IBU SETIA. S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful