Standar Kompetensi : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat Kompetensi Dasar : Menemukan tempat

atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah Indikator : 1. Siswa mampu menjelaskan cara membaca denah 2. Siswa mampu mendeskripsikan isi denah kepada orang yang tidak memegang denah 3. Siswa mampu menemukan tempat atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah Pernahkah kamu tersesat? Pernahkah kamu mengalami kesulitan mencari atau menemukan rumah temanmu atau rumah seseorang? Pernahkah kamu mengunjungi suatu tempat, kota, atau suatu daerah yang sama sekali baru bagimu? Kalau jawabanmu adalah ya, maka yang sangat kamu perlukan adalah denah. Dengan menggunakan denah, tempat atau lokasi tertentu yang akan kamu kunjungi dapat dengan mudah kamu temukan. Denah akan mempermudah kamu menemukan tempattempat tertentu, tanpa harus banyak bertanya kepada orang lain yang kamu temui di jalan. Di samping itu, tidak semua orang yang akan kamu tanyai mengetahui tempat yang kamu maksud. Selain itu, pada saat-saat tertentu, kamu tidak dapat menemukan orang di jalan untuk ditanyai, misalnya pada waktu tengah malam. Dengan demikian kompetensi dasar membaca denah sangat penting untuk kamu kuasai. Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, gedung, ruang, dan sebagainya. Denah sama maknanya dengan peta. Membaca peta/denah mempunyai langkahlangkah yang sama seperti membaca grafik/tabel. Langkahlangkah itu adalah sebagai berikut. 1. Baca judulnya. Langkah ini merupakan langkah penting. Judul akan memberi kamu tentang informasi yang akan disampaikan. 2. Lihat dan baca semua informasi atau keterangan yang ada. Hal itu merupakan kunci penjelasan tentang isi denah. 3. Ajukan pertanyaan tentang tujuan peta/denah. Kamu dapat mengetahui tujuan itu dengan mengajukan pertanyaan: apa, di mana, ada apa saja, di dekat apa, dan berapa. Jawaban semua ada dalam denah. 4. Baca denah secara menyeluruh. Ingatlah akan maksud dan tujuan yang ingin kamu peroleh dari denah tersebut. Hal penting yang harus dikuasai dalam membaca denah adalah pemahaman tentang arah mata angin. Arah utara dalam denah adalah mengarah ke atas, arah timur ke kanan, arah selatan ke bawah, dan arah barat ke kiri. Perhatikan arah mata angin berikut ini!

dapat kalian deskripsikan seperti berikut ini.Contoh : Penjelasan lokasi Kantor Dinas Pariwisata berdasarkan denah tersebut. Ibu akan menemukan pertigaan. Ikuti jalan tersebut hingga melewati sebuah perempatan. Ibu akan melewati Bundaran Kota dan setelah itu sebuah jembatan. Silakan Ibu belok ke kanan. Nah. silakan belok ke kanan atau arah utara. Dari sini. Setelah sampai ujung. Ibu silakan jalan lurus ke barat hingga ujung Jalan Darma Bakti ini. di situ Jalan Ikrar Bakti. Setelah jembatan tersebut. Kantor Dinas Pariwisata terletak di Jalan Ikrar Bakti. Kantor Dinas Pariwisata terletak di kiri jalan. setelah perempatan itulah Kantor Dinas Pariwisata. berseberangan dengan lapangan sepak bola. Ibu akan menemukan Jalan Garuda. Ikuti Jalan Garuda tersebut. Contoh . tepatnya di depan SMA 1 Mandiri.

Jelaskanlah kepada temanmu untuk menuju ke tempat terseb ut! Temanmu akan ke rumah saudaranya yang berada di Jalan DR. Ke arah manakah kamu harus berjalan? Kamu dan orang tuamu sekarang sedang berbelanja di Plasa Tomang. 4. la ingin ke rumahmu. 5. Muwardi. posisi mu sekarang sudah berada di Terminal Bus Grogol. Muwardi. Dia me nanyakan Kantor BCA terdekat. Diameminta penjela san kepada kamu arah ke tempat tujuan jika dia sudah sampai di Terminal Senen Saat kamu berbelanja buku di Mal Ciputra. 2.LATIHAN 1. Namun. la bertanya kepada kamu. Kini ia berada di Terminal Kalideres. Kerjakan latihan-latihan berikut! Seandainya kamu ingin menjenguk temanmu yang sakit di rumah sakit Sumber Waras. tiba-tiba kamu bertemu dengan seseorang. Bagaimanakah penjelasanmu untuk menerangkan tempat yang dimaksud? Ada salah seorang calon mahasiswa yang akanmencari gedung Fakultas Kedokteran Universit as Trisakti. temanmu belum tahu tempat itu. 3. 6. kamu memint a temanmu untuk menyusul di Plasa Tomang. Kini ia berada di kampus utama. “Pom bensin yang dekat dari sini di mana ya dik?” Bagaimana kamu menunjukkan tempat tersebut agar bapak itu tidak tersesat? . Karena sedang belanja. Bagaimanakah penjelasanmu untuk menunjukkan kampus yang dimaksud? Kamu di jalan DR. Tiba-tiba kamu mendap atkan telepon dari teman lamamu. tiba-tiba ada seorang bapak dengan menuntun sepeda motornya bertanya kepadamu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful