SOAL UJIAN TENGAH SEMESTER SMPN 27 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

MATA PELAJARAN KELAS WAKTU

: PPKN : VIII : 90 MENIT

Berilah tanda silang pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar !
1.

Seorang pahlawan sanggup dan rela berkorban jiwa dan raga untuk Negara. Hal ini merupakan perwujudan nilai luhur sila ….
a. b.

I II

c. III d. IV

2.

Membina gotong royong dan kerja sama dengan pemeluk agama lain sesuai dengan situasi dan kondisi di di lingkungan hidup masing-masing adalah perilaku yang menjunjung tinggi nilai ….
a. b.

Praksis Penghayatan

c. Idealis d. Instrumen

3.

Koperasi merupakan salah satu pilar perekonomian Indonesia yang berasas kekeluargaan. Hal ini sesuai dengan nilai luhur pancasila sila ….
a. b.

Ketuhanan Kemanusiaan

c. Kerakyatan d. Keadilan sosial

4.

Salah satu sikap nilai luhur yang mencerminkan sila ketiga ….
a. b.

Mengembangakan rasa cinta tanah air c. Melaksanakan kegiatan kemanusiaan Tidak memaksa kehendak d. Suka kerja keras

5.

Segala sesuatu yang berguna bagi manusia disebut nilai….
a. b.

Kerohanian Material

c. Vital d. Intrinsik

6.

Nilai-nilai dasar yang tersirat dalam sila kelima pancasila adalah ….

Fleksibilitas pancasila adalah …. Keempat 9. Terwujudnya semua cita- cita 8. Bersikap adil antar sesama d. Atas prakarsa Drs. Dasar diproklamasikannya Negara kesatuan republik indonesia b. Semua nlai pancasila harus kita kembangkan dalam kehidupan social budaya kita agar …. yaitu bangsah Indonesia c. Hasil pembanguna kita rasakan bersama c.a. b. Hatta peserta sidang PPKI mengadakan perumusan pancasila yaitu pada rumusan …. a. Pancasila sebagai a. b. Adat istiadat dan kebiasaan masyarakat 12. Terciptanya kesejateraan dan kedamaian. Landasan didirikanya sebuah bangunan. dasar Negara mengandung arti bahwa pancasila merupakan …. Kewajiban masyarakat terhadap ideologi Menghayati dengan sepenuh hati pengetahuan a. Ketiga d. Dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan Indonesia d. b. Peraturan perundang-undangan d. Perwujutdan pancasila sebagai dalam …. b. Pandangan hidup masyarakat System social yang berlaku . Idealisme d. Mengamalkan dalam kehidupan sehari” 11. Menjadikan sumber ilmu 10. Hal ini merupakan bahwah ideology pancasila bersifat…. c. Implementasi ideology pancasila dan eksitensi nya mampu menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi bangsa dari waktu ke waktu. b. a. b. Pertama Kedua c. Tidak memaksa kehendak Menjungung kemausiaan c. Menghormati derajat dan harkat martanbat orang lain 7. Moh. Landasan nilai yang membedakan Indonesia dengan bangsa lain dasar Negara dalam kehidupan ketatanegaraan tampak c. a. Menyebarluaskan melalui berbagai media d. a. Realistis Doktriner c. Segala tujuan bangsa tercapai d.

a. Kerakyatan 17. Pancasila sebagai dasar Negara dan pandangan hidup bangsa indonesia Pancasila merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh Pancasila menjadi dasar falsafat bangsa Indonesia Pancasila sebagai ideology bangsa Indonesia 15. a. Ketiga d. Pengetahuan d. idea artinya adalah …. Ketuhanan Kemanusiaan c. Hal ini merupakan conth penerapan nilai-nilai pancasila yaitu sila …. Mengamalkan pancasila dalam lingkungan hidup pribadi merupakan bentuk pengalaman pancasila secara …. BPUPKI mengadakan sidang I membicarakan perumusan dasar Negara yang dilaksanakan pada tanggal …. a. Kedua 14. Objektif Subjektif c. d.13. a. a. Nilai musyawarah terkandun dalam pancasila yaitu dalam sila …. Sila-sila dalam pancasila merupakan kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan dan tidak ada sila yang menonjol dari yang lainnya hal ini karena …. Mengembangkan musyawarah untuk mufakat . Dasar Konsep dan gagasan Ilmu pengetahuan 18. 8 sampai 12 Maret 1942 c. Menjalin persatuan dan kesatuan c. Berikut ini yang merupakan contoh perbutana mencermikan pengalaaman adalah…. 29 Mei smpai 1 Juni 1945 16. Memengaruhi teman sekelas untuk pindah agama b. b. Ideology a. Dalam pergaulan sehari-hari kita perlu menjaga sikap dan tutur kata agar tidak mengganggu orang lain. Persatuan d. b. b. b. b. c. Kolektif sila pertama 19. Kelima Keempat c. Universal d. a. b. berasal dari asal kata idea dan logos. 27 Mei sampai 1 Juni 1945 29 April sampai 1 Mei 1945 d. c.

a. 2. Mohammad yamin mengemukakan lima dasar Negara Indonesia pada tanggal a. soepomo …. Prof. 3.Hatta Mr. Menolong korban bencana alam merupakan perwujudtan nilai luhur pancasila yang tercermin dalam sila …. Pertama b. Prof. 4. 28 mei 1945 29 mei 1945 c. Ketiga d. Kerakyatan d. Pedoman yang dipakai untuk mengatur kehidupan penyelenggaraan ketatanegaraan suatu negara di berbagai aspek kehidupan disebut …. b. 31 mei 1945 d. c. Moh yamin c. Hukum dasar d.soekarno d. a. Tidak merusak hasil karya orang lain merupakan perwujudan dari nilai luhur pancasila. b. Piagam Jakarta merupakan rancangan pembukaan hokum dasar yang disusun oleh a. Konvensi Konstitusi c. Soepomo . yaitu sila…. Perhatikan pernyataan berikut ini 1. b. BPUPKI c. Dasar negara 23. Kebangsaan Kemanusiaan Mufakat atau demokrasi Keejateraaan social Ketuhanan yang berkebudayaan Pernyataan tersebut merupakan lima dasar menurut adalah …. Drs. 1 juni 1945 ….d. Keadilan sosial dalam 22. b. a. Menjaankan perintah tuhan sesuai agama masing-masing 20. 5. 25. Keempat Kedua 21. Moh. Ir. Kemanusian Persatuan c. a. 24.

Manusia Indonesia ada atas paham sama rata sama rasa adalah ideology …. BPUPKI KNIP c. Komunis Liberalis 32. b. Panitian Sembilan UUD 1945 dilakukan oleh …. Rumusan pancasila yang sah dan benar sistematikanya terdapat dalam …. c. nilai-nilainya telah hidup dan berkembang sejak …. Komunisme Liberalisme c. Pancasila sebagai ideology terbuka berate pancasila mau menerima perubahan terutama pada nilai …. Mr. PPKI d. a. Konstitusi RIS Rumusan moh. Nilai praksis 31. a. a. Individualis d. Tata nilai budaya maju 29. Pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 bersumber a. Disahkan PPKI 18 agustus 1945 BPUPKI bersidang 29 mei sampai juni 1945 d. Pengesahan pancasila yang terdapat dalam pembukaan a. Pandangan hidup masyarakat pada …. Perwujudan pancasila sebagai dasar Negara dalam kehidupan ketatanegaraan tampak dalam …. b. System social yang berlaku Peraturan perudang-undangan c. yamin c. 28.b. a. Panitian Sembilan 27. Pembukaan UUD d. vital . b. Adat istiadat dan kebiasaan masyarakat d. Suatu paham dalam kemasyarakatan yang berhasrat menguasai sarana-sarana produksi serta pembagian-pembagian hasil produksi secara merata …. Indonesia merdeka 17 agustus 1945 c. b. Perpanduan budaya barat dan timur Tata budaya bangsa indonesia c. b. Suatu ideology yang berdasarkan a. b. 26. Komunisme 33. Piagam Jakarta 30. Sosialisme d. b. Kemajuan iptek d. dasar c. a. moh yamin d. Pancasila sebagai ideology terbuka.

ideology yangdapat menghilangkan rasa kebersamaan da kegotong royongan adalah ….b. Tingkat sosiali ekonomi warga negaranya Sikap mental pemimpinya c. Liberalisme d. Ideology yang dilarang berkembang di Indonesia adalah…. sosialisme individualisme c. pancasila sebagai dasar Negara tercantum dalam …. b. Pancasila Sosialisme c. b. Berbeda dengan kebanyakan orang c. a. a. 17 agustus 1945 d. pembukaan UUD 1945 d.. 18 agustus 1945 38. Fasisme d. Ideology elitisme mempunyai kencederunganbergaya hidup tertentu dan adalah….. b. Individualisme 35.orang yang sukses d.. meniru para pemimpin yang hidup mewah SELAMAT MENGERJAKAN . sifat warga negaranya 36. mengabaikan kelompok lain yang miskin Meniru orang. a. b. batang tubuh 1945 40. Materialisme 37. idealis d. sifat generasi mudanya d. b. a. b. materialism 39. a. Ideology yang berpandangan mengenai kebebasan individu sebagai basis demokrasi dan merupakan fundamental adalah …. Instrumen dan praktis 34. a. komunisme d. b. istilah pancasila yang di pakai sukarno pada saat menyampaikan pidatonya di depan sidang BPUPKI pada tanggal …. Ideology suatu bangsa mencerminkan …. teks proklamasi 17 agustus 1945 dekrit presiden 5 juli 1959 c. a. 29 mei 1945 1 junu 1945 c. monoteisme kapitalisme c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful