P. 1
Kunci Jawaban IPA Biologi 1

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

|Views: 1,783|Likes:

More info:

Published by: Taufik Ute Hidayat Qeeran on Oct 08, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/18/2013

pdf

text

original

KUNCI JAWABAN

BAB 1 Pengamatan Gejala Alam Uji PPK A. Pilihan Ganda 1. c 2. b 3. c 4. c 5. a

6. 7. 8. 9. 10.

b c a a d

11. 12. 13. 14. 15.

b a b c a

B. Esai 1. Gejala alam biotik : Suatu keadaan lingkungan di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan makhluk hidup. Gejala alam biotik : Suatu keadaan lingkungan di sekitar kita yang ditunjukkan oleh keadaan benda tak hidup. 2. Mikroskop berguna dalam bidang:  Industri makanan, untuk mengontrol kualitas makanan yang diproduksi dari mikrobiologi.  Kriminal, untuk menyelidiki darah atau sidik jari pelaku kejahatan.  Kedokteran, untuk meneliti mikroorganisme penyebab penyakit.  Pertanian, untuk mikroorganisme penyebab penyakit tanaman. 3. Bahan dengan simbol seperti pada gambar menunjukkan bahan kimia yang mudah terbakar. Cara menggunakan: jauhkan dari api. 4. Kesalahan kedua siswi tersebut: siswi I mengambil bahan kimia dengan tangan (tidak boleh, harus menggunakan pinset atau sendok bahan kimia). Sedangkan, siswa II membiarkan rambutnya tergerai dekat api lampu spiritus (jika bekerja di laboratorium sebaiknya rambut diikat). 5. Hal yang perlu diperhatikan pada saat mengoleksi hewan atau tumbuhan adalah:  Jangan merusak habitat makhluk hidup.  Bawalah alat dan bahan yang diperlukan saja.  Ambil dan bawa hasil koleksi dengan hati-hati.  Beri label atau keterangan seperti tanggal dan lokasi makhluk hidup yang dikoleksi.  Jika mengambil hewan, bawa juga makanannya.  Jika mungkin, kembalikan makhluk hidup yang telah dipelajari ke alam.  Mengetahui cara-cara mengoleksi makhluk hidup. 6. Peraturan laboratorium diberlakukan agar kegiatan di dalam laboratorium dapat berjalan dengan lancar dan aman. 7. Tas diletakkan di luar laboratorium agar tidak mengganggu kegiatan di dalam laboratorium. Semua peralatan laboratorium yang telah digunakan langsung dicuci agar bahan-bahan kimia dapat dibuang dan memudahkan pencucian alat-alat, kemudian diletakkan di tempatnya agar dapat digunakan untuk percobaan berikutnya. 8. Untuk membuat suatu laporan penelitian hal yang perlu disiapkan adalah tujuan percobaan, metode (langkah kerja) yang dilakukan, data pengamatan, dan kesimpulan. 9. Diagram batang digunakan untuk menunjukkan perbandingan data, sedangkan diagram lingkaran digunakan untuk menggambarkan data yang tidak berhubungan dengan faktor lain. 10. Kesimpulan percobaan adalah penjelasan hasil percobaan yang menjawab pertanyaan di tujuan percobaan. Kinerja Ilmiah 1. Untuk mengamati organ pencernaan katak, hal yang dilakukan yaitu membuka penutup tubuh katak. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:  membius katak dengan kloroform.

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

38

     

meletakkan katak di atas nampan bedah dengan bagian perut menghadap ke atas. menusukkan tungkai-tungkainya dengan jarum pentul. menggunting kulit katak mulai dari arah paha dengan arah horizontal. melanjutkan sayatan ke arah kanan kiri rahang. membuka kulitnya dan menusuk dengan jarum pentul. mengamati organ pencernaan katak. 2. Untuk mengamati batang tanaman mawar, hal yang dilakukan adalah membuat preparat melintang dan preparat membujur batang tanaman mawar. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:  menyiapkan batang tanaman mawar muda dengan panjang kira-kira 6 cm.  menyayat bagian ujung batang secara horizontal menggunakan silet tajam (untuk preparat melintang) dan bagian sisi batang secara vertikal (untuk preparat membujur).  sayatan dibuat setipis mungkin, kemudian masukkan ke dalam air.  menggunakan kuas cat air untuk mengambil sayatan, kemudian meletakkan sayatan di atas gelas benda.  meneteskan satu tetes air ke atas sayatan, lalu menutupnya dengan kaca penutup.  mengamati sayatan di bawah mikroskop, lalu menggambarnya.

BAB 2 Ciri-ciri Makhluk Hidup Uji PPK A. Pilihan Ganda 1. c 2. c 3. b 4. a 5. a

6. 7. 8. 9. 10.

c b b d d

11. 12. 13. 14. 15.

c b c c b

B. Esai 1. Hewan: dapat berpindah tempat, heterotrofik, tidak memiliki klorofil, memiliki indera, memiliki sistem saraf dan otot. Tumbuhan: tidak dapat berpindah tempat, autotrofik, memiliki klorofil, tidak memiliki indera, sistem saraf, serta otot. 2. Tujuan makhluk hidup berkembang biak adalah untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Tumbuhan melakukan gerak, misalnya pada saat tumbuh dan mendapat rangsangan dari luar. Contoh rangsangan dari luar misalnya adanya cahaya, sentuhan, atau perubahan kadar air. 3. Cara hewan menunjukkan peka terhadap rangsangan: menunjukkan respons jika ada rangsangan yang mengenai inderanya. Misalnya, telinga kelelawar peka terhadap suara dan memanfaatkan kepekaannya tersebut untuk mengetahui keberadaan mangsanya. Cara tumbuhan menunjukkan peka terhadap rangsangan: juga menunjukkan respons jika ada rangsangan. Misalnya, daun putri malu akan mengatup jika mendapat rangsangan berupa sentuhan. 4. Tumbuhan mendapatkan makanannya melalui proses fotosintesis. Tumbuhan menyerap air dan mineral dari dalam tanah, serta mengisap karbon dioksida dari udara. Selanjutnya bahan-bahan tersebut diolah tumbuhan melalui fotosintesis membentuk zat makanan berupa glukosa serta menghasilkan uap air. 5. Robot yang canggih dan dapat menirukan apa yang dilakukan manusia tidak dapat dikatakan sebagai makhluk hidup. Robot hanya dapat bergerak, berbicara, berjalan jika ada perintah dari komputer dan adanya energi yang menggerakkan. Sedangkan robot tidak bisa bernapas, tumbuh, makan, ataupun berkembang biak untuk mempertahankan kelestarian jenisnya. Kinerja Ilmiah a. Tujuan percobaannya adalah mengamati pertumbuhan pada batang tanaman kacang merah.

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

39

b. Tabel pengamatan pertumbuhan batang tanaman kacang merah selama dua bulan. Minggu ke- Tinggi batang (cm) 1 1 2 2,6 3 3,2 4 5,1 5 7 6 8,6 7 9,8 8 11,1 Grafik garis pertumbuhan batang tanaman kacang merah selama dua bulan. c. Kesimpulan percobaan adalah batang tanaman kacang merah terus menerus tumbuh setiap minggu-nya. Tanaman kacang merah membuktikan salah satu ciri makhluk hidup, yaitu tumbuh.

BAB 3 Klasifikasi Makhluk Hidup Uji PPK A. Pilihan Ganda 1. c 2. c 3. a 4. c 5. d

6. 7. 8. 9. 10.

d b c d c

11. 12. 13. 14. 15.

a c a c a

16. 17. 18. 19. 20.

d b a b b

B. Esai 1. Makhluk hidup perlu diklasifikasikan untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup yang beraneka ragam. 2. Urutan takson hewan: kingdom-phylum-classis-ordo-familia-genus-species. Urutan takson tumbuhan: kingdom-divitio-classic-ordo-familia-genus-species. 3. Persamaan yang menjadi dasar klasifikasi makhluk hidup adalah persamaan ciri atau sifat yang dimiliki oleh makhluk hidup. 4. Persamaan yang paling mudah diamati yaitu persamaan morfologi. Contohnya, tumbuhan yang memiliki biji berkeping dua dikelompokkan dalam dikotil. 5. Tata cara pemberian nama makhluk hidup: menggunakan dua kata, kata pertama menunjukkan genus, kata kedua penunjuk spesies. Kata pertama diawali dengan huruf besar dan kata kedua diawali huruf kecil. Kedua kata ditulis miring atau digarisbawahi. 6. Suatu jenis makhluk hidup harus memiliki nama ilmiah untuk mempermudah pengenalan makhluk hidup secara internasional. Misalnya, nama ilmiah Oryza sativa di seluruh dunia dikenal dengan padi. 7. Urutan takson kucing: 40amalia : Felis sylvestris Genus : Felis Familia : Felidae Ordo : 40amalia40a Classis : 40amalia Phylum : Chordata 8. Klasifikasi padi: Kingdom : Plantae

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

40

9. 10. 11. 12. 13. 14.

15.

Divitio : Spermatophyta Classis : Monocotyledonae Ordo : Poales Familia : Poaceae Genus : Oryza Spesies : Oryza sativa Binomial nomenklatur adalah tata cara pemberian nama dengan dua kata latin atau yang dilatinkan. Tujuan adanya kunci determinasi adalah untuk mengenali dan menetapkan identitas suatu makhluk hidup agar dapat dimasukkan ke kelompok tertentu dalam klasifikasi. Dua spesies yang memiliki hubungan kekerabatan paling dekat adalah Panthera leo dan Panthera tigris. Pernyataan tersebut tidak benar. Alasannya, Monera adalah kelompok makhluk hidup yang selnya tidak memiliki membran inti, bukan tidak memiliki inti sel. Paus dan sapi termasuk kelas Mammalia, karena sama-sama hewan menyusui, sedangkan hiu adalah ikan sehingga termasuk kelas pisces. Sistem klasifikasi terus berkembang karena awalnya pengelompokan makhluk hidup hanya berdasarkan kerajaan tumbuhan dan kerajaan hewan. Lalu terdapat jamur (fungi) yang merupakan tumbuhan tapi tidak dapat membuat makanannya sendiri, sehingga dibuat kingdom baru yaitu fungi. Setelah mengetahui susunan sel, yaitu ada tidaknya membran inti sel, maka dikelompokkan menjadi empat kingdom, yaitu Prokariot, Fungi, Plantae, dan Animalia. Pada tahun 1969, Robert H. Whittaker mengelompokkan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia. Pengelompokan tersebut berdasarkan susunan sel, cara makhluk hidup memenuhi makanannya, dan tingkatkan makhluk hidup. a. Ciri yang dimiliki keempat hewan tersebut adalah sama-sama hewan pemakan daging (karnivora) b. Hewan yang paling berbeda adalah anjing (canis familiaris) karena anjing termasuk familia canidae. Sedangkan ketiga hewan lainnya termasuk familia felidae c. Satu ciri tersebut adalah hewan tidak dapat membuat makanannya sendiri, sehingga tergolong kingdom Animalia.

II. Kinerja Ilmiah 1. a. - Kingdom Protista = ganggang merah - Kingdom Fungi = jamur merang - Kingdom Plantae = pohon cemara, paku sarang burung - Kingdom Animalia = harimau, burung elang, kelinci hutan b. Kingdom Jumlah Protista 20 Fungi 32 Plantae 64 Animalia 36 Σ = 152

20  360  47,3 152 32 Fungi =  360  75,8 152 64 Plantae =  360  151,6 152
Protista =

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

41

Animalia =

36  360  85,3 152

Diagram lingkaran empat kingdom organisme yang berada di pegunungan.

BAB 4 Keragaman Pada Sistem Organisasi Kehidupan Uji PPK A. Pilihan Ganda 1. a 2. b 3. c 4. c 5. a 6. d 7. b 8. b 9. b 10. b

11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

a c a c b c c b d a

21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

a d c a b d b c b b

B. Esai 1. Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan Sel tumbuhan Sel hewan  Berdinding sel  Tidak berdinding sel  Memiliki plastida  Tidak memiliki plastida  Tidak memiliki sentrosom  Memiliki sentrosom 2. Fungsi:  Membran sel : mengatur keluar masuknya zat dari dan ke dalam sel  Mitokondria : sebagai tempat respirasi sel  Ribosom : sebagai tempat pembentukan protein  Inti sel : sebagai pusat pengatur seluruh kegiatan sel 3. Vakuola adalah rongga sel yang di dalamnya mengandung air dan zat-zat terlarut yang mengendap. Perbedaan antara vakuola pada tumbuhan dan hewan yaitu vakuola pada sel tumbuhan umumnya lebih besar dibandingkan dengan vakuola pada sel hewan. 4. Yang dimaksud:  Sel : unit kehidupan terkecil makhluk hidup  Jaringan : sekelompok sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama  Organ : berbagai jaringan yang bersatu dan menjalankan fungsi tertentu

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

42

 Sistem organ : koordinasi berbagai organ yang menjalankan fungsi tertentu 5. Jaringan-jaringan pada hewan dan fungsinya yaitu sebagai berikut.  Jaringan epitel, fungsinya untuk melindungi jaringan di bawahnya  Jaringan otot, fungsinya sebagai penggerak tubuh  Jaringan saraf, fungsinya untuk menerima dan meneruskan rangsangan  Jaringan pengikat, fungsinya untuk mengikat jaringan dan alat tubuh serta menunjang berdirinya tubuh 6. Jaringan pada tumbuhan dan fungsinya yaitu sebagai berikut.  Jaringan meristem, fungsinya sebagai daerah yang selalu membelah diri untuk pertumbuhan  Jaringan epidermis, fungsinya untuk melindungi jaringan tumbuhan yang lain  Jaringan perenkim, fungsinya sebagai jaringan dasar pada tumbuhan  Jaringan penyokong, fungsinya menunjang berdirinya tumbuhan  Jaringan pengangkut, fungsinya mengangkut air dan zat hara dari akar ke daun dan mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan 7. Tumbuhan juga memiliki sistem transportasi seperti pada hewan. Pada tumbuhan, pengangkutan makanan hasil fotosintesis dari daun dan ke seluruh bagian tumbuhan dilakukan oleh pembuluh floem. 8. Organ-organ penyusun sistem pencernaan pada manusia yaitu mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, pankreas, hati, usus besar, dan anus. 9. Gambar sel tumbuhan: Gambar sel hewan: a. Vakuola a. Mitokondria b. Dinding sel b. Inti sel c. Mitokondria c. Membran sel d. Inti sel d. Badan golgi e. Badan Golgi e. Retikulum endoplasma 10. Gambar penampang daun: a. Jaringan epidermis b. Jaringan palisade c. Floem d. Xilem e. Jaringan spons 11. Sel tumbuhan memiliki struktur yang rapi dan beraturan karena memiliki dinding sel, sedangkan pada sel hewan tidak terdapat dinding sel. Dinding sel yang menjaga bentuk dan ukuran sel tumbuhan sehingga bentuknya utuh dan tidak mudah berubah-ubah. 12. Tidak. Darah bukan merupakan organ. Darah adalah sel yang dapat membentuk jaringan darah bersama dengan plasma darah. Jaringan darah misalnya terdapat pada organ mata. 13. Sifat semipermeabel pada membran sel berfungsi untuk melewatkan air dan zat-zat yang terlarut saja, sedangkan zat yang lain yang tidak larut tidak dapat masuk ke dalam sel. 14. Dinding sel trakeid yang terdapat jaringan xylem memiliki pori untuk mengalirkan air dan zat-zat hara dari trakeid satu ke trakeid lainnya. 15. Kerusakan pada hati dapat mempengaruhi sistem pencernaan. Hati tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik seperti mencerna lemak, memetabolisme karbohidrat dan memetabolisme protein. II. Kinerja Ilmiah 1. a. Untuk membuktikan bahwa jaringan daun keduanya memiliki perbedaan, maka langkah yang perlu dilakukan adalah:  membuat preparat melintang dan preparat membujur dari kedua daun tersebut.  mengamati preparat di bawah mikroskop.  mengambar hasil pengamatan pada kertas.  membandingkan hasil pengamatan, misalnya jaringan epidermis, jaringan palisade, jaringan bunga karang, letak stomata, dan berkas pembuluh pengangkut (xilem dan floem).

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

43

b. Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan organ yang dimiliki keduanya, bagian yang diamati adalah: - daun; bentuknya dan bentuk pertulangan daun. - batang; berkayu atau tidak, bercabang atau tidak. - akar; serabut atau tunggang.

BAB 5 Komponen Ekosistem, Peran, dan Interaksinya UJI PPK A. Pilihan Ganda 1. b 2. b 3. b 4. d 5. a 6. c 7. d 8. d 9. b 10. b

11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

a a c c b d c d b b

21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

c a c a a b c d b b

B. Esai 1. Ekosistem adalah hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan abiotik-nya dalam satu kesatuan tempat hidup. 2. Populasi adalah kumpulan individu sejenis yang hidup di daerah tertentu, sedangkan komunitas adalah kumpulan seluruh populasi makhluk hidup yang ada di daerah tertentu. 3. Contoh saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen biotik yaitu  Cacing membutuhkan tanah sebagai habitatnya dan tanah dapat dibuat subur karena ronggarongga yang dibuat cacing tanah  Tumbuhan memerlukan air dari dalam tanah dan air tanah pun tergantung pada tumbuhan untuk menjaga ketersediaannya di dalam tanah 4. Peran matahari terhadap ekosistem yaitu sebagai sumber tenaga (energi) bagi makhluk hidup di dalam ekosistem tersebut. Jika suatu ekosistem tidak mendapat cahaya matahari, maka akan terjadi ketidakseimbangan dalam ekosistem tersebut. Produsen tidak dapat membuat makanannya. Akibatnya, konsumen tidak mendapat makanan. Akibat akhir, makhluk hidup dalam ekosistem tersebut akan punah karena tidak mendapat makanan. 5. Konsumen adalah makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanannya sendiri dan memakan makhluk hidup lain. Contoh konsumen yaitu hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. 6. Tumbuhan disebut organisme autotrof karena tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. 7. Ya, semua hewan adalah organisme heterotrof, yaitu organisme yang mendapat makanan dari organisme lain, (tumbuhan atau hewanlain). Sebagian besar tumbuhan adalah organisme autotrof, namun ada juga tumbuhan yang sifatnya heterotrof karena tidak bisa berfotosintesis, misalnya tali putri. 8. Yang dimaksud dengan:  Rantai makanan : peristiwa makan dan dimakan dengan arah dan urutan tertentu  Jaring-jaring makanan : kumpulan dari beberapa rantai makanan  Piramida makanan : bentuk yang menggambarkan jumlah produsen dan konsumen dalam suatu ekosistem yang seimbang 9. Jika populasi padi berkurang, maka burung pipit akan kekurangan makanan dan akan terjadi persaingan antar burung pipit dalam memperebutkan makanan. Burung pipit yang kalah akan mati sehingga jumlah populasi burung pipit berkurang. Hal ini akan berpengaruh terhadap ular. Ular

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

44

10.

11.

12.

13.

14.

15.

pun akan kekurangan makanannya yaitu burung pipit. Akan terjadi persaingan pula di antar ular dalam memperebutkan makanan. Jika populasi kelinci mengalami penurunan drastis maka akan menurunkan populasi konsumen pemakan kelinci, yaitu populasi singa dan serigala. Pengaruh lain yaitu terjadi peningkatan populasi rumput, karena hanya sedikit kelinci yang memakan rumput. Selain itu, populasi rusa juga dapat menurun karena predator (singa dan serigala)akan memakan lebih banyak rusa karena makan lain (kelinci) berkurang. Contoh simbiosis yang bermanfaat bagi pertanian, yaitu:  Mikoriza (simbiosis akar dan jamur)  Bintil akar pada tanaman kacang-kacangan (simbiosis antara akar dengan bakteri Rhizobium) Dengan melihat gambar: a. Produsen : tanaman padi, konsumennya, yaitu tikus, burung, elang, dan ular b. Individu herbivora : tikus dan burung c. Individu karnivora : ular dan elang “Mampu membuat makanan sendiri” artinya dapat menghasilkan makanan dari bahan-bahan anorganik. Contohnya pada tumbuhan yang menghasilkan glukosa dari senyawa anorganik melalui fotosintesis. “Tidak mampu membuat makanan sendiri” artinya harus mendapat makanan dari organisme lain. Contohnya hewan yang memakan tumbuhan atau hewan lain. Bakteri memiliki peranan yang penting dalam suatu ekosistem yaitu sebagai organisme pengurai. Bakteri menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati dengan cara membusukkannya menjadi zat-zat yang lebih sederhana kemudian mengembalikannya ke alam agar dapat digunakan tumbuhan untuk proses fotosintesis. Hal-hal yang mungkin terjadi jika siklus karbon terganggu adalah:  proses fotosintesis tumbuhan terganggu. Karbon dioksida di udara dan di air tidak dapat diubah menjadi glukosa. Akibatnya tumbuhan tidak dapat membentuk makanannya sendiri dan akhirnya mati. Tumbuhan yang mati menyebabkan terganggunya sumber makanan bagi organisme lain.  proses penguraian materi organik oleh bakteri pengurai terganggu. Materi organik yang berasal dari hewan dan tumbuhan yang telah mati tidak dapat dibusukkan oleh bakteri, maka karbon dioksida tidak dapat dilepaskan kembali ke alam.

II. Kinerja Ilmiah 1. Beberapa contoh rantai makanan:  rumput – sapi – harimau – jamur  rumput – kuda – harimau – jamur  rumput – kelinci – burung elang – jamur  rumput – kelinci – harimau – jamur  rumput – kelinci – ular – jamur  rumput – jangkrik – ayam – burung elang – jamur  rumput – jangkrik – ayam – ular – jamur  rumput – jangkrik – ayam – harimau – jamur  rumput – tikus – burung elang – jamur  rumput – tikus – ular – burung elang – jamur  rumput – ayam – burung elang – jamur  rumput – ayam – harimau – jamur 2. a. Komponen biotiknya adalah bakteri, sedangkan komponen biotik-nya adalah suhu b. Diagram batang pengaruh suhu terhadap jumlah populasi bakteri

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

45

3. Kesimpulan percobaan adalah kenaikan suhu dapat meningkatkan jumlah populasi bakteri tetapi kenaikan suhu di atas 35°C dapat menurunkan jumlah populasi bakteri.

BAB 6 Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Upaya Pelestariannya Uji PPK A. Pilihan Ganda 1. b 2. a 3. b 4. b 5. c 6. a 7. b 8. c 9. c 10. d

11. 12. 13. 14. 15. 16. 17. 18. 19. 20.

d c c c d b b d b c

21. 22. 23. 24. 25. 26. 27. 28. 29. 30.

c c c b d b a b c c

31. 32. 33. 34. 35. 36. 37. 38. 39. 40.

c b a c b b a b c c

B. Esai 1. Lima kingdom makhluk hidup dan ciri-cirinya, yaitu: Monera : bersel satu, selnya tidak memiliki membran inti Protista : bersel satu atau bersel banyak (menyerupai hewan, jamur, atau tumbuhan, selnya memiliki membran inti Jamur : bersel satu atau bersel banyak, berdinding sel, tidak memiliki klorofil, heterotrof Tumbuhan : bersel banyak, selnya memiliki membran inti, memiliki klorofil, autotrof, berdinding sel Hewan : bersel banyak, selnya memiliki membran inti, tidak berdinding sel, heterotrof 2. Contoh jamur yang bermanfaat:  Enak dimakan : jamur merang, jamur kuping  Obat : jamur kayu  Membuat makanan: Rhizopus (jamur tempe), jamur oncom, khamir (Saccharomyces) Contoh jamur merugikan:  Beracun : Amanita, Aspergilus  Penyebab penyakit : Ustilago 3. Manfaat ganggang:  Makanan : agar (dari ganggang merah)  Makanan suplemen : Chlorella, Spirulina

