P. 1
Pendarahan Dan Syok

Pendarahan Dan Syok

|Views: 156|Likes:
Published by HBibi Stia St
BAB I PENDAHULUAN PRAKTIKUM Pendarahan Dan Syok
BAB I PENDAHULUAN PRAKTIKUM Pendarahan Dan Syok

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: HBibi Stia St on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/27/2015

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Pendarahan, yang dapat terlihat dalam arti darah berada di luar tubuh manusia maupun di dalam tubuh atau tersembunyi. Kebanyakan setiap orang pernah merasakan apa yang dinamakan dengan pendarahan tersebut. Entah semasa kecilnya pernah terbentur dengan benda tumpul ataupun luka sobek karena benda tajam atau pecahan kaca. Namun pada saat itu kita tidak mengetahui adanya ancaman bahaya yang besar pada diri kita. Dimulai dengan rasa lemah, syok sampai dengan hilangnya nyawa kita. Jika kita ingin menolong dan berperan sebagai penolong, kita juga harus mempunyai keterampilan utama untuk mengenali dan mengatasi pendarahan tersebut. Agar korban yang mengalami pendarahan dapat ditangani secara cepat dan tepat, tidak sampai syok bahkan kehilangan nyawa. 1.2 Rumusan Masalah 1. Apa saja jenis-jenis dari pendarahan? 2. Bagaimana cara mengetahui ciri-ciri syok? 3. Bagaimana cara menangani pendarahan dan syok berdasarkan penyebabnya? 1.3 Tujuan TIU

:

Mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan teori Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K). TIK :

1. Mahasiswa mengetahui jenis-jenis pendarahan. 2. Mahasiswa mengetahui ciri-ciri syok. 3. Mahasiswa mampu melakukan penanganan terhadap pendarahan dan syok berdasarkan penyebabnya. 1.4 Manfaat 1. Mahasiswa mampu mengetahui dan menentukan jenis-jenis pendarahan. 2. Mahasiswa mampu mengetahui dan menentukan ciri-ciri syok. 3. Mahasiswa mampu menangani pendarahan dan syok berdasarkan penyebabnya.

1.5 Batasan 1. Pada praktikum ini teman sendiri diasumsikan sebagai penderita (korban) yang mengalami pendarahan pada bagian tubuh tertentu. 2. Pada praktikum ini diasumsikan penderita (korban) pendarahan mengalami kecelakaan dengan penyebab yang berbeda-beda.

3. Pada praktikum ini diasumsikan orang yang melakukan pertolongan pertama melakukan tindakan penanganan pendarahan dan syok berdasarkan penyebabnya secara cepat dan tepat sesuai dengan langkah (panduan) yang ada.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->