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

46

4. Organisme tersebut adalah Euglena karena bersel satu, berwarna hijau, dapat bergerak bebas, dan di dalam selnya terdapat bintik mata yang berwarna merah. Euglena termasuk kingdom protista dan filum Euglenopyta. 5. Paku digolongkan tumbuhan berpembuluh karena paku telah memiliki bagian akar, batang, dan daun. Pada akar, batang, dan daun telah memiliki pembuluh angkut. 6. Perbedaan pokok Gymmospermae dan Angiospermae: pada Gymnospermae, bijinya tidak tertutup oleh daging buah, sedangkan pada Angiospermae bijinya tertutup oleh daging buah. 7. Contoh lima tumbuhan dikotil dan manfaatnya:  Ubi kayu, sebagai bahan makanan pokok  Bunga sepatu, sebagai tanaman hias  Tapak dara, sebagai obat  Pohon jati, sebagai bahan bangunan  Kapas, sebagai bahan sandang 8. Cengkeh dimasukkan dalam tumbuhan dikotil karena memiliki akar tunggang, batangnya berkambium, pembuluh angkutnya tersusun dalam lingkaran, batangnya bercabang, tulang daunnya menyirip. Sedangkan bumbu termasuk monokotil karena memiliki akar serabut, batangnya tidak berkambium, pembuluh angkutnya tersebar, batangnya tidak bercabang, dan tulang daunnya sejajar. 9. Tiga phylum vertebrata dan ciri utamanya:  Pisces (ikan) : tubuhnya bersisik, bernapas dengan insang, alat gerak sirip  Reptilia (reptil) : tubuhnya bersisik, bernapas dengan paru-paru, alat gerak berupa tungkai (kecuali ular)  Mamalia (mamalia) : tubuh ditutupi rambut, memiliki kelenjar susu, bernapas dengan paruparu 10. Pengelompokan cacing berdasarkan bentuk tubuhnya:  Platyhelminthes: tubuhnya berbentuk pita  Nemathelminthes (cacing gilig): tubuhnya berbentuk gilig atau silindris  Annelida (cacing gelang) : tubuhnya bulat memanjang dan beruas-ruas 11. Jika kalian menyelam, mungkin kalian akan menemukan kelompok hewan Porifera (misalnya hewan spons), Coelenterata (misalnya ubur-ubur), Mollusca (misalnya kerang), Pisces (misalnya bermacam-macam ikan). 12. Jika kita akan mengelompokkan hewan-hewan yang kita temui di kebun binatang ke dalam lima kelas vertebrata, maka pertama-tama kita harus memiliki daftar ciri-ciri kelima kelas tersebut. Kedua, kita mengamati hewan, terutama ciri-ciri yang tampak. Ciri-ciri yang tampak tersebut kita cocokkan dengan daftar ciri-ciri hewan yang telah kita buat. Ketiga, sebaiknya kita menggambar hewan yang kita amati. Empat, jangan lupa memberi nama hewan yang diamati, habitatnya, dan makanannya. 13. Kita harus melestarikan dan membudidayakan tumbuhan dan hewan langka karena jumlah mereka yang semakin terbatas. Jika tidak dilestarikan, mereka lama-kelamaan akan habis atau punah. Kalau salah satu jenis punah, berarti kita kehilangan salah satu keanekaragaman tumbuhan dan hewan yang kita miliki. 14. Usaha yang bisa kalian lakukan untuk mengurangi atau mencegah perdagangan hewan langkah, yaitu:  Tidak membeli hewan langkah yang diperjualbelikan  Melaporkan pada polisi jika melihat orang menjual atau memelihara hewan langka tanpa ijin.  Mengusulkan pada pemerintah untuk mengeluarkan sanksi yang tegas pada orang yang memperdagangkan hewan langka 15. Ya. Kepunahan orang utan, badak bercula satu, dan harimau sumatra akan berdampak pada manusia karena dapat mengganggu keseimbangan ekosistem di alam. Kepunahan juga berarti bahwa ketiga hewan tersebut tidak dapat muncul kembali, sehingga manusia tidak dapat melakukan studi terhadap hewan tersebut karena setiap jenis hewan memiliki keunikan tersendiri.

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

47

II. Kerja Ilmiah 1. Langkah-langkah untuk menentukan apakah tumbuhan tersebut termasuk monokotil atau dikotil adalah dengan cara melihat organ-organ tanaman. - Akar : jika akarnya tunggang maka tanaman dikotil, jika akarnya serabut maka tanaman monokotil. - Batang : jika batangnya berkambium dan bercabang-cabang maka tanaman dikotil, jika batangnya tidak berkambium dan tidak bercabang-cabang maka tanaman monokotil - Daun : pertulangan daun menyirip atau menjari maka tanaman dikotil, pertulangan daun sejajar atau melengkung maka tanaman monokotil 2. a. Data yang harus diambil untuk menyelidiki keanekaragaman hewan yaitu apakah termasuk hewan vertebrata atau hewan avertebrata. Jika hewan vertebrata terdiri dari filum Pisces, Amphibia, Reptil, Aves, dan Mamalia. Sedangkan hewan avertebrata terdiri dari filum Porifera, Coelenterata, Platyhelminthes, Nemathelminthes, Annelida, Mollusca, Arthopoda dan Echinodermata. Catat juga ciri-ciri dan nama lokalnya agar dapat diketahui nama spesiesnya. Data yang harus diambil untuk menyelidiki keanekaragaman tumbuhan yaitu apakah termasuk tumbuhan lumut, tumbuhan paku, atau tumbuhan berbiji. Catat juga ciri-ciri dan nama lokalnya agar dapat diketahui nama spesiesnya. b. Bentuk penyajian data berupa tabel yang berisi nama lokal spesies, ciri-ciri, dan penggolongan.

BAB 7 Pengaruh Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan UJI PPK A. Pilihan Ganda 1. c 2. c 3. b 4. d 5. a

6. 7. 8. 9. 10.

b c a d b

11. 12. 13. 14. 15.

a a c d a

B. Esai 1. Lima akibat dari kepadatan populasi manusia:  Kekurangan makanan  Kekurangan kebutuhan air bersih  Kekurangan kebutuhan udara bersih  Kekurangan ketersediaan lahan  Kerusakan lingkungan 2. Jika pertambahan penduduk tidak diikuti peningkatan produksi pangan, akan terjadi kekurangan makanan bagi penduduk. Akibatnya, penduduk akan kekurangan gizi dan timbul wabah penyakit. 3. Penduduk yang bertambah selalu diikuti oleh peningkatan kebutuhan air bersih karena setiap manusia yang hadir di bumi selalu membutuhkan air. Jadi, pertambahan manusia di bumi akan menambah kebutuhan air. 4. Kebutuhan udara bersih di pemukiman dapat dipenuhi dengan menanam tanaman di sekitar rumah, tidak membakar sampah di tengah pemukiman, dan membuat taman atau menanam tanaman di pinggir-pinggir jalan pemukiman. 5. Empat contoh kerusakan lingkungan:  Terjadinya pencemaran air  Terjadinya pencemaran udara  Hutan gundul karena penebangan liar  Banjir karena saluran air tersumbat sampah yang dibuang sembarangan

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

48

6. Syarat fisika air bersih : tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa Syarat biologi air bersih : tidak mengandung kuman penyakit 7. Meningkatkan populasi manusia akan cenderung meningkatkan pencemaran lingkungan karena semakin banyak manusia yang akan menghasilkan benda-benda yang tak terpakai. Pembuangan benda-benda tak terpakai tersebut jika dibuat di lingkungan akan menyebabkan pencemaran lingkungan. 8. Permasalahan yang akan timbul bagi organisme di dalam air yaitu berkurangnya cahaya matahari yang masuk ke dalam air. Tumbuhan-tumbuhan di dalam air akan mati karena proses fotosintesis yang melibatkan sinar matahari tidak dapat berlangsung. Tumbuhan di dalam air berkurang maka ikan-ikan kecil (200 plankton) akan kekurangan makanan, lama-kelamaan juga akan mati. Banyaknya bakteri yang berasal dari sampah-sampah akan menaikkan tingkat BOD dalam air sehingga tingkat OD di dalam air sedikit, maka banyak ikan yang kehabisan oksigen dan akhirnya juga mati. Sampah-sampah yang dibuang ke sungai juga mungkin ada yang menjadi racun bagi ikan. 9. Masalah yang dihadapi penduduk di sekitar TPA misalnya terjadinya pencemaran udara akibat bau sampah, pencemaran air tanah karena sampah yang menumpuk dan membusuk dapat meresap ke dalam tanah, timbul penyakit akibat dari kotornya lingkungan atau sampah-sampah yang juga mungkin membawa penyakit. 10. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi kepadatan penduduk, yaitu:  Diadakannya program transmigrasi daerah lain yang masih memiliki lahan-lahan yang masih kosong untuk memberikan ruang gerak yang lebih luas bagi penduduk  Peningkatan produksi pertanian untuk memenuhi kebutuhan pangan 11. Tiga jenis sumber makanan baru yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan di Indonesia beserta alasannya:  Sumber makanan dari Spirulina, karena Indonesia memiliki perairan yang luas sehingga memungkinkan untuk dibudidayakan dan spirulina sangat bergizi untuk dimakan  Sumber makanan dari Aloe vera, yaitu tumbuhan lidah buaya yang dijadikan minuman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.  Sumber makanan dari jamur, seperti jamur kuping, jamur kancing, jamur merang yang enak dimakan dan memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. 12. Usaha untuk mengatasi masalah timbunan sampah di kota besar yaitu:  Memisahkan antara sampah organik dan sampah anorganik, sampah organik dapat diolah kembali menjadi pupuk.  Mendaur ulang bahan-bahan yang terbuat dari plastik, sehingga sampah plastik tidak menumpuk karena plastik di alam tidak dapat diurai. 13. Cara yang tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk dalam hal ketersediaan lahan adalah dengan cara melakukan kegiatan transmigrasi ke daerah-daerah yang masih sedikit jumlah penduduknya. 14. Hal tersebut adalah tidak benar. Pabrik tersebut seharusnya dapat mendaur ulang limbah yang dihasilkan atau jika tidak bias didaur ulang maka harus disaring dan diubah menjadi bahan-bahan yang tidak berbahaya jika dibuang ke alam. 15. Asap dari rokok termasuk polusi udara karena dapat mengganggu pernapasan dan menyebabkan penyakit paru-paru bagi orang yang menghirupnya. II. Kerja Ilmiah a. Kesimpulan berdasarkan grafik adalah kepadatan penduduk kota x dari tahun 1990 sampai tahun 1995 terus-menerus meningkat. b. Data tambahan yang perlu dicari adalah jumlah sampah yang dihasilkan penduduk kota x dari tahun 1990 sampai tahun 1995. c. Grafik jumlah sampah penduduk x tahun 1990 sampai tahun 1995.

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

49

BAB 8 Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan UJI PPK A. Pilihan Ganda 1. b 2. c 3. b 4. c 5. d

6. 7. 8. 9. 10.

b c d a a

11. 12. 13. 14. 15.

b c a b d

16. 17. 18. 19. 20.

b d c a c

21. 22. 23. 24. 25.

d c c d a

B. Esai 1. Pencemaran lingkungan adalah peristiwa masuknya zat-zat atau komponen lain yang merugikan ke dalam lingkungan. 2. Pencemaran yang dapat terjadi adalah pencemaran air karena adanya deterjen, sabun, dan kotoran manusia yang dapat mencemari sungai. 3. Pencemaran udara biasanya terjadi di kota besar karena di kota besar banyak terdapat kendaraan bermotor yang mengeluarkan asap pencemaran udara. Selain itu, di kota besar banyak berdiri pabrik yang mengeluarkan asap pembakaran yang dapat mencemari udara. 4. Sumber-sumber di sekitar yang menghasilkan sulfur dioksida dan nitrogen oksida adalah pembakaran bahan bakar yang terbuat dari fosil seperti minyak bumi dan batu bara. 5. Tiga usaha manusia mencegah pencemaran:  Menggunakan biological control dalam membasmi hama.  Membuat tempat penampungan limbah rumah tangga yang jauh dari sumber air bersih.  Mengurangi penggunaan bahan bakar minyak, misalnya dengan menggunakan bahan bakar alternatif. 6. Akibat pencemaran udara terhadap kesehatan manusia yaitu dapat menimbulkan gangguan dan bahkan penyakit pernapasan. 7. Cara mengatasi masalah pencemaran yang ditimbulkan CFC adalah dengan cara menggunakan AC, kulkas yang tidak menggunakan CFC (non CFC). 8. Efek rumah kaca adalah meningkatnya suhu bumi karena semakin meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer bumi. 9. Hujan asam mengakibatkan tanah rusak sehingga tanah tidak subur lagi. Selain itu, tumbuhan juga akan rusak akibat hujan asam. 10. Cara mengatasi pencemaran air oleh limbah rumah tangga: menghentikan pembuangan limbah rumah tangga ke saluran yang tidak semestinya dan membuat penampungan limbah baru yang jauh dari sumber air. 11. Cara mencegah terjadinya sumber pencemaran suara di sekitar kita:

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

50

12.

13.

14.

15.

 Tidak membunyikan radio atau tape recorder terlalu keras  Tidak membangun rumah di sekitar pabrik yang sudah berdiri  Menggunakan alat peredam suara jika menggunakan peralatan yang bersuara keras Kegunaan hutan tropis di Indonesia:  Mencegah erosi  Mempengaruhi kesuburan tanah  Mempengaruhi persediaan air  Sebagai sumber keanekaragaman hayati  Sebagai tempat wisata Hal yang mungkin terjadi jika manusia terus menggunakan bahan-bahan plastik tanpa mendaur ulang yaitu terjadi penimbunan sampah plastik yang sangat banyak di alam. Cara menanggulanginya yaitu dengan mendaur ulang plastik bekas menjadi barang-barang yang dapat digunakan kembali. Penebangan hutan secara liar dapat mengakibatkan:  Kerusakan hutan sehingga akan mengganggu habitat hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya  Hutan menjadi gundul sehingga dapat menyebabkan erosi dan banjir  Hilangnya kesuburan tanah karena terjadinya erosi sehingga sulit dan bahkan lama akan tumbuh kembali  Tumbuhan banyak berkurang sehingga persediaan air tanah pun akan berkurang  Berkurangnya keanekaragaman hayati Cara mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan:  Sistem tebang pilih  Penanaman kembali hutan bekas penebangan  Siswa diberi kebebasan mengembangkan jawabannya sendiri

II. Kerja Ilmiah 1. a. Penebangan hutan hujan tropis menyebabkan penggundulan hutan. Hutan yang gundul ditanami kembali oleh tanaman pangan. Setelah tiga tahun, panen gagal karena tanaman belum bisa beradaptasi di lingkungan yang baru. Setelah sepuluh tahun tanaman telah tumbuh, tetapi jika dibiarkan alami tanaman akan lama tumbuhnya. b. Kesimpulannya adalah hutan yang telah ditebang harus ditanami kembali (reboisasi) karena jika tumbuh secara alami akan sulit menjadi tanaman dewasa. 2. a. Bagan aliran DDT Fitoplankton – ikan kecil – ikan besar – manusia b. Permasalahan yang timbul adalah terjadinya penimbunan DDT dan yang berdampak merusak kesehatan paling besar terjadi pada manusia. c. Data yang perlu diukur yaitu kandungan DDT yang terdapat pada fitoplankton, ikan kecil, ikan besar, dan manusia

Kunci Jawaban IPA Biologi 1

51

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